MAKALAH
HADITS 48 DAN 49
KESEJUKAN RELIGI DI TENGAH PASAR
Disusun
guna memenuhi tugas:
Mata Kuliah : Hadits
Tarbawi II
Dosen Pengampu : M. Hufron, M.S.I
Disusun oleh:
Asep Rohmatul Yahya (2021111120)
Kelas : C
PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI
AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2013
A.
PENDAHULUAN
Pasar merupakan tempat transaksi jual beli ,
suatu tempat orang-orang melakukan kegiatan perekonomian (berdagang), suasana
Pasar sangat ramai, penuh hiruk pikuk serta kesibukan. Sebagai orang muslim,
kita harus berusaha melakukan jual beli dengan baik, dan senantiasa melakukan jual beli sesuai apa yang
disyari”atkan olah agama Islm. Sehingga transaksi jual belinya suasana pasar
terasa sejuk, damai, lancar ,dan aman, serta tidak ada yang dirugikan sehingga segala aktivitas yang kita lakukan di
pasar diberkahi Allah SWT.
Makalah ini memaparkan beberapa anjuran agar kita bisa merasakan kesejukan ditengah hiruk-pikuk pasar dan jual beli yang sesuai dengan syariat Islam.
Makalah ini memaparkan beberapa anjuran agar kita bisa merasakan kesejukan ditengah hiruk-pikuk pasar dan jual beli yang sesuai dengan syariat Islam.
B.
PEMBAHASAN
1. Hadist Pertama:
- عن مُحَمَّدُ بْنُ وَاسِعٍ قَالَ : قَدِمْتُ مَكَّةَ فَلَقِيَنِيْ أَخِيْ سَالِمُ بْنُ عَبْدِاللهِ بْنُ عُمَرَ فَحَدَّنِيْ عَنْ أَبِيْهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صلّى الله عليه و سلّم قَالَ :{ مَنْ دَخَلَ السُّوْقَ فَقَالَ لَا اِلَهَ إِلّاالله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَ يُمِيْتُ وَهُوَ حَيُّ لَا يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٍ,
كَتَبَ الله لَهُ أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ وَ مَحَا عَنْهُ أَلْفَ أَلْفِ سَيِّئَةٍ وَ رَفَعَ لَهُ أَلْفَأَلْفِ دَرَجَةٍ}(رواه الترمذى فى الجامع)
[قَالَ اَبُوْ عِيْسَى] : هَذَا حَدِيْثُ غَرِيْبٌ وَ قَدْ رَوَاهُ عَمْرُ و بْنُ دِيْنَارٍ,
[وَهُوَ] قَهْرَمَانُ الِ الزُّبَيْرِ عَنْ سَالِم بْنِ عَبْدِاللهِ هَذَا الْحَدِيْثَ نَحْوَهُ.
(رواه التّرمذى فىالجامع, كتاب الدعوات عن رسول الله صلّى الله عليه و سلم,
باب ما يقول اذا دخل السوق)
B.
Terjemah
Dari Muhammad bin Wasi’ berkata: saya datang ke mekkah dan bertemu dengan saudaraku Salim bin
Abdullah bin Umar menceritakan kepadaku dari ayahnya, dari kakeknya bahwasanya Rosulullah
SAW bersabda :”Barangsiapa yang memasuki pasar kemudian dia mengucapkan,
'Tiada tuhan yang berhak disembah melainkan Allah semata, tidak ada sekutu
bagiNya, milikNya kerajaan dan pujian, Yang Menghidupkan dan Yang Mematikan,
dan Dia Maha hidup tidak akan mati, di tanganNya-lah kebaikan, dan Dia Maha kuasa
atas segala sesuatu,' niscaya Allah menuliskan baginya sejuta kebaikan dan
menghapuskan darinya sejuta kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga sejuta derajat'’(HR.Tirmidzi di sunan tirmidzi dalam
kitab adda’awat bab perkataan ketika masuk pasar). (HR.Tirmidzi di sunan
tirmidzi dalam kitab adda’awat bab perkataanketika masuk pasar).
Abu
‘Isa Berkata: Hadits ini Hadits yang ghorib(langka) dan Amar bin dinar(dia
adalah kepala keluarga Zubair) meriwayatkan dari Salim bin Abdillah Seperti
hadits ini. (HR.Tirmidzi di sunan tirmidzi dalam kitab adda’awat bab
perkataanketika masuk pasar).
Mufrodat :
السّوْقَ : pasar
الْمُلْك : kerajaan/kekuasaan
الْمُلْك : kerajaan/kekuasaan
الْحَمْد : pujian,
أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ : satu juta kebaikan
أَلْفَ أَلْفِ حَسَنَةٍ : satu juta kebaikan
كَتَبَ : mencatat
وَمَحَا عَنْهُ : menghapuskan darinya
وَرَفَعَ لَهُ : meninggikannya
وَمَحَا عَنْهُ : menghapuskan darinya
وَرَفَعَ لَهُ : meninggikannya
A. Hadits kedua :
وَقَال ابْنُ عَبَّاسِ (وَاذْكُرُوا اسْمَ اللهَ فِي أَ يَّامٍ مَعْلُومَاتٍ)
: اَيَامُ الْعَشْرِ وَاْلأَيَّامُ الْمَعْدُودَاتُ أَيَّامُ التَّشْرِيْقٍ . وَكَانَ ايْنُ عُمَرَ وَأَبُوهُرَيْرَةَ يَخْرُجَانِ إِلَى السُّوقِ فِيِ أَيَّامِ الْعَشْرِ يُكَبَّرَانِ وَ يُكَبَّرُ النَّاسُ بِتَكْبِيْرِهمَا وَ كَبَّرَ مُحَمَّدُ بْنُ عَلِيَّ خَلْفَ النَافِلَةِ(رواه البخاري في الصحيح كتاب الجمعة باب فضل العمل في ايام التشريق)
B.
Terjemahan
Ibnu Abbas berkata, firman Allah.” Dan supaya mereka menyebut nama Allah
pada hari-hari yang telah diketahui“ (QS. Al-Hajj (22-28) yaitu hari-hari yang
sepuluh dan hari-hari yang telah ditentukan yaitu hari tasriq (tanggal 11,12,13
dzulhijjah)
Ibnu Umar dan
Abu Hurairah selalu pergi ke pasar pada hari-hari yang sepuluh, mereka
melakukan takbir yang kemudian diikuti oleh orang-orang yang mendegarnya dan
Muhammad bin Ali juga mengucapkan takbir setiap kali selesai melaksanakan
shalat (sunah).( Hadist
riwayat Bukhari dalam shaihnya kitab jum'at bab bab fadhailul amal).
Mufrodat :
:Mereka
berdua pergi يَخْرُجَانِ
Mereka berdua melakukan takbir : يُكَبِّرَانِ
: sholat
nafilah /sunnah
خَلْفَ النَّافِلَةِ
KETERANGAN HADIST
وقد ورد الأمر في الآية بالذكر في الأيام المعدودات والأيام المعلومات، وللعلماء قولان:
منهم:
من يقول هما مختلفان، فالأيام المعدودات أيام التشريق والمعلومات أيام العشر ذكره البخاري عن ابن عباس تعليقاً ووصله غيره، وأخرج ابن مردويه عن ابن عباس"إن المعلومات:
التي قبل أيام التروية ويوم عرفة.
والمعدودات: أيام التشريق"
وإسناده صحيح وظاهره إدخال يوم العيد في أيام التشريق. وقد روى ابن أبي شيبة عن ابن عباس أيضاً "إن المعلومات يوم النحر وثلاثة أيام بعده"
ورجحه الطحاوي لقوله {
وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ } فإنها تشعر بأن المراد أيام النحر انتهى.
وهذا لا يمنع تسمية أيام العشر معلومات ولا أيام التشريق معدودات بل تسمية التشريق معدودات متفق عليه لقوله تعالى: {
وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ } وقد ذكر البخاري عن أبي هريرة وابن عمر تعليقاً:
أنهما كانا يخرجان إلى السوقأيام العشر يكبران ويكبر الناس بتكبيرهما.
وذكر البغوي والبيهقي ذلك. قال الطحاوي: كان مشايخنا يقولون بذلك أيام العشر جميعها.
فائدة ثانية:
يندب
لبس أحسن الثياب والتطيب بأجود الأطياب في يوم العيد ويزيد في الأضحى الضحية بأسمن ما يجد لما أخرجه الحاكم من حديث الحسن السبط قال:
"أمرنا
رسول الله صَلّى الله عَلَيْهِ وَسَلّم في العيدين أن نلبس أجود ما نجد وأن نتطيب بأجود ما نجد وأن نضحي بأسمن ما نجد
Syarah hadits 48
Telah ditetapkan suatu perintah
untuk mengingat الأيام المعدودات dan والأيام المعلومات , para ulama berbeda
pendapat:
Sebagian dari ulama berpendapat, bahwa kedua hari
tersebut berbeda. الأيام المعدودات adalah hari-hari tasyriq, sedangkan والأيام المعلومات adalah hari-hari yang
sepuluh hal ini menurut imam Bukhori dari dari ibnu Abbas dan juga yang lain.
Lain halnya dengan pendapat Ibnu Mardawiyah dari Ibnu Abbas bahwasanya المعلومات adalah hari yang jatuh
sebelum hari-hari tarwiyah dan hari Arofah. Sedangkan المعدودات adalah hari-hari Tasyriq
dan Sanadnya shohih serta masuk pada
hari raya dalam hari-hari tasyriq.
danAbi Syu’bah dari Ibnu Abbas juga meriwayatkan bahwa ” المعلومات adalah hari Raya kurban dan
tiga hari sesudahnya” hal ini sependapat dengan AtTahawi Firman Allah SWT “وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللَّهِ فِي أَيَّامٍ مَعْلُومَاتٍ عَلَى مَا رَزَقَهُمْ مِنْ بَهِيمَةِ الْأَنْعَامِ” ayat tersebut menunjukkan
arti hari-hari kurban.
Sebagian ulama lagi berpendapat bahwa hal ini tidaklah
menghalangi penamaan hari-hari tasyriq sebagai
المعلومات dan hari-hari tasyriq sebagai المعدودات namun hanya penamaan hari
tasyriq sebagai المعدودات sebagaimana firman Allah “وَاذْكُرُوا اللَّهَ فِي أَيَّامٍ مَعْدُودَاتٍ” al-Bukhari berpendapat dari Abi Hurairah dan Ibnu Umar:
sesungguhnya mereka berdua keluar ke pasar pada hari-hari yang sepuluh. Mereka
berdua bertakbir, dan oraang-orang bertakbir sebagaimana mereka bertakbir. Al-Baghawi dan Al-Baihaqi
menyebutkaan demikian.
Faidah kedua, disunahkan memakai pakaian terbaik dan
memakai minyak wangi yang terharum pada saat hari Ied terutama Iedul adha, dan
berkurban dengan hewan terbaik sebagaimana yang dikemukakan Al-Hakim dari
hadist Hasan berkata: “Rasulullah SAW telah memerintahkan untuk memakai pakaian
terbaik yang engkau temukan dan memakai wangi-wangian terharum yang engkau
temukan serta berkurban dengan hewan terbaik yang engaku temukan pula.”
BIOGRAFI MUKHORIJUL HADIST
Imam Bukhari
Imam Bukhari
(semoga Allah merahmatinya) lahir di Bukhara, Uzbekistan, Asia Tengah. Nama
lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah
bin Badrdizbah Al-Ju'fiy Al Bukhari, namun beliau lebih dikenal dengan nama
Bukhari.
Beliau lahir pada
hari Jumat, tepatnya pada tanggal 13 Syawal 194 H (21 Juli 810 M). Kakeknya
bernama Bardizbeh, turunan Persi yang masih beragama Zoroaster. Tapi
orangtuanya, Mughoerah, telah memeluk Islam di bawah asuhan Al-Yaman el-Ja’fiy.
Sebenarnya masa kecil Imam Bukhari penuh dengan keprihatinan. Di samping
menjadi anak yatim, juga tidak dapat melihat karena buta (tidak lama setelah
lahir, beliau kehilangan penglihatannya tersebut). Ibunya senantiasa berusaha
dan berdo'a untuk kesembuhan beliau. Alhamdulillah, dengan izin dan karunia
Allah, menjelang usia 10 tahun matanya sembuh secara total.
Imam Bukhari adalah ahli hadits yang termasyhur diantara para
ahli hadits sejak dulu hingga kini bersama dengan Imam Ahmad, Imam Muslim, Abu
Dawud, Tirmidzi, An-Nasai, dan Ibnu Majah. Bahkan dalam kitab-kitab fiqih dan
hadits, hadits-hadits beliau memiliki derajat yang tinggi. Sebagian menyebutnya
dengan julukan Amirul Mukminin fil Hadits (Pemimpin kaum mukmin dalam hal Ilmu
Hadits). Dalam bidang ini, hampir semua ulama di dunia merujuk kepadanya.
Tempat beliau lahir kini termasuk wilayah Rusia, yang waktu
itu memang menjadi pusat kebudayaan ilmu pengetahuan Islam sesudah Madinah,
Damaskus dan Bagdad. Daerah itu pula yang telah melahirkan filosof-filosof
besar seperti al-Farabi dan Ibnu Sina. Bahkan ulama-ulama besar seperti
Zamachsari, al-Durdjani, al-Bairuni dan lain-lain, juga dilahirkan di Asia
Tengah. Sekalipun daerah tersebut telah jatuh di bawah kekuasaan Uni Sovyet
(Rusia), namun menurut Alexandre Benningsen dan Chantal Lemercier Quelquejay
dalam bukunya "Islam in the Sivyet Union" (New York, 1967), pemeluk
Islamnya masih berjumlah 30 milliun. Jadi merupakan daerah yang pemeluk
Islam-nya nomor lima besarnya di dunia setelah Indonesia, Pakistan, India dan
Cina.
Imam
at Tirmidzi
Abu Isa Muhammad bin Isa bin Surah At Turmudzi (lebih dikenal sebagai
Imam Turmudzi/ At Turmudzi/ At Tirmidzi) adalah seorang ahli hadits. Ia pernah belajar hadits
dari Imam Bukhari. Ia
menyusun kitab Sunan At Turmudzi dan Al Ilal. Ia mengatakan
bahwa dia sudah pernah menunjukkan kitab Sunannya kepada ulama ulama Hijaz, Irak dan Khurasan dan mereka semuanya
setuju dengan isi kitab itu. Karyanya yang mashyur yaitu Kitab Al-Jami’ (Jami’
At-Tirmizi). Ia juga tergolonga salah satu "Kutubus Sittah"
(Enam Kitab Pokok Bidang Hadits) dan ensiklopedia hadits terkenal.
Al
Hakim mengatakan "Saya pernah mendengar Umar bin Alak mengomentari pribadi
At Turmudzi sebagai berikut; kematian Imam Bukhari tidak meninggalkan muridnya
yang lebih pandai di Khurasan selain daripada Abu 'Isa At Turmudzi dalam hal
luas ilmunya dan hafalannya."
Kakek
Abu ‘Isa at-Tirmizi berkebangsaan Mirwaz, kemudian pindah ke Tirmiz dan menetap
di sana. Di kota inilah cucunya bernama Abu ‘Isa dilahirkan. Semenjak kecilnya
Abu ‘Isa sudah gemar mempelajari ilmu dan mencari hadits. Untuk keperluan
inilah ia mengembara ke berbagai negeri: Hijaz, Irak, Khurasan dan lain-lain. Dalam
perlawatannya itu ia banyak mengunjungi ulama-ulama besar dan guru-guru hadits
untuk mendengar hadits yang kem dihafal dan dicatatnya dengan baik di
perjalanan atau ketika tiba di suatu tempat. Ia tidak pernah menyia-nyiakan
kesempatan tanpa menggunakannya dengan seorang guru di perjalanan menuju Makkah. Kisah ini akan diuraikan
lebih lanjut.
Setelah
menjalani perjalanan panjang untuk belajar, mencatat, berdiskusi dan tukar
pikiran serta mengarang, ia pada akhir kehidupannya mendapat musibah kebutaan,
dan beberapa tahun lamanya ia hidup sebagai tuna netra; dalam keadaan seperti
inilah akhirnya at-Tirmizi meninggal dunia. Ia wafat di Tirmiz pada malam Senin
13 Rajab tahun 279 H (8
Oktober 892) dalam usia 70
tahun.
D.
Biografi Rowi
Abdullah bin
Abbas
Abdullah bin Abbas adalah sahabat
kelima yang banyak meriwayatkan hadits, sesudah sayyidah aisyah. Ia
meriwayatkan 1660 hadits. Dia adalah putera paman Rasulullah SAW (saudara
sepupu Rasulullah). Ayahnya adalah Al-Abbas bin Abdul Muththalib dan ibunya
Umul Fadhl Lubabah binti Al-Harits al-Hillaliyah, saudari umum mukminin
maimunah, beliau berasal dari silsilah khalifah Dinasti Abbasiyah.
Abdullah lahir 3 tahun sebelum hijrah
Nabi SAW, ia terkenal dengan penguasaan ilmunya yang luas dan pengetahuan
fiqhnya yang mendalam, menjadikan seseorang yang dicari untuk dimintai fatwa
dan riwayat. Ia berfatwa selama 30 tahun. Rasulullah SAW menjulukinya dengan
turjuman Al-Qur’an (penerjemah Al-Qur’an). Jalur sanad tafsiranya yang terlemah
pada tingkat pertama adalah silsilah al-kadzib. Sedangkan jalur sanad tafsir
yang bagus adalah jalur ali bin abi thalhah al-hasyim, jalur qais, jalur ibnu
ishaq.
Ibnu Abbas berperawakan tinggi.
Wajahnya berseri,kulit putij kekuningan dan janggut berwarna, sikapnya
tenang,sifatnya terpuji,berbudi pekerti mulia, rendah hati, simpatik-empatik
penuh kecintaa, ramah dan akrab, namun tegas dan tidak suka melakukan perbuatan
sia-sia.
Ibnu Abbas mengikuti perang Hunain,
Thaif penakhlukan mekah dan haji wada’. Ia menyaksikan penaklukan Afrika
bersama Abu as-sarah perang jamal dan perang shiffin bersama Ali. Ali Basrah
pada hari-hari terakhir dari kehidupannya Ibnu Abbas terserang penyakit mata,
sebagaimana di derita oleh ayah dan kakeknya. Ia wafat di Thaif pada tahun 68H,
Ibnu Hanifah ikut menyembahyangkannya..
Muhammad bin Wasi'
Beliau adalah Abu Bakar Muhammad bin
Wasi’ bin Jabir Al Akhnas.Al Imam Rabbani Al Qudwah. Ada yang mengatakan ; Abu
Abdillah Al Azdi Al Bashri. Salah seorang tokoh besar di masanya. Haditsnya
diriwayatkan oleh Muslim,Abu Dawud,Tirmidzi dan An Nasa’i.
Beliau
berguru ilmu hadits kepada Anas bin Malik, Ubaid bin Umair, Mutharrif bin
As Syikhir, Abdullah bin As Shamit, Abu Shalih As Samman, Muhammad bin Sirin
dan lainnya. Beliau sedikit meriwayatkan hadits.
Dengan
kedudukan beliau, banyak ulama’ yang berguru dan mengambil ilmu dari beliau.
Diantara murid-murid beliau ; Hisyam bin Hassan, Azhar bin Sinan, Ismail bin
Muslim Al Abdi, Sufyan At Tsauru, Ma’mar, Hammad bin Salamah, Sallam bin Abi
Muthi’, Shalih Al Murri, Hammad bin Zaid, Ja’far bin Sulaiman Ad Dhuba’i, Nuh
bin Qais, Sallam Al Qari, Muhammad bin Al Fadhl bin Athiyyah.
ASPEK TARBAWI:
Hadits tesebut
menerangkan tentang beberapa hal, diantaranya adalah:
1. Keutamaan
Hari Tasyriq
Keutamaan
sepuluh hari bulan Dzulhijjah atas hari-hari yang lain dalam setahun.
keistimewaan 10 hari pada awal bulan Dzulhijjah adalah karena pada hari-hari
tersebut terkumpul induk-induk ibadah: seperti shalat, puasa, shadaqah, dan
haji yang semuanya tidak terdapat pada hari-hari lain.
2.
Senantiasa Mengingat Allah SWT Dimanapun Berada Meskipun Di
Tengah Pasar
a.
Dzikrullah
Dzikir kepada Allah, selalu mengingat
Allah dimanapun berada termasuk di pasar, baik mengingat-Nya dalam hati maupun
menyebut-nya dengan lisan adalah ciri khas orang yang beriman.
Keberkahan yang akan didapati saudagar mukmin
ialah, karena dengan mengingat Allah (dzikrullah) hatinya akan menjadi tenang,
jiwanya menjadi lapang, pikiranya selalu stabil dalam mengendalikan usahanya
serta selalu mendapat hidayah (petunjuk Allah) sehingga urusan-urusanya menjadi
mudah dan keuntunganya menjadi berkah untuk bekal didunia dan akhirat.
b. Kejujuran
Kejujuran untuk selalu berdiri tegak
diatas prinsip kebenaran adan mendatangkan keberkahan bagi pedagang. Miaslnya
jujur dalam mengukur dan menimbang barang dagangan. Tidak mengurangi timbangan, tidak menyembunyikan
aib barang sehingga orang lain tidak merasa ditipu olehnya.
c. Taqwa
Dianjurkan agar setiap pelaku pasar
untuk senantiasa menegakkan nilai-nilai moralitas Islam yang merupakan refleksi
dari keimanan seseorang kepada Allah, dimana setiap pelaku pasar tersebut sadar
dengan jalan memelihara diri agar tidak menyimpang dari hal-hal yang di
perintahkan oleh Allah SWT. Serta selalu merasa bahwa ada yang mengawasi
kinerja mereka saat melakukan transaksi jual beli di pasar.
PENUTUP
Simpulan
Di
pasar kita harus menanamkan jual beli yang disyariatkan oleh Islam,agar
pengamalan ibadah kita dapat kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari,
sehingga tercipta suatu perilaku kegiatan perekonomian tidak menyimpang dari
ajaran islam. Kita juga dianjurkan untuk mengingat allah dimanapun kita berada
termasuk dipasar dengan selalu menyebut asma Allah. sehingga suasana pasar
menjadi aman, nyaman dan tidak ada yang dirugikan sehingga segala aktifitas yang
kita lakukna di Pasar diberkahi Allah SWT.
DAFTAR
PUSTAKA
Bin Baz Syaikh Abdul
aziz.2008. Fathul baari Penjelasan Kitab Shahih al Bukhari. Jakarta:
Pustaka Azzam.
Ya'qub, Hamzah.1984. Kode
etik Dagang Menurut islam. Bandung: cv. Diponeggoro.
http://portal-ilmu.net/2012/05/muhammad-bin-wasi-panutan-dalam-pelajaran-ikhlas/
htp: // opi.
110mb.com/Hadist web. Kumpulan dan referensi belajar hadist.
http://id.wikipedia.org/wiki/Imam_Tirmidzi
http://id.wikipedia.org/wiki/Imam_Tirmidzi
2021111218
BalasHapussaya pernah membaca bahwasannya Nabi Muhammad pernah bersabda bahwasannya setan lebih giat beraksi dipasar, menurut pemakalah, apakah hal tersebut berpengaruh terhadap perkembangan moralitas dipasar zaman sekarang ini? terima kasih.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Hapustrimakasih atas pertanyaanya....
Hapusjawabanya adalah berpengaruh mba,
skian, trimksih,
Silfina Hayati
BalasHapus2021111268
C
Assalamu’alaikum...
Saya mau tanya, tolong jelaskan kembali mengenai tema “kesejukan religi di pasar” mengenai relevansinya dengan hadis tersebut...
Kemudian, bagaimana menurut pemakalah dengan seorang muslim yang membeli barang (kulak) dengan harga yang sangat murah dan menjualnya di pasar dengan harga yang murah pula. Padahal hal tersebut sangat merugikan objek yang dijadikan sebagai kulak-an, namun di sisi lain hal tersebut menguntungkan pelanggannya.
Terima kasih
W,salam,,
Hapustrimksih ats pertanyaanya mba...
1. Relefansi hadist dalam makalah ini dengan kesejukan religi di tengah pasar adalah bahwa hadist tersebut merupakan salah satu upaya untuk memotifasi kita sebagai muslim dengan berbagai fadhilah-fadhilah dzikir tertentu untuk senantiasa mengingat Allah dimanapun kita berada termasuk dipasar. Ketika orang-orang lalai mengingat Allah karena hiruk-pikuk pasar namun muslim yang baik akn selalu mengingat Allah SWT, bahkan Rasul bersabda bahwa dgn berdzikir yg disebut dalam makalah ini niscaya Allah menuliskan baginya 1.000.000 kebaikan dan menghapuskan darinya 1.000.000 kejelekan serta mengangkat derajatnya hingga 1.000.000 derajat. Subhanalloh..
2. Menurut saya, hal itu kurang baik,, karena sebaiknya orang menjual dengan harga standar pasar sehingga penjual lain tdk merasa dirugikan...
Kiranya demikian mba,,
Mohon maaf dan trimksih,,,
Amilatun Istiqomah 2021111100
BalasHapusAssalamu'alaikum,,
mo tanya mz aseeeeppppppp
dlm hadist dijelaskn bahwa “Tempat yang paling dicintai oleh Allah di negeri-negeri adalah Masjid-masjid, dan tempat yang paling dibenci oleh Allah di negeri-negeri adalah pasar-pasarnya.”
HR. Muslim, Shahih no.665; Ibnu Hibban, Shahih no.1600 (4/477).
bagaiman pendapat anda tentang hadist tersebut bila dikaitkan dengan tema makalah anda " KESEJUKAN RELIGI DI TENGAH PASAR"
mkshhhh
Wassalamu'alaikum,,,
W, salammm..
Hapusterimakasih atas pertanyaanya,
memang benar, bahwa Tempat yang paling dicintai oleh Allah di negeri-negeri adalah Masjid-masjid, dan tempat yang paling dibenci oleh Allah di negeri-negeri adalah pasar-pasarnya. adapun kaitanya dengan tema makalah tentang kesejukan religi ditengah paar adalah bahwa kita sebagai umat islam hendaklah menghadirkan nafas-nafas islami dlm pasar. sehingga dipasar tidak terlalu menjadi tempat yg sangat dibenci Allah, sebab tempat paling dibenci Allah adalah pasar karena pasar mrupakan tempat org cenderung berbohong, misal penjual demi lakunya dagang sering kali berbohong msalah harga, dsb. dan maksud dari makalah adalah upaya kita menjadikan pasar agar bernafaskan islami, seperti jawaban2 sbelumnya..
Hasan Basri (2021 111 241) C
BalasHapusassalamu'alaikum
jelaskan lagu tantang KESEJUKAN RELIGI DI PASAR saya belum paham mas?
banyak sekali kecurangan didalam pasar,lalu dimana letak kesejukannya?
terima kasih
wassalamu'alaikum
w.salam..
Hapustrimakasih atas pertanyaanya mas bro..
prtanyaan yg maknyuuuzz...saya brusaha jwb dua2nya skligus. mskaud hdist dri makalah saya adalah bahwa didalam pasar memang sering terjadi kecurangan, penipuan, kebohongan, monopoli, dsb,, nah makalah ini berusaha utk mendatangkan kesejukan religi ditengah pasar.. agar suasana pasar sesuai dengan nafas-nafas islami, minimal orang mengingat Allah, diharapkan dengan mengingat Allah baik pembeli maupun para penjual akan merasa ada ketentraman batin,, alaa bidzikrillahi tathma'innul Quluub(Al-qur'an),, disinilah kemudian di lanjutkn ada beberapa wirid atau doa tertentu dr hadist2 yg mempunyai fadhilah yg besar,,Subhanalloh,akn mdtangkn 1.000.000 kbaikan,dsb. kmudian dipasar memang banyak terjadi kecurangan,penipuan, dsb,,letak kesejukanya adalah jika kita selaku muslim menghadirkan suasana religi dipasar dengan salam saat akan transaksi, kmudian menjual dengan harga normal pasar, tdk menipu, tdk mncopet,dg selalu mengingat Allah saat dipasar dsb. jdi bkn dmana letak ksejukanya, namun kitalah sbg org muslim yg brusaha mghadirkan kesejukan religi ditengah pasar, karena sejelek-jelek tempat adalah pasar brdasar hadist Rosulullah SAW..kmudian ada motifasi dr baginda Rosul memalui wirid dan doa2 tertentu sebagimana tersebut dalam makalah,,bisa dbaca kmbali arti hadisnya, smoga qta bsa mengamalkannya,,amiin..
kiranya sekian mas bro,, kurang lebihnya mhon maaf ya,,,
Wassalam,,,,
nama : Nailis Sa'adah
BalasHapusNim : 2021111114
assalamu'alaikum,,
pak saya mau tnya nih, mengenai kesejukan di pasar. sekarang ini kan pasar malah dijadikan ajang untuk kriminalitas, dan masih banyak pedagang yang melakukan kecurangan,. bagaimana pendapat pemakalah dan cara mengatasi kasus yang seperti ini,??
trims
wassalamu'alaikum.
W,salam,,,,
Hapusmksih ats prtanyaanya mb nailis yg mkin langsing,,,he
Pasar sekarang malah dijadikan ajang kriminalitas, pedagang curang dsb. cara mengatasinya adalah dengan meningkatkan sistem keamanan dipasar dengan satpam/polisi dititik-titik rawan sekitar pasar, kemudian yang belum ada di pasar tradisipnal adalah sisi tv, kemudian harus ada solidaritas antar pengunjung dan para pembeli agar misal ada pencopet ada yang menolong dengan berteriak, karena terkadang bila ada pencopetan dipasar orang yg melihat malah diam dan berfikir loe loe gue gue,, yg pnting ga menimpa gue,, hal ini harus diperhatikan bersama,,,
kiranya seperti itu mba nailis ya,,, kurang lebihnya saya mohon maaf..
hehehe
Mus'aliyah 2021 111 087
BalasHapusMaksud isi makalah diatas apakah setiap akan memasuki pasar hendaknya bertakbir, apakah seperti itu??kalaupun bukan tolong jelaskan
bukan begitu...
Hapusitu hadis sebenarnya menerangkan hari raya idul adha, walaupun didalamnya berisi tentang di dalam pasar disunaahkan untuk bertakbir mengagungkan asma Allah
Mirza Fajrian
BalasHapusAssalamu'alaikum...
Saya mau tanya,,,Bahwasannya keistimewaan-keitimewaan dipasar itu apa saja,,, padahal kan Tempat yang paling dibenci Allah didalam hadits adlah Pasar...
Wassalamu'alaikum..
w,salam ,,,,,mas mirza
Hapusmemang benar pasar dalam hadist adalah tempat yang paling tidak disukai oleh Allah SWT,,namun bukan berarti pasar tidak memiliki keistimewaan2,,, pasar penuh keistimewaan karena pusat perekonomian daerah tersebut dan merupakan tempat menjual hasil produksi,,danpasar adalah tempat kedua yang dibangun oleh Nabi setelah membangun masjid Quba (masjidpertama umat islam), karena pasar adalah pusat perputaran uang dan barang dan hal tersebut sangat penting,, jadi pasar juga memiliki unsur keistimewaan dan ke"urgen"an. sekian mas mirza,,,
wassalam,,,
Nama
BalasHapusAgus Triyono
Nim
2021 111 135
Salam Pergerakan Sahabat....
Semoga hati kita diberikan kesejukan dan ketenangan seperti makalah sahabat.
Melihat kondisi seperti ini, dimana perekonomian negri semakin kacau karena penyebab tangan-tangan hitam kapitalis yang mengengam setiap sudut kehidupan perekonomian negri tercinta ini. Sungguh sangat disayangkan sekali peranan dewan ataupun masyarakatnya, yang mengabaikan persoalan seperti ini.
Pertayaan
1. Gimana caranya disetiap sudut pasar kecil itu tersinari aurah kesejukan keimanan.....
2. Menurut pemakalah, sejuknya disetiap sudut pasar itu yang seperti apa...
tq.
w,salam,,,,
Hapuspertanyaan yang bagus mz agus uye,,, bingung aq,,hehe
Jawaban:
1. caranya adalah dengan tidak membiarkan sudut2 pasar dicemari oleh adanya tempat2 negatif,,seperti tempat TOGEL, tempat warung remang2, dsb,, kemudian hendaklah ada mushola di bangun dipojok2 pasar selain juga dibangun di tengah2 pasar,karena jumlah manusia dipasar kan banyak,hehe
2.sejuknya setiap sudut pasar ya itu tdi, bila sekeliling pasar tidak ada tempat2 seperti tmpat TOGEL dan wrg REMANG2,,serta dibangun masjid juga madrasah dekat pasar sehingga tercipta suasana islami masuk kepasar,, kemudian juga ada pengamanan baik berupa kamera tersembunyi maupun satpam disekitar pasar, agar suasana aman,nyaman dan terkendali,,
seekian mz agus uye,,,,
hhahahaha...
wassalam..
Nama : IDA ZAHIDAH
BalasHapusNIm : 2021111108
Assalamu'alaikum...
Saya ingin bertanya adakah perspektif dalam al-qur’an tentang pasar ? jelaskan
Dan bagaimana caranya agar orang-orang di pasar tetap ingat kepada Allah ?
Wass......
Perspektif Al-Qur’an mengenai pasar tidak di jelaskan secara khusus mengenai pasar, namun lebih ke aktivitas ekonomi atau perdagangan. Seperti dalam surat A-baqarah juz 2 ayat 275 . “Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba”. (QS Al-Baqarah [2]: 275). Ayat-ayat inilah yang menunjukkan sebagian dari sekian banyak ayat Al-Qur’an yang merujuk pada aktivitas ekonomi. Kemudian sejumlah perintah melakukan perdagangan global (Qs.Al-Jum’ah : 10) “Apabila shalat sudah ditunaikan maka bertebaranlah di muka bumi dan carilah karunia Allah serta banyak-banyaklah mengingat Allah agar kalian menjadi orang yang beruntung”.
Hapusagar kita tetap ingat kepada Allah (dzikir) saat dipasar, yaitu kita terlebih dahulu telah mengetahui, bahwa pasar itu adalah tempat yang berpotensi terjadinya kemungkaran, kecurangan, penipuan atau bahkan kejahatan. nah, ketika kita sudah mengetaui hal tersebut, maka kita akan waspada dan kemudian kita akan mengawalinya dengan berdzikir atau membaca doa-doa agar kita tidak tertimpa musibah atau hal yang dapat merugikan kita.
agar kita tetap ingat kepada Allah (dzikir) saat dipasar, yaitu kita terlebih dahulu telah mengetahui, bahwa pasar itu adalah tempat yang berpotensi terjadinya kemungkaran, kecurangan, penipuan atau bahkan kejahatan. nah, ketika kita sudah mengetaui hal tersebut, maka kita akan waspada dan kemudian kita akan mengawalinya dengan berdzikir atau membaca doa-doa agar kita tidak tertimpa musibah atau hal yang dapat merugikan kita.
puji astuti (2021 111 103)
BalasHapusassalamualaikum...
mz asep mau tanya bagaimana cara kita mengingat allah ditengah-tengah pasar sedangkan kan pasar itu tempat yang paling dibenci?
cara mengingat Allah ditengah-tengah pasar:
Hapusa.tidak lupa untuk melafalkan kalimah-kalimah takbir dan dzikir,termasuk didalamnya membaca tasbih,tahmid,tahlil,takbir,istighfar dan do'a, disela-sela kesibukan berdagang.
b.tidak meninggalkan sholat wajib,sesibuk apapun kita.
c.menyempatkan sholat sunah, seperti sholat dhuha.
d.menerapkan jual beli yang disyariatkan oleh islam.
e.tidak berselisih dalam jual beli,yang nantinya kan menimbulkan pertengkaran.
d.berlaku jujur, terus terang dan mengatakan yang sebenarnya, tidak bersumpah dusta, sebab sumpah dusta menghilangkan barkah jual beli.
e.Distelkan musik-musik religi di dalam Pasar dan diingatkan ketika tiba waktunya sholat.
marlihatin 2021 111 123
BalasHapusmas mau bertanya,,,,
bagaimana kiat2 menumbuhkan kesejukan religi meskipun ditengah pasar, mengingat jaman sekarang banyak orang yang berjualan tanpa mengenal waktu,
terimakasih.
dengan selalu mengingat Allah, insyaalah kita dapat menumbuhkan kesejukan dalam pasar,, dan untuk mengetahui cara-caranya dapat dilihat dari jwban saya dari pertanyaan mbak puji,,
Hapusterima kasih
irva silvia 2021 111 101
BalasHapusassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh...
mas, bagaimana bisa menemukan kesejukan religi di pasar? karena nyatanya pedagang-pedagang di pasar banyak yang tidak jujur dan berlaku tidak adil dalam timbangan. kalaupun ada, itupun sedikit. toh dalam sebuah hadis dinyatakan bahwa seburuk-buruk tempat adalah pasar. terima kasih.
ya memang benar, bahwa pasar adalah tempat yang dibenci oleh Allah, karena disana seseorang bisa melalaikan kewajibannya sebagai seorang muslim, sperti meninggalkan sholat dan lebih memilih untuk bersenang2 di dalam pasar. kemudian, dipasar sendiri bisa disebut sejelek-jeleknya tempat yang dimana terdapat berbagai macam kemungkaran, perbuatan dan perkataan sia-sia, belum lagi disanalah tempat syaithan berkumpul. dan yang dimaksud dibenci itukan tempatnya mbak, bukan bahan2 kebutuhan pokoknya itu, jdi sebenarnya kalo kita mau pergi ke pasar ya tidak apa2 , asal dengn niat tidak untuk semata2 berhura2 dan mencari kemaksiatan.
Hapuskemudian dengan adanya mushola dipasar, berati kita diingatkan untuk tetap selalu berdzikir dan tetap menunaikan kewajiban2 kita sebagai seorang musli, dll.
restu noviani 2021111091
BalasHapusassalamualaikum...saya cuma mau tanya bagaimanakah caranya kita bisa jadi pedagang yang jujur,,melihat realitas sekarang banyak pedagang yang tidak jujur trims..
w.salam,,, mtrnuwun ats prtanyaanya,,
Hapusagar qta jdi pedagang yg jujur adl dengan mengingat bahwa pembeli selalu mencari pelanggan sebanyak2nya,,kalau pdagang tdk jujur satu persatu pembeli akn kecewa,,dan dagangan lama kelamaan akan bangkrut karena ditinggalkan para pelanggan,,jga kudu inget,,jujur makmur,dpt pahala,,dan disukai olh semua
sekian ,,,trims..wassalam,,
qurrotul aini (2021111098)
BalasHapusassalamualaikum wr.wb.
saya mau tanya, bagaimana dengan mereka yang tidak mengucapkan kalimat
لَا اِلَهَ إِلّاالله وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ, لَهُ الْمُلْكُ وَ لَهُ الْحَمْدُ يُحْيِيْ وَ يُمِيْتُ وَهُوَ حَيُّ لَا يَمُوْتُ بِيَدِهِ الْخَيْرُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٍ??
mohon penjelasannya..terimakasih
wassalam,,, aini
Hapusadapun bagi mereka yg tidak mewiridkan lafadz tersebut maka tidaklah mengapa, tidak berdosa, namun tenntunya tidakmendapat pahala dari bacaan tersebut,,serta tidak mendapat kesunahan dari padanya... smoga qta hafal dan kmudian melafalkanya dipasar, dan mndapat pahala sbagaimana keterangan hadist,, amiin
Wassalam aini..