STRATEGI PEMBELAJARAN
"HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN"
Ella Nur Aini
NIM. (2317106)
Kelas D
JURUSAN
PGMI
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
|
KATA
PENGANTAR
Alhamdullilah
puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga
makalah yang berjudul “Hakikat Strategi Pembelajaran” ini dapat
diselesaikan. Sholawat dan salam senantiasa kami tercurah kepada sebaik-baik
manusia, Nabi Muhammad SAW, keluarganya, dan sahabatnya.
Makalah
ini menjelaskan tentang Hakikat Strategi Pembelajaran, Penulisan makalah berdasarkan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah yang
digunakan di IAIN Pekalongan. Di samping itu, makalah ini juga menjelaskan
bagaimana penerapan metode menulis
makalah yang melibatkan pembangunan kecerdasan emosional spiritual (ESQ) penulisnya.
Dengan demikian, materi makalah ini diharapkan dapat membantu
pembangunan karakter mahasiswa melalui proses menulis makalah yang baik dan
benar.
Makalah
ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu,
penulis dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca
guna penyempurnaan penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini menambah
khasanah keilmuan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Amin yaa robbal ‘alamin.
Pekalongan,
Oktober 2018
Penulis
DAFTAR ISI
Kata Pengantar .............................................................................................. 2
Daftar Isi........................................................................................................ 3
BAB I
PENDAHULUAN....................................................................... 4
A. Latar Belakang Masalah......................................................... 4
B. Rumusan Masalah................................................................... 4
C. Tujuan Masalah....................................................................... 4
D. Metode Pemecahan Masalah.................................................. 5
E. Sistematika
Penulisan............................................................. 5
BAB II
PEMBAHASAN.......................................................................... 5
A. Pengertian Strategi Pembelajaran........................................... 6
B. Dasar-Dasar Strategi Pembelajaran......................................... 8
C. Jenis Atau Klasifikasi Strategi Pembelajaran.......................... 9
BAB III PENUTUP.................................................................................. 11
A. Kesimpulan........................................................................... 11
B. Saran..................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 12
BIODATA
……………………………………………………………………………………………………… 14
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Guru
adalah orang yang menyampaikan informasi kepada anak didik dan mentransfer ilmu
pengetahuan kepada peserta didik untuk dapat tercapainya informasi dan tujuan
pendidikan tersebut. Maka seorang guru harus dapat mengetahui dan memahami
bagaimana ilmu pengetahuan itu dipahami dan diterima oleh peserta didik. Oleh
karena itu, guru harus dapat mengetahui strategi pembelajaran, dengan
penguasaan strategi pembelajaran diharapkan pesan yang disampaikan ke peserta
didik dapat sampai sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Strategi
pembelajaran merupakan rencana tindakan, dimana didalamnya terdapat
metode-metode yang akan dilaksanakan sesuai situasi dan kondisi sekolah maupun
peserta didiknya. Strategi pembelajaran adalah cara yang akan digunakan oleh
guru dalam kegiatan belajar mengajar sepanjang proses pembelajaran. Pemilihan
tersebut dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi, sumber belajar, kebutuhan
dan karakteristik dari masing-masing murid yang dihadapi, agar bisa tercapainya
tujuan pembelajaran.
B. Rumusan
Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut perlu
kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan untuk terfokusnya kajian makalah
ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut:
1. Apa
yang dimaksud strategi pembelajaran?
2. Apa
saja dasar-dasar dalam strategi pembelajaran?
3. Apa
saja jenis atau klasifikasi strategi pembelajaran?
C. Tujuan
Masalah
1. Untuk
mengetahui pengertian strategi pembelajaran.
2. Untuk
mengetahui dasar-dasar strategi pembelajaran.
3. Untuk
mengetahui klasifikasi strategi pembelajaran.
D. Metode
Pemecahan Masalah
Metode
yang digunakan dalam pemecahan masalahnya adalah studi pustaka atau tinjauan
pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa buku-buku dan referensi yg lain
seperti jurnal sesuai dengan pernasalahan yang sedang dipecahkan melalui
rumusan masalah yang telah ditentukan.
E. Sistematika
Penulisan
Makalah ini disusun atas tiga bagian yang
meliputi Bab I Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah,
tujuan penulisan, metode pemecahan masalah, dan sistematika penulisan. Kemudian
Bab II Pembahasan yang terdiri dari pengertian strategi pembelajaran,
dasar-dasar strategi pembelajaran, jenis-jenis strategi pembelajaran. Dan Bab
III Penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Strategi Pembelajaran
Kata
“Strategi” berasal dari bahasa Yunani artinya “Jendral” atau “Panglima”, sehingga strategi diartikan sebagai ilmu
kejendralan atau ilmu kepanglimaan. Istilah strategi awalnya dipakai didunia
militer dimana artinya cara yang digunakan seluruh kekuatan militer untuk
memenangkan sebuah peperangan. Seseorang yang pandai dalam mengatur strategi
tentu akan melakukan suatau tindakan dan perencanaan yang sangat matang, ia
akan menimbang bagaimana kekuatan pasukan yang dimilikinya baik dari segi
kualitas dan kuantitasnya., bagaimana kelengkapan peralatan perangnya,
bagaimana juga kondisi pasukan musuh, apa saja kelebihan yang dimiliki musuh,
serta apa saja kelemahan musuh yang bisa menjadi peluang pasukannya memukul
mundur sehingga mendapatkan kememenangan. Setelah semua informasi berhasil
diidentifkasi, maka barulah kita bisa menyusun tindakan apa yang harus
dilakukan, baik tentang siasat peperangan, teknik dan taktik apa yang harus
dijalankan, maupun waktu yang pas saat melakukan serangan. [1]
Dari
illustrasi tersebut, kita dapat menganbil sebuah kesimpulan bahwa orientasi
dari pilihan, disusun, dan digunakannya strategi adalah untuk mencapai
kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari
dunia militer kemudian kata strategi digunakan dalam dunia pendidikan. Berikut
pendapat ahli pendidikan terkait strategi pembelajaran :
1. J.R
David (1976) dalam Gulo mengartikan strategi pembelaran sebagai a plan, method, or series of activities
designed to achieves a particular education goal. Maksudnya adalah strategi
pembelajaran merupakan perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang
didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2. Dick
and Carey (1985) dalam sanjaya (2007) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran
adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara
bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar dari peserta didik.
3. Kemp
(1995) dalam Majid (2013) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu
kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan pendidik dan peserta didik agar
tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
4. Gerlach
dan Ely dalam Majid (2013) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah
cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan
pembelajaran tertentu.
5. Gulo
(2002) menjelaskan strategi sekaligus perbedaannya dengan metode. Adapun
strategi dapat diartikan “a plan of
operation achieving something” rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu,
sedangkan metode adalah “a way in
achieving something”, cara untuk mencapai sesuatu.
Dari
pengertian diatas, ada dua hal yang patut kita cermati, yakni : pertama,
strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk
penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam
pembelajaran. Ini berarti penyusunan suatu strategi baru sampai pada tindakan.
Kedua, strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya, arah dari
semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan. Dengan demikian
penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan
sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran.
Oleh karena itu, sebelum menentukan strategi perlu dirumuskan tujuan yang jelas
yang dapat diukur keberhasilannya, sebab tujuan adalah ruh dari implementasi
suatu strategi.[2]
Dari
beberapa pengertian para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa strategi
pembelajaran adalah langkah-langkah yang ditempuh guru untuk memanfaatkan
sumber belajar yang ada, guna mencapai tujuan pembelajaran secara aktif dan
efisien.[3]
B.
Dasar
- Dasar Strategi Pembelajaran
Ada
empat strategi dasar dalam pembelajaran yang meliputi hal hal berikut:
1. Mengidentifikasi
serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan
kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
2. Memilih
sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup
masyarakat.
3. Memilih
dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap
paling tepat dan efektif sehingga dapat
dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
4. Menetapkan
norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau criteria serta standar
keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman guru dalam melakukan evaluasi
hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik
untuk penyempurnaan system instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.[4]
C.
Jenis
Atau Klasifikasi Strategi Pembelajaran
Ada
beberapa strategi dalam pembelajaran yaitu strategi pembelajaran ekspositori,
strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran kontekstual dan masih
banyak strategi pembelajaran lainnya. Strategi ini dipilih karena sering
digunakan oleh guru.
1.
Strategi
pembelajaran ekspositori
Karakteristik strategi
ekspositori sebagai berikut :
a) Strategi
ekpositori dilakukan dengan cara menyampaikan materi pelajaran secara verbal.
b) Biasanya
materi yang disampaikan adalah materi pelajaran yang sudah jadi, seperti data
atau fakta, konsep-konsep tertentu yang harus dihafal sehingga tidak menuntut
siswa untuk berpikir ulang.
c) Tujuan
utama proses pembelajaran adalah penguasaan materi pelajaran itu sendiri.[5]
2. Strategi
pembelajaran inkuiri
Ciri utama strategi ini adalah :
a) Strategi
ini menekankan pada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan
menemukan.
b) Seluruh
aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban
sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan, sehingga dapat menumbuhkan sikap
percaya diri.
c) Tujuan
dari strategi ini adalah mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis,
logis, dan kritis, serta mengembangkan sikap kemampuan intelektual sebagai
bagian dari proses mental.[6]
3. Strategi
pembelajaran kontekstual
Tiga hal yang harus
dipahami strategi ini yakni :
a) Strategi
ini menekankan pada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi, artinya
proses belajar diorientasikan pada proses pengalaman secara langsung.
b) Strategi
kontekstual mendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang
dipelajari dengan keadaan nyata.
c) Strategi
kontekstual mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata.[7]
4. Strategi
pembelajaran tidak langsung
5. Strategi
pembelajaran interaktif
6. Strategi
pembelajaran empirik
7. Strategi
pembelajaran mandiri
8. Strategi
pembelajaran berbasis masalah
9. Strategi
pembelajaran kooperatif
10. Strategi
pembelajaran aktif[8]
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Strategi
pembelajaran adalah langkah-langkah yang ditempuh guru untuk memanfaatkan
sumber belajar yang ada, guna mencapai tujuan pembelajaran secara aktif dan
efisien. Adapula dasar-dasar dalam pembelajaran yakni mengidentifikasi serta
menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku anak, memilih
sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup
masyarakat dan seterusnya. Terdapat pula jenis jenis strategi pembelajaran seperti
strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri, kontekstual dan masih banyak lagi.
B.
Saran
Dengan
demikian makalah yang kami sampaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi
penulis maupun pembaca. Makalah ini mungkin tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan.
Oleh karena itu, kami dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif
dari pembaca guna peyempurnaan penulisan makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Lestari Ika. 2013. Pengembangan
Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Mustakim Zaenal. 2018. Strategi Dan Metode Pembelajaran.
Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.
Prasetya Joko Tri dan Abu Ahmadi.
2005. Strategi Belajar Mengajar.
Bandung: CV PUSTAKA SETIA.
Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan. Jakarta: Perdana Media Group.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter.
Bandung: PT REMAJA ROSDAKARMA.
Rusmono.
2012. Strategi Pembelajaran dengan
Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru.
Bogor: Ghalia Indonesia.
Zain Aswan dan Syaiful Bahri
Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Biodata
Nama :
Ella Nur Aini
Tempat, Tanggal Lahir :
Pekalongan, 28 Juni 1999
Alamat :
Ds. Kalipancur, Bojong Kab. Pekalongan
Nama Orang Tua :
Achmad Fatoni (Bapak)
Tarkupi (ibu)
Tarkupi (ibu)
Latar Pendidikan :1.
TK TUNAS Bangsa
2. SD N 01 KALIPANCUR
3. SMP 3 BOJONG
4. SMK GONDANG WONOPRINGGO
5. IAIN PEKALONGAN
[1]
Zaenal Mustakim, Strategi Dan Metode Pembelajaran, (Pekalongan: IAIN Pekalongan
Press, 2018), hlm 92.
[2]
Rusmono, Strategi Pembelajaran dengan Problem
Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru, (Bogor:
Ghalia Indonesia, 2012), hlm.22.
[3]
Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan
Karakter, (Bandung: PT REMAJA ROSDAKARMA, 2013), hlm.14.
[4]Syaiful
Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi
Belajar Mengajar, (Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2002), hlm 5.
[5]
Ika Lestari, Pengembangan Bahan Ajar
Berbasis Kompetensi, (Padang: Akademia Permata, 2013),hlm.44-45.
[6]
Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran
Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Perdana Media Group,
2006), hlm 193.
[7]
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya, Strategi
Belajar Mengajar,(Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 2005), hlm.118.
[8]
Zaenal Mustakim, Strategi Dan Metode
Pembelajaran, (Pekalongan: IAIN Pekalongan Press, 2018), hlm 96.
shampoo for greasy hair and dry ends
BalasHapusbest natural shampoo for oily hair
best drugstore shampoo for oily hair
shampoo for oily scalp and hair loss
best shampoo for oily hair and dandruff