SBM H3: Pendekatan Pembelajaran - word
SBM H3: Pendekatan Pembelajaran - ppt
SBM H3: Pendekatan Pembelajaran - ppt
MAKALAH
PENDEKATAN BELAJAR MENGAJAR
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah :
Strategi belajar mengajar
Dosen Pengampu
: Ghufron Dimyati, M.S.I
Disusun oleh
Lukmanul
Ma’arif 202
111 0366
Anis
Tia Mely Azkiati 202
111 0367
M.
Mastur Hilmi 202 111 0368
Muhammad
Rizqon 202 111 0369
Kelas H
JURUSAN TARBIYAH PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2012
BAB
I
PENDAHULUAN
Dalam kegiatan belajar
mengajar yang berlangsung telah terjadi interaksi yang bertujuan. Ketika
kegiatan belajar mengajar itu berproses, guru harus dengan ikhlas dalam
bersikap dan berbuat, serta mau memahami anak didiknya dengan segala
konsekuensinya.
Semua kendala yang terjadi dan dapat menghambat jalannya proses belajar
mengajar, baik yang berpangkal dari prilaku
anak didik maupun yang bersumber dari luar diri anak didik harus guru hilangkan
dan bukan membiarkannya. Karena keberhasilan belajar mengajar lebih banyak oleh
guru dalam mengelola kelas.
Dalam mengajar, guru
harus pandai menggunakan pendekatan secara aktif dan bijksana, bukan
sembarangan yang bisa merugikan anak didik. Pandangan guru terhadap anak didik
akan menentukan sikap dan perbuatan.
Setiap guru tidak mempunyai pandangan yang sama dalam menilai anak didik. Hal
ini akan mempengaruhi pendekatan yang guru ambil dalam pengajaran.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
PENGERTIAN
PENDEKATAN BELAJAR MENGAJAR
Pendekatan
diartikan sebagai titik tolak atau sudut pandang kita terhadap proses
pembelajaran, yang merujuk pada pandangan tentang terjadinya suatu proses yang
sifatnya masih umum, didalamnya mewadahi, mengispirasi, menguatkan dan melatari
metode pembelajaran dengan cakupan teoritis tertentu.
Pada
dasarnya pendekatan pembelajaran berbeda dengan metode pembelajaran. Pendekatan
lebih menekankan pada strategi dalam perencanaan, sedangkan metode lebih
menekankan pada teknik pelaksanaannya.
Satu
pendekatan direncanakan untuk satu penbelajaran, mungkin dalam pelaksanaan
proses tersebut digunakan beberapa metode.[1]
B.
MACAM-MACAM
PENDEKATAN BELAJAR MENGAJAR
1. Pendekatan
yang berhubungan dengan penyampaian materi
a. Pendekatan
kompetensi
Kompetensi merupakan indikator
Kompetensi merupakan indikator yang menunjuk kepada perbuatan yang bisa diamati dan sebagai konsep yang
mencakup aspek-aspek pngetahuan, ketrampilan, nilai dan sikap serta
tahapan-tahapan pelaksanaannya secara utuh.[2]
b. Pendekatan
lingkungan
Belajar dengan pendekatan
lingkungan berarti peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pemahaman dengan
cara mengamati sendiri apa-apa yang ada di lingkungan sekitar, baik di lingkungan
rumah maupun lingkungan sekolah.
c. Pendekatan
kontekstual
Pembelajaran kontekstual
(contekstual teaching and learning) yang sering disebut CTL. CTL merupakan
konsep pembelajaran yang menekankan kepada keterkaitan materi pembelajaran
dengan dunia kehidupan peserta
didik secara nyata, sehingga para peserta didik mampu menghubungkan dan
menerapkan konsep hasil belajar dalam kehidupan sehari-hari.[3]
d. Pendekatan
tematik
Pendekatan tematik merupakan pendekatan
pembelajaran untuk mengadakan hubungan yang erat dan serasi antara berbagai
aspek yang mempengaruhi peserta didik dalam proses belajar. Oleh karena itu
pendekatan tematik sering juga disebut pendekatan terpadu.[4]
e. Pendekatan
tujuan pembelajaran
Pendekatan ini berorientasi pada
tujuan akhir yang
ingin dicapai.
f. pendekatan
konsep
Pembelajaran dengan menggunakan pendekatan konsep berarti siswa dibimbing
memahami suatu bahasan melalui pemahaman konsep yang terkandung didalamnya.
g. Pendekatan
inquiri
Penggunaan pendekatan inquiri
berarti membelajarkan siswa untuk mengendalikan situasi yang dihadapi ketika
berhubungan dengan dunia fisik yaitu dengan menggunakan teknik yang digunakan
oleh para ahli peneliti.
h. Pendekatan
penemuan
Penggunaan pendekatan penemuan
berarti siswa diberi kesempatan untuk menemukan sendiri fakta dan konsep
tentang fenomena ilmiah.
i.
Pendekatan
proses
Pada pendekatan proses, tujuan
utama pembelajaran adalah mengembangkan kemampuan siswa dalam ketrampilan
proses.
j.
Pendekatan
interaktif
Pendekatan ini memberi kesempatan
kepada siswa untuk mengajukan pertanyaan dan kemudian melakukan penyelidikan
yang berkaitan dengan pertanyaan yang mereka ajukan.
k. Pendekatan
pemecahan masalah
Pendekatan ini berangkat dari masalah
yang harus dipecahkan melalui praktikum atau pengamatan.
l.
Pendekatan sains
teknologi masyarakat (STM)
Pembelajaran sains dengan
menggunaka pendekatan STM mempunyai
beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan cara biasa.
m. Pendekatan
keagamaan
Untuk mata pelajaran umum,
pendekatan keagamaan sangat penting digunakan. Hal ini dimaksudkan agar nilai
budaya ilmu tidak sekuler, tetapi menyatu dengan nilai agama.
n. Pendekatan
keterampilan proses
Pendekatan ketrampilan proses
merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada proses belajar,
aktivitas dan kreativitas peserta didik dalam memperoleh pengetahuan,
ketrampilan, nilai dan sikap serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.[5]
o. Pendekatan
kebermaknaan
Bahasa adalah alat untuk
menyampaikan dan memahami gagasan, pikiran, pendapat dan perasaan, baik secara
lisan maupun tulisan. Dalam rangka penguasaan bahasa guru tidak bisa
mengabaikan masalah pendekatan dalam proses belajar mengajar. Diantara sebab
kegagalan penguasaan bahasa oleh siswa adalah kurang tepatnya pendidikan yng
digunakan oleh guru. Karenanya perlu dipecahkan. Salah satu alternatif kearah pemecahan masalah tersebut maka
digunakanlah pendekatan kebermaknaan.[6]
2. Pendekatan
yang berhubungan dengan penciptaan kondisi pembelajaran
a. Pendekatan
system
Pendekatan sistem yang diterapkan
dalam pembelajaran bukan saja sesuai dengan perkembangan dengan ilmu
pengetahuan dan teknologi, tetapi juga sesuai dengan perkembembangan dalam
psikologi belajar sistemik, yang dilandasi oleh prinsip-prinsip psikologi
behavioristik humanistik, serta dalam kenyataan masyarakat sendiri.[7]
b. Pendekatan
penularan informasi
Pendekatan ini merupakan cermin
pengajaran yang dialami kebanyakan guru. Pendekatan ini memberikan kepada
mereka yang berusaha menilai hasil pendidikan dengan menularkan pengetahuan
yang telah diketahui.[8]
c. Pendekatan
individual
Di kelas ada sekelompok anak didik
. mereka belajar dengan gaya yang berbeda beda. Prilaku mereka juga bermacam
macam cara mengemukakan pendapat, cara berpakaian, daya serap, tingkat kecerdasan
dsb, selalu ada variasinya. Masing-masing anak didik memang mempunyai karakteristik
tersendiri yang berbeda dari satu anak didik dengan anak didik lainya .
Perbedaan individual anak didik
tersebut memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi pengajaran harus memperhatikan perbedaan anak
didik pada aspek individual ini .
d. Pendekatan
kelompok
Anak didik adalah sejenis mahluk
homosocius, yakni mahluk
yang berkecenderungan untuk hidup bersama.
Dengan pendekatan kelompok , di
harapkan dapat di tumbuh kembangkan
rasa sosial yang
tinggi pada diri setiap
anak didik. Mereka di bina untuk mengendalikan rasa egois yang ada dalam diri mereka
masing- masing,
sehingga terbina sikap kesetiakawanan
sosial dikelas.
Anak didik dibiasakn hidup bersama, bekerjasama
dalam kelompok, akan menyadari bahwa dirinya ada kekurangan dan kelebihan.
e. Pendekatan
bervariasi
Ketika guru dihadapkan kepada
permasalahan anak didik yang bermasalah,maka guru akan berhadapan dengan
permasalahan anak didik yang bervariasi. Setiap masalah yang dihadapi oleh anak
didik tidak selalu sama, terkadang ada perbedaan.
Pendekatan bervariasi bertolak dari konsepsi bahwa
permasalahan yang dihadapi oleh setiap anak didik dalam belajar bermacam-macam.
Kasus yang biasanya muncul daam pengajaran dengan berbagai motif, sehingga
diperlukan variasi teknik pemecahan untuk setiap kasus.
f. Pendekatan
edukatif
Setiap
tindakan,sikap dan
perbutan yang guru lakukan harus bernilai pendidikan, dengan tujuan untuk
mendidik anak didik agar menghargai norma hukum, norma susila, norma moral,
norma sosial dan norma agama.
Tindakan
guru karena dendam,marah, kesal,benci dan sejenisnya bukanlah termasuk perbatan
mendidik, karena apa yang guru lakukan itu menurutkan kata hati atau untuk
memuaskan hati.[9]
BAB III
PENUTUP
Simpulan
:
Pendekatan
dalam belajar mengajar ada dua , meliputi :
1. Pendekatan
yang berhubungan dengan penyampaian materi
a. Pendekatan
kompetensi
b. Pendekatan
lingkungan
c. Pendekatan
kontekstual
d. Pendekatan
tematik
e. Pendekatan
tujuan pembelajaran
f. pendekatan
konsep
g. Pendekatan
inquiri
h. Pendekatan
penemuan
i.
Pendekatan
proses
j.
Pendekatan
interaktif
k. Pendekatan
pemecahan masalah
l.
Pendekatan sains
teknologi masyarakat (STM)
m. Pendekatan
keagamaan
n. Pendekatan
keterampilan proses
o. Pendekatan
kebermaknaan
2. Pendekatan
yang berhubungan dengan penciptaan kondisi pembelajaran
a. Pendekatan
system
b. Pendekatan
penularan informasi
c. Pendekatan
individual
d. Pendekatan
kelompok
e. Pendekatan
bervariasi
f. Pendekatan
edukatif
DAFTAR
PUSTAKA
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Mustakim, Zaenal. 2011. Strategi
dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press
[1]
Zaenal Mustakim, Strategi dan Metode
Pembelajaran, (Pekalongan: STAIN Peklongan Press,2011), h. 72
[2]
Ibid, h.73
[3]
Ibid, h. 76-77
[4]Ibid,
h. 80
[5]
Ibid, h.82-85
[6]
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan zain, Strategi
Belajar Mengajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2002), h.79
[7]
Zaenal Mustakim, Op.Cit, h. 87
[8]
Ibid, h. 90
[9]
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain,
Op. Cit., h.62-70
Nama : mei andriyanti
BalasHapusNim : 202 111 0384
Kls : H
Dari berbagai macam pendekatan, pendekatan manakah yang paling efektif?
Dan tolong dari macam-macam pendekatan manakah yang sesuaikan dengan macam -macam pembelajaran?
semua pendekatan yang sudah ada itu menurut saya baik dan efektif namun itu semua sesuai kondisi keadaan kelas yang ada pada saat proses pembelajaran berlangsung. sepandai-pandainya guru menyiasatinya dengan keadaan yang adapada saat tersebut.
Hapusterus kita sebagai calon guru bagaimana cars melakukan suatu pendekatan yang mana masing-masing anak berbeda-beda,apakah kita juga harus melakukan pendekatan yang berda-beda dalam 1 ruanglingkup yang sama?
HapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusNama : Krisna Ayu Diana
BalasHapusNIM : 2021110348
Kelas: H
1. Pada penjelasan mengenai pendekatan keagamaan di atas, saya belum bisa memahami penjelasan yang ada. mohon untuk lebih diperjelas lagi.
2. apakah bisa dalam suatu proses pembelajaran itu menggunakan lebih dari satu pendekatan? atau bagaimana? terimakasih.
M. Mastur Hilmi
Hapus2021110368
pendekatan agama merupakan pendekatan yang memasukkan unsur-unsur agama dalam setiap mata pelajaran dan untuk menanamkan jiwa agama kepada dalam diri siswa. Misalnya guru dapat menyisipkan pesan-pesan keagamaan untuk semua mata pelajaran umum, seperti guru menerangkan pelajaran biologi atau fisika. Di situ telah disebutkan di dalam Al Qur’an surat yasiin ayat 34, 36, 37, 38, 39 dan 40 dengan tujuan untuk memperkecil kerdilnya jiwa agama di dalam diri siswa yang pada akhirnya nilai-nilai agama tidak dicemoohkan dan dilecehkan, tetapi diyakini, dipahami, dihayati dan diamalkan oleh siswa tersebut.menurut saya tidak bisa dalam proses pembelajaran yang dapat digunakan hanya satu pendekatan saja, karena dari berbagai macam pendekatan diatas bila digunakan bersama sama tidak relevan,
Nama : Bariroh
BalasHapusNIM : 2021 111 029
Kelas: E (H)
Dalam makalah diatas disebutkan bahwa pendekatan kontekstual atau CTL menghubungkan materi dann kehidupan sehari-hari peserta didik' la bagaimana pengaplikasian nya dalam proses belajar?
dan tujuan adanya pendekatan-pendekatan itu apa?
farah dibha (2021110357)
BalasHapusPada pendekatan sains teknologi masyarakat (STM), terdapat beberapa perbedaan jika dibandingkan dengan cara biasa.
apa perbedaannya??
2021110343
BalasHapusApa manfaat dari pendekatan itu sendiri?
dan manfaat dalam melajar mengajar??
M. Mastur Hilmi
Hapus2021110368
menurut saya pendekatan sendiri itu artinya sudut pandang atau pandangan seseorang terhadap suatu hal. pandangan seseorang itu menentukan apa yang akan dilakukan terhadap hal tersebut. sedangkan dalam hal belajar mengajar, pendekatan digunakan oleh seorang guru untuk menentukan bagaimana proses pembelajaran itu akan dilakukan nantinya.
pendekatan dapat dijadikan pengajar sebagai pedoman umum dalam menyusun langkah-Iangkah metode pengajaran yang akan digunakan. Dari pendekatan yang dipilih oleh pengajar, maka akan melahirkan metode yang berbeda-beda.Artinya, metode suatu bidang studi, ditentukan oleh pendekatan yang digunakan
Hapus2021110367
HapusNama : Suswati
BalasHapusNIM : 2021110358
Kelas : H
Dalam kegiatan belajar mengajar, manakah yang lebih diutamakan antara metode dengan pendekatan belajar mengajar?
M.Mastur Hilmi
Hapus2021110368
Menurut saya keduanya sama2 diutamakan, karena dalam penggunaan satu pendekatan pembelajaran itu akan memunculkan beberapa metode. keduanya tak dapat dipisahkan kare pendekatan merupakan perencanaan/planing dari pelaksanaan pembelajaran sedangkan metode merupakan teknik untuk merealisasikan pendekatan yang akan dipakai dalam pembelajaran.
Nama : Risnatul Khikmah
BalasHapusNIM : 2021110374
KELAS : H
Pendekatan-pendekatan yang telah disebutkan dalam makalah, sekiranya mana yang lebih cocok untuk PAUD/TK, SMP/MTs, SMA/MA?
to the point ...
HapusPAUD/TK =
> Pendekatan lingkungan
> Pendekatan kompetensi
SMP =
> Pendekatan kontekstual
> Pendekatan kontekstual
SMA/MA
> Pendekatan tujuan pembelajaran
> Pendekatan bervariasi
untuk lebih jelasnya mungkin kita bahas besok secara rinci ,,, makasihhh :)
202 111 0366
Nama : Nur Faizah
BalasHapusNIM : 2021110347
Kelas: H
menurut pemakalah pendekatan mana yang paling efektif di lakukan pada belajar mengajar
hmmm ... pendekatan itu semua sama baiknya kalo diterapkan .. hanya saja punya tempat masing2 dalam penerapanya ... pendekatan yang paling efektif ya kita terapkan sesuai dengan tingkatan masing2 dunk .. kan antara jenjang SD SMP SMA berbeda cara pendekatanya ..untuk lebih lanjut entar kita bahas pas team kita menampilkan performance kita :)
Hapus202 111 0366
2021110333
BalasHapusfatwa adina
Apakah semua pendekatan mempunyai syarat yang sama untuk bisa digunakan dalam belajar mengajar ataukah berbeda?
Nurul Hidayah
BalasHapus2021110339
Pada makalah telah diterangkan bahwa "pendekatan inquiri berarti membelajarkan siswa untuk mengendalikan situasi yang dihadapi ketika berhubungan dengan dunia fisik yaitu dengan menggunakan teknik yang digunakan oleh para ahli peneliti"
Bagaimana cara penerapan pendekatan tersebut terhadap siwa?
Nurul Hidayah
BalasHapus2021110339
Pada makalah telah diterangkan bahwa "pendekatan inquiri berarti membelajarkan siswa untuk mengendalikan situasi yang dihadapi ketika berhubungan dengan dunia fisik yaitu dengan menggunakan teknik yang digunakan oleh para ahli peneliti"
Bagaimana cara penerapan pendekatan tersebut terhadap siwa?
Penerapan Pendekatan Inkuiri :
Hapus1.Guru menjadi fasilitator dan pemandu
2.Diskusi kelas
3.Siswa memproses informasi
4.Siswa melakukan praktek lapangan
5.Banyak melakukan pembelajaran singkat
nama:anis tia
Hapusnim:2021110367
nama :linda puspitasari
BalasHapusnim :2021110344
apa yang membedakan pendekatan sains teknologi masyarakat dengan pendekatan yang lain.????
Nama : siti mutoharoh
BalasHapusnim : 2021110346
bagaimana penerapan pendidikan inquiri dalam proses pemelajaran sendiri. apakah hanya memfokuskan pada praktek saja atau bagaimana.???
nama: ida rosyida
BalasHapusnim : 2021110351
apakah kelebihan dan kekurangan dari masing-masing pendekatan belajar mengajar yang ada?????
M. Nurul Amin
BalasHapus202 111 0383
Dari berbagai Pendekatan belajar mengajar, mana yang lebih spesifik menurut kelompok anda ?
Kalau pendekatan ini dilaksanakan dalam kelas, kesulitan apa yang mungkin muncul? Menurut Anda, bagaimana cara mengatasinya?
Class "H"
di atas ada kalimat "Perbedaan individual anak didik tersebut memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi pengajaran harus memperhatikan perbedaan anak didik pada aspek individual ini"...
BalasHapuspertanyaannya,,, bagaimana cara guru untuk mengetahui perbedaan" individual anak didiknya??
di atas ada kalimat "Perbedaan individual anak didik tersebut memberikan wawasan kepada guru bahwa strategi pengajaran harus memperhatikan perbedaan anak didik pada aspek individual ini"...
BalasHapuspertanyaannya,,, bagaimana cara guru untuk mengetahui perbedaan" individual anak didiknya??
cara guru agar mengetahui perbedaan-perbedaan individual yang ada pada anak didik yaitu dengan melihat, mengamati, mencermati tingkah pola nak didik di dalam kelas atau penelitian tindakan kelas(PTK).dengan cara demikian kita sebagai guru dapat mengambil sikap yang harus dilakukan dalam mengatasi perbedaan-perbedaan yang ada.
Hapus2021110369
rohiman
BalasHapus2021110356
Sokhiyah
BalasHapus2021110379
apakah semua pendekatan bisa digunakan secara bersamaan dalam suatu pembelajaran?
jelaskan...!
bisa ! pendekatan seorang pendidik melihat dari situasi peserta didiknya dan hal itu tergantung dari kreatifitas sang pendidiknya bu???
Hapuspendekatan yang bagaimanakah yang sering monoton dan tidak efektif menurut anda? terima kasih dan salam kenal all....
BalasHapusmenanggapi sistem pendidikan di Indonesia yang tidak konsisten , dari kurikulum CBSA,KBK, dan KTSP, namun dengan sistem evaluasi yang sama yaitu UAN yang berorientasi pada pengembangan aspek kognitif, maka anda sebagai calon guru apakah akan tetap menggunakan pendekatan yang berorientasi pada proses belajar atau akan mengembangkan pola pembelajaran yang diarahkan agar siswa dapat menjawab dan mengerjakan soal-aoal hapalan?
BalasHapusAdin Refqi Larenurifta
BalasHapus2021110354
Dalam satu kelas masing-masing anak didik mempunyai gaya belajar yang berbeda-beda, ada yang mempunyai gaya belajar visual, auditori atau audiovisual . Bagaimana anda sebagai seorang guru menyikapinya?