ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
"PENERAPAN ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN"
Mariana Ulfa
NIM. (2317201)
KELAS E
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITTUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2018
Alhamdullilah,puji syukur ke hadirat Allah swt. atas segala
nikmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul “Alat dan Media
Pembelajaran” ini dapat diselesaikan. Salawat dan salam senantiasa tercurah
kepada sebaik-baik manusia, nabi Muhammad saw., keluarganya, dan sahabatnya.
Makalah
ini menjelaskan pengertian, karakteristik, dan metodologi penulisan makalah
berdasarkan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah yang digunakan di STAIN
Pekalongan. Di samping tu, makalah ini juga menjelaskan bagaimana penerapan metode menulis makalah yang melibatkan
pembangunan kecerdasan emosional spiritual (ESQ) penulisnya. Dengan
demikian, materi makalah ini diharapkan dapat membantu pembangunan karakter
mahasiswa melalui proses menulis makalah yang baik dan benar.
Makalah
ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu,
penulis dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca
guna penyempurnaan penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini menambah
khasanah keilmuan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Amin yaa robbal ‘alamin.
Pekalongan, 5 November 2018
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR.............................................................................. i
DAFTAR ISI.............................................................................................. ii
BABI PENDAHULUAN..................................................................... 1
A. Latar Belakang
Masalah........................................................ 1
B. Rumusan Masalah.................................................................. 1
C. Tujuan ................................................................................... 2
D.
Metode Pemecahan Masalah................................................. 2
E.
Sitematika Penulisan Makalah............................................... 2
BAB II PEMBAHASAN........................................................................ 3
A. Pengertian alat dan
media pembelajaran............................... 3
B. Langkah-langkah
menggunakan media pembelajaran........... 4
C. Prinsip-prinsip dalam memilih media .................................... 5
D. Pengembangan media
pembelajaran...................................... 5
E. Penerapan media pembelajaran.............................................. 6
BAB III PENUTUP................................................................................. 8
A. Simpulan................................................................................ 8
B. Saran-saran............................................................................ 8
DAFTAR PUSTAKA............................................................................... 9
RIWAYAT HIDUP .................................................................................. 10
A.
Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan hal penting dalam keehidupan. Dalam sebuah
pendidikan tidak pernah lepas dari pembelajaran. Pembelajaran merupakan proses
untuk menstransfer ilmu antara guru dan siswa. Sebuah proses pembelajaran
diperlukan adanya komponen-komponen pembelajaran. Salah satu komponen tersebbut
adalah alat dan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat atau
sesuatu hal yang menunjang terjadiya kelancaran proses pembelajaran.
Dalam pembelajaran
seorang pendidik wajib mengetahui sesuatu hal mengenai media. Seringkali
pendidik tidak paaham akan media pembelajaran. Media pembelajaran digunakan
tidak sesuai dengan tujuan pembelajaran. Untuk itu dalam makalah ini akan
dibahas lebih dalam mengenai media pembelajaran agar tidak terjadi kesalahan dalam
penggunaan pembelajaran.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan
latar belakang tersebut perlu kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan untuk
terfokusnya kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut.
2. Bagaimana langkah-langkah
menggunakan media dalam mengajar?
3. Apa saja prinsip-prinsip
dalam memilih media dalam pembelajaran?
4. Bagaimana cara
mengembangkan media dalam pembelajaran?
5. Bagaimana bentuk penerapan
dari media pembelajaran?
C.
Tujuan
1.
Untuk mengetahui mengenai alat dan media pembelajaran.
2.
Untuk mengetahui dan memahami langkah-langkah dalam
menggunakan media pembelajaran.
3.
Untuk mengetahui prinsip-prinsip dalam memilih media
pembelajaran.
4.
Untuk mengetahui dan memahami pengembangan dari media
pembelajaraan.
5.
Untuk mengetahui dan memahami penerapan dari media
pembelajaran.
D.
Metode Pemecahan Masalah
Metode
pemecahan masalah yang dilakukan melalui studi literatur/metode kajian pustaka,
yaitu dengan menggunakan beberapa referensi buku atau dari referensi lainnya
yang merujuk pada permasalahan yang dibahas. Langkah-langkah pemecahan
masalahnya dimulai dengan menentukan
masalah yang akan dibahas dengan melakukan perumusan masalah, melakukan
langkah-langkah pengkajian masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perumusan
jawaban permasalahan dari berbagai sumber, dan penyintesisan serta
pengorganisasian jawaban permasalahan.
E. Sitematika Penulisan
Makalah
Makalah ini
ditulis dalam tiga bagian, meliputi: Bab I, bagian pendahuluan yang terdiri
dari: latar belakang masalah, perumusan masalah, metode pemecahan masalah, dan
sistematika pnulisan makalah; Bab II, adalah pembahasan; Bab III, bagian
penutup yang terdiri dari simpulan dan saran-saran.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Alat dan Media Pembelajaran
Media
adalah kata jamak dari medium
berasal dari kata latin memiliki arti perantara. Secara definisi media adalah
suatu perangkat yang dapat menyalurkan
informasi dari sumber ke penerima informasi.[1]
Beberapa pakar atau ahli menyatakan definisi
media dengan berbagai batasan tertentu. Gagne (1992) menyatakan media sebagai
berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsang siswa
untuk belajar. sedangkan Heinich, Molenda, dan Russel (1982) menyatakan bahwa
media adalah saluran komunikasi termasuk film, televisi, diagram, materi
tercetak, komputer dan instruktur.
Dari
beberapa batasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa media merupakan segala
sesuatu yang dapat dipergunakan untuk menyalurkan pesan dan dapat merangsang
pikiran, membangkitkan semangat, perhatian, dan kemauan siswa sehingga dapat
mendorong terjadinya proses pembelajaran pada diri siswa.[2]
Alat adalah benda yang digunakan untuk
mempermudah dalam melakukan sesuatu. Dalam bidang pendidikan, alat berguna
dalam proses pendidikan yang mencapai tercapainya tujuan pendidikan. Alat
pembelajaran adalah media pendidikan berperan sebagai perangsang siswa agar mau
belajar lebih lanjut. Dalam hal ini media pengajaran merupakan salah satu
pendukung yang efektif dan membantu terjadinya proses belajar.[3]
B.
Langkah-Langkah
Mempergunakan Media Dalam Mengajar
Ada beberapa langkah yang harus ditempuh oleh
seorang guru dalam proses pembelajaran dengan menggunakan media, yakni:
a. Guru
harus terlebih dahulu merumuskan tujua pembelajaran dengan memanfaatkan media
tertentu. Dalam menggunakan media pembelajaran harus disesuaikan dengan tujuan
dari materi pembelajaran tersebut agar pembelajaran dapat berjalan secara
terarah dan efektif.
b. Guru
mempersiapkan diri dengan cara memilihi dan menetapkan media mana yang sesuai
dengan konteks yang dihadapi yang selanjutnya akan dimanfaatkan guna mencapai
tujuan pembelajaran. Setelah mengetahui tujuan guru bisa menyiapkan media apa
yang akan diterapkan.
c. Guru
mempersiapkan kelas. Artinya peserta didik dipersiapkan sebelum menggunakan
media. Mereka terlebih dahulu dikenalkan mengenai media akan digunakan.
d. Guru
menyajikan materi pelajaran dengan memanfaatkan media. Media digunakan untuk
memudahkan guru dalam menyampaikan materi pembelajaran agar materi yang
tersebut dapat dipahami dengan jelas oleh sisiwa.
e. Siswa
melakukan serangkaian aktivitas belajar. Dalam proses pembelajaran siswa juga
dilibatkan dalam penggunaan media dengan cara mempraktekkannya.
f. Guru
mengevaluasi proses pembelajaran sudah sejauh mana tujuan pembelajaran bisa
dikuasai oleh siswa. Setelah menggunakan media yang membantu proses
pembelajaran, guru melakukan evaluasi apakah dari cara tersebut siswa dapat
memahami atau tidak dengan mengadakan serangkaian tes atau penilaian terkait
dengan materi yang telah disampaikan.
C.
Prinsip-prinsip
Pemilihan Media
Sebelum menggunakan media tentunya terlebih
dahulu kita mengetahui prinsip-prinsip dalam memilih media yang akan digunakan.
Beberapa prinsip dalam memilih media menurut Nana Sudjana (1991) antara lain sebagai
berikut:
1. Menentukan
jenis media yang tepat. Artinya guru memilih terlebih dahulu media yang tepat
berdasarkan materi yang akan disampaikan agar tujuan pembelajaran dapat
tersampaikan dengan baik.
2. Menetapkan
atau mempertimbangkan subyek dengan tepat. Dalam penggunaan media disesuaikan
dengan daya penyerapan anak. Apakah siswa mampu menguasai materi dengan media
yang digunakan.
3. Menyajikan
media yang tepat. Dalam menggunakan media perlu adanya pengoprasian dengan baik
dan tepat. Dengan tepatnya penyajian media maka materi pembelajaranpun dapat
tersampaikan dengan jelas.
4. Menempatkan
atau memperlihatkan media pada waktu, tempat, dan situasi yang tepat.
Penggunaan media disesuaikan dengan kepentingan dan tujuan yang jelas, tidak
serta merta setiap saat mengggunakan media. [4]
D.
Pengembangan
Media Pembelajaran
Media pembelajaran merupakan wahana penyalur
pesan dan informasi. Media pembelajaran yang dirancang dengan membantu peserta
didik dalam mencerna dan memahami materi pelajaran. Di jaman sekarang, pembangunan
media pembelajaran juga semakin maju. Penggunaan teknologi infomasi (TI)
sebagai media pembelajaran sudah merupakan suatu tuntutan. Walaupun perancangan
media bebasis TI memerlukan keahlian khusus, bukan berarti media tersebut
dihindari dan ditinggalkan. Media pembelajaran berbasis TI dapat berupa
internet, intranet, mobile phone, dan CD Room atau flash disk. Adapun komponen
utamanya meliputi: learning management system (LMS), learning content (LC).[5]
E.
Penerapan
Media Pembelajaran
1. Media
berbasis visual
Keberhasilan penggunaan media berbasis
visual ditentukan oleh kualitas dan efektivitas bahan-bahan visual dan grafik
itu. Penerapan media berbasis visual dapat diterapkan saat kegiatan
pembelajaran menampilkan berbagai gambar atau grafik yang berkaitan dengan
materi pelajaran, bisa dengan buku untuk dibaca, dan visual yang lainnya.
2. Media
berbasis audio visual
Media audio visual merupakan campuran
penggunaan media audio disertai dengan media visual. Perpaduan antara
penglihatan dengan pendengaran. Berikut jenis-jenis media berbasis audio
visual:
a) Media
audio visual murni (media audio visual gerak)
Audio
visual murni atau audio visual gerak yaitu media yang dapat menampilkan unsur
suara dan gambar yang bergerak, unsur
suara gambar tersebut berasal dari suatu sumber film bersuara. Contohnyaa dalam
pembelajaran menjelaskan mengenai materi pembelajaran guru memutarkan film
mengenai materi, misal materi makhluk hidup.
b) Media
audio visual tidak murni (media audio visual diam)
Audio
visual tidak murni yaitu media yang unsur suara dan gambarnya berasal dari
sumber yang berbeda. Misal guru menjelaskan mata pelajaran mengenai sejarah,
guru akan menampilkan gambar di layar dan memberi lagu sebagai suara melalui
pengeras suara.
3. Media
berbasis komputer
Pemanfaatan
media berbasis komputer dapat diterapkan dalam pembelajaran melalui berbagai
fasilitas yang disediakan oleh komputer. Misal saja guru memberi instruksi
kepada siswa dengan melalui gaambar, grafik yang disajikan di layar komputer,
guru bisa melatih siswa mengetik pada Ms. Word pada komputer.
4. Media
berbasis internet
Penggunaaan
internet dalam pendidikan disebut juga dengan e-learning. E-learning bisa
dilakukan secara informal dengan interaksi yang lebih sederhana , misalnya
melalui sarana video conference yaang dapat dilakukan dimana saja dan
kapan saja. Media pembelajaran melalui internet juga dapat diterapkan melalui
pembelajaran berbasis blog. Yaitu dengan guru dan murid belajar melalui blog
dengan guru sebagai pusat untuk memandu materi yang ada di blog.[6]
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Media pembelajaran
merupakan alat atau sesuatu yang dapat menunjang kelancaran proses
pembelajaran. Dalam media pembelajaran terdapat langkah-langkah dalam
menggunakan media pembelajaran. Langkah-langkah tersebut antara lain:
a.
Guru harus terlebih dahulu merumus kan tujuan pembelajaran dengan memanfaatkan
media tertentu.
b.
Guru mempersiapkan diri dengan cara memilihi dan menetapkan
media mana yang sesuai dengan konteks yang dihadapi.
c.
Guru mempersiapkan kelas.
d.
Siswa melakukan serangkaian aktivitas belajar.
e.
Guru menyajikan materi pelajaran dengan memanfaatkan
media.
f.
Guru mengevaluasi proses pembelajaran sudah sejauh mana tujuan pembelajaran bias dikuasai oleh siswa.
Kemudian
terdapat prinsip-prinsip dalam memilih media, pengembangan, serta penerapan
media pembelaajaran. Jadi seorang pendidik harus mampu mengolah media sebaik
mungkin agar tercapainya tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.
B.
Saran
Pada penulisan makalah ini tentunya tidak luput dari
kesalahan dan kekeliruan. Saya selaku penulis dengan ikhlas dan senang hati
menerima segala kritik dan saran makalah ini agar ke depannya menjadi lebih
baik lagi. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menambah
ilmu pengetahuan.
DAFTAR PUSTAKA
Agung, Leo dan Nunuk Suryani. 2012. Strategi Belajar Mengajar.
Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Khuluqo, Ihsana El. 2017. BELAJAR
dan PEMBELAJARAN Konsep Dasar Metode dan Aplikasi Nilai-Nilai dalam Proses
Pembelajaran. Yogyakarta: PUSTAKA PELAJAR.
Mahnun, Nunu. 2012. Media
Pembelajaran. Riau: UIN Suska Riau.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi
dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Sudayana, Nana. 1990. Media
Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.
Yamin, Martinis. 2007.Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat
Satuan Pendidikan.Jakarta: GAUNG PERSADA PERS.
Riwayat Biodata Diri
Nama : Mariana Ulfa
Nim : 2317201
TTL : Pekalongan,, 18 Maret 1999
Alamat:
Pekuncen, Wiradesa
Hobi : Memasak, Membaca
Motto : Jalani dengan usaha
[1]Martinis Yamin,
Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan, (Jakarta: GAUNG
PERSADA PERS, 2007 ), hlm. 176.
[2]Nunuk Suryani
dan Leo Agung, Strategi Belajar Mengajar, (Yogyakarta: Penerbit Ombak,
2012), hlm. 135.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar