VARIASI DAN GAYA MENGAJAR
"PRINSIP VARIASI MENGAJAR"
M. Adib Karomi Faza
NIM. (2317270)
KELAS
E
JURUSAN PENDIDIKAN GURU
MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN
ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2018
Alhamdullilah, puji syukur
kehadirat Allah SWT. Atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang
berjudul “prinsip variasi mengajar” dapat saya buat dengan sebaik -
baiknya. Sholawat dan salam senantiasa
tercurah kepada sebaik-baik manusia yaitu Nabi Muhamad SAW.
Makalah
ini menjelaskan pengertian variasi mengajar, pengertian gaya mengajar,
prinsip-prinsip variasi dan gaya mengajar, prinsip-prinsip penggunaan variasi
dengan gaya belajar. Di samping itu, makalah ini juga menjelaskan bagaimana. dengan demikian, materi makalah ini
diharapkan dapat membantu membangun pemikiran yang lebih baik, mahasiswa
melalui proses menulis makalah yang baik dan benar.
Makalah
ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu,
penulis mengharapkan menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna
penyempurnaan penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini menambah
keilmuan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Amin yaa robbal ‘alamin.
Pekalongan,
17 November 2018
Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR .................................................................................... ii
DAFTAR ISI .................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah .................................................................. 1
B.
Rumusan
Masalah............................................................................ 1
C.
Tujuan
Penulisan ............................................................................. 1
D.
Metode
Pemecahan Masalah............................................................ 2
E. Sistematika Penulisan Makalah........................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN
A. Pengertian Variasi Mengajar ........................................................... 3
B.
Pengertian
Gaya Mengajar............................................................... 3
C.
Prinsip-prinsip
Variasi dan Gaya Mengajar ..................................... 4
D. Prinsip-prinsip Penggunaan Variasi dengan
Gaya Belajar...............5
BAB III PENUTUP
A. Simpulan ......................................................................................... 7
B. Saran ............................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... 8
LAMPIRAN
FOTO REFERENSI ................................................................ 9
BIODATA......................................................................................................... 10
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang Masalah
Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berperan
menciptakan lingkungan belajar bagi para peserta didik untuk mencapai
pendidikan yang baik. Sekolah perlu menyusun suatu program yang tepat yang
tentunya harus didukung oleh tim pendidik yang memenuhi sifat-sifat pendidik
yang telah ditentukan dalam suatu pendidikan, sehingga memungkinkan peserta
didik melakukan kegiatan belajar secara efisien dan sampai pada tujuan yang
diharapakan.
Sebagai pendukung untuk tercapainya tujuan tersebut, yakni tentang
variasi dalam mengajar, yang dalam hal ini pendidiklah yang sangat berperan
dalam mengatur variasi yang tepat dan baik bagi peserta didik, agar nantinya
dalam kegiatan yang kita laksanakan pada sistem pembelajaran mempunyai
bermacam-macam gaya belajar yang dapat diterapkan dan dipahami dengan mudah.
B.
Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang
dikemukakan diatas, dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut:
1. Apa pengertian variasi mengajar ?
2. Apa pengertian gaya mengajar ?
3. Apa saja prinsip-prinsip variasi dan gaya mengajar ?
4. Bagaimana penggunaan variasi dan gaya mengajar?
C.
Tujuan Penulisan
Adapun beberapa tujuan penulisan
makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mengetahui pengertian variasi
mengajar dan gaya mengajar.
2. Untuk mengetahui prinsip-prinsip variasi
dan gaya mengajar.
3. Untuk mengetahui
penggunaan variasi dan gaya mengajar.
D. Metode
Pemecahan Masalah
Metode
pemecahan masalah yang dilakukan melalui studi literatur/metode kajian pustaka,
yaitu dengan menggunakan beberapa referensi buku atau dari referensi lainnya
yang merujuk pada permasalahan yang dibahas. Langkah-langkah pemecahan
masalahnya dimulai dengan menentukan
masalah yang akan dibahas dengan melakukan perumusan masalah, melakukan
langkah-langkah pengkajian masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perumusan
jawaban permasalahan dari berbagai sumber, dan penyintesisan serta
pengorganisasian jawaban permasalahan.
E. Sistematika Penulisan Makalah
Makalah
ini ditulis dalam tiga bagian, meliputi: Bab I, bagian pendahuluan yang terdiri
dari: latar belakang masalah, perumusan masalah, metode pemecahan masalah, dan
sistematika pnulisan makalah; Bab II, adalah pembahasan; Bab III, bagian
penutup yang terdiri dari simpulan dan saran-saran.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Variasi Mengajar
Variasi dapat di artikan sebagai
kegiatan yang bermacam-macam sebagai akibat perubahan dari keadaan sebelumnya.Menurut
Depdiknas 2003, variasi mempunyai beberapa makna yaitu: tindakan atau hasil peruahan
dari keaadaan semula, selingan,bentuk atau rupa yang lain dan perubahan turun menurun
yang di sebabkan oleh perubahan lingkungan.[1]
Kemudian mengajar memiliki pengertian dari
sudut pandang berbeda yaitu secara kuantitatif, kualitatif ,intitusional.
Secara kuantitatif, mengajar berarti the
transmission of knowledge , yaitu penukaran atau pemindahan pengetahuan.
Pengetahuan yang di kuasai guru di transfer kepeserta didik.secara kualitatif, mengajar
di artikan sebagai the fasilitation of
learning yaitu upaya membantu memudahkan kegiatan belajar peserta didik
.sedangkan secara instruksional mengajar di artikan the efficient orchestration of teaching skill,yaitu kemampuan mengajar
secara efisien.[2]
Jadi variasi mengajar dapat
di maknai sebagai bentuk perubahan atau inovasi yang diberikan oleh pendidik dalam
proses pembelajaran yang dapat di amati dari berbagai aspek yaitu: variasi dalam
gaya mengajar ,variasi dalam penggunaan materi pembelajaran dan variasi dalam interaksi
antara pendidik dan peserta didik.
B. Pengertian Gaya Mengajar
Gaya mengajar dapat di artikan sebagai dimensi atau kepribadian luas
yang mencakup posisi guru pola prilaku ,modus kerja ,dan sikap terhadap diri sendiri
dan orang lain ,Manen dalam Marzuki 1999;21 mengemukakan bahwa gaya mengajar adalah
ciri-ciri kebiasaan ,kesukaan yang penting hubunganya dengan peserta didik ,
baik materi,strategi, metode dan media belajaran, serta kurikulum yang digunakan
. Dalam mengajar,guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana
,bukan sembarangan dan dapat merugikan peserta didik[3]
C. Prinsip-prinsip Variasi dan Gaya Mengajar
Dalam proses belajar mengajar masalah kegiatan siswa adalah yang
menjadi focus perhatian .apapun kegiatan yang guru lakukan tidak lain adalah untuk
suatu upaya bagaimana lingkungan yang tercipta itu menyenangkan hati semua siswa
dan dapat menggairahkan belajar siswa .itu berarti tidak ada seorang guru pun
yang ingin agar siswanya tidak senang dan tidak menggairahkan dalam belajar,maka
akan menggangu kelancaran kegiatan pengajaran .
Beberapa prinsip penggunaan ini sangat penting untuk diperhatikan dan
betul-betul harus di hayati guna mendukung pelaksanaan tugas mengajar di
kelas.prinsip-prinsip penggunaan variasi mengajari itu adalah sebagai berikut:
1.
Dalam penggunaan keterampilan variasi penggunaan, selain itu juga harus
ada variasi penggunaan komponen untuk setiap jenis variasi. Semua itu untuk mencapai
tujuan belajar.
2.
Menggunakan variasi secara lancer dan berkesinambungan sehingga terbentuk
proses belajar mengajar yang utuh dan tidak rusak, perhatian anak didik dan
proses belajar tidak terganggu.
3.
Penggunaan komponen variasi harus benar-benar terstruktur dan di
rencanakan oleh guru ,karena itu memerlukan penggunaan yang,luwes spontan sesuai
dengan umpan balik yang di terima dari siswa[4]
D.
Prinsip Penggunaan Variasi dan Gaya Mengajar
Dalam proses belajar dan mengajar
masalah kegiatan siswa adalah yang menjadi focus perhatian apapun kegiatan yang di lakukan tidak lain adalah untuk suatu
upaya bagaimana lingkungan yang tercipta itu menyenangkan hati semua siswa dan dapat
menggairahkan belajarsiswa. Itu tidak berarti tidak ada seorang guru pun yang
ingin agar siswanya tidak senang dan tidak bergairah dalam belajar.
Agar kegiatan pengajaran dapat merangsang siswa aktif
dan kreatif belajar tentu saja di perlukan
lingkungan belajar yang kondusif.salah satu upaya kearah itu adalah dengan cara
memperhatikan beberapa prinsip penggunaan variasi dalam mengajar. Beberapa prinsip
penggunaan ini sangat penting untuk diperhatikan dan betul betul harus di
hayati guna mendukung pelaksanaan variasi mengajar itu adalah sebagai berikut:
1.
Dalam menggunakan keterampilan variasi sebaiknya semua jenis variasi
digunakan,selain juga harus ada variasi penggunaan komponen untuk setiap jenis variasi.
Semua itu untuk mencapai tujuan belajar.
2.
Menggunakan variasi secara lancar dan kesinambungan,sehingga moment
proses belajar mengajar yang utuh tidak rusak, perhatian anak didik dan proses
belajar tidak terganggu.
3.
Penggunaan komponen variasi harus benar-benar terstruktur dan di
rencanakan oleh guru.karena itu memerlukan penggunaan yang luwes spontan sesuai
dengan umpan balik yang di terima dari siswa.[5]
Dengan demikian
pembahasan mengenai prinsip-prinsip penggunaan variasi mengajar tinggal guru
saja yang harus menggunakannya secara secara tepat dengan sesuai dengan kondisi
lingkungan belajar mengajar yang tercipta untuk mencapai tujuan ,yaitu keberhasilan
belajar mengajar dari proses maupun produk.
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Variasi mengajar merupakan suatu kegiatan guru dalam konteks proses
interaksi belajar mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan murid,
sehingga dalam situasi belajar mengajar murid senantiasa menunjukkan ketekunan,
antusias, serta penuh partisipasi. Variasi mengajar adalah mengajar yang tidak
monoton bisa dari gaya mengajar, metode, media dan materi.
B. Saran
Demikian makalah ini kami susun,
semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Dalam penulisan ini kami
sadari masih banyak kekurangan, saran dan kritik yang membangun sangat kami
harapkan untuk menyempurnakan makalah kami ini.
DAFTAR PUSTAKA
Suprihatiningrum,Jamil.
2013.Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Djamarah,
Syaiful Bachri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Mustakim,
Zaenal. 2018. Strategi dan Metode
Pembelajaran. Pekalongan: IAIN
Pekalongan Press.
Djamarah,
Syaiful Bachri. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:
PT Rineka Cipta.
LAMPIRAN
FOTO REFERENSI
BIODATA
Nama : M Adib Karomi Faza
Jurusan : Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah
Tempat, Tanggal
Lahir: Pekalongan, 16 November 1998
Alamat :Rowokembu kaum rt3 rw2 Wonopringgo
Kab.Pekalongan
Riwayat Pendidikan :
1.
RA Rowokembu
Kaum Wonopringgo
2.
MI YMI 03
Wonopringgo
3.
SMP N 01
Wonopringgo
4.
SMA Takhassus
Al-Qur’an Wonosobo
[1] Zaenal Mustakim, strategi dan
metode pembelajaran (Edisirevisi),Cet V (pekalongan:IAIN Pekalongan Press , 2017), hlm.224
[2] Jamil Suprihatiningrum
,strategi pembelajaran:teori dan aplikasi,
Cet. 1 (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2013),
hlm.60
[3]Syaiful Bahri Djamarah,
strategi belajar mengajar,Cet V
(Jakarta:PT Rineka Cipta,2013), hlm 53
[5] Syaiful Bahri Djamarah,
strategi belajar mengajar, Cet V
(Jakarta:PT Rineka Cipta,2013), hlm166
Tidak ada komentar:
Posting Komentar