STRATEGI
PEMBELAJARAN
(TUJUAN DAN MANFAAT STRATEGI
PEMBELAJARAN)
Aisatul Laeli
NIM. (2317144)
KELAS D
JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
2018
Alhamdullilah, Puji syukur kehadirat Allah SWT atas
limpahan rahmat dan anugrah dari-Nya saya dapat menyelesaikan makalah tentang “Tujuan
dan Manfaat Strategi Belajar Mengajar” ini. Sholawat dan salam semoga
senantiasa tercurahkan kepada junjungan besar kita, Nabi Muhammad SAW yang
telah menunjukkan kepada kita semua jalan yang lurus berupa ajaran agama islam
yang sempurna dan menjadi anugrah terbesar bagi seluruh alam semesta.
Penulis sangat bersyukur karena dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
“Tujuan dan Manfaat Strategi Belajar Mengajar” dengan tepat waktu walaupun
banyak halangan dan rintangan yang dilalui. Disamping itu, kami mengucapkan
banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu saya selama pembuatan makalan ini
berlangsung sehingga dapat terealisasikanlah makalah ini.
Makalah ini tentu tidak
terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, penulis dengan senang
hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna penyempurnaan
penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini menambah khasanah keilmuan
dan bermanfaat bagi mahasiswa. Amin yaa
robbal ‘alamin.
Pekalongan,
7 Oktober 2018
Penulis
DAFTAR
ISI
DAFTAR ISI.............................................................................................. ii
BABI PENDAHULUAN..................................................................... 1
A. Latar Belakang
Masalah........................................................ 1
B. Rumusan Masalah.................................................................. 1
C. Tujuan.................................................................................... 1
D. Metode Pemecahan
Masalah................................................. 1
E. Sistematika Penulisan
Makalah............................................. 2
BAB II PEMBAHASAN........................................................................ 3
A. Tujuan Pembelajaran.............................................................. 3
B. Manfaat Pembelajaran.......................................................... 5
BAB
III PENUTUP................................................................................. 7
A. Kesimpulan............................................................................ 7
B. Saran-saran............................................................................ 7
DAFTAR PUSTAKA............................................................................... 8
LAMPIRAN............................................................................................... 9
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Strategi
pembelajaran merupakan komponen penting dalam system pembelajaran. Strategi pembelajaran
terkait dengan bagaimana materi yang disiapkan, metode apa yang paling tepat
untuk menyampaikan materi pembelajaran tersebut dan bagaimana bentuk evaluasi
yang tepat digunakan untuk mendapatkan umpan balik pembelajaran. Namun,
strategi pembelajaran yang menjadi lebih efektif pada saat ini adalah bagaimana guru dapat
merancang strategi itu agar para siswa dapat menikmati pembelajaran dengan
menyenangkan. Karena otak berfikir hanya mampu berfungsi secara optima.
Keberhasilan guru dalam menerapkan strategi
pembelajaran sangat bergantung pada kemampuan guru dalam menganalisis kondisi
pembelajaran yang ada, seperti tujuan dan manfaat, hasil analisis dari
strategi suatu pembelajaran terhadap
kondisi pembelajaran tersebut dapat dijadikan dasar dalam menentukan strategi
pembelajaran yang tepat yang akan digunakan.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang
tersebut perlu kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan untuk terfokusnya
kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikuT;
1. Apa Tujuan
Strategi Pembelajaran?
2. Apa
Manfaat Strategi Pembelajaran?
Tujuan
dari penulisan makalah ini aadalah sebagai berikut:
1. Untuk
Mengetahui Tujuan
Strategi Pembelajaran.
2. Untuk
Mengetahui Manfaat Strategi Pembelajaran.
D.
Metode Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah
yang dilakukan melalui studi literatur/metode kajian pustaka, yaitu dengan
menggunakan beberapa referensi buku atau dari referensi lainnya yang merujuk
pada permasalahan yang dibahas. Langkah-langkah pemecahan masalahnya dimulai dengan
menentukan masalah yang akan dibahas
dengan melakukan perumusan masalah, melakukan langkah-langkah pengkajian
masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perumusan jawaban permasalahan dari
berbagai sumber, dan penyintesisan serta pengorganisasian jawaban permasalahan.
E. Sistematika Penulisan Makalah
Makalah ini ditulis dalam
tiga bagian, meliputi: Bab I, bagian pendahuluan yang terdiri dari: latar
belakang masalah, perumusan masalah, metode pemecahan masalah, dan sistematika
pnulisan makalah; Bab II, adalah pembahasan; Bab III, bagian penutup yang
terdiri dari simpulan dan saran-saran.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
A.
Tujuan
Strategi Pembelajaran
Mengajar pada dasarnya meliputi memgajari siswa
bagaimana belajar , bagaimana mengingat, bagaimana berfikir, bagaimana memotivasi
diri sendiri. Berdasarkan pernyataan tersebut , maka mengembangkan dan
mengajarkan srtategi belajar kepada siswa merupakan tugas seorang guru untuk
membentuk siswa menjadi pembelajar dengan pengedalian diri atau mandiri.
Menurut Arens , pembelajaran mandiri adalah pembelajaran yang dapat melakukan
hal penting dan karakteristik,antara lain:
a.
Mengetahui secara tepat situasi pembeljaran tertentu
b.
Memiliki pengetahuan strategi-strategi belajar
efektif,bagaimana serta kapan menggunakannya.
c.
Dapat memtivasi diri sendiri
d.
Mampu tekut meyelesaikan tugas yang diterimanya
e.
Belajar secara efektif.[1]
Menurut
Djamarah Sain , terdapat empat strategi dasar belajar mengajar , yakni
antara lain:
1.
Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi
dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana
yang diharapkan.
2.
Memilih sistem pendekatan belajar mengajar
berdasarkan pandangan hidup masyarakat.
3.
Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan
teknik belajar mengajar paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan
pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
4.
Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria
standar keberhasilan sehingga dapat
dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar
mengajar.
Tujuan utama pengajaran strategi yaitu
mengajarkan siswa untuk belaljar atas kemauan dan kemampuan diri sendiri.
Dengan demikian bahwa penetapan tujuan dalam suatu proses pembelajaran
merupakan aspek penting yang akan menentukan terhadap kualitas dan keberhasilan
pembelajaran. Aspek-aspek penting dalam menyusun strategi pembelajaran menurut
Ibrahim ialah ia mengatakan bahwa bahan pembelajaran hendaknya:
a.
Sesuai dengan tujuan pembelajaran
b.
Sesuai dengan tingkat perkembangan siswa
c.
Terorganisasi secara sistematis dan
berkesinambungan
d.
Mencakup hal-hal yang factual maupun konseptual.[2]
Urutan kegiatan pembelajaran mencakup berbagai
kegiatan, seperti:
1.
Kegiatan pendahuluan, yang berkaitan dengan
kegiatan berupa pemberian motivasi kepada siswa,menjelaskan tujuan
pembelajaran, menginformasikan materi
pelajaran,dsb.
2.
Kegiatan penyajian, meliputi kegiatan
memberikan uraian materi pelajaran, memberikan contoh-contoh untuk meningkatkan
pemahaman siswa, dll.
3.
Kegiatan penutup, meliputi kegiatan merangkum,
evaluasi terhadap proses dan hasil belajar.
Tujuan pembelajaran dapat menentukan suatu
strategi yang harus digunakan guru. Tujuan belajar menurut Robert M Gagne yaitu
ada lima tipe hasil belajar meliputi:
a.
Kemampuan intelektual ialah sejumlah kemampuan
mulai dari membaca,menulis,menghitung sampai dengan kemampuan memperhitungkan
sebuah jembatan akibat devaluasi
b.
Strategi kognitif ialah kemampuan mengatur cara
belajar dan berfikir seseorang termasuk kemampuan dalam memecahkan masalah.
c.
Informasi verbal ialah kemampuan menyerap
pengetahuan dalam arti informasi dan fakta termasuk kemampuan untuk mencari dan
mengelola informasi sendiri.
d.
Keterampilan motorik ialah kemampuan yang erat
dengan keterampilan fisik.
e.
Sikap dan nilai ialah kemampuan yang
erathubungannya dengan arah serta emosional yang dimiliki seseorang.[3]
Menurut
Gagne tujuan strategi pembelajaran ialah:
1.
Mengoptimalkan pembelajaran pada aspek afektif
Afektif berhubungan dengan nilai yang berarti
suatu konsep yuang berbeda dalam pemikiran manusia yang sifatnya tersembunyi.
Pengoptimalan aspek afektif akan membantu memvbentuk siswa cerdas sekaligus
memiliki sikap positif dan secara motorik terampil.
2.
Mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran
Dalam proses belajar terkadang siswa pasif
sehingga hanya memperoleh kemampuan itelektual saja,yang seharusnya seimbang
dengan aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Maka siswa Harus aktif dalam
proses pembelajaran.[4]
B.
Manfaat
Strategi Pembelajaran
1.
Manfaat strategi pembelajaran bagi siswa
a.
Siswa terbiasa belajar dengan perencanaan yang
disesuaikan dengan kemampuan diri sendiri
b.
Siswa memiliki pengalaman yang berbeda-beda
dengan temanya
c.
Siswa dapat memacu prestasi belajarnya sendiri
secra optimal
d.
Terjadi persaingan yang sehat dalam mencapai
hasil belajar yang efektif dan efisien
e.
Siswa dapat mencapai kepuasan jika dapat
mencapai hasil belajar yang sesuai dengan target yang telah ditetapkan
f.
Siswa dapat mengulang uji kompetensi(remidi)
jika terjadi kegagalan dalam uji kompetensi[5]
2.
Manfaat strategi pembelajran bagi guru
a.
Guru dapat mengelola proses pembelajaran untuk mencapai hasil yang
efektif dan efisien
b.
Guru dapat mengontrol kemampuan siswa secara
teratur
c.
Guru dapat mengetahui bobot soal yang
dipelajari siswa pada saat proses belajar mengajar dimulai
d.
Guru dapat memberikan bimbingan kepada
siswa,ketika siswa mengalami kesulitan
e.
Guru dapat membuat peta kemampuan siswa
sehingga dapat dipakai sebagai bahab analisis
f.
Guru dapat melaksanakan program belajar
akseleratif bagi siswa yang mampu.[6]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Strategi
bisa diartikan sebagai pola umum kegiatan guru dan murid dalam perwujudan kegiatan
belajar mengajar untuk mencapai tujuan
pembelajaran yang telah ditentukan.
Tujuan strategi pembelajaran ada dua yaitu yang pertama
mengoptimalkan pembelajaran pada aspek
afektif dan efisien, yang kedua mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran.
Manfaat strategi
pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu yang pertama manfaat untuk siswa antara
lain siswa terbiasa belajar dengan perencanaan siswa memiliki pengalaman yang
beda-beda, terjadi persaingan yanga sehat,dll. Manfaat bagi guru adalah guru dapat
mengelola proses pembelajaran, guru dapat mengontrol ,dapat mengetahui bobot
soal dapat memberikan bimbingan pada siswa, membuat peta kemampuan siswa dan
guru dapat melaksanakan program akselaratif bagi siswa
B. Saran
Sebagai seorang calon
guru,tentunya pembaca harus bisa memahami tujuan pembelajaran dan manfaat
pembelajaran yang akan kita gunakan pada saat proses belajar mengajar. Saya menyadari bahwa makalah ini jauh dari kata
sempurna,maka dari itu saya mengharapkan saran dari pembaca untuk
menyempurnakan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Ahmadi
Abu dan joko Tri Prasetya. 2005.Strategi Belajar Mengajar .
Bandung: Penerbit Pustaka Setia
At thabany Trianto Ibnu Badar.2014. Mendisen Model Pembelajaran
Inovatif, Progresif, dan Kontekstual.Jakarta : Penerbit Prenademedia
Group
Mustakim Zainal.2017. Strategi dan Metode Pembelajaran.Pekalongan: Penerbit Metagraf Yogyakarta
Rusmono . 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem
Based Learning itu Perlu.Bogor :
Penerbit Ghalia Indonesia
Sanjaya
Wina. 2008. Perencanaan
dan Desain Sistem Pembelajaran.
Jakarta: Penerbit Prenadamedia
Group
Wena Made.2013. Strategi
Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Penerbit Bumi
Aksara
LAMPIRAN
BIOGRAFI
Aisatul Laeli
Lahir : Pemalang, 16 Agustus 1998
Alamat : Karangbrei,
Bodeh, Pemalang
Hobi : Membaca
Riwayat Pendidikan : SD N 04
Karangbrei
MTs I’anah Futuhiyah
MAN 02 Pekalongan jurusan MIPA
IAIN PEKALONGAN Prodi PGMI
[1] Trianto Ibnu Badar al
Tabany, Mendisain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif,kontekstual,(
Jakarta: Prenadermedia Group, 2014), hlml.170-171
[2] Abu Ahmadi dan Joko Tri
Prasetya, Strategi Belajar Mengajar,( Bandung: Pustaka Setia, 2005), hlm
11
[3] Wina Sanjaya,
Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, ( Jakarta: Prenamedia Group,
2008), hlm 186;187
[4] Zaenal Mustakim, Strategi
dan Metode Pembelajaran, ( Pekalongan: Metagraf Yogyakarta, 2017), hlm
93-94
[5] Rusmono, Strategi
Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu, (Bogor: Ghalia
Indonesia, 2002), hlm. 22-23
[6] Made Wena, Strategi
Pembelajaran Inofatif Kontemporer,(Jakarta:Bumi Aksara,2013),hlm. 9
Tidak ada komentar:
Posting Komentar