MEDIA PEMBELAJARAN
"MACAM – MACAM
MEDIA PEMBELAJARAN"
Miftakhul Jannah
NIM. (2317195)
Kelas E
JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2018
KATA PENGANTAR
Alhamdulillah, segala puji syukur saya
panjatkan kehadirat Allah Swt. Yang telah memberikan Ridho, rahmat, dan
kenikmatan kepada saya sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini yang
berjudul ”Hakikat Pendekatan” dengan baik. Shalawat serta salam senanantiasa
tercurahkan kepada junjungan Nabi
Muhammad Saw. para sahabatnya, keluarganya,
dan sekalian umatnya hingga akhirzaman.
Penyusun mengucapkan terima kasih kepada
semua pihak yang telah membantu khususnya Bapak Muhammad Ghufron Dimyati Selaku
dosen pengampu mata kuliah Strategi Belajar Mengajar yang telah memberikan
tugas ini serta membantu memberikan motivasi dan masukan dalam penyusunan
makalah ini. Akhir kata semoga makalah bermanfaat bagi pembacanya.
Pekalongan,
Oktober 2018
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Proses belajar merupakan proses perubahan tingkah laku. Dalam
proses pembelajaran media sangat penting karena dalam kegiatan belajar ketidak
jelasanmateri bisa disampaikan lewat media, karena setiap materi yang diberikan
membutuhkan perantara yang bisa memudahkan dan menyampaikan pesan atau maksud
dari materi yang ingin diajarkan. Setiap mata pelajaran memiliki tingkat kesukaran
masing-masing , anak didik akan merasa bosan dan kelelahan serta tidak bisa
memahami jika guru tidak bisa menjelaskan dengan baik dan benar. Untuk itu kita
perlu menegnal dan memahami macam –macam media atau alat pembelajaran yang akan
digunakan untuk proses pembelajaran. Agar tujuan dari pendidikan tercapai
dengan baik efektif dsn efisien.
B.
Rumusan
Masalah
1.
Apa pengertian media
pembelajaran ?
2.
Apa Macam-Macam
Media Pembelajaran ?
C.
Tujuan
Makalah
1.
Untuk mengetahui
pengertian dari media pembelajaran
2.
Untuk Mengetahui
Macam-Macam media pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A. pengertian Media pembelajaran
secara istilah, pengertian media pembelajaran dapat disimpulkan
sebagai berikut "semua alat bantu yang digunakan dalam kegiatan
pembelajaran, dengan maksud untuk membantu menyampaikan pesan ( informasi) pembelajaran dari sumber ( pendidik maupun
sumber lain) kepada penerima ( tetapi
dalam hal ini peserta didik atau juga warga belajar)." Pesan (informasi)
yang disampaikan melalui media dalam bentuk Isi atau materi pembelajaran itu
harus dapat diterima dengan baik oleh penerima pesan ( peserta didik) dengan menggunakan salah satu ataupun
Gabungan beberapa alat indra mereka.
bahkan lebih baik lagi, apabila seluruh alat indra yang dimiliki mampu menerima
isi Pesan yang disampaikan.[1] Selain itu, Media juga diartikan sebagai pengantar atau perantara, diartikan
pula sebagai pengantar pesan dari pengirim kepada penerima. Dalam
dunia pendidikan dan pembelajaran media diartikan sebagai alat dan bahan yang
membawa informasi atau bahan pelajaran yang bertujuan mempermudah mencapai
tujuan pembelajaran. [2]
Penggunaan media dilihat atau
Dinilai dari segi kecanggihan medianya tetapi yang lebih penting adalah fungsi
dan peranannya dalam membantu proses pengajaran , dalam menggunakan mdia
pendidikan sebagai alat komunikasi khususnya dalam hbungannya dengan masalah
proses belajar mengajar kiranya harus didasarkan pada pemilihan yang tepat dan
objektif.[3]
B. Macam-Macam Media Pembelajaran
a. Dilihat dari jenisnya media dibagi menjadi:
1) Media auditif yaitu: media yang hanya mengandalkan kemampuan suara
saja seperti radio,kaset, recorder, piringan hitam.
2) media visual yaitu media yang hanya mengandalkan indra penglihatan.
Media visual ini yang menampilkan gambar diam seperti film rangkai, film
bingkai foto, gambar, atau lukisan dan cetakan.
3) Media audio visual adalah media yang mempunyai unsur-unsur suara
dan unsur gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik karena
meliputi Kedua jenis media yang pertama dan yang kedua.[4]
Media audio visual dibagi menjadi
yaitu audio visual diam yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam
seperti film bingkai suara atau sound slide film rangkai suara cetakan suara. Audio
visual gerak yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang
bergerak seperti film suara dan video jenis media yang dimanfaatkan dalam
proses pembelajaran sangat beragam mulai dari media yang sederhana yang rumit
dan canggih kaset. [5]
b. Dilihat dari daya liputnya,
media dibagi menjadi:
1) Media Dengan Daya Liput Luas Dan Serentak
Penggunaan media ini tidak terbatas oleh tempat dan ruang serta
dapat menjangkau jumlah anak didik yang banyak dalam waktu yang sama seperti
radio dan televisi.
2) media dengan daya liput yang terbatas oleh ruang dan tempat
Media ini Dalam penggunaannya membutuhkan ruang dan tempat yang
khusus seperti film,soundslide, film rangkai, yang harus menggunakan tempat
yang tertutup dan gelap.
3) media untuk pembelajaran Individual
Media ini penggunaannya hanya untuk seorang diri. yang termasuk
media ini adalah modul program dan pembelajaran melalui komputer.
c. dilihat dari bahan pembuatannya, media dibagi menjadi
1) Media sederhana ( alat peraga)
Media ini bahan dasarnya mudah diperoleh dan harganya murah, dan penggunaannya tidak sulit.
2) media kompleks
Media ini adalah media yang bahan dan alat pembuatannya sulit
diperoleh serta mahal harganya, sulit membuatnya memerlukan keterampilan yang
memadai.[6]
Menurut
nana sudjana dan ahmad rivai Ada 3 jenis media pengajaran yang bisa digunakan
dalam proses pengajaran yaitu:
1.
media grafis seperti gambar foto grafik bagan dan diagram poster
kartun komik dan lain-lain atau biasanya sering disebut media dua dimensi
(media yang di mempunyai ukuran panjang lebar)
2.
media tiga dimensi yaitu dalam bentuk model seperti model padat,
model penampang, model susun , model kerja, mock up, diorama dan lain-lain.
3.
media proyeksi seperti film-film pengguna no HP lain-lain.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Media pembelajaran adalah alat bantu
apa saja yang dapat dijadikan sebagai penyalur pesan guna mencapai tujuan dari
pembelaran. macam –macam media pembelajaran yaitu: dilihat dari
jenisnya: Media auditif , audio, audio visual. dilihat dari daya liputnya: Media
Dengan Daya Liput Luas Dan Serentak, media dengan daya liput yang terbatas oleh
ruang dan tempat, media untuk pembelajaran Individual. Dilihat dari bahan
pembuatannya, media dibagi menjadi: Media sederhana ( alat peraga), media
kompleks
DATAR PUSTAKA
Mustakim Zaenal.2017. Strategi Dan Metode Pembelajaran.
Yogyakarta.Matagraf.
Suprihatiningrum Jamil.20113. Strategi Pembelajaran. Jogjakarta.
Ar Ruzz Media.
Harijanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta. PT Rineka Cipta.
Sudjana Nana dan Ahmad Rivai.2010. media pengajaran. Bandung.
Sinar Baru Algensindo.
Djamarah Saiful Bahri dan Aswan
Zain. 2002. Strategi Belajar Mngajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Nama Lengkap : MIFTAKHUL JANNAH
Nama Panggilan :
JANNAH
Tempat, Tanggal Lahir : Tegal, 02 Juli 1999
Alamat :
Rt/Rw 04/06, Ds Jatimulya Kec. Suradadi Kab
Tegal
Riwayat Pendidikan :
1.
Ra Al-Huda Jatimulya
2.
Mi Al-Huda Jatimulya
3.
Mts Nu 01 Suradadi
4.
Smk N 2 Kota Tegal
5.
Iain Pekalongan
Iain Pekalongan
BUKU REFERENSI
[1] Zaenal Mustakim, Strategi Dan Metode Pembelajaran,(yogyakarta:
Matagraf, 2017), hlm 161
[2]Jamil Suprihatiningrum Strategi Pembelajaran, (Jogjakarta:
Penerbit Ar Ruzz Media Cetakan 2013). hlm, 319
[3] Harijanto,
Perencanaan Pengajaran,( Jakarta , PT Rineka Cipta, 19971997)Hlm, 237- 238
[4] Zaenal Mustakim, Op.cit., hlm, 170-171
[5] Saiful Bahri Djamarah Dan Aswan Zain, Strategi
Belajar Mngajar, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 2002), hlm141
[6] Zaenal mustakim, Op.cit., hlm, 172
hlm 3-4
Tidak ada komentar:
Posting Komentar