METODE PENDIDIKAN UNIVERSAL
"METODE PERSUASIF"
Nur Kholish
NIM. (2117317)
Kelas
: L
JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
PEKALONGAN
2018
KATA
PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah Swt. Yang senantiasa telah melimpahkan rahmat taufiq dan hidayahnya dan juga nikmat
yg tiada tara kepada kepada kita sehingga kita dapat melakukan aktivitas tanpa
ada suatu halangan apapun . sholawat nabi smoga tetap tercurahkan kepada
junjungan kita nabi besar Muhamad saw,
beliaulah adalah sang pembawa risalah petunjuk keselamatan ,yg kita
nantikan syafaatnya besok di hari kiamat .
1. Dan
sungguh berkat limapahan rahmatnya alhmdulilah kami telah menyelesaikan Makalah
ini,penyusunan makalah ini dapat terselesaikan ,tidak lain kerena bantuan dari
beberapa pihak, oleh karenya kami mengucapkan banyak terima kasih.
kami buat makalah ini guna memenuhi tugas
makul tafsir tarbawi,dan tentunya makalah jauh dari kata sempurna ,oleh karena
itu jangan sungkan sungkan mohon kritik dan saranya.
Dan
semoga makalah ini bermanfaat bagi anda para pembaca,,bisa menjadi tambahan
ilmu yg bermanfaat baik di dunia maupun akhirat. Demikian kami ucapkan banyak
terima kasih.
DAFTAR
ISI
Halaman
sampul………………………………………………………………………………..I
Kata
pengantar………………………………………………………………………………….II
Daftar
isi………………………………………………………………………………………..III
BAB I PENDAHULUAN
A.Latar
belakang masalah………………………………………………………………………..
B.Rumusan
masalah………………………………………………………………………
BAB II PEMBAHASAN
1.
Metode persuasife
2.
Dalil- Dalil Metode Persuasif
3.
Implementasi metode persuasife dalam pendi
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan………………………………………………………………………………….
B.Daftar pustaka……………………………………………………………………………….
BAB
I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
MASALAH
Agama islam adalah agama yg lemah
lembut tidak mengenal kekerasan, oleh karenanya Nabi Muhamad Saw. sang pembawa
risalah kebenaran ,mendakwahkan islam dengan kelembutan Akhlaq mulianya
sehingga membuat umatnya tertarik untuk memeliknya.karena letat kekuatan islam
bukan pada kekerasan tetapi terletak pada kelembuatanya. Cara dakwah yg di
ajarkan Nabi Muhamad saw adalah dengan
keramahan yg masuk akal. Dari sebab itu kamu akan membahas tentang metode
pendekatan dalam menyampaikan dakwah /ilmu kepada umat. Disini kami akan membahas
tentang pendekatan metode persuasive, yg mana metode ini adalah pendekatan
untuk mempengaruhi objek di dalam menyampaikan ajakan .dan di kaitkan dengan
pendidikan ,yang mana setiap pendidik harus bisa mengajak,mempengaruhi anak
didiknya untuk menuju kepada hal hal yang baik dan mulia.
B.
RUMUSAN MASALAH
A. Apa
pengertian Metode persuasif…?
B. Dalil
metode persuasf dalam Al quran.
C. Implementasi
Metode persuasif dalam pendidikan.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Metode
persuasif
Secara
etomologi, metode dalam bahasa arab di kenal dengan istilah “ طريقة yang berarti langkah langkah strategis yang di persiapkan
untuk melakukan sesuatu. Bila di hubungkan dengan pendidikan maka metode itu
harus di wujudkan dalam proses pendidikan ,dalam rangka mengembangkan sikap mental dan kepribadian agar peserta
didik dapat menerima pelajaran dengan mudah ,efektif dan dapat di cerna dengan
baik.
Secara
terminologi menurut sebagian ahli:
*hasan
langgulung : metode adalah cara/jalan yg harus di lalui untuk mencapai tujuan
pendidikan.
*abdul
al arhaman ghunaimah: metode adalah cara yg praktis dalam mencapai tujuan.
*ahmad
tafsir: metode adalah cara yg paling tepat dan cepat dalam mengajar pelajaran.
Persuasif
dalam Kamus ilmiah di artikan sebagai sesuatu yang meyakinkan ,bujukan,rayuan,dalam
bentuk karangan yang menguraikan suatu masalah atau keadaan yang di buktikan
dengan data data dan fakta fakta yang bertujuan mrmbujuk /mengajak atau
mempengaruhi sehingga mau mengikuti atau melakukan sebagaimana yang di harapkan
pendidik.
Adapun
yang di namakan Metode persuasif adalah meyakinkan peserta didik tentang suatu
ajaran dengan kekuatan akal.Metode ini dalam bahasa arab di kenal dgn istilah
metode
persuasif.Di
dalam metode persuasive ini hampir sama dengan penerapan ilmu dan pemikiran
moederen. Yg semua berdasarkan ilmu logika dan akal.
Hubunganya dengan pendidikan islam adalah
bagaimana seorang pendidik mampu menanamkan metode persuasi ini untuk mengajak
peserta didiknya mampu menggunakan akal dan pikiran untuk membedakan antara hak
dan batil.
Di
dalam metode persuasi ini berdasarkan atas pandangan bahwa manusia adalah
makhluk yang berakal , Al quran sarat dengan contoh yang menunjukan penghargaan
islam terhadap akal,serta memerintahkan manusia untuk menggunakan akal dalam
membedakan antara yang benar dan yang salah serta antara yang beik dan buruk.
Seruan Allah dan rosulnya agar menyeru manusia dengan cara bijaksana memberi
pengajaran adan argumentasi secara baik.menunjukan kepentingan metode ini.
B.Dalil
Metode persuasif dalam Al-quran.
Suroh
Ali imron ; 3 ayat 133
وَسَارِعُوْااِلى‘ مَغفرة من ربكم وجنة
عرضهاالسموات والارض
“Bersegeralah melakukan amal yang dapat menyampaikan kepada
ampunan Tuhan atas dosa dosa kalian ,yang dapat ,memasukan kalian ke surge yang
luasnya seluas langit dan bumi yang di
sediakan bagi orang orang yang bertakwa,
melaksanakan perintah perintahNya dan menjauhi larangan laranganya.untuk
itu beramal baiklah dan bertaubatlah dari perbuatan dosa, seperti melakukan
riba dan sebagainya dan bersedekahlah kepada orang yang sengsara yang
membutuhkan pertolongan.
Di riwayatkan bahwa Hercules , raja Romawi
mengirim utusan kepada Nabi saw.dengan membawa sepucuk surat dari beliau yang
di dalamnya tertera,”Engkau melelui surat mengajak kami ke surga yang luasnya
bagai langit dan bumi,lalu di mana neraka? Maka Rosululloh
bersabda:’’Subhanallah (Maha suci Allah),di manakah malam hari bila siang hari
dating?”(maksud beliau ,bahwa cakrawala berputar,maka tejadilah siang hari pada
salah satu
sisi
alam, sedang malam hari terjadi pada sisi lainya yang berhadapan.Demikian pula
masalah tadi,yaitu surge berada di sebelah atas dan neraka berada di bawah).
Abu
muslim berkata ,:”Sesungguhnya yang di maksud dengan kata al ardu’’ di sini
adalah harga yang di ajukan untuk suatu barang jualan. Artinya harga surga
tersebut seandainya di jual sama dengan harga langit dan bumi.
Maksudnya,keagungan dan kadar fungsinya yang besar lagi agung,sehingga tidak
ada suatu apapun yang menyemainya ,betapa pun agungnya ia,
اعدت للمتقين
Yang di sediakan untuk orang orang yang bertakwa
,Dalam ayat ini terdapat bukti yang menunjukan bahwa surge itu,ssekarang telah
di ciptakan dan tempatnya telah diciptakan dan tempatnya berada di luar jagad
ini,sebab ayat telah membuktikan bahwa surga lebih besar di banding jagad
raya,sehingga tidak mungkin adanya surga berada di sekitar jaga ini.
Allah berfirman
dalam suroh An-nahl:125[1]
ادع الى سبيل ربك
بالحكمة والموعظة الحسنة وجادلهم بالتى هى احسن'' ان ربك هو اعلم بمن ضل عن سبيله
وهو اعلم با لمهتدين
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah
dan pengajaran yang baik,dan berdebatlah dengan mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu,
Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalanya , dan Dialah yang
lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.
Demikian pula penegasan Allah untuk tidak menggunakan
pemaksaan dalam menyeru manusia dalam agama. Sebagaimana firmanya dalam surat
Al baqoroh ayat 256:
لا
ا كراه فى الدين ،قد تبين الرشد من الغي "فمن يكفر با لطاغوت ويؤمن بالله فقد
الستمسك بالعروة الوثقى لا انفصام لها
والله
سميع عليم 0
Tidak
ada paksaan dalam (menganut) agama (islam),sesungguhnya telah jelas (perbedaan)
antara jalan yang sesat .Barang siapa ingkar kepada Toghut dan iman kepada
Allah,maka sungguh ,dia telah berpegang(teguh)pada tali yang sangat kuat yang
tidak akan putus, Allah Maha Mendengar ,Maha Mengetahui.
Dari beberapa ayat Al quran
di atas bisa di ammbil pembelajan, bahwa hati manusia akan condong kepada orang
yang bersikap lemah lembut kepadanya.Oleh karena itulah ,di antara kewajiban
Da’i atau mubaligh ataupun pendidik adalah memilih kalimat yang lembut dan
tidak kasar , agar dakwah sampai kepada manusia, jangan sampai manusia lari
dari agama , padahal dakwah belum sampai kepada mereka. Seorang Da’I ataupun
pendidik bertugas mengajak kepada ketaatan,padahal kebanyakan hawa nafsu
manusia tidak menghendakinya.dia juga berkewajiban memperingatkan dari
kemaksiatan , padahal jebanyakan hawa nafsu manusia menyukainya.maka jika
seorang dai berdakwah dgn kasar ,merupakan perkara yang wajar banyak manusia
yang akan menjauh dari dakwahnya.
Oleh
karenanya ,banyak bimbingan dari Allah dan Rosulnya agar dai bersikap lemah
lembut ketika berdakwah,sehingga dakwa kan sampai kepada mad”u (objek
dakwah)dengan baik.
Namun
demikian,bukan berarti seorang da’i selalu bersikap lemah lembut dalam segala
keadaan, bahkan dalam keadaan keadaan tertentu seorang Dai harus bersikap
tegas dan keras,sikap lemah lembut dan
keras di letakan pada tempatnya masing masing. Dan itulah hikmah yang perlu di
pahami dan dilakukan saat berdakwah.[2]
C.implementasi
metode persuasife dalam pendidikan
a.
Implentasi merupakan suatu proses ,suatu aktivitas yang di gunakan untuk
mentransfer ide ,gagasan,progam,atau
harapan harapan yang di tuangkan dalam bentuk kurkulum desain (tertulis) agar di laksanakan sesuai dgn
desain tersebut yang kemudian menjadi ebuah kebijakan.
b.
Pendekatan persuasif adalah proses perbuatan atau cara mendekati (KBBI 1995) Di
katakan pula bahwa pendekatan merupakan sikap atau pandangan tentang sesuatu
,yang biasanya berupa asumsi atau seperangkat asumsi yang saling berkaitan,
sedangkan istilah persuasive bersumber dari perkataan latin, persuasion ,yg
kata kerjanya adalah persuader,yang berarti membujuk ,mengajak, atau merayu.
c.pendekatan
belajar menurut para ahli,
Dari berbagai karakter peserta didik,untuk
mempermudah dan memahami perlu di ketahui tentang beberapa pendekatan,di antara
tentang beberapa pendekatan ,di antara pendekatan pendejatanbelajar yg di
pandang refrensif yakni bisa ,mewakili yang kalsik atau modern yaitu :
1) Pendekatan
Hukum jost
2) Pendekatan
ballar dan Clanchy
3) Pendekatan
Biggs
1.Pendekatan
Hukum jost
Menurut Rebert (1988) salah satu asumsi
penting yang mendasari hokum jost (jost law) adalah siswa yang lebih sering
mempraktikan materi pelajaran akan lebih mudah memanggil kembali memori lama
yang berhubungan dengan materi yang sedang ia tekuni, Selanjutnya , berdasarkan
asumsi hokum jost itu maka dengan kiat 5 x 3 adalah lebih baik dari pada 3 x 5
walaupun hasil perkalian kedua kiat tersebut sama.
2.Pendekatan
Ballard dan Clandy
Menurut Ballard & Clandy (1990)
,pendekatan belajar siswa pada umumnya di pengaruhi oleh sikap terhadap ilmu
pengetahuan (attitude ti know ledge). Ada dua macam siswa dalam menyikapi ilmu
pengetahuan yaitu sikap melestarikan sikap yang sudah (conserving) ,sikap
memperluas (extending) yang bertujuan
untuk menyerap pengetahuan melainkan juga mengembangkanya.
3.
Pendekatan Biggs.
Menurut hasil penelitian Biggs
(1991),pendekatan belajar siswa dapat di kelompokan ke dalam tiga
prototype(bentuk dasar).
`1.Pendekatan
Surface (permukaan/bersifat lahiriah)
2.pendekatan deep (mendalam)
3.Pendekatan achieving (pencapaian prestasi
tinggi)
Jhon Biggs,seorang professor kognitif
(cognitivist)yang sejak 1987 mengepalai jurusan pendidikan universitas hongkong
itu menyimpulkan bahwa prototype-protitipe Pendekatan belajar tadi pada umumnya
di gunakan pada siswa berdasarkan motifnya, bukan karena sikapnya terhadap
pengetahuan . Namun ,agaknya patut di duga bahwa antara motif siswa dengan
terhadap pengetahuan ada keterkaitan.[3]
PENUTUPAN
Demikian
makalah kami buat, tentunya makalah ini
jauh dari kata sempurna,, masih banyak kekurangan yang harus di perbaiki,
masukan masukan kritikan kami selalu menunggu dari pembaca untuk perbaikan
makalah ini. Karena kami memang masih dalam tahap belajar, dan semoga makalah ini
bisa memberi wawasan kepada pembaca, terutama bagi para pendidik agar dalam
mengajar anak didiknya berhasil, itulah harapan kami,dan semoga makalah ini
bermanfaat bermanfaat baik di dunia
maupun akhirat. Amiiin.
A. KESIMPULAN
Metode
metode yang telah di kemukakan di atas hanya merupakan contoh contoh dari
sekian banyak metode yang dapat di gunakan dalam pendidikan islam.Seorang
pendidik
Harus
pandai membaca situasi dan kondisi
peserta didik,agar dalam penggunaan metode sesuai dengan apa yang akan di
capai.
Metode persuasive memang termasuk metode yang layak
untuk di pakai dalam dunia pendidikan. Agar peserta didik tidak menelan mentah
mentah begitu saja materi yang di sampaikan tanpa mempertimbangkan secara akal.
Demikian
penjelasan singkat yang dapat penulis sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf
yang sebesar besarnya.
Daftar Pustaka
Al
maraghi ahmad mustofa,1986/ Tafsir- Al maraghi,’’Semarang,PT karya toha putra
Powerd by blogger.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar