PESAN AL-QUR’AN KAJIAN TEKSTUAL DAN KONTEKSTUAL
Rina Muliawati
NIM. 2318086
KELAS E
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
IAIN
PEKALONGAN
2019
2019
KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis atas kehadirat
Allah swt yang telah senantiasa memberikan kemudahan dan kelancaran, sehingga
penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul Pesan Al-Qur’an: Kajian Tekstual dan Kontekstual” sesuai harapan.
Sholawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi
Muhammad saw, yang kita nantikan syafa’atnya di yaumil akhir aamiin.
Ucapan
terimakasih kami tujukan kepada Bapak Muhammad Hufron,M.Si, selaku dosen mata
kuliah Ulumul Qur’an atas tugas yang telah diberikan sehingga menambah wawasan
penulis tentang Pesan Al-Qur’an: Kajian Tekstual dan Kontekstual. Serta kepada semua pihak
yang terlibat dalam pembuatan makalah ini.
Makalah
ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu,
penulis dengan terbuka menerima
saran dan kritik yang membangun dari pembaca guna penyempurnaan
penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini dapat mendatangkan
manfaat yaitu berupa ilmu serta
dapat membuka wawasan yang luas bagi mahasiswa. Amin yaa robbal
‘alamin.
Pekalongan,
28 Februari 2019
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................. i
DAFTAR ISI.............................................................................................. ii
BABI PENDAHULUAN..................................................................... 1
A.
Latar Belakang Masalah........................................................ 1
B.
Rumusan Masalah.................................................................. 1
C.
Metode Pemecahan Masalah................................................. 1
D.
Sitematika Penulisan Makalah............................................... 2
BAB II PEMBAHASAN........................................................................ 3
a.
Pesan Al-Qur’an.................................................................... 3
b.
Kajian Tekstual...................................................................... 3
c.
Kajian Kontekstual................................................................ 4
BABIII PENUTUP................................................................................. 5
A.
Simpulan................................................................................ 5
B.
Saran ..................................................................................... 5
DAFTAR PUSTAKA............................................................................... 6
BIODATA
PENULIS................................................................................ 7
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Al-Qur’an merupakan patokan yang digunakan sebagai
pedoman bagi seluruh umat beragama islam. Al-Qur’an mencakup semua hal dalam
aspek kehidupan. Berbagai problematika baik dalam hal agama, pengetahuan maupun
sosial semua tercantum dalam Al-Qur’an sebagai pokok serta petunjuk untuk
mencapai kebahagiaan duniawi dan ukhrawi.
Al-Qur’an mengandung pesan didalamnya, pesan tersebut
diklasifikasikan menjadi dua yaitu, kajian tekstual dan kontekstual, kajian
inilah yang biasa kita dengar dengan dalil naqli dan dalil aqli. Oleh karena
itu, makalah ini akan membahas tentang kajian tekstual dan kontekstual
Al-Qur’an.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang tersebut, perlu kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan untuk terfokusnya
kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut.
1. Apa pengertian kajian tekstual?
2. Apa pengertian dari kajian kontekstual?
3. Apa contoh dari kajian tekstual dan
kontekstual?
C. Metode Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah yang dilakukan melalui
studi literatur/metode kajian pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa
referensi buku atau dari referensi lainnya yang merujuk pada permasalahan yang
dibahas. Langkah-langkah pemecahan masalahnya dimulai dengan menentukan masalah
yang akan dibahas dengan melakukan perumusan masalah, melakukan langkah-langkah
pengkajian masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perumusan jawaban
permasalahan dari berbagai sumber, dan penyintesisan serta pengorganisasian
jawaban permasalahan.
D.
Sitematika Penulisan Makalah
Makalah ini ditulis dalam tiga
bagian, meliputi: Bab I, bagian pendahuluan yang terdiri dari: latar belakang
masalah, perumusan masalah, metode pemecahan masalah, dan sistematika penulisan
makalah; Bab II, adalah pembahasan; Bab III, bagian penutup yang terdiri dari
simpulan dan saran-saran.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pesan al-Qur’an
Al-Qur’an bagi umat islam adalah
wahyu Tuhan(kalamullah) yang diturunkan kepada Rasulullah Saw. Wahyu dalam
konsep islam juga berartian “ Pembicaraan Tuhan”, berarti Tuhan berkomunikasi
dengan utusan-Nya meskipun bentuk komunikasinya sangat berbeda dengan
komunikasi yang digunakan oleh manusia dengan sesamanya. Meskipun begitu bukan
berarti komunikasi Tuhan dengan Utusan-Nya tidak dapat dikaji sama sekali
melainkan sebuah kajian dalam ilmu keislaman yang tidak pernah kering.[1] DalamAl-Qur'an sepanjang
sejarahnya pendekatan Al-Qur'an dikategorikan menjadi dua model pendekatan atau
kajian, yaitu kajian tekstual dan kontekstual.
B.
Kajian Tekstual
Tekstual
adalah sebuah pendekatan studi Al-Qur'an yang menjadikan lafal Al-Qur'an
sebagai obyek. Kajian ini menekankan analisisnya pada sisi kebahasaan dalam
memahami Al-Qur'an. Praktisnya, pendekatan ini dilakukan dan berfokus pada
ketelitian redaksi teks ayat-ayat Al-Qur'an.[2] kajian
tekstual ini berbasis nash, yaitu lafadz yang dalalahnya dapat
diketahui dari makna yang dimaksud dalam derivasi kata dan dalalahnya
dapat ditafsirkan atau dita’wilkan dan dapat dinashkh pada masa
Rasul.[3]
Misalnya
pada pembagian harta warisan, Al-Qur'an menguraikan dengan tuntas seperti pada
salah satu ayat. Q.SAn-Nisa (4):7 yang artinya
“Bagi orang laki-laki ada hak bagian dari harta peninggalan ibu,
bapak dan kerabatnya, dan bagi orang wanita ada hak bagian(pula) dari harta
peninggalan ibu-bapak dan kerabatnya baik sedikit atau banyak menurut bagian
yang telah ditetapkan”.[4]
C.
Kajian Kontekstual
Pendekatan atau kajian kontekstual dalam studi Al-Qur'an adalah
suatu pendekatan yang mencoba memahami makna serta kandungan ayat Al-Qur'an,
Al-Qur'an hadir dalam sebuah konteks; yaitu konteks sosial, ekonomi bahkan politik.
Itu sebabnya Al-Qur’an selalu mempunyai relevansi dengan peristiwa yang terjadi
dalam masyarakat kala itu.[5]
Pendekatan kontekstual diperlukan pemahaman terhadap semua kondisi
bangsa Arab yang melingkupi turunnya Al-Qur'an. Pemahaman terhadap kondisi
obyektif semacam ini dapat membantu penafsir memahami apa maksud serta
kandungan ayat.³
Seperti pada Q.S Al-Baqarah (2):278 yang artinya:
“Wahai
orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan tinggalkan sisa riba (
yang belum dipungut) jika kamu orang yang beriman.”
Serta pada Q.S Ali Imran (3):130 yang artinya:
“Wahai
orang-orang yang beriman! Janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan
bertakwalah kepada Allah agar kamu beruntung.”[6]
Untuk memahami
hukum riba' yang terdapat pada ayat diatas, maka penafsir harus memahami
perilaku ekonomi bangsa Arab pada masa itu. Artinya ayat-ayat Allah yang telah terfirmankan atau
terucapkan dan tertuliskan dapat dibuktikan melalui keadaan atau kejadian.
BAB III
PENUTUP
A.
Simpulan
Meninjau
pembahasan yang terdapat di Bab II bahwa setiap pendekatan memiliki efektifitas
tersendiri. Karena Al-Qur'an merupakan kitab untuk semua bangsa dan tingkatan,
maka kajian dalam Al-Qur'an perlu dilakukan dengan sangat hati-hati dan proporsional.
Al-Qur'an berfungsi sebagai sumber pengetahuan dan petunjuk agar fingsi ideal
itu dapat diaplikasikan maka Al-Qur'an harus dipelajari dan diupayakan dalam
pengkajiannya.
B.
Saran
Di era
globalisasi ini perlunya mengembangkan karakter dan jiwa yang Qur'ani, sebab
seiring dengan perkembangannya masyarakat cenderung minim pengetahuan akan
Al-Qur'an. Alangkah baiknya kita sebagai generasi bangsa Indonesia senantiasa
menjaga serta menambah pengetahuan mengenai Al-Qur'an agar tidak terseret arus
perkembangan jaman.
DAFTAR PUSTAKA
Abdullah, Mawardi. 2011. Ulumul Qur'an. Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Lubis, Suhrawardi K.2009.Hukum Waris Islam Lengkap dan Praktis.
Jakarta: sinar Grafika.
Rukma, Aan, dkk. 2012. Mengenal Islam Jalan Tengah. Jakarta:
PT. Dian Rakyat
Setiawan, M. Nur Kholis. 2005. Al-Qur'an Kitab Sastra Terbesar.
Yogyakarta: Elsa Press.
Zenif, M.F. 2008. Sintesis Paradigma Studi Al-Qur'an.
Malang: UIN Malang Press (Anggota IKAPI).
BIODATA PENULIS
Nama : Rina Muliawati
Nim : 2318086
Tempat, tanggal
lahir : Pekalongan, 06 Desember 1999
Kelas : Ulumul Qur'an-E
Alamat : Dk. Doro Gunung Rt. 05/Rw. 03
Ds.
Doro Rejo Kec. Doro Kab. Pekalongan.
Fakultas/ Prodi : FTIK/PGMI
Moto hidup : Hiduplah pada jalur yang ditentukan Tuhan agar kau tak tersesat
jakan
[2] Mf. Zenrif,Sintesis
Paradigma Studi Al-Qur’an,(Malang: UIN Malang Press( Anggota IKAPI, 2008),
hlm 51
Tidak ada komentar:
Posting Komentar