tag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post4510771960562157932..comments2023-11-05T18:03:56.696+07:00Comments on dunia ilmu pengetahuan dan pendidikan: SBM-I,01: Hakikat, Ciri dan Komponenghufron dimyatihttp://www.blogger.com/profile/08519441138636421182noreply@blogger.comBlogger26125tag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-30354421541836297082013-09-10T14:15:55.469+07:002013-09-10T14:15:55.469+07:00beberapa hal yang bisa dijadikan solusi, diantaran...beberapa hal yang bisa dijadikan solusi, diantaranya:<br />1. perlakukan siswa tersebut sama seperti siswa yang lain<br />2. amati sikap dan tingkah lakunya dan jangan segan untuk terus menegurnya apabila dia bersikap tak acuh dalam belajar<br />3. tetap pantau hasil kerjanya, kadangkala ada siswa yang pada saat guru menerangkan dia asyik dengan kegiatannya sendiri, namun disaat diminta untuk mengerjakan soal/latihan, dia bisa mengerjakannya<br />4. jika perlu, ajak anak tersebut bicara dari hati ke hati karena mungkin saja dia adalah satu dari antara siswa yang mengalami krisis perhatian, apakah dari lingkungan keluarga maupun antar sesama rekan bermainnya<br />5. sabar dan terus berusaha untuk menciptakan nuansa kelas yang bervariasi sehingga para peserta didik tidak bosan, dan coba libatkan anak-anak yang susah diatur tersebut untuk ikut andil dalam mengatur kelas. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08344710793623732413noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-64595993233496141232013-09-10T14:08:50.588+07:002013-09-10T14:08:50.588+07:00Secara umum faktor-faktor yang memengaruhi belajar...Secara umum faktor-faktor yang memengaruhi belajar dibedakan atas dua kategori, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor tersebut saling memengaruhi dalam proses belajar individu sehingga menentukan kualitas hasil belajar.<br /><br />a. Faktor Internal<br />Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu dan dapat memengaruhi hasil belajar individu. Faktor-faktor internal ini meliputi faktor fisiologis dan psikologis.<br /><br />b. Faktor-faktor eksogen/eksternal<br />Selain karakteristik siswa atau faktor-faktor endogen, faktor-faktor eksternal juga dapat memengaruhi proses belajar siswa. Dalam hal ini, Syah (2003) menjelaskan bahwa faktor faktor eksternal yang memengaruhi belajar dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu faktor lingkungan sosial dan faktor lingkungan nonsosial.<br />1) Lingkungan sosial<br />§ Lingkungan sosial keluarga. Lingkungan ini sangat memengaruhi kegiatan belajar. Ketegangan keluarga, sifat-sifat orangtua, demografi keluarga (letak rumah), pengelolaan keluarga, semuanya dapat memberi dampak terhadap aktivitas belajar siswa. Hubungan antara anggota keluarga, orangtua, anak, kakak, atau adik yang harmonis akan membantu siswa melakukan aktivitas belajar dengan baik.<br />§ Lingkungan sosial sekolah, seperti guru, administrasi, dan teman-teman sekelas dapat memengaruhi proses belajar seorang siswa. Hubungan yang harmonis antara ketiganya dapat menjadi motivasi bagi siswa untuk belajar lebih baik di sekolah. maka para pendidik, orangtua, dan guru perlu memerhatikan dan memahami bakat yang dimiliki oleh anaknya atau peserta didiknya, antara lain dengan mendukung, ikut mengembangkan, dan tidak memaksa anak untuk memilih jurusan yang tidak sesuai dengan bakatnya.<br />§ Lingkungan sosial masyarakat. Kondisi lingkungan masyarakat tempat tinggal siswa akan memengaruhi belajar siswa. Lingkungan siswa yang kumuh, banyak pengangguran dan anak telantar juga dapat memengaruhi aktivitas belajar siswa, paling tidak siswa kesulitan ketika memerlukan teman belajar, diskusi, atau meminjam alat-alat belajar yang kebetulan belum dimilikinya.<br />2) Lingkungan nonsosial.<br /> Faktor faktor yang termasuk lingkungan nonsosial adalah:<br />§ Lingkungan alamiah, seperti kondisi udara yang segar, tidak panas dan tidak dingin, sinar yang tidak terlalu silau/kuat, atau tidak terlalu lemah/gelap, suasana yang sejuk dan tenang. Lingkungan alamiah tersebut merupakan faktor-faktor yang dapat memengaruhi aktivitas belajar siswa. Sebaliknya, bila kondisi lingkungan alam tidak mendukung, proses belajar siswa akan terhambat.<br />§ Faktor instrumental, yaitu perangkat belajar yang dapat digolongkan dua macam. Pertama, hardware, seperti gedung sekolah, alat-alat belajar, fasilitas belajar, lapangan olahraga. Contohnya, letak sekolah atau tempat belajar harus memenuhi syarat-syarat seperti di tempat yang tidak terlalu dekat kepada kebisingan atau jalan ramai, lalu bangunan itu harus memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan. Kedua, software, seperti kurikulum sekolah, peraturan-peraturan sekolah, buku panduan, silabi, dan lain sebagainya.<br />§ Faktor materi pelajaran (yang diajarkan ke siswa). Faktor ini hendaknya disesuaikan dengan usia perkembangan siswa, begitu juga dengan metode mengajar guru, disesuaikan dengan kondisi perkembangan siswa. Karena itu, agar guru dapat memberikan kontribusi yang positif terhadap aktivitas belajar siswa, maka guru harus menguasai materi pelajaran dan berbagai metode mengajar yang dapat diterapkan sesuai dengan kondisi siswa.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08344710793623732413noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-44551956279003049642013-09-10T13:28:47.374+07:002013-09-10T13:28:47.374+07:00menambahi
Adapun komponen-komponen tersebut adalah...menambahi<br />Adapun komponen-komponen tersebut adalah tujuan, materi, metode, media dan evaluasi pendidikan.kalau ada 1 yang tidak di laksanakan,akan tetap berjalan. Walaupun sudah berjalan dengan baik, tetapi masih ada beberapa kendala dalam pelaksanaan pendidikanAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/08344710793623732413noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-52840818714146252292013-09-10T13:05:01.789+07:002013-09-10T13:05:01.789+07:00sedikit menambahi saja
hampir sama jawabannya,yait...sedikit menambahi saja<br />hampir sama jawabannya,yaitu ada rencana terlebih dahulu,serta ada kepastian dalam merencanakan tujuan itu,tak lupa,dikaitkan dengan komponen-komponen belajar mengajar,sebab,jika hanya ada rencana,tapi tak ada kepastian,maka tujuan itu akan gagal,atau tidak tercapai,terimakasihAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/08344710793623732413noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-77192289415610268982013-09-10T12:36:47.107+07:002013-09-10T12:36:47.107+07:00mungkin pertama kita merencanakan proses belajar d...mungkin pertama kita merencanakan proses belajar dengan baik dan yang sesuai dengan anak setelah itu kita memilih metode yang tepat untuk digunakan dan mengadakan evaluasi setelah pelajaran selesa....Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/02490264312689604340noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-7440929948524962542013-09-10T12:25:58.278+07:002013-09-10T12:25:58.278+07:00maaf mz sopiyudin sepertinya pertanyaan anda intin...maaf mz sopiyudin sepertinya pertanyaan anda intinya sama dg pertanyaan nya mbak nurul azizah....<br /><br />cara menghadapi anak yang susah di atur dan melawan mungkin sperti ini.<br />pertama kita kendalikan emosi kita terlebih dahulu, maksudnya jangan sampai kita memarahi anak,karena hal itu akan membuat anak lebih melawan karena bisa saja anak merasa di tantang.<br />jangan memarahi dia dengan kata-kata yang kasar, karena itu bisa melukai hati si anak...lakukan pendekatan-pendekatan terhadap anak sehingga kita tau kondisi psikologis dan karakter anak..dan nanti kita akan mengerti langkah apa yang bisa kita lakukan untuk menghadapi anak terdebut.. lakukan homevisit ( berkunjung kerumah ) dengan begitu anak akan merasa diperhatikan dan si anak merasa dikenal oleh guru sehingga bisa saja dia malu jika dia susah di atur. mungkin hanya itu yang say tau, kurang lebihnya mohon maaf.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/02490264312689604340noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-33910423260311391472013-09-10T12:23:18.971+07:002013-09-10T12:23:18.971+07:00Nurul Apriliani
2021 111 182
sedikit menjawab ,
a...Nurul Apriliani<br />2021 111 182<br /><br />sedikit menjawab ,<br />a. Faktor internal adalah faktor-faktor yang berasal dari dalam diri individu dan dapat memengaruhi hasil belajar individu<br />b. Faktor-faktor eksternal<br />Selain karakteristik siswa atau faktor-faktor endogen, faktor-faktor eksternal juga dapat memengaruhi proses belajar siswa. Dalam hal ini, Syah (2003) menjelaskan bahwa faktor faktor eksternal yang memengaruhi belajar dapat digolongkan menjadi dua golongan, yaitu faktor lingkungan sosial dan faktor lingkungan nonsosial.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10418923919026869038noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-37780614436984066282013-09-10T12:16:28.921+07:002013-09-10T12:16:28.921+07:00waalaikum salam...
sedikit menjawab saja...
saya k...waalaikum salam...<br />sedikit menjawab saja...<br />saya kurang suka mendidik dengan menggunakan metode yang keras karena yang namanya kekerasan memiliki beberapa dampak. bukan malah berhasil pembelajaranya tapi malah tidak berhasil.<br />dampaknya seperti :<br />a. kebencian, maksudnya seorang guru hendaklah mengasihi dan menyanyangi anak didiknya. apabila guru bersikap keras terhadap anak, dampaknya anak akan membenci gurunyadan proses belajar tidak akan bisa tercapai jika ada rasa benci diantara guru dan siswa.<br />b. memberontak, maksudnya anak akan sering kali memberontak apa yang diperintahkan guru bukan malah menurut engan guru.<br />c. trauma, maksudnya si anak merasa takut sehingga anak menjadi kurang aktif dan proses belajar kurang berjalan.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/02490264312689604340noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-75524256050431967122013-09-10T12:07:32.498+07:002013-09-10T12:07:32.498+07:00sedikit menambahi saja..
dalam belajar tidak ada ...sedikit menambahi saja.. <br />dalam belajar tidak ada batasan-batasan umur dan juga ilmu pengetahuan. karena islam juga mengajarkan untuk "belajar sejak kita lahir sampai akhir hayat" dan juga " tuntutlah ilmu sampai ke negeri cina ". artinya mencari ilmu sangatlah penting baik untuk diri kita sendiri maupun orang lain. <br />manfaat untuk diri kita sendiri seperti: wawasan kita menjadi luas, serta kita dapat mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk. sedangkan manfaat untuk orang lain seperti : kita dapat mengamalkan ilmu kita kepada orang lain yang kurang mengerti.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/02490264312689604340noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-33073496689485956522013-09-10T10:51:25.187+07:002013-09-10T10:51:25.187+07:00Nurul Apriliani
2021 111 182
Faktor-faktor apa sa...Nurul Apriliani<br />2021 111 182<br /><br />Faktor-faktor apa sajakah yang dapat mempengaruhi dalam kegiatan belajar mengajar? Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/04854993333442607998noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-48882584595659619642013-09-10T10:42:49.778+07:002013-09-10T10:42:49.778+07:00Tsuwaibah Ummul Inayah
2021 111 186
Bagaimana car...Tsuwaibah Ummul Inayah<br />2021 111 186<br /><br />Bagaimana caranya agar tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik?Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/15608862492947610669noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-67039108503318072592013-09-09T22:46:52.788+07:002013-09-09T22:46:52.788+07:00berarti maksutnya tergantung pada guru itu sendiri...berarti maksutnya tergantung pada guru itu sendiri yaa dg mtodenya ...Elhadavihttps://www.blogger.com/profile/17726236106876786318noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-10201554883406347742013-09-09T22:22:33.289+07:002013-09-09T22:22:33.289+07:00sopiyudin
2021 111 134
Bagaimana cara agar anak ...sopiyudin<br />2021 111 134<br /><br /><br />Bagaimana cara agar anak didik dapat berperan aktif dalam kegiatan belajar mengajar ???<br />Metode metode apa saja yang digunakanya ??<br /> <br />Cara seperti apa menghadapi anak didik yang susah di atur ? bahkan melawan apabila dinasehatinya ???<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/00708910539228950877noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-37885565875722899472013-09-09T21:06:41.133+07:002013-09-09T21:06:41.133+07:00menjawab
Nurul Falah 2021 111 163
sedikit menjawa...menjawab<br />Nurul Falah 2021 111 163<br /><br />sedikit menjawab, yg di maksud dg kalimat tujuan dengan berbagai jenis dan fungsi'na disini adalah tujuan dan fungsi yg di harapkan guru dg metode atau cara pembelajaran yg digunakan dalam proses belajar mengajar..<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10418923919026869038noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-91790778857563270502013-09-09T20:40:09.021+07:002013-09-09T20:40:09.021+07:00inayah 2021111165
sedikit menjawab, batasan-batasa...inayah 2021111165<br />sedikit menjawab, batasan-batasan dalam belajar menurut beberapa ahlli sangat banyak dan menurut Isam sendiri dr buaian (ayunan) sampai ke liang lahat. batasan-batasan yg ada hanya batasan pada sebuah lembaga pendidikan misal . usia paud dari usia 2-4 th itu termasuk batasan usia dr segi lembaga, tp jika batasan dalam belajar atau pada umunya menuntut ilmu itu tidak ada batasan'naAnonymoushttps://www.blogger.com/profile/10418923919026869038noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-1707631417251585022013-09-09T20:15:26.463+07:002013-09-09T20:15:26.463+07:00menjawab faisalfahmi 2021 111 255
wa'alaikumsa...menjawab faisalfahmi 2021 111 255<br />wa'alaikumsalam...<br />menurut saya, perubahan kurikulum jelas mempengaruhi sistem pembelajaran yg sudah ada karena Kurikulum merupakan jantung dari jalannya sistem pendidikan atau pengajaran pada umumnya. selain itu kurikulum adalah suatu rencana yg tertulis berupa ide-ide dan gagasan yg dirumuskan oleh pengembang kurikulum.<br />Rencana tersebut selanjutnya membentuk suatu sistem kurikulum. Di dalamnya mencakup komponen-komponen yang saling berkaitan dan saling memengaruhi satu dengan yang lain. Seperti komponen tujuan, pengalaman belajar, strategi pencapaian tujuan, dan evaluasi.<br />Komponen-komponen kurikulum selanjutnya melahirkan sistem pengajaran, yang menjadi pedoman guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Dengan demikian maka dapat dikatakan bahwa sistem pengajaran adalah pengembangan dari sistem kurikulum.<br />jelas bahwa, sistem pengajaran berada di dalam kurikulum.<br />Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10418923919026869038noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-79939041941203709662013-09-09T20:14:12.138+07:002013-09-09T20:14:12.138+07:00wa'alaikumsalam
menjawab dari wildan faza
2021...wa'alaikumsalam<br />menjawab dari wildan faza<br />2021 111 206<br /><br />jika ditanya terlaksana atau tidak jawabanya bisa terlaksana tp kurang sempurna. karena komponen pendidikan adalah satu kesatuan guna mencapai tujuan pendidikan yg utuh, jika slah satunya di hilangkan maka secara otomatis tujuan dari pendidikan itu sendiri tidak sesuai lg..Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10418923919026869038noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-76961578734456765082013-09-09T20:03:39.220+07:002013-09-09T20:03:39.220+07:00Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/10418923919026869038noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-9562231069885332912013-09-09T19:41:41.750+07:002013-09-09T19:41:41.750+07:00wildan faza
2021 111 206
assalamu'alaikum
pad...wildan faza<br />2021 111 206<br /><br />assalamu'alaikum<br />pada komponen belajar mengajar disebutkan ada 7 poin,, bagaimana jikalau ada salah satu dr 7 komponen tersebut tidak bisa terlaksana.. apakah proses belajar mengajar tetap bisa terlaksana..jelaskan..trimakasih..Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/05276356606837634509noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-77268699211460907502013-09-09T14:35:17.608+07:002013-09-09T14:35:17.608+07:00faisalfahmi 2021 111 255
assalamualaikum...
bagaim...faisalfahmi 2021 111 255<br />assalamualaikum...<br />bagaimana tanggapan pemakalah tentang perubahan kurikulum apakah akan berpengaruh dengan sistem pengajaran yang berlaku?Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/12136734120406902947noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-64253908437733777392013-09-09T14:08:10.560+07:002013-09-09T14:08:10.560+07:00abdul khalim 2021 111 259
assalamualaikum....
yang...abdul khalim 2021 111 259<br />assalamualaikum....<br />yang ingin saya tanyakan adalah, bagaimana tanggapan pemakalah tentang metode belajar yang keras yang diterapkan oleh pendidik pada masa sekarang?Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/02823102459818263810noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-56129225571320390412013-09-08T14:35:58.378+07:002013-09-08T14:35:58.378+07:00sedikit menambahi,
Tips yang bisa kami berikan unt...sedikit menambahi,<br />Tips yang bisa kami berikan untuk membuat kelas yang aktif adalah sebagai berikut:<br /><br />1. Untuk memulai pelajaran jelaskan pada siswa apa yang akan dipelajari pada saat itu dan apa manfaatnya bagi siswa kalau memahami dan mengerti tema/ hal yang akan dipelajari. Dengan menyampaikan hal hal seperti ini, guru bukan saja telah mencoba manarik perhatian siswa agar fokus pada pelajaran, tapi sudah mulai mengajak siswa untuk menggunakan pikiran. Karena fungsi dan manfaat tema adalah hasil ulah pikir yang akan dicerna oleh siswa dengan pikiran juga.<br />2. Mulailah pelajaran bukan dengan menerangkan tapi mulailah dengan pertanyaan. Edarkan pertanyaan ke seluruh kelas, harapakan semua siswa berpartisipasi dalam menjawab pertanyaan tersebut, maka semua siswa sudah tergerak untuk berfikir mandiri.<br />3. Kumpulkan semua jawaban yang diberikan siswa dan diskusikan dengan seluruh siswa kebenaran dari semua jawaban yang diberikan. Mintalah alasan kenapa satu jawaban bisa diterima dan yang lain tidak. Maka akan terjadi sharing pengetahuan antar siswa, siswa saling memberi informasi dan semua siswa terlibat dalam belajar.<br />4. Kalau ada siswa yang bertanya pada anda, janganlah anda jawab sendiri, lemparkan ke kelas biar dijawab oleh siswa yang lain. Maka siswa anda tidak akan sempat ngantuk karena semua siswa terdorong untuk selalu berfikir.<br />5. Jaga terus atmosphir berfikir dalam kelas dengan melempar lempar pertanyaan dan jadikan suasana belajar mengajar anda lebih mirip percakapan antar siswa dengan siswa dan dengan guru, bukan pengajaran yang kaku dengan guru bercerita murid mendengarkan.<br />6. Beri waktu siswa untuk bertanya tentang seuatu yang belum jelas, atau beri mereka waktu untuk mengungkapkan ide atau pandangan mereka yang belum terungkap.<br />7. Akhiri pelajaran dengan meminta mereka membuat resume atas apa yang mereka pahami dan mereka bicarakan selama pelajaran dalam bentuk tertulis.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/08344710793623732413noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-37737052365924258502013-09-08T10:36:27.893+07:002013-09-08T10:36:27.893+07:00terima kasih atas pertanyaanya, saya akan mencoba ...terima kasih atas pertanyaanya, saya akan mencoba sedikt menjawab pertanyaan dari anda. menurut saya setiap anak sebenarnya aktif, tetapi ketidakaktifan anak dikelas mungkin dipengaruhi oleh faktor dari dirinya sendiri, seperti sifat kurang percaya diri (pemalu/minder). nah, disitulah tugas seorang guru mencari apa penyebab siswa menjadi kurang aktif. tugas guru selain memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa, guru juga dituntut juga untuk mengetahui kondisi siswa. mungkin langkah langkah bisa yang bisa dilakukan guru untuk mengatasi siswa yang kurang aktif, diantaraya :<br />a. guru harus meneliti kembali apa penyebab siswa menjadi kurang aktif dalam proses kegiatan belajar, apakah karena preses pembelajaran yang monoton ( tidak bervariasi ). sehingga menjadikan anak bosan dan jenuh mengikuti pelajaran. jika benar begitu maka guru harus memperbaik diri, mengubah pola pembelajaran yang membosankan itu dan guru merancang kembali pembelajaran yang lebih menarik dan membangkitkan rasa ingin tahu pada anak, sehingga mendorong anak menjadi lebih aktif.<br />b. guru juga dapat menggunakan pendekatan-pendekatan terhadap siswa sehingga guru mengetahui kondisi sswa. selain itu guru juga perlu menggunakan media sebagai alat bantu dalam pembelajaran sehinngga anak bisa kreatif.<br />c. guru juga harus menciptajkan suasana kelas menjadi nyaman, harmonis, sehingga anak tidak tegang dan malu untuk mengungkapkan pendapatnya di depan kelas.<br /><br />mungkin itu sedikit penjelasan dari saya. Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/02490264312689604340noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-28395612744074145382013-09-06T22:07:03.561+07:002013-09-06T22:07:03.561+07:00Nurul Falah 2021 111 163
assalamualaikum wr. wb.
p...Nurul Falah 2021 111 163<br />assalamualaikum wr. wb.<br />poin C tentang komponen belajar mengajar tentang metode ... jenis2 tujuannya itu seprti apa saja? meliputi tntang apa? dan tolong jelskan fungsinya tsb .... terimakasssssssihElhadavihttps://www.blogger.com/profile/17726236106876786318noreply@blogger.comtag:blogger.com,1999:blog-9094369888471191503.post-28943518881785250082013-09-05T10:56:46.046+07:002013-09-05T10:56:46.046+07:00inayah 2021111165
Assalam...
hakikat belajar manus...inayah 2021111165<br />Assalam...<br />hakikat belajar manusia adalah belajar sepanjang masa, adakah batasan- batasan yang perlu diperhatikan dalam proses belajar sepanjang masa ini, agar kita menjadi manusia berguna baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain?<br />terimakasih.Anonymoushttps://www.blogger.com/profile/15249706933722525499noreply@blogger.com