PERANAN ULUMUL QUR’AN
Malikhatus Sa’diyah
NIM. 2318021
Kelas C
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2019
KATA PENGANTAR
Pujisyukurkehadirat
Allah SWT. yang
telahmemberikankekuatandankemampuan,sehinggapenulisdapatmenyelesaikanmakalah
yang berjudul “PerananUlumul Qur’an”.ShalawatsertasalamsemogatetaptercurahkankepadajunjungankitaNabi
Muhammad SAW.,parasahabatnyadan orang-orang yang maumengikutisunnahnya.
UcapanTerimakasih
kami tujukankepadaBpk.MuhammadHufron,M.S.I.selakudosenmatakuliahUlumul Qur’an
atastugas yang diberikansehinggamenambahwawasanpenulistentangperananUluml
Qur’an
Makalah
ini
tentutidakterlepasdarikekurangandankesalahan.Olehkarenaitupenulisdengansenanghatimenerimakritikdan
saran daripembacagunapenyempurnaanpenulisanmakalahini.Akhirnyasemogamakalah ini
menambahkhazanahkeilmuandanbermanfaatbagimahasiswa.
Pekalongan, Februari
2019
Penulis
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Alqur’anadalahfirman Allah yang
berfungsisebagaimukjizat yang diturunkankepadaNabi Muhammad yang
tertulisdidalammushaf-mushaf ,yangdiriwayatkandenganjalanmutawatirdanmembacanyabernilaiibadah.
UntukmendapatkanjaminankeselamatanduniamaupunakhiratmelaluiAlqur’ankarenaAlqur’anberisikanpetunjukbagiumatmanusia.MakakhususnyabagiumatislamharusberusahabelajarmemahamiisikandungandariAlqur’antersebut.DenganmemahamiisikandunganAlqur’anmakaakanmenambahperbendaharaanbaru,memperluaspandangan,danpengetahuan.SelainitujugadapatmenambahkeyakinankitaakankeunikanisikandunganAlqur’an.
Seperti
yang kitaketahui,Alqur’anditurunkandalam Bahasa Arab.banyak yang beranggapan
orang yang mengerti Bahasa Arab
akanmudahmemahamiisiAlqur’anpadahaltidakdemikiandiantara,parasahabatdantabi’inada
yang
salahdalammemahamiAlqur’ankarenatidakmemilikiilmuuntukmemahamikandungandidalamnya.Makadariituuntukmemahamiisikandunganalqur’ansecaratekstualmaupunkontekstualdiperlukansebuahilmusebagaisaranauntukmemahamiAlqur’anyaituUlumul
Qur’an.
DapatdilihatbetapapentingnyaperananUlumul
Qur’an untukmembedahdanmemahamikandunganAlqur’an.TanpaUlumul Qur’an
seorangmufassirtidakakanbisamemahamikandunganAlqur’an.OlehkarenaitupenulisakanmemaparkanlebihlanjutperanandariUlumul
Qur’an itusendiriuntukmenambahwawasandanpengetahuanpembaca.
B. RumusanMasalah
1. ApaperananUlumul Qur’an?
C. TujuanPenulisan
1. UntukmengetahuiperananUlumul Qur’an
BAB II
PEMBAHASAN
Peranan Ulumul Qur’an
PerananUlumulQur,ansangatpentingyaituuntukmembedahlebihjauhisikandunganAlqur’an,selainitujugasebagaikuncipembukaterhadappenafsiranAlqur’ansesuaidenganmaksud
yang terkandungdidalamnya.Sedangkedudukannyasebagaiilmu yang pokok, yang
merupakanalat yang diperlukanbagiseorangMufassir.[1]
Ulumul
Qur’an ibaratperangkatilmukedokteransecaraumum yang
harusdimilikiolehsemuadansetiapdokter,baikdokterituumumdanlebih-lebihdokterspesialis.tanpailmukedokteranumum,seorangdokterbedahmisalnyamustahilbisamelakukanoperasiterhadappasiennya.Demikian
pula seorangmufassirAlqur’an yang
mustahilbisamenafsirkanAlqur’anapalagimembedahkandungannyasecaraluasdan detail
tanpamengenalidanmenguasailebihjauhilmu-ilmualqur’an.Sebab,ilmutafsirsendirimeskipunbisadijulukisebagairohUlumulQur’an,tetapsajamemilikiketergantungandenganilmu-ilmuAlqur’an.[2]
Ulumul
Qur’an jugamemilikitujuandankegunaan yang urgen/penting,yaitu :
1. Untukmengetahuihal-ihwalAlqur’ansejakditurunkannyapertama
kali padaRasulullahsampaisekarang
2. Untukdijadikansebagaialat bantu
dalammembaca Al-Qur’an,menghayati,
memahamiisikandungannya,menggalihukum-hukumajarannyasertamengambildanrahasiadidalamnya
3. Untukdijadikansenjatagunamelawan
orang-orang yang mengingkaridanmenentangAlqur’an[3]
Berdasarkantujuan yang disebutkandiatasjelaskiranyabetapaurgenUlumul
Qur’an bagikaummuslimin yang mempelajarinya.Bahkanbagimereka yang
tidakmempelajarisecaraspesifik[4].
Urgensiulumul Qur’an
akandirasakanmanfaatdandampakpositifnyadisaat-saatkitamenafsirkanayat demi ayatAlqur’andenganbantuanUlumulQur’an.RuanglingkupUlumul
Qur’an yang nyaristidakterbatasdanitumemudahkansiapapundalammembedahAlqur’andariberbagaiaspeknya.Suatuhal
yang layakuntukdiingatkanbahwa yang dimaksudUlumul Qur’an tidaksebatasilmu-ilmu
yang bersifatkeislamansemata,tetapijugameliputibidangSainsdanTeknologi yang
sangatmembantudalammemahamimaksudAlqur’an.
Sebagaicontohbanyakatau
paling sedikitadabeberapamufassir yang
penafsirannyakinidirasakankurang/tidaktepatlagiseiringperkembanganzaman.Misalnyaketikamerekamenafsirkanayat
:قل سير وا فى ا لارض = “Silakan kalian
berlalulalang di atasbumi”.
Sebagianmufassirmengatakanbahwahurufفى artinyadidalam,tetapipadaayat
ini harusdiartikanعلى(diatas).Mufassirberpendapatlogikanyakalauberjalan/berlalulalangdidalambumiitumustahilkarenamanusiatidakbisamenembusbumi,sehingga
yang benaradalahberjalan/berlalulalangdiatasbumi. Namundalamkondisi modern
seperti zaman sekarangsudahtidakdemikiansebabbanyaknegaramaju yang
sudahmenggunakanbagiandalambumisebagaijalanrayatempatberlalulalangmasyarakatmisalnyakeretabawahtanah,subway.Sehingga
kata
فى الارضtidakperlulagidiartikandenganعلى(diatas)sebagaimanamufassirklasikdahulusaatbumihanyadigunakanberlalulalangbagianatas/permukaannyasaja.
KeberadaanUlumul Qur’an
dalamkonteksnyasecaraluasdanumum,memegangperananpentingbagipenafsiranAlqur’anseiringperkembangan
zaman dankemajuan IPTEK sertakecerdasannalarmanusia.[5]
BAB III
PENUTUP
1.
Kesimpulan
Alqur’anadalahfirman
Allah yang berfungsisebagaimukjizat yang diturunkankepadaNabi Muhammad yang tertulisdidalammushaf-mushaf
,yangdiriwayatkandenganjalanmutawatirdanmembacanyabernilaiibadah.
Alqur’anjugasebagaipetunjukbagiumatmanusiauntukmendapatkebahagiaan diduniamaupun di
akhirat.OlehkarenaituperluuntukmengenaldanmemahamikandungandariAlqur’an agar
tidaktersesatkepadaarti yang
salah.makadariitudibutuhkanperananpentingdariUlumul Qur’an
untukmembedahisiataukandunganAlqur’an.TanpailmuseorangmufassirtidakakanbisamembedahkandunganAlqur’an.
2.
Saran
Sebaiknyakitasebagaiumatmuslimharusbelajarmengenal,membacadanterlebih-lebihmemahamiisikandunganAlqur’an.UntukmemahamikandunganAlqur’analangkahlebihbaikjikamenguasaiilmunyaterlebihdahuluyaituUlumulQur’an.karenaUlumul
Qur’an merupakankuncipembukabagiseorangmufassiruntukmemberikantafsir yang
dapatdipertanggungjawabkankesahihannya.
DAFTAR PUSTAKA
Ghufron,Muhammad.2013.Ulumul Qur’an
PraktisdanMudah.Yogyakarta:Teras.
Suma,Muhammad
Amin.2000.Studi-studi ilmu-ilmuAlqur’an I.Jakarta:PustakaFirdaus.
Suma, Muhammad Amin.2013.UlumulQur’an.Jakarta:PTGrafindoPersada.
Syadali,Ahmad.1997.Ulumul
Qur’an I.Bandung:CVPustakaSetia.
[1]Ahmad Syadali,Ulumul Qur’an I,(Bandung: CV
Pustaka Setia,1997),hlm.22
[2]Muhammad Amin Suma,Ulumul Qur’an,(Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada,2013),hlm.17
[5]Muhammad Amin Suma,Ulumul Qur’an,(Jakarta: PT
Rajagrafindo Persada,2013),hlm.17
Tidak ada komentar:
Posting Komentar