Laman

Selasa, 02 Oktober 2018

SBM E E4 MODEL PEMBELAJARAN (KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTER DAN TEACHER CENTER)


MODEL PEMBELAJARAN
(KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTER DAN TEACHER CENTER)
MUTAKHOFIFAH ARIANA
NIM. 2317103
KELAS E

JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
2018




KATA PENGANTAR

            Alhamdullilah, puji syukur ke hadirat Allah SWT. atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul “KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTER DAN TEACHER CENTER” ini dapat diselesaikan. Shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada sebaik-baik manusia, Nabi Muhammad SAW., keluarganya, dan sahabatnya.
            Makalah ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna penyempurnaan penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini menambah khasanah keilmuan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Amin yaa robbal ‘alamin.

                                                                       


Pekalongan, 1 Oktober 2018


Penulis











DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR..............................................................................      ii
DAFTAR ISI..............................................................................................      iii

BAB I      PENDAHULUAN.....................................................................      4
A.    Latar Belakang .....................................................................      4
B.     Rumusan Masalah..................................................................      4
C.     Metode Pemecahan Masalah.................................................      4
D.    Sistematika Penulisan Makalah............................................      4
BAB II    PEMBAHASAN........................................................................      5
A.    Kelebihan dan Kekurangan Teacher Center..........................      5
B.     Kelebihan dan Kekurangan Student Center..........................      5
BAB III   PENUTUP.................................................................................      7
A.    Simpulan................................................................................      7

DAFTAR PUSTAKA...............................................................................      8
BIODATA PENULIS................................................................................      9
LAMPIRAN...............................................................................................      10


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Strategi pembelajaran secara garis besar terbagi menjadi dua macam, pertama yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru (Teacher Centered Learning) atau disebut dengan TCL. Strategi TCL merupakan pembelajaran yang sepenuhnya dikendalikan oleh guru pelajaran. Kedua adalah pembelajaran yang berpusat pada murid (Student Centered Learning) atau disebut dengan SCL. Strategi SCL merupakan strategi yang berusaha meng-explore kemampuan siswa untuk aktif mencari, menggali, dan merumuskan materi pelajaran.Kedua strategi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.
TCL secara teori memiliki kelebihan yaitu materi dapat disampaikan oleh guru secara gamblang dan mendetail sesuai dengan kemampuan guru, kondisi kelas tenang karena dipegang penuh oleh guru. Namun kekurangan dari TCL adalah siswa sering merasa bosan dan ilmu yang didapat tidak berkembang, sehingga seolah-olah menjadi ilmu “turun-temurun”. Sedangkan untuk SCL secara teori memiliki kelebihan yaitu siswa dapat aktif menggali ilmu, bereksplorasi, dan merumuskan materi yang didapat. Namun kekurangan SCL adalah siswa menjadi sangat aktif, sehingga kelas menjadi gaduh dan menuntut guru lebih ekstra mengendalikan kondisi kelas.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut perlu kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan untuk terfokusnya kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut.
1.    Apa saja kelebihan dan kekurangan Teacher Center?
2.    Apa saja kelebihan dan kekurangan Student Center?
C.    Metode Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah yang dilakukan melalui studi literatur/metode kajian pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa referensi buku atau dari referensi lainnya yang merujuk pada permasalahan yang dibahas. Langkah-langkah pemecahan masalahnya dimulai dengan menentukan masalah yang akan dibahas dengan melakukan perumusan masalah, melakukan langkah-langkah pengkajian masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perumusan jawaban permasalahan dari berbagai sumber, dan penyintesisan serta pengorganisasian jawaban permasalahan.

D.    Sistematika Penulisan Makalah

Makalah ini ditulis dalam tiga bagian, meliputi: Bab I, bagian pendahuluan yang terdiri dari: latar belakang masalah, perumusan masalah, metode pemecahan masalah, dan sistematika penulisan makalah: Bab II, adalah pembahasan; Bab III, bagian penutup yang terdiri dari simpulan.
BAB II
PEMBAHASAN

A.   Kelebihan dan Kekurangan Teacher Center

Pembelajaran yang berpusat atau dominan pada guru memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus di ketahui baik oleh pendidiknya sendiri atau peserta didik. Berikut kelebihan dan kekurangannya.
1. Kelebihan Teacher Center
     a) Guru mudah menguasai kelas
     b) Mudah mengorganisasikan tempat duduk/ kelas
     c) Dapat diikuti oleh jumlah siswa yang besar
     d) Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya
     e) Guru mudah menerangkan pelajaran dengan baik
     f) Membantu siswa mendapatkan informasi yang sulit di akses dengan cara lain
     g) Membantu siswa mengintegrasikan informasi dari berbagai sumber

2. Kekurangan Teacher Center
     a) Mudah menjadi verbalisme
     b) Mematikan kreativisme peserta didik
     c) Menyebabkan siswa menjadi pasif
     d) Guru sulit untuk menyimpulkan bahwa siswa mengerti dan tertarik apa yang disampaikan
     e) Bila guru kurang memiliki kemampuan bertutur yang baik maka hal ini akan membosankan
     f) Tidak secara efektif menarik dan mempertahankan perhatian siswa
     g) Tidak memungkinkan guru memeriksa persepsi dan perkembangan pemahaman siswa
     h) Memberikan beban berat pada kemampuan memori kerja siswa yang terbatas

B. Kelebihan dan Kekurangan Student Center
1. Kelebihan Student Center
     a) Siswa lebih sering berperan aktif
     b) Meningkatkan interaksi kooperatif diantara siswa
     c) Berpartisipasi di berbagai kegiatan investigative
     d) Toleransi terhadap keberagaman
     e) Meningkatkan kreativitas dan kinerja siswa dalam tugas-tugas akademis
     f) Siswa memiliki motivasi yang kuat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran
     g) Dapat menambah wawasan pikiran dan pengetahuan bagi guru karena sesuatu yang disampaikan siswa mungkin belum di ketahui oleh pendidik
     h) Mengenalkan berbagai macam gaya belajar
     i) Memperhatikan kebutuhan dan latar belakang pembelajar

2. Kekurangan Student Center
     a) Untuk peserta didik dalam jumlah banyak sulit untuk diimplementasikan
     b) Kemungkinan untuk menggunakan waktu yang lebih banyak
     c) Belum tentu efektif untuk semua kurikulum
     d) Belum tentu sesuai untuk peserta didik yang tidak terbiasa aktif, mandiri,  dan demokratis
     e) Sulit diimplementasikan pada kelas besar
     f) Memerlukan waktu lebih banyak
     g) Tidak efektif untuk semua jenis kurikulum
     h)  Tidak cocok untuk siswa yang tidak terbiasa aktif, mandiri, dan demokratis.



BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
Pembelajaran teacher center adalah pembelajaran yang berpusat atau yang dominan berperan di kelas adalah guru. Pada tahap ini guru menggunakan strategi-strategi yang berbeda untuk membantu menjadikan siswa mencapai tujuan-tujuan yang telah diidentifikasi sebelumnya pada tahap perencanaan. Pembelajarn berpusat pada guru ini menjadikan pendidik mudah menguasai kelas, pendidik mudah mempersiapkan dan melaksanakannya dan juga mudah menerangkan pelajaran dengan baik. Sedangkan pembelajaran student center adalah pembelajran yang lebih berpusat pada siswa yang mana pada pembelajaran ini menjadikan siswa mampu untuk menjadi peserta didik yang aktif dan mandiri dalam proses belajarnya, yang bertanggungjawab dan dan memiliki inisiatif untuk mengenali kebutuhan belajarnya, yang menemukan sumber-sumber informasi untuk dapat menjawab pertanyaannya.



DAFTAR PUSTAKA

Arend, Richard L. 2008. LEARNING TO TEACH. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Eggen, Paul dan Don Kauchak. 2012. STRATEGI DAN MODEL PEMBELAJARAN. Jakarta:       PT. Indeks.
Jacobsen, David A, dkk. 2009. METHODS FOR TEACHING. Yogyakarta: PUSTAKA   PELAJAR.
Kusumah, Wijaya. 2012. MENJADI GURU TANGGUH BERHATI CAHAYA. Jakarta:     INDEKS.
Mustakim, Zaenal. 2009. STRATEGI DAN METODE PEMBELAJARAN. Yogyakarta: Gama       Media.
Suryani, Nunuk. dan Agung, Leo. 2012. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR. Yogyakarta:       Ombak.
Bahri Djamarah, Syaiful DAN Zain Anwar. 1997. STRATEGI BELAJAR MENGAJAR.            Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
El Khuluqo, Ihsana. 2017. BELAJAR DAN PEMBELAJARAN. Yogyakarta: PUSTAKA          PELAJAR.






BIODATA PENULIS



Nama                                      : Mutakhofifah Ariana
Tempat, Tanggal Lahir        : Pekalongan, 06 Januari 2000
Jenis Kelamin                        : Perempuan
Agama                                    : Islam
Alamat                                    : Ds. Lambur 01, Kec. Kandangserang Kab. Pekalongan
Riwayat Pendidikan             : 1. SDN Kebalen 03
   2. SMPN 1 Kandangserang
   3. MAS Simbang Kulon
                  4. IAIN Pekalongan (Sekarang)


LAMPIRAN





Tidak ada komentar:

Posting Komentar