Laman

new post

zzz

Jumat, 22 September 2017

SBM E 4-C (KOMPONEN-KOMPONEN DASAR PEMBELAJARAN)

KONSEP DASAR PEMBELAJARAN
(KOMPONEN-KOMPONEN DASAR PEMBELAJARAN)


OCTAVIYANA
2021115081 
Kelas E

PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
FAKLUTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2017



KATA PENGANTAR

Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji dan puji syukur saya  panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga saya  diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah dengan judul’’konsep dasar pembelajaran( komponen-komponen pembelajaran)”. Semoga shalawat serta salam senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW, serta para sahabatnya, keluarganya dan sekalian para umatnya hingg akhir zaman.
Makalah ini merupakan makalah yang menyajikan bahan materi sebagai tugas mata kuliah strategi belajar mengajar. Saya berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan serta wawasan bagi mahasiswa-mahasiswi IAIN Pekalongan mengenai “judul konsep dasar pembelajaran( komponen-komponen pembelajaran)”. Oleh itu berkenankan saya untuk mengucapkan banyak terimakasih kepada kedua orang tua,serta perkenankan saya menghaturkan banyak-banyak terimakasih kepada Bapak Muhammad Ghufron Dimyati, M.S.I., selaku dosen pengampu mata kuliah strategi belajar mengajar.
Dengan kemampuan yang sangat terbatas, saya  sudah berusaha dan mencoba mengeksplorasi dari beberapa sumber mengenai Etika Pengajar dan Pelajar, dan apabila dalam makalah ini dijumpai kekurangan maupun kesalahan pada pengetikan atau pembahasan maka saya dengan senang hati menerima kritikan dari pembaca.
Semoga makalah sederhana yang ada ini dapat bermanfaat, Amin yarobbal ‘alamin.

Pekalongan, 09 september 2017


Octaviyana


BAB I
PENDAHULUAN

Tema
Konsep dasar pembelajaran
Sub tema
Komponen-komponen pembelajaran
Mengapa penting untuk  dikaji
Dalam kehidupan kehiduapan manusia tidak terlepas dari aktivitas atau kegiatan belajar, belajar tidak pernah dibatasi oleh usia, tempat maupun waktu karena perubahan yag menuntut terjadinya aktivitas belajar itu juga tidak pernah berhenti.











BAB II
PEMBAHASAN

A.    Komponen dasar pembelajaran
Komponen merupakan hal yang penting dalam suatu model disain untuk menggabarkan pembelajaran.[1]
Komponen dasar pembelajaran meliputi:
1.      Pembelajaran
Adalah pihak yang menjadii fokus suatu disain dalam pembelajaran
2.      Tujuan pembelajaran
Adalah penjabaran kompetensi yang akan dikuasi oleh peserta didik jika dia telah selesai dan menguasai pelajaran tertentu. Tujuan merupakan suatau cita-cita yang ingin dicapai dari pelaksanaan suatu kegiatan. Tujuan pendidikan merupakan suatu cita-cita yang bernilai normatif. Dengan kata lain terdapat sejumlah nilai yang harus ditanamkan kepada peserta didik yang nantinya akan menjadi cara peserta didik bersikap dalam kehidupannya.[2]
3.      Kegiatan pembelajaran
Kegiatan belajar adalah inti dari pendidikan. Segala proses yang telah diprogramkan akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Kegiatan pembelajaran akan melibatkan semua komponen pengajar, kegiatan belajar akan menentukan sejauh nama tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.
4.      Metode
Adalah suatu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam kegiatan pembelajaran metode diperlukan oleh guru dan penggunanya bervariasi sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai setelah pembelajaran berakhir.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode dalam mengajar adalah sebagai berikut:
a.       Tujuan dengan berbagai jenis dan fungsinya
b.      Anak didik dengan berbagi tingkat kematangan
c.       Fasilitas yang bermacam-macam kualitas dan kuantitasnya dan
d.      Pribadi guru serta kemampuan dan profesional yang berbeda –beda.
5.      Analisis pembelajaran
Adalah proses menganalisis topik atau materi yang akan dipelajari
6.      Bahan ajar atau materi pembelajaran
Bahan ajar adalah format materi yang disampaikan oleh pembelajar menggunakan media- media tertentu.
Sedangakan materi pembelajaran adalah substansi yang akan disampaikan dalam proses pembelajaran. Tanpa itu proses pembelajaran tidak akan berjalan.
7.      Penilaian belajar atau evaluasi
Penilaian belajar adalah pengukuran kemampuan peserta didik. Sedangakan evaluasi adalah suatu tindakan atau proses menentukan nilai yang berkaitan dengan dunia pendidikan. Evaluasi mempunyai tujuan yaitu: tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum adalah untuk mengumpulkan data-data yang menujukan prestasi siswa, guru membantu menilai anak-anak dalam kegiatan pembelajaran, sedangkan tujuan khusus adalah merangsang kegiatan peserta didik dan menentukan kemajuan-kemajuan pola berpikir siswa
B.     Defisi pembelajaran
Pembelajaran diartikan sebagai KBM konvensional dimana guru dan peserta diidik langsung berinteraksi.
Menurut UU no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Bab I ketentuan umum pasal 1 ayat 20 (disebutkan pembelajaran, buku belajar) pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dan sumber belajar pada suatu lngkungan belajar ( UU no 20 tahun 2003. Pasal 1 ayat 20 ).
Menurut miarso, definisi ini mengindikasikan bahwa ada 5 jenis yang dapat berlangsung dalam proses pembelajaran:
1.      Interaksi pendidik dan peserta didik
2.      Interaksi antar sesama peserta didik
3.      Interaksi peserta didik dengan narasumber
4.      Interaksi peserta didik bersama pendidik dengan sumber belajar yang sengaja dikembangkan
5.      Interaksi peserta didik bersama pendidik dengan lingkungan sosial dan alam.[3]



  


BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Komponen dasar pembelajar terdiri dari: pembelajar, tujuan pembelajaran, analisis pembelajar, strategi pembelajaran, bahan ajaran, penilan pembelajaran.
Pembelajaran berasal dari kata belajar proses dua orang melakukan interaksi yang saling memberikan informasi






DAFTAR PUSTAKA
Gredler Margaret E. Bell. (1994). Belajar dan membelajarkan. Jakarta:PT rajagrafindo persada
Mustakim zaenal. (2017). Strategi dan metode pembelajaran. Pekalongan:IAIN PEKALONGAN PRESS
Uno Hamzah B. (2007). Belajar dengan pendeketan PILKEM. Bandung : PT GRASIDO


  



Profil

NAMA: OCTAVIYANA
TTL: 31 OKTOBER 1996

Riwayat Pendidikan:
1.      R.A MASYITOH MENGUNENGWARUNGASEM BATANG
2.      SD NEGERI 01 MENGUNENG
3.      SMP NEGERI 02 WARUNGASEM BATANG
4.      SMK NEGERI 01 WARUNGASEM BATANG
5.      MASIH MENEMPUH PENDIDIKAN DI IAIN PEKALONGAN, FAKLUTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (PAI)




[1] Hamzah B. Uno,belajar dengan pendekatan PAILKEM,(Bandung: pt grasindo,2007),hlm.59
[2] Zaenal,mustakim,strategi dan metode pembelajaran,(pekalongan:iain press,2017),hlm:47
[3] Margaret E. Bell gredle,belajar dan membelajarkan,(jakarta:PT raja grafindo,1994),hlm.187

Tidak ada komentar:

Posting Komentar