PENDEKATAN PEMBELAJARAN
"TUJUAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN"
Arvela Ifadatossofa
NIM. (2317093)
KELAS D
JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
2018
KATA PENGANTAR
Alhamdulillahirobbilalamin, puji syukur
kehadirat Allah SWT. atas segala karunia ni’mat dan karunia-Nya, sehingga
makalah yang berjudul ”Tujuan
Pendekatan Pembelajaran” dapat diselesaikan. Shalawat serta salam
senantiasa tercurahkan kepada junjungan
kita Nabi Muhhammad SAW, serta sahabat dan keluarganya. Dan semoga kita
mendapatkan syafa’at nya di yaumulqiyamah nanti, aminn ya Rabbal ‘Alamin.
Makalah ini disusun agar pembaca dapat mengetahui seberapa
pentingnya model
pembelajaran, maka dari itu kami
sajikan berdasarkan pengamatan dari berbagai sumber. Makalah ini memuat tentang “Tujuan
Pendekatan Pembelajaran” dan sengaja dipilih karena menarik perhatian
penulis untuk dicermati dan perlu mendapat dukungan dari semua pihak yang
peduli terhadap dunia pendidikan.
Semoga makalah ini dapat memberikan wawasan
yang lebih luas kepada pembaca. Walaupun
makalah ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Penyusun mohon untuk saran dan
kritiknya. Terima kasih.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR………………………………………………. i
DAFTAR ISI………………………………………………………… ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah………………………………................. 1
B.
Rumusan
Masalah…………………………………….................. 1
C.
Tujuan………………………….................................................... 1
BAB II PEMBAHASAN
A.
Pengertian Pendekatan Pembelajaran............................................ 2
B. Macam-macam
Pendekatan Pembelajaran........................ ............ 3
C. Tujuan Pendekatan
dalam Pembelajaran....................................... 4
BAB III PENUTUP
A. Kesimpulan……………………………… ……………............... 7
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………. 8
BIODATA PENULIS......................................................................... 9
LAMPIRAN........................................................................................ 10
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendekatan
pembelajaran mempunyai peranan penting dalam proses belajar mengajar. Di
samping dapat menarik perhatian siswa, pendekatan pembelajaran juga dapat
menyampaikan pesan yang ingin disampaikan dalam setiap mata pelajaran.
Penerapan pendekatan pembelajaran di sekolah, guru dapat menciptakan suasana
belajar yang menarik perhatian dengan memanfaatkan pendekatan pembelajaran yang
kreatif, inovatif, dan variatif sehingga pembelajaran dapat berlangsung dengan
mengoptimalkan dan berorientasi pada prestasi belajar.
Banyak sekali
pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam proses belajar mengajar.
Agar diperoleh hasil yang memuaskan diperlukan pendekatan yang tepat untuk
mengajarkan suatu pengetahuan atau materi sehingga hasilnya sesuai dengan yang
diharapkan. Sehingga dalam mengajar diperlukan pendekatan dalam pembelajaran,
pendidik harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana.
Pandangan guru terhadap anak didik akan menentukan sikap dan perbuatan.
B.
Rumusan Masalah
1.
Apa yang
dimaksud dengan Pendekatan Pembelajaran ?
2.
Apa Saja
Macam-Macam Pendekatan Pembelajaran ?
3.
Apa Saja Tujuan
Pendekatan Pembelajaran ?
C.
Tujuan
1.
Untuk
mengetahui pengertian Pendekatan Pembelajaran.
2.
Untuk
mengetahui macam-macam Pendekatan Pembelajaran.
3.
Untuk
mengetahui Tujuan Pendekatan Pembelajaran
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Pendekatan Pembelajaran
Menurut
beberapa ahli :
1.
Pendekatan
menurut Gulo (2008), bahwa pendekatan pembelajaran adalah titik tolak atau
sudut pandang kita dalam memandang seluruh masalah yang ada dalam proses
pembelajaran. Sudut pandang tertentu tersebut menggambarkan cara berpikir dan
sikap seorang guru dalam menyelesaikan persoalan yang ia hadapi.[1]
2.
Pendekatan
menurut Suprihatiningrum (2013), bahwa pendekatan pembelajaran merupakan sebuah
filosofi atau landasan sudut pandang dalam melihat bagaimana proses
pembelajaran dilakukan sehingga tujuan yang diharapkan tercapai.[2]
3.
Pendekatan
menurut Sanjaya ialah pendekatan dapat diartikan sebagai titik tolak atau sudut
pandang kita terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan merujuk kepada
pandangan tentang terjadi suatu proses yang sifatnya masih sangat umum. Oleh
karenanya strategi atau metode pembelajaran yang digunakan dapat bersumber atau
tergantung pada pendekatan tertentu.[3]
4.
Burden, PR
menyatakan bahwa pendekatan adalah tata cara pembelajaran yang melibatkan para
guru dan siswa mereka untuk membangun mencapai tujuan dengan informasi mereka
telah didapat secara aktif, melalui kegiatan dan keikutsertaannya.
Dan lebih luas lagi, pendekatan berarti seperangkat asumsi mengenai cara
belajar mengajar. Pendekatan dapat diartikan juga sebagai titik tolak atau
sudut pandang terhadap proses suatu kegiatan seperti halnya guru dalam proses
pembelajaran kepada siswa.[4]
Secara garis besar pendekatan
pembelajaran merupakan cara kerja mempunyai sistem untuk memudahkan pelaksanaan
proses pembelajaran dan membelajarkan siswa guna membantu dalam mencapai tujuan
yang telah ditetapkan.
B.
Macam-Macam Pendekatan
Pembelajaran
a.
Pendekatan
Individual
Pendekatan
individual merupakan kegiatan mengajar yang menitikberatkan pada bantuan dan
bimbingan belajar masing-masing individu, karena perilaku mereka dalam belajar,
mengemukakan pendapat, dan daya serap tingkat kecerdasan yang berbeda-beda
variasinya. Dari segi kebutuhan siswa pendekatan individu lebih efektif karena siswa belajar berdasarkan kemampuannya
sendiri sedangkan dari segi guru program ini kurang efisien karena siswa satu
kelas masing-masing memerlukan perhatian guru sehingga akan melelahkan guru.
b.
Pendekatan
kelompok
Pendekatan
kelompok merupakan kegiatan belajar mengajar dimana guru membentuk kelompok
kecil yang umumnya terdiri dari 3-8 siswa dan guru memberikan bantuan atau
bimbingan kepada setiap anggota kelompok lebih intensif.
c.
Pendekatan
Tematik
Pendekatan tematik merupakan pendekatan
pembelajaran untuk mengadakan hubungan yang erat dan serasi antara berbagai
aspek yang mempengaruhi peserta didik dalam proses belajar.
5.
Pendekatan
Scientific
Menurut A.
Machin dalam publikasinya menyebutkan bahwa pembelajaran dengan pendekatan scientific
merupakan suatu proses pembelajaran yang dirancang agar peserta didik secara
aktif membangun konsep, hukum, atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati,
merumuskan masalah, mengajukan, atau merumuskan hipotesis, mengumpulkan data
dengan berbagai teknik, menganalisi data, menarik kesimpulan, dan
mengomunikasikan konsep, hukum atau prisip yang ditemukan.
6.
Pendekatan
Keterampilan Proses
Pendekatan
keterampilan proses merupakan keterampilam yang diperoleh dari latihan
kemampuan-kemampuan mental, fisik, dan sosial yang mendasar sebagai penggerak
kemampuan-kemampuan yang lebih tinggi. Kemampuan-kemampuan mendasar yang telah
dikembangkan dan telah terlatih lama kelamaan akan menjadi suatu keterampilan,
sedangkan pendekatan keterampilan proses adalah cara memandang anak didik
sebagai manusia seutuhnya. Cara memandang ini dijabarkan dalam kegiatan belajar
mengajar memperhatikan pengembangan pengetahuan, sikap, nilai, serta
keterampilan. Ketiga unsur tersebut menyatu dalam satu individu dan tampil
dalam bentuk kreativitas.
C.
Tujuan
Pendekatan Pembelajaran
a.
Pendekatan Individual
Tujuan dari
pendekatan ini yaitu memberikan kesempatan dan keleluasaan kepada siswa untuk
belajar berdasarkan kemampuan sendiri sehingga pengembangan kemampuan tiap
individu bisa tercapai secara optimal.
b.
Pendekatan
Kelompok
Tujuan
pendekatan ini adalah memberi kesempatan kepada setiap siswa untuk
mengembangkan kemampuan memecahkan masalah secara rasional, mengembangkan sikap
sosial, dan semangat bergotong royong dalam kehidupan, menanamkan rasa tanggung
jawab kepada setiap anggota harus sadar bahwa mereka adalah anggota kelompok
yang semua tindakan dan tanggung jawab kepada setiap anggota kelompok.
c.
Pendekatan
Tematik
Tujuan dari
pendekatan tematik ini ialah untuk membentuk pribadi yang harmonis dan sanggup
bertindak dalam menghadapi situasi yang memerlukan keterampilan pribadi,
menyesuaikan pembelajaran dengan perbedaan peserta didik, memperbaiki dan
mengatasi kelemahan-kelemahan yang terdapat pada metode mengajar hafalan.[5]
d.
Pendekatan Scientific
Tujuan
pendekatan pembelajaran scientific antara lain :
1.
Meningkatkan
kemampuan intelek, khususnya kemampuan berpikir tingkat tinggi.
2.
Untuk membentuk
kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan suatu masalah secara sistematik.
3.
Terciptanya
kondisi pembelajaran dimana peserta didik merasa bahwa belajar merupakan suatu
kebutuhan.
4.
Diperolehnya
hasil belajar yang tinggi.
5.
Untuk melatih
peserta didik dalam mengkomunikasikan ide-ide khususnya dalam menulis artikel
ilmiah.
6.
Untuk
mengembangkan karakter peserta didik.[6]
e.
Pendekatan
Keterampilan Proses
Tujuan dari pendekatan keterampilan proses
adalah sebagai berikut :
1.
Memotivasi
belajar karena siswa dipacu untuk senantiasa berpartisipasi secara aktif.
2.
Memperjelas
konsep, pengertian, dan fakta yang dipelajari siswa karena siswa sendirilah
yang mencari dan menemukan konsep.
3.
Mengembangkan
pengetahuan teori dengan kenyataan di dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Mempersiapkan
dan melatih siswa dalam mengahadapi kenyataan kehidupan sehari-hari.
5.
Melatih siswa
untuk melatih siswa berpikir logis dalam memecahkan masalah.
6.
Mengembangkan
sikap percaya diri, bertanggung jawab, dan rasa kesetiakawanan sosial dalam mengahdapi
berbagai masalah kehidupan.[7]
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Pendekatan
pembelajaran menurut Sanjaya ialah pendekatan dapat diartikan sebagai titik
tolak atau sudut pandang kita terhadap proses pembelajaran. Istilah pendekatan
merujuk kepada pandangan tentang terjadi suatu proses yang sifatnya masih
sangat umum. Oleh karenanya strategi atau metode pembelajaran yang digunakan
dapat bersumber atau tergantung pada pendekatan tertentu. Secara garis besar
pendekatan pembelajaran merupakan cara kerja mempunyai sistem untuk memudahkan
pelaksanaan proses pembelajaran dan membelajarkan siswa guna membantu dalam
mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Macam-macam
pendeakatan antara lain : Pendekatan Individual, pendekatan kelompok,
pendekatan tematik, pendekatan scientific, pendekatan keterampilan
proses. Setiap pendekatan terdapat tujuannya masing-masing. Setiap tujuan pasti
saling berhubungan dengan pendekatannya.
DAFTAR PUSTAKA
Gulo W. 2007. Strategi
Belajar Mengajar. Jakarta: Grasindo.
Surihatiningrum
Jamil. 2003. Strategi Pembelajaran, Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:
Arruz Media.
Sanjaya Wina.
2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan Cet.III.
Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Maryani Ika.
2012. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar.
Yogyakarta: CV Budi Utama.
Mustakim
Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). Pekalongan:
IAIN Pekalongan Press.
Rusman.
2017. Belajar dan Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama.
d.
e.
BIODATA
NAMA : ARVELA
IFADATOSSOFA
NIM :
2317093
TTL :PEKALONGAN,
05 APRIL 1999
ALAMAT :DESA TANGKIL
TENGAH NO.102 RT/RW 05/03 KEDUNGWUNI PEKALONGAN
RIWAYAT PENNDIDIKAN: - SDM TANGKIL TENGAH
-
MTsS HIDAYATUL
ATHFAL BANYURIP ALIT
-
MAS SIMBANG
KULON
-
IAIN PEKALONGAN
JURUSAN PGMI
ALAMAT SEKARANG : DESA TANGKIL TENGAH NO.102 RT/RW
05/03 KEDUNGWUNI PEKALONGAN
NO HANDPHONE : 085800220779
HOBI : TRAVELING
LAMPIRAN
Media,2013),
hlm.148
[4]
Rusman, Belajar dan Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: PT Kharisma Putra Utama,
2017)
[5]
Zaenal Mustakim, Strategi dan
Metode Pembelajaran (Edisi Revisi), (Pekalongan: IAIN Pekalongan Press,
2018), hlm. 85
[6] Ika Maryani, Pendekatan Scientific dalam
Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2012), hlm. 4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar