Laman

Jumat, 22 September 2017

SBM E 4-a “HAKIKAT PEMBELAJARAN”

KONSEP DASAR PEMBELAJARAN
“HAKIKAT PEMBELAJARAN”

Lukluk khulailah
( 2021115073 )
Kelas : E

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2017



KATA PENgANTAR

           Pertama kami panjatkan puja syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga saya dapat menyusun makalah yang berjudul “HAKIKAT PEMBELAJARAN” yang secara akademis merupakan tugas untuk mata kuliah STRATEGI BELAJAR MENGAJAR, sholawat serta salam tidak lupa kami haturkan kepada junjungan kita Nabi akhir zaman Muhammad saw yang senantiasa kita harapkan syafaatnya kelak.
            Dalam penulisan makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, oleh karena itu saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Muhammad Ghufron Dimyati,M.S.I Selaku dosen pengampu mata kuliah STRATEGI BELAJAR MENGAJARI.dan kedua orang tua saya yang tidak hentinya mendoakan dan mendukung saya, seta teman-teman dari IAIN Pekalongan yang telah membantu saya. Sayatidak dapat memberikan balasan apapun, kecuali do’a semoga Allah SWT memberikan balasan yang berlipat ganda atas amal kebaikan yang telah diberikan.
            Sayamenyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu,  Sayamengharap kritik dan saran yang membangun demi kelancaran ilmu pengetahuan dimasa yang akan datang. Sayaberharap mudah – mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.


                                                                        Pekalongan,  20 September 2017

LuklukKhulailah





DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL            …………………………………………………   i
KATA PENGANTAR         .....................................................................      i
DAFTAR ISI                         …..................... ................................................     ii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Tema                           ……....................................................... ............    1
B.     Judulmakalah              ………….................................................................1
C.     Alasanpenting     …............................................................................1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Pengertian hakikatpembelajaran……. ....................................................2
B.     Hakikat di artikan sebagai ..........................................................................3
C.     Ciri-ciri pembelajaran...................................................................................4
D.    Komponen-komponen pembelajaran........................................................5
E.     Prinsip pembelajaran..................................................................................5
F.      Faktor-faktor...............................................................................................6

BAB III PENUTUP
KESIMPULAN….............................................................................................7
SARAN   ………………………………………………………………….7
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 8
PROFIL........................................................................................................9



BAB I
PENDAHULUAN


A.    Tema
Konsep dasar pembelajaran
B.     Judul makalah
Dalam kesempatan kali ini penulis akan membahas tentang “ hakikat pembelajaran” menyesuaikan dengan tugas yang telah penulis terima.
C.     Penting untuk dikaji
Pentingnya menkaji tentang materi ini yaitu tentang bagaimana cara,prinsip dan komponen apa saja yang harus kita ketahui dalam mendidik dan membimbing anak didik kita kelak dengan baik dan sesuai dengan sebagaimana mestinya.
  



BAB II
PEMBAHASAN

A.    HAKIKAT PEMBELAJARAN
                                    Pembelajaran merupakan istilah yang telah dikenakan oleh masyarakat luas,terlebih didalam dunia pendidikan.pembelajaran diartikan sebagai suatu upaya untuk membelajarkan siswa (degeng,2002).pembelajaran merupakan proses utama yang  diselenggarakan dalam kehidupan sekolah kegiatan pembelajaran meliputi metode,lingkungan,media,sarana dan prasarana pembelajaran yang saling terkait antara satu dengan yang lain.[1]
                                    Pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang melibatkan informasi dan lingkungan yang disusun secara terencana untuk memudahkan siswa dalam belajar.pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan pendidik untuk membantu siswa agar dapat menerima pengetahuan yang diberikan dan membantu memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran.
                        Pembelajaran merupakan proses utama yang diselenggarakan dalam kehidupan sekolah sehingga antara guru yang mengajar dan anak didik yang belajar dituntut profit tertentu. [2]
                                    Pembelajaran dapat didefinisikan sebagai suatu sestem atau proses membelajarkan subjek didik/pembelajar yang direncanakan  atau didesain,dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar subjek didik/pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien.[3]







B.     Hakikat artikan sebagai kebenaran dan kenyataan yang sebenarnya.dalam pembelajaran,kenyataan yang benar meliputi hal-hal berikut.
1.      Hakikat manusia sebagai subjek didik,diantaranya:
a.       Subjek didik bertanggung jawab atas pendidikannya sendiri,
b.      Sebjek didik merupakan unsur yang unik,memiliki potensi dan kebutuhan,baik fisik maupun psikologis yang berbeda-beda
c.       Subjek didik memerlukan pembinaan individual serta perlakuan yang manusiawi
d.      Subjek didik membutuhkan tempat/lingkungan untuk mengekspresikan diri.
2.      Hakikat pendidik/pengajar, diantaranya:
a.       Pendidik sebagai agen perubahan
b.      Pendidik sebagai pemimpin dan pendorong nilai-nilai universal dan kemasyarakatan
c.       Pendidik harus memahami karakteristik unik dan berupaya memenuhi kebutuhan masing-masing individu subjek didiknya
d.      Pendidik sebagai fasilitator pembelajaran menciptakan kondisi yang menggugah dan menyediakan kemudahan bagi subjek didik untuk belajar
e.       Pendidikan bertanggung  jawab atas tercapainya hasil belajar subjek didik
f.       Pendidik dituntut menjadi model/contoh dalam pengelolaan kelas
g.      Pendidik senantiasa mengembangkan diri sesuai perkembangan zaman
h.      Pendidik dituntut untuk profesional dalam bekerja dan berkarya
i.        Pendidik menjunjung tinggi kode etik pendidik

3.      Hakikat pembelajaran,di antaranya :
a.       Pembelajaran terjadi apabila subjek didik secara aktif berinteraksi dengan pendidik dan lingkungan belajar yang diatur oleh pendidik
b.      Proses pembelajaran yang efektif memerlukan strategi ,metode,dan media ,pembelajaran yang tepat
c.       Program pembelajaran dirancang secara matang dilaksanakan sesuai dengan rancangan yang dibuat
d.      Pembelajan harus memperhatikan aspek proses dan hasil belajar[4]
e.       Materi pembelajaran dan sistem penyampaiannya selalu berkembang
Pembelajaran adalah proses yang mengabungkan pekerjaan dengan pengalaman.apa  yang dikerjakan orang didunia menjadikan pengalaman baginya.pengalaman tersebut akan menambah ketrampilan,pengetahuan atau pemahaman yang mencerminkan nilai yang dalam .pembelajaran yang efektif akan mendorong kearah perubahan,pengembangan serta meningkatkan hasrat untuk belajar.pembelajaran tidak hanya menghasilkan atau membuat sesuatu ,tetapi juga menyesuaikan ,memperluas,dan memperdalam pengetahuan.
Kegiatan pembelajaran melibatkan komponen-komponen yang satu dengan yang lain saling terkait dan menunjang dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam program pembelajaran. Komponen-komponen dalam pembelajaran tersebut seperti guru,siswa,metode,lingkungan,media,dan sarana prasarana perlu ada.
C.     Ciri-ciri pembelajaran  :
1.      Merupakan proses kombinasi yang interaktif dari berbagai komponen yang terlibat dalam pembelajaran
2.      Diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
3.      Subjek belajar adalah peserta didik
4.      Merupakan usaha / kegiatan sadar yang terprogram ,sistematis dan sengaja
5.      Membuat peserta didik belajar secara aktif
6.      Tersedianya sumber belajar bagi peserta didik
7.      Merupakan interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik serta sumber belajar
8.      Merupakan subjek khusus dari pendidikan
9.      Adanya penetapan tujuan terlebih dahulu sebelum proses dilaksanakan
10.  Pelaksanaannya terkendali,baik isinya,waktu,proses,maupun hasilnya.[5]

Ø  Menurut Edi Suardi,sebagai suatu proses pengaturan,kegiatan pembelajaran dapat diamati dari ciri-ciri sebagai berikut:
1.                  Memiliki tujuan
2.                  Adanya suatu prosedur
3.      Secara umum, prosedur kegiatan pembelajaran dilakukan melalui 3 tahap,yaitu:
a.                  Kegiatan pendahuluan
b.                 Kegiatan inti
c.                  Kegiatan akhir dan tindak lanjut kegiatan pembelajaran
4.                  Ditandai dengan penggarapan materi yang khusus
5.                  Ditandai dengan aktivitas peserta didik
6.                  Guru berperan sebagai pembimbing
7.                  Kegiatan pembelajaran membutuhkan disiplin
8.                  Ada batas waktu
9.                  Evaluasi [6]






D.    Komponen-komponen pembelajaran
1.      Tujuan
2.      Materi pembelajaran
3.      Kegiatan pembelajaran
4.      Metode
5.      Alat
6.      Sumber pembelajaran
7.      Evaluasi[7]
E.     Prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dan implikasinya:
1.      Prinsip berbasis rencana,menekankan bahwa pembelajaran harus direncanakan atau berbasis perencanaan
2.      Prinsip keaktifan,menekankan bahwa pembelajaran mengaktifkan peserta didik belajar.
3.      Prinsip holistik,menekankan bahwa pembelajaran mengembangkan berbagai potensi peserta didik secara utuh yang meliputi antara lain pengembangan potensi afektif,kognitif,fisik,psikomotorik,moral,emosional,sosial,dan bahasa.
4.      Prinsip interaktif, menekankan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi edukatif
5.      Prinsip inspiratif, menekankan bahwa pembelajaran memberikan inspirasi kepada peserta didik untuk giat dan berkarya dalam belajar.
6.      Prinsip menyenangkan, bahwa pembelajaran haruslah membuat peserta didik senang dan nyaman dalam belajar
7.      Prinsip menantang , pembelajaran memberikan tantangan yang menarik kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar
8.      Prinsip motivasi, pembelajar mendorong peserta didik untuk belajar dengan antusias dan sungguh-sungguh[8]
9.      Penerapan prinsip motivasi harus tercermin pada perilaku-perilaku berikut:
- Guru menggunakan metode secara variasi
- Guru menggunakan media sesuai dengan tujuan belajar dan materi yang diajarkan
- Guru menggunakan gaya bahasa yang tidak monoton
- Guru mengemukakan pertanyaan-pertanyaan membimbing ( direction question)
10. Prinsip pengulangan,pembelajar memberikan pengulangan agar memperjelas pemahaman siswa tentang materi yang disampaikan
11. Prinsip umpan balik dan penguatan, memberikan kepastian jawaban yang telah ditanyakan oleh peserta didik kepada pendidik ( guru).[9]




v  Faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran
1.      Peserta didik
a.       Kemampuan
Pengetahuan atau keterampilan yang merupakan prasyarat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran,peserta didik mengetahui materi yang akan disajikan dalam kegiatan pembelajaran.
b.      Motivasi
c.       Perhatian
d.      Persepsi
e.       Ingatan
2.      Pendidik
3.      Sarana dan prasarana
4.      Tenaga non-pendidik
5.      Lingkungan.[10]
v  Faktor –faktor pendukung proses pembelajaran
ü  Faktor belajar siswa
1.      Luar
-lingkungan ( alam,sosisl,budaya)
- instrumen ( kurikulum,program,sarana )
2. Dalam
- fisiologis ( fisiologis umum,panca indera)
- psikologi ( minat kecerdasan , minat motivasi )[11]












BAB III
PENUTUP
A.    KESIMPULAN
Pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang melibatkan informasi dan lingkungan yang disusun secara terencana untuk memudahkan siswa dalam belajar.pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan pendidik untuk membantu siswa agar dapat menerima pengetahuan yang diberikan dan membantu memudahkan pencapaian tujuan pembelajaran
B.     SARAN
Saya menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu,  Saya mengharap kritik dan saran yang membangun demi kelancaran ilmu pengetahuan dimasa yang akan datang. Saya berharap mudah – mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.

















DAFTAR PUSTAKA

Dirman.2014. Teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Jakarta:PT Reneka Cipta
Komalasari, kokom.2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama
Mustakim, zaenal. 2017. Strategi dan metode pembelajaran. Pekalongan:IAIN Pekalongan press
Suprihatiningrum, jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
















PROFIL
NAMA            :     LUKLUK KHULAILAH
NIM                 :   2021115073
ALAMAT        : ds. Rowosari rt/rw: 02/01 ulujami, pemalang
HOBBY           : membaca dan memasak
CITA-CITA     :          INGIN MENJADI ORANG YANG  LEBIH BAIK LAGI SERTA
BERMANFAAT DALAM MASYARAKAT, INGIN MEMBAHAGIAKAN ORANG TUA.

















[1] . jamil suprihatiningrum,strategi pembelajaran (jogjakarta:AR-RUZZ MEDIA,2013), hlm.73
[2] . ibid., hlm.75
[3] . kokom komalasari, pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi ( bandung:PT Refika Aditama,2011), hlm .3
[4] zaenal mustakim, strategi dan metode pembelajaran ( pekalongan: IAIN Pekalongan press, 2017), hlm.41-42 .
[5]. dirman,dkk, teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik (jakarta: PT RENEKA CIPTA,2014), hlm.42-43
[6]. Zainal mistakim,Op.Cit., hlm. 42-46
[7] . ibid,.hlm.47-51
[8].dirman dkk,Op.Cit., hlm.47-49
[9]. ibid,. hlm. 57
[10] .Zaenal mustakim, Op.Cit., hlm. 56-60
[11]. kokom komalasari,Op.Cit., hlm 5


Tidak ada komentar:

Posting Komentar