Laman

Senin, 15 Oktober 2018

SBM D G2 STRATEGI PEMBELAJARAN (TUJUAN DAN MANFAAT STRATEGI PEMBELAJARAN)


STRATEGI PEMBELAJARAN
(TUJUAN DAN MANFAAT STRATEGI PEMBELAJARAN)
Aisatul Laeli
NIM. (2317144) 
KELAS D

JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
2018



Alhamdullilah, Puji syukur kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan anugrah dari-Nya saya dapat menyelesaikan makalah tentang “Tujuan dan Manfaat Strategi Belajar Mengajar” ini. Sholawat dan salam semoga senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad SAW yang telah menunjukkan kepada kita semua jalan yang lurus berupa ajaran agama islam yang sempurna dan menjadi anugrah terbesar bagi seluruh alam semesta.
Penulis sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Tujuan dan Manfaat Strategi Belajar Mengajar” dengan tepat waktu walaupun banyak halangan dan rintangan yang dilalui. Disamping itu, kami mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya selama pembuatan makalan ini berlangsung sehingga dapat terealisasikanlah makalah ini.
Makalah ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna penyempurnaan penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini menambah khasanah keilmuan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Amin yaa robbal ‘alamin.

                                                                        Pekalongan, 7 Oktober 2018




Penulis


           


DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR..............................................................................      i
DAFTAR ISI..............................................................................................      ii

BABI       PENDAHULUAN.....................................................................      1
A.    Latar Belakang Masalah........................................................      1
B.     Rumusan Masalah..................................................................      1
C.     Tujuan....................................................................................      1
D.    Metode Pemecahan Masalah.................................................      1
E.     Sistematika Penulisan Makalah.............................................      2
BAB II    PEMBAHASAN........................................................................      3
A.    Tujuan Pembelajaran..............................................................      3
B.     Manfaat  Pembelajaran..........................................................      5
BAB  III PENUTUP.................................................................................      7
A.    Kesimpulan............................................................................      7
B.     Saran-saran............................................................................      7
DAFTAR PUSTAKA...............................................................................      8
LAMPIRAN...............................................................................................      9


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah

Strategi pembelajaran merupakan komponen penting dalam system pembelajaran. Strategi pembelajaran terkait dengan bagaimana materi yang disiapkan, metode apa yang paling tepat untuk menyampaikan materi pembelajaran tersebut dan bagaimana bentuk evaluasi yang tepat digunakan untuk mendapatkan umpan balik pembelajaran. Namun, strategi pembelajaran yang menjadi lebih efektif  pada saat ini adalah bagaimana guru dapat merancang strategi itu agar para siswa dapat menikmati pembelajaran dengan menyenangkan. Karena otak berfikir hanya mampu berfungsi secara optima.
Keberhasilan guru dalam menerapkan strategi pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam menganalisis kondisi pembelajaran yang ada, seperti tujuan dan manfaat, hasil analisis dari strategi  suatu pembelajaran terhadap kondisi pembelajaran tersebut dapat dijadikan dasar dalam menentukan strategi pembelajaran yang tepat yang akan digunakan.

B.     Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang tersebut perlu kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan untuk terfokusnya kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikuT;
             1.     Apa Tujuan Strategi Pembelajaran?
             2.     Apa Manfaat Strategi Pembelajaran?
Tujuan dari penulisan makalah ini aadalah sebagai berikut:
1.    Untuk Mengetahui Tujuan Strategi Pembelajaran.
2.    Untuk Mengetahui Manfaat Strategi Pembelajaran.
D.    Metode Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah yang dilakukan melalui studi literatur/metode kajian pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa referensi buku atau dari referensi lainnya yang merujuk pada permasalahan yang dibahas. Langkah-langkah pemecahan masalahnya dimulai dengan menentukan masalah yang akan dibahas dengan melakukan perumusan masalah, melakukan langkah-langkah pengkajian masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perumusan jawaban permasalahan dari berbagai sumber, dan penyintesisan serta pengorganisasian jawaban permasalahan.

E.     Sistematika Penulisan Makalah

Makalah ini ditulis dalam tiga bagian, meliputi: Bab I, bagian pendahuluan yang terdiri dari: latar belakang masalah, perumusan masalah, metode pemecahan masalah, dan sistematika pnulisan makalah; Bab II, adalah pembahasan; Bab III, bagian penutup yang terdiri dari simpulan dan saran-saran.





BAB II
PEMBAHASAN

A.    Tujuan Strategi Pembelajaran
Mengajar pada dasarnya meliputi memgajari siswa bagaimana belajar , bagaimana mengingat, bagaimana berfikir, bagaimana memotivasi diri sendiri. Berdasarkan pernyataan tersebut , maka mengembangkan dan mengajarkan srtategi belajar kepada siswa merupakan tugas seorang guru untuk membentuk siswa menjadi pembelajar dengan pengedalian diri atau mandiri. Menurut Arens , pembelajaran mandiri adalah pembelajaran yang dapat melakukan hal penting dan karakteristik,antara lain:
a.       Mengetahui secara tepat situasi  pembeljaran tertentu
b.      Memiliki pengetahuan strategi-strategi belajar efektif,bagaimana serta kapan menggunakannya.
c.       Dapat memtivasi diri sendiri
d.      Mampu tekut meyelesaikan tugas yang diterimanya
e.       Belajar secara efektif.[1]
Menurut  Djamarah Sain , terdapat empat strategi dasar belajar mengajar , yakni antara lain:
1.      Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
2.      Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan pandangan hidup masyarakat.
3.      Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
4.      Menetapkan norma-norma  dan batas minimal keberhasilan atau kriteria standar  keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar.
Tujuan utama pengajaran strategi yaitu mengajarkan siswa untuk belaljar atas kemauan dan kemampuan diri sendiri. Dengan demikian bahwa penetapan tujuan dalam suatu proses pembelajaran merupakan aspek penting yang akan menentukan terhadap kualitas dan keberhasilan pembelajaran. Aspek-aspek penting dalam menyusun strategi pembelajaran menurut Ibrahim ialah ia mengatakan bahwa bahan pembelajaran hendaknya:
a.       Sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.      Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
c.       Terorganisasi secara sistematis dan berkesinambungan
d.      Mencakup hal-hal yang factual maupun konseptual.[2]
Urutan kegiatan pembelajaran mencakup berbagai kegiatan, seperti:
                                                1.      Kegiatan pendahuluan, yang berkaitan dengan kegiatan berupa pemberian motivasi kepada siswa,menjelaskan tujuan pembelajaran,  menginformasikan materi pelajaran,dsb.
                                                2.      Kegiatan penyajian, meliputi kegiatan memberikan uraian materi pelajaran, memberikan contoh-contoh untuk meningkatkan pemahaman siswa, dll.
                                                3.      Kegiatan penutup, meliputi kegiatan merangkum, evaluasi terhadap proses dan hasil belajar.
Tujuan pembelajaran dapat menentukan suatu strategi yang harus digunakan guru. Tujuan belajar menurut Robert M Gagne yaitu ada lima tipe hasil belajar meliputi:
a.       Kemampuan intelektual ialah sejumlah kemampuan mulai dari membaca,menulis,menghitung sampai dengan kemampuan memperhitungkan sebuah jembatan akibat devaluasi
b.      Strategi kognitif ialah kemampuan mengatur cara belajar dan berfikir seseorang termasuk kemampuan dalam memecahkan masalah.
c.       Informasi verbal ialah kemampuan menyerap pengetahuan dalam arti informasi dan fakta termasuk kemampuan untuk mencari dan mengelola informasi sendiri.
d.      Keterampilan motorik ialah kemampuan yang erat dengan keterampilan fisik.
e.       Sikap dan nilai ialah kemampuan yang erathubungannya dengan arah serta emosional yang dimiliki seseorang.[3]
Menurut  Gagne tujuan strategi pembelajaran ialah:
1.       Mengoptimalkan pembelajaran pada aspek afektif
Afektif berhubungan dengan nilai yang berarti suatu konsep yuang berbeda dalam pemikiran manusia yang sifatnya tersembunyi. Pengoptimalan aspek afektif akan membantu memvbentuk siswa cerdas sekaligus memiliki sikap positif dan secara motorik terampil.
2.      Mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran
Dalam proses belajar terkadang siswa pasif sehingga hanya memperoleh kemampuan itelektual saja,yang seharusnya seimbang dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Maka siswa Harus aktif dalam proses pembelajaran.[4]
B.     Manfaat Strategi Pembelajaran
1.      Manfaat strategi pembelajaran bagi siswa
a.       Siswa terbiasa belajar dengan perencanaan yang disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri
b.      Siswa memiliki pengalaman yang berbeda-beda dengan temanya
c.       Siswa dapat memacu prestasi belajarnya sendiri secra optimal
d.      Terjadi persaingan yang sehat dalam mencapai hasil belajar yang efektif dan efisien
e.       Siswa dapat mencapai kepuasan jika dapat mencapai hasil belajar yang sesuai dengan target yang telah ditetapkan
f.       Siswa dapat mengulang uji kompetensi(remidi) jika terjadi kegagalan dalam uji kompetensi[5]
2.      Manfaat strategi pembelajran bagi guru
a.       Guru dapat mengelola proses  pembelajaran untuk mencapai hasil yang efektif dan efisien
b.      Guru dapat mengontrol kemampuan siswa secara teratur
c.       Guru dapat mengetahui bobot soal yang dipelajari siswa pada saat proses belajar mengajar dimulai
d.      Guru dapat memberikan bimbingan kepada siswa,ketika siswa mengalami kesulitan
e.       Guru dapat membuat peta kemampuan siswa sehingga dapat dipakai sebagai bahab analisis
f.       Guru dapat melaksanakan program belajar akseleratif bagi siswa yang mampu.[6]
                           





BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Strategi bisa diartikan sebagai pola umum kegiatan guru dan murid dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk  mencapai tujuan pembelajaran  yang telah ditentukan. Tujuan strategi pembelajaran ada dua yaitu yang pertama mengoptimalkan  pembelajaran pada aspek afektif dan efisien, yang kedua mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran.
Manfaat strategi pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu yang pertama manfaat untuk siswa antara lain siswa terbiasa belajar dengan perencanaan siswa memiliki pengalaman yang beda-beda, terjadi persaingan yanga sehat,dll. Manfaat bagi guru adalah guru dapat mengelola proses pembelajaran, guru dapat mengontrol ,dapat mengetahui bobot soal dapat memberikan bimbingan pada siswa, membuat peta kemampuan siswa dan guru dapat melaksanakan program akselaratif bagi siswa
B.     Saran
Sebagai seorang calon guru,tentunya pembaca harus bisa memahami tujuan pembelajaran dan manfaat pembelajaran yang akan kita gunakan pada saat proses belajar mengajar. Saya menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata sempurna,maka dari itu saya mengharapkan saran dari pembaca untuk menyempurnakan makalah ini.









DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi Abu dan joko Tri Prasetya. 2005.Strategi Belajar Mengajar .
Bandung: Penerbit Pustaka Setia
At thabany Trianto Ibnu  Badar.2014. Mendisen Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.Jakarta : Penerbit Prenademedia Group
Mustakim Zainal.2017. Strategi dan Metode Pembelajaran.Pekalongan:  Penerbit   Metagraf Yogyakarta
Rusmono . 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu.Bogor : Penerbit Ghalia Indonesia
Sanjaya Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran.
Jakarta:  Penerbit Prenadamedia Group
Wena Made.2013. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Penerbit Bumi Aksara













LAMPIRAN




















BIOGRAFI


Aisatul Laeli

Lahir                            : Pemalang, 16 Agustus 1998
Alamat                        : Karangbrei, Bodeh, Pemalang
Hobi                            : Membaca
Riwayat Pendidikan   : SD N 04 Karangbrei
                                      MTs I’anah Futuhiyah
                                      MAN 02 Pekalongan jurusan MIPA
                                      IAIN PEKALONGAN Prodi PGMI


[1] Trianto Ibnu Badar al Tabany, Mendisain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,kontekstual,( Jakarta: Prenadermedia Group, 2014), hlml.170-171
[2] Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar,( Bandung: Pustaka Setia, 2005), hlm 11
[3] Wina Sanjaya, Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, ( Jakarta: Prenamedia Group, 2008), hlm 186;187
[4] Zaenal Mustakim, Strategi dan Metode Pembelajaran, ( Pekalongan: Metagraf Yogyakarta, 2017), hlm 93-94
[5] Rusmono, Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2002), hlm. 22-23
[6] Made Wena, Strategi Pembelajaran Inofatif Kontemporer,(Jakarta:Bumi Aksara,2013),hlm. 9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar