MAKALAH
Disusun guna memenuhi tugas
DosenPengampu : Muhammad hufron,M.s.i
Mata
kuliah : Hadist
Tarbawi2
Kelas : F
Oleh :
MAGHFIROH
2021 111 246
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
TAHUN AJARAN 2013
PENDAHULUAN
Dalam kehidupan manusia tidak
akan luput dari godaan syaitan, karena Allah telah menciptakan makhluk
metafisik (syaitan) untuk menggoda manusia. Syaitan di ciptakan dari api
sedangkan manusia dari tanah, sehingga sangatlah mudah syaitan masuk melalui
aliran darah untuk menggoda manusia, selama
darah manusia masih mengalir, maka syaitanpun akan terus menggoda
manusia.
Dan tentunya ada cara bagaimana
kita memutuskan godaan syaitan tersebut yang mengalir melalui aliran darah,
sehingga kita lebih bisa menjaga nasfu.
Tentang bagaiman cara memutus
godaan syaitan tersebut, akan sedikit di bahas dalam makalah yang saya buat,
semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan bisa membuat kita lebih menjaga diri
dari godaan syaitan, dan membuat kita menjadi lebih mengingat AlahSWT.
PEMBAHASAN
Hadist 1
- Materi Hadist
حَدَّثَنَا عَمْرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيْرُ بْنُ
حَرْبٍ قَالَ عَمْرٌو حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ
عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ : { يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ
عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ
ثَلَاثَ عُقَدٍ إِذَا نَامَ بِكُلِّ عُقْدَةٍ يَضْرِبُ عَلَيْكَ لَيْلًا طَوِيلًا
فَإِذَا اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ وَإِذَا تَوَضَّأَ
انْحَلَّتْ عَنْهُ عُقْدَتَانِ فَإِذَا صَلَّى انْحَلَّتْ الْعُقَدُ فَأَصْبَحَ
نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَ إِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ } .
(رواه مسلم فى الصحيح, باب ما روى فيمن نام : 1295
- Terjemah
Abu hurairah ra, bahwa Nabi saw besabda; setan itu akan mengikat tengkuk
salah seorang engkau yang tengah tidur dengan tiga ikatan sehingga engkau tidur
semalam. Apabila seorang diantara engkau bangun seraya menyebut nama Allah,
maka lepaslah ikatan pertama, lalu apabila ia berwudlu maka lepaslah ikatan
kedua , dan apabila diteruskan dengan sholat maka lepaslah ikatan ketiga.
Sehingga ia akan bersemangat dan berhati jernih, kalau tidak maka hatinya akan
kusut dan malas.
- Mufrodat
Setan telah mengikat
|
يَعْقِدُ الشَّيْطَان ُ
|
Tengkuk
|
قَافِيَةِ رَأْس ِ
|
Tiga ikatan
|
ثَلَاثَ عُقَد ٍ
|
Malas
|
كَسْلَان َ
|
- Biografi rowi
Ø Abu Hurairah
Abu Hurairah ialah Rahman ibn
Sakhr At Dausy At Tamimy. Beliau lahir 21 sebelum H/602M. Abu Hurairah datang
ke madinah pada tahun khaibar yakni pada bulan Muharam tahun 7 H, lalu memeluk
agama islam. Setelah beliau memeluk islam , beliau tetap bersama nabi dan
menjadi ketua jam’ah Ahls Suffah karena inilah beliau mendengar hadist dari
Nabi.
Menurut pentahqikan Baqy ibn
Makhlad, sepeti yang dikutip oleh ibn Dausy, beliau meriwayatkan hadist
sejumlah 5374 hadist, menurut Al-khirmani 5364. Dari jumlah tersebut 325 hadist
disepakati oleh bukhori dan muslim. Bukhori sendiri meriwayatkan 93 hadist dan
muslim sendiri seumlah 189 hadist.
Abu Hurairah meriwayatkan
hadist dari Nabi sendiri dan dari sahabat diantaranya islah Abu bakar, umar Al adlel
ib abbas ibn Abdl munththalib, ubay ibn ka’ab, usamah ibn zaid, aisyah
Abu Hurairah pernah menjadi
gubernur madinah pada masa pemerintahan umar, beliau diangkat menjadi gubernur
di bahrain, kemudian beliau diberhentikan.[1]
Ø Imam muslim
Imam muslim ialah Abu husain
muslim ibn Al hajaj ibn muslim Al quraisy An Niabury, salah seorang imam hadist
yang terkemuka. Beliau melawat kehijaz, irak, syiria,dan mesir untuk
mempelajari hadist dari ulama-ulama hadist. Hadist-hadistnya diriwayatkan oleh ulama-ulama
baghdad yang sering beliau datangi.At turmudzi, yahya ibn said, muhammad ibn
makhlad, muhammad ibn ishaq ibn huzaimah, muhammad ibn abdul wahabal
farra,ahmad ibn salamah, abu awanah, ya’qub ibn ishaq al isfarayiny nashr ibn
ahmad.
Diterangkn oleh Abu abdullah
muhammad ibn ya’qub bahswa tatkalaal bukhari terdiam di naisabury, muslim
sering mengunjunginya tetapi setelah terjadi perselisihan paham antara muhamad
ibn yahya dengan al bukhory dalam masalah lafal Al-qur’an dan muhammad ibn
yahya mencegah orang-orang mengunjungi bukhori, Al buhkory meninggalkan
murid-muridnya pun menjauhkan diri keceali muslim, walaupun muhammad ibn yahya
tidak menyukai muslim menghdiri majlis Albukhori.
Para ulam berkata’ kitab muslim
adalah kitab yang kedua sesudah al-buhkori dan tidak ada seorangpun yang
menyamai al-buhkori dalam mengetik sanad-sanad hadist dan perawi-perawinya
selain dari muslim”.
Muhamaad al masarjasi berkata”
saya mendengar muslim berkata, musnad shahih ini saya sarihkan dari 300.000 hadist.
Diriwayatkan dari muslim bahwa shahihnya berisi 7275 hadist. Beliau dilahirkn
pada tahun 206H dan wafat di Naisabury pada tahun 261H.[2]
- Keterangan hadist
يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ
ثَلَاثَ عُقَدٍ
Di dalam hadist diatas yang
dimaksud dengan قَافِيَةِ
yaitu ujung rambut ulama’ berbeda pendapat
dalam mengartikan عُقَدٍ ada yang berkata
عُقَدٍ bermakna ikatan
hakiki yaitu sihir syaitan kepada manusia sehingga dia malas untuk bangun tidur.
Ada yang juga berkata عُقَدٍ mengandung
arti sebuah pekerjaan. Sebagaimana perbuatannya wanita-wanita penyihir yang
mengikat perbuatannya. Ada yang berkata عُقَدٍ berarti mengikat hati seakan-akan dia di bisiki syaitan
bahwa”malamu masih panjang maka kalau manusia mendengarkan bisikan itu,dia akan
terlambat bangun.
Ada yang berkata عُقَدٍ itu bermakna “perumpamaan”, diumpamakan ikatan syaitan
yang menghalang-halangi manusia untuk qiyamul lail.
فَإِذَا اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ
Sabda
Nabi diatas mengandunga beberapa faedah diantaranya , anjuran untuk dzikir kepada
Allah ketika bangun tidur. Anjuran untuk segera berwudlu ketika bangun tidur
وَإِذَا تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عَنْهُ عُقْدَتَانِ
Maksudnya ketika orang itu
berwudlu maka lepaslah ikatan yang kedua , maka sempurnalah lepas dua ikatan
tersebut.
فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ
Maksudnya
gembira karena diberi sesuatu kemulyaan dari Allah dari ketaanya. Serta balasan
dari perbuatannya yaitu sesutu yang memberi barokah untuk dirinya karena dia
melakukan yang diperintahkan ,maka godaan ikatan syaitan akan terlepas
semuanya.
إِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ
Artinya
dia masih terbelenggu oleh ikatan dan godaan syaitan, sehingga bekasnya masih
terasa. Dhohirnya hadist itu mengatakan sesungguhnya orang yang tidak mau
mengumpulkan tiga perkara tersebut (dzikir kepada Allah, wudlu dan sholat) maka
orang tersebut termasuk dalam kategori”ketika pagi datang jiwanya kotor dan
bermalas-malasan” dan hadist diatas tidak ada yang menyangkal.
Kalau Al-bukori dita’wil beliau
menghendaki bahwa penhertian “ tutuplah iktan syaitan “itu untuk orang yang
meninggalkan sholat dan menjadikan orang yang melakukan sholat akan terlepas ikatan
syaitan tersebut sebagaimana dia tanpa ikatan dan bekas-bekasnyanya.[3]
- Aspek tarbawi
ü Hadist diatas
mengajarkan kita untk berdzikir kepada Allah ketika bangun tidur.
ü Selain berdzikir
,kita juga dianjurkan untuk berwudlu dan sholat ketika bangun tidur.
ü Menganjurkan agar
kita terbiasa bangun malam untuk sholat , karena dengan hal tersebut maka diri
kita tidak akan malas.
Hadist 2
- Materi Hadist
حَدَّثَنِي
مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ
عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ حُسَيْنٍ عَنْ صَفِيَّةَ بِنْت حُيَيٍّ
قَالَتْ : { كَانَ
رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُعْتَكِفًا فَأَتَيْتُهُ أَزُورُهُ
لَيْلًا فَحَدَّثْتُهُ ثُمَّ قُمْتُ فَانْقَلَبْتُ فَقَامَ مَعِي لِيَقْلِبَنِي
وَكَانَ مَسْكَنُهَا فِي دَارِ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ فَمَرَّ رَجُلَانِ مِنْ
الْأَنْصَارِ فَلَمَّا رَأَيَا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
أَسْرَعَا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى
رِسْلِكُمَا إِنَّهَا صَفِيَّةُ بِنْتُ حُيَيٍّ فَقَالَا سُبْحَانَ اللَّهِ يَا
رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنْ الْإِنْسَانِ مَجْرَى
الدَّمِ وَإِنِّي خَشِيتُ أَنْ يَقْذِفَ فِي قُلُوبِكُمَا سُوءًا أَوْ قَالَ
شَيْئًا } . (رواه البخارى فى الصحيح, كتاب بدء الخلق, باب صفة إبليس وجنوده,
3039)
- Terjemah
Mahmuda dan ghailan me nyampaikankepada kami dari Abdurazak yang
mengabarkan dari Ali bin husain dari syafiyyah
binti hayang yang berkata” saat Rosulullah sebagai i’tikikaf di masjid aku pernah menemui
beliau di malam hari. Aku berbicara
dengan beliau, kemudian aku berdiri dan hendak kembali. Beliau berdiri
bersamaku untuk mengantarku pulang. Syafi’iyah tinggal dirumah usamah bin zaid. Saat itulah,
ada 2 orang laki-laki dari anshor laut,
melihat Rosulullah, merekapun mempercepat langkah, maka nabi bersabda,
pelan-pelan! Dia ini syafi’iyyah binti huyang, mereka berdua berkata, maha suci Allah, wahai Rosulullah,
beliau bersabda,sesungguhnya setan itu mengalir pada diri manusia melalui
aliran darah . sungguh, aku khawatir setan itu melesatkan keburukan kedalam
hati kalian berdua.
- Mufrodat
Sebagai i’tikaf
|
مُعْتَكِفًا
|
Mengalir
|
يَجْرِي
|
Darah
|
الدّمِ
|
Melestkan
|
يَقْذِفَ
|
Kebrukan
|
سُوءًا
|
- Biografi rawi
·
Al- bukhory
Al-bukhory adalah Abu abdullah
Muhammad ibn ismail ibn ibrahim ibn Al mjughiroh Al ja’fy . kakek-kakek beliau
beragama majusi. Kakeknya yang mula-mula memeluk islam ialah mughiroh di islaamkan
oleh Al yaman Al’ ja’fy . ayah beliau adalah seorang ahli hadist yang meninggal
di waktu beliau masih kecil dan meninggallkan untuknya banyak harta. Karena itu beliau di didik oleh ibinya dan
beliau mendapat pelajaran pertama dari seorang ulama fiqih.
Dan usia sepuluh tahun mulailah
belisu menghafal hadist, dan umur 16 tahun beliau menghafal kitab-kitab susunan
ibnu mubarak dan wakie’ serta melawat untuk menemui ulama- ulama hadist din
berbagai kota. Beliau melawat ke maru, naisabur ray, baghdad, basrah, kufah
,makah , madinah, mesir, damaskus, dan asqalan.
Belaiu meriwayatkan hadist dari
segolongan penghafal hadist , diantaranya ialah, makky ibn ibrahim al balkhy
Abdan ibn ustman dll.
Beliau telah membuat suatu cara
baru yang kuat untuk membedakan antara hadist yang shahih dan yang tidak,
sedang kiyab-kitab yang sebelumnya tidak berbuay demikian, hanya mengumpulkan
hadist,yang sampai pada pengarang kitab, sedang pembahasan perawinya diserahkan
kepada orang-orang yang akan mempelajarinya.
Al- bukhori mempunyai daya hafalan yang sangat kuat
khusunya dalam bidang hadist. Dalam masa kanak-kanaknya beliau telah menghafal
70.000hadist lengkap dengan sanadnya.
Al-buhory adalah orang pertama
yang menyusun kitab shohih yang kemudian jejeknya diikut oleh ulam-ulam lain
sesdahnya beliau menyusun kitabnya itu dalam waktu 16 tahun. Dan beliau
merupakan imam mujtahid yang mempunyai pendapat sendiri, walaupun pada mulanya
beliau bermadab syafi’i.[4]
- Keterangan hadist
Sesungguhnya syaitan dan
pasukanya berjalan meggoda anak adam sebagaimana berjalanya aliran darah pada
tubuh manusia, sebagaimana berjalanya aliran darah yang mana manusia tidak
merasakanya, sehingga tidak merasa bahwa dia dalam genggaman godaan syaitan .
Dalil bukhori menyebutkan bahwa
Allah Ta’ala kuasa menciptakan makhluk yang lembut yang bisa masuk kedalam
tubuh manusia sebagaimana bercampur dengan aliran darah, karena syaitan itu
juga diciptakan dari api dan manusia dari tanah, apabila manusia selalu ingat
Allah maka dia tidak akan tergoda dan juga sebaliknya, syaitan itu meniupkan
godaannya kepada orang yang dipilih lewat nafsu amarah dengan melewati aliran
darah. Dan obat yang baik dari godaan syaitan tersebut adalah memutuskan
liran-aliran itu dengan rasa lapar serta puasa.[5]
- Aspek tarbawi
v Hadist diatas
mengajarkan kita untuk selalu ingst kepada Allah agar tidak tergoda oleh tipu
daya syaitan.
v Hadist tersebut
menerangkan agar kita bisa mengendalikan hawa nafsu, seperti nafsu amarah.
v Menganjurkan kita
untuk sering berlapar(berpuasa),agar kita bisa memutuskan godaan syaitan yang
menggoda manusia melewati aliran darah.
PENUTUP
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa syaitan
itu akan selalu menggoda manusia, walaupun disaat sedang tidur. Untuk itu
rosulullah menganjurkan agar segera bedzikir ketika bangun dari tidur, kemudian
dilanjutkan dengan berwudlu dan melakukan sholat, karena dengan hal itu maka
kita akan lebih bersemangat dalm menjalani kehidupan esok hari.dan sesungguhnya
orsng yang tidak melakukan hal terdebut maka hatinya akan cenderung kotor dan
malas.
Selain itu di dalam makalah dibahas bahwa syaitan di
dilam menggoda manusia ,akan menggoda melalui aliran darah, sehingga setiap darah
itu mengalir maka syaitan akan terus menggoda menusia. Dan obat untuk mengatasi
godaan syaitan tersebut adalah beringnya berlapar-lapar (berpuasa).
DAFTAR PUTAKA
Ash-Shidieqy,Teuku
M.Hasb.1997.Ilmu Hadist.semarng:PT
Pustaka Riski Putra.
Raul,M.Abdul.2009.
Kitab Faidhul qodir.semarang:PT
Pustaka RiskiPutra.
Zakariy AbiI,Imam Muhbihin.2003.kitab
Syarah Shohih.Jakarta:Prenada Media.