STRATEGI PEMBELAJARAN
“CIRI-CIRI STRATEGI PEMBELAJARAN”
Siti Marlina
2023116092
KELAS B
JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
PEKALONGAN
2017
KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
Puji syukur penulis panjatkan atas keridhoaan Allah swt yang telah
memberikan beribu-ribu kenikmatan, taufik, hidayah serta inayah-Nya sehingga
penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “STRATEGI PEMBELAJARAN Ciri –ciri Strategi Pembelajaran Yang kedua sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan
kita Nabi Agung Muhammad saw beserta keluarga, sahabat dan semua umatnya hingga
akhir zaman.
Dalam penulisan dan penyusunan makalah ini, penulis telah banyak mendapat
dan menerima bimbingan, pengarahan, dan bantuan dari yang terhormat bapak
Muhammad Hufron, M.S.I selaku dosen pengampu mata kuliah Strategi Belajar
Mengajar. Untuk itu penulis menghaturkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada beliau dan semua pihak yang telah membantu dalam
penyelesaian makalah ini. Semoga kebaikan dan
bantuan yang telah diberikan mendapat balasan dari Allah SWT dan mudah-mudahan
makalah ini dapat memberikan makna dan manfaat bagi pembaca. Penulis telah
berusaha menyelesaian makalah ini dengan baik. Apabila ditemui kesalahan oleh
pembaca, penulis menerima kritik dan saran.
Wassalamu’alaikum, Wr. Wb.
Pekalongan,
Oktober 2017
Penulis
SITI MARLINA
NIM.2023116092
BAB I
PENDAHULUAN
A. Tema
Strategi pembelajaran
B. Sub Tema
Ciri-ciri Strategi Pembelaran
C. Mengapa penting untuk dikaji?
Tugas pengawas satuan pendidikan tidak
hanya melakukan supervisi managerial kepala sekolah,namun juga membina guru
melalui supervise akademik. Dalam pembinaan guru tertentu harus mengacu pada kompetensi
guru,terutama kompetensi professional berkaitan dengan proses pembelajaran.
Sejalan dengan perkembangan teknologi serta teori –teori pembelajaran ,maka
guru pun dituntut mampu menguasai dan memilih strategi pembelajaran yang
tepat,sehingga menjadikan siswa aktif,kreatif,dan belajar dalam suasana senanmg
serta efektif.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Strategi
Pembelajaran
Strategi
pembelajaran merupakan cara pengorganisasian isi pelajaran,penyampaian
pelajaran,dan pengelolaan kegiatan belajar dengan menggunakan berbagai sumber
belajar yang dapat dilakukan guru untuk mendukung terciptanya efektivitas dan
efisiensi proses pembelajaran.dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa yang
dimaksud dengan strategi pembelajaran adalah cara pandang ,pola berpikir dan
arah berbuat yang diambil guru dalam memilih metode pembelajaran yang
memungkinkan efektif pembelajaran.[1]
B. Ciri-ciri Strategi pembelajaran
Kegiatan
belajar mengajar sebagai suatu proses pengaturan memiliki, ciri-ciri sebagai
berikut:
1.
Belajar mengajar memiliki tujuan,yakni untuk membentuk
peserta didik dalam suatu perkembangan tertentu.dengan demikian,dalam belajar
mengajar menempatkan peserta didik sebagai pusat perhatian.peserta didik
menjadi unsure yang utama ,sedangkan unsur yang lain sebagai pengantar dan
pendukung.
2.
Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan satu
penggarapan materi yang khusus.dalam hal ini materi harus didesain sedemikian
rupa,sehingga cocok untuk mencapai tujuan. Sudah barang tentu,hal ini perlu
memperhatikan komponen-komponen yang lain.materi harus sudah didesain dan
disiapkan sebelum berlangsungnya kegiatan belajar mengajar.[2]
3.
Dalam belajar mengajar terdapat suatu strategi yang
direncanakan,dan didesain untuk mencapai tujuan secara optimal ,maka dalam
melakukan interaksi perlu adanya prosedur atau langkah-langkah yang sistematik
dan relevan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu mungkin akan
membutuhkan prosedur dan desain yang berbeda pula.[3]
4.
Belajar
mengajar ditandai dengan aktivitas peserta didik. Aktivitas peserta didik dalam
hal ini ,baik secara fisik maupun secara mental aktif. Inilah yang sesuai
dengan konsep cara belajar siswa aktif (CBSA). Jadi tidak ada gunanya melakukan
kegiatan belajar mengajar,jika peserta didik nya pasif;sebab peserta didiklah
yang belajar,maka merekalah yang harus melakukannya.
5.
Dalam kegiatan belajar mengajar,guru berperan sebagai
pembimbing. Dalam perannya sebagai pembimbing,guru harus berusaha menghidupkan
dan memberikan motivasi,agar terjadi proses interaksi yang kondusif. Guru harus
siap sebagai moderator dalam kegiatan dalam segala situasi proses belajar
mengajar.[4]
6.
Dalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan
disiplin.disiplin dalam kegiatan belajar mengajar diartikan sebagai suatu pola
tingkah laku yang diatur sedemikian rupa menurut ketentuan yang sudah ditaati
oleh guru dan peserta didik dengan sadar.mekanisme konkret dari ketaatan pada ketentuan
atau tata tertib yang berlaku akan terlihat dari pelaksanaan pembelajaran.
7.
Dalam kegiatan belajar-mengajar ada batas waktu.untuk
mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam sistem kelas,batas waktu menjadi
salah satu ciri yang tidak bisa ditinggalkan. Setiap tujuan akan diberi waktu
tertentu,kapan tujuan itu harus sudah dicapai.
8.
Dalam kegiatan belajar mengajar ada evaluasi. Dari
seluruh kegiatan belajar mengajr,evaluasi menjadi bagian penting yang tidak
bisa diabaikan. Guru harus melakukan evaluasi untuk mengetahui tercapai
tidaknya tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. [5]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
strategi pembelajaran adalah cara pandang
,pola berpikir dan arah berbuat yang diambil guru dalam memilih metode
pembelajaran yang memungkinkan efektif pembelajaran.
Ciri-ciri dari strategi pembelajaran adalah sebagai
berikut:
1.
Belajar mengajar memiliki tujuan.
2.
Kegiatan belajar mengajar ditandai dengan satu
penggarapan materi yang khusus.
3.
Dalam belajar mengajar terdapat suatu strategi yang
direncanakan,dan didesain untuk mencapai tujuan secara optimal
4.
Belajar mengajar ditandai dengan aktivitas peserta
didik
5.
guru berperan sebagai pembimbing.
6.
Dalam kegiatan belajar mengajar membutuhkan disiplin
7.
Dalam kegiatan belajar-mengajar ada batas waktu
8.
Dalam kegiatan belajar mengajar ada evaluasi
B.
Saran
Saya menyadari bahwa dalam
penulisan makalah ini masih banyak terdapat
kekurangan. Oleh karena itu,saya mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca terutama pada
Dosen mata kuliah ini,agar dalam pembuatan makalah selanjutnya menjadi lebih
baik. Atas kritik dan sarannya,saya ucapkan terima kasih.
DAFTAR
PUSTAKA
Darmansyah.2014. Strategi Pembelajaran
menyenangkan dengan humor.Yogyakarta:AR-RUZZ.
Hamzah, Nurudin. 2011. Belajar dengan
Pendekatan Pailkem. Jakarta: Bumi Aksara
Mustakim, Zaenal. Strategi dan Metode Pembelajaran, Pekalongan:
IAIN Pekalongan Pers.
Suyadi.2013.Strategi Pembelajaran Pendidikan
Karakter.Bandung:PT Remaja Rosdakarya.
Suryani ,Nunuk.2012.Strategi belajar mengajar.Yogyakarta:Penerbit
OMBAK
PROFIL PENULIS
A. BIODATA
PRIBADI
Nama Lengkap :Siti
Marlina
Tempat,Tanggal Lahir :Pekalongan,8
Mei 1997
Jenis Kelamin :Perempuan
Agama :Islam
Alamat :karangdowo Gentongan RT.06/RW.03 Kedungwuni Pekalongan
No HP :085712942949
Email :Marlinehidayatku67@gmail.com
B. RIWAYAT
PENDIDIKAN
TK :TK RA
Muslimat NU karangdowo
SD/MI :MI WS
Karangdowo 02
SMP/MTS :SMP Negeri 1 Wonopringgo
SMA/SMK/MA :SMK Muhammadiyah
Karanganyar
Perguruan Tinggi ;IAIN Pekalongan
(semester 3)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar