ALAT DAN MEDIA BELAJAR MENGAJAR
“Macam-macamAlatdan Media Pembelajaran”
DickyErwinsyah (2023116148)
Kelas D
JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2017
KATA PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim.
Alhamdulillah ‘alakullihaalinwanikmatin, segalapujibagi Allah swtdalamsetiapkeadaandansetiapcurahannikmat
yang takterhingga. ShalawatsertasalamsemogatercurahkankepadaNabi Muhammad saw
besertakeluarga, kerabat, serta para sahabatnyadanjugapengikut yang
setiadengansunnahnyadansemogakitatermasukdidalamnya. Amiin.
Dalampenulisanmakalah yang berjudul “Alatdan Media BelajarMengajar”
dengan sub tema “Macam-macamAlatdan Media Pembelajaran” ini,
tentunyadapattersusunbukanhanyadarikerjakeraspenulis. Akan
tetapiberkatdo’adandukungandariberbagaipihak.
Olehkarenaitupenulismengucapkanterimakasihkepada:
1.
Kedua
orang tuatersayangatasdo’adandukungansampaisekarangini.
2.
DosenpengampumatakuliahStrategiBelajarMengajarBpk.
Muhammad hufron, M.S.I
3.
Teman-teman
yang telahmembantusertamengarahkanpenulisdalam proses menjalanipembelajaran.
MakalahinidibuatgunamemenuhitugasmatakuliahStrategiBelajarMengajar.
Dalammakalahiniakandibahasbeberapaaspekdalammanajemenkelas.
Penulissudahberusahasemaksimalmungkindalampembuatanmakalahini.
Penulismenerimakritikdan saran daripembaca,
dansemogamakalahininantinyaakanbermanfaatbagikitasemua. Amin.
Pekalongan, 8 November 2017
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
- TEMA :
Alatdan Media BelajarMengajar
- Sub Tema :
Macam-macamAlatdan Media
Pembelajaran
- Mengapapentinguntukdikaji?
Pembelajaranadalahsuatukegiataan
yang bernilaiedukatif. Nilaiedukatifinilah yang
mewarnaiinteraksiantarapendidikdanpesertadidik.
Dalamhaliniseorangguyumemerlukanalatdan media pembelajaran.
Dalam proses
belajarmengajarkehadiran media
sangatpentingkarenauntukmenunjangpenjelasanmateri agar
dapatdenganmudahditerimaolehpesertadidik.
Seoramg guru harusmengetahuialatdan
media yang harusdigunakandalampembelajaran yang manaalatdan media
tersebutsesuaidenganmateri yang akandiajarkan. Olehkarenaitu guru
harusmengertimacammacamalatdan media pembelajaran.
Denganalatdan media
pembelajarantujuanpembelajaranakantercapaidenganbaik.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
PengertianAlatdan
Media Pembelajaran
1.
PengertianAlatPembelajaran
Alatpembelajaranadalahsegalasesuatu
yang digunakanuntukmembantupencapaiantujuanpembelajaran. Kata “ segalasesuatu”
memberikanpengertianbahwaalatpembelajaranmempunyaiwujudfisikdan non fisik.
Alatpembelajaran yang berwujudfisik, di bagimenjdiduajenis : (A)
alatpembelajaran yang tidakberhubunganlangsung (membantu) penyampianmateri,
yang disebutistilahsaranadanprasaranapembelajarandan (B)alatpembelajaran yang
berhubunganlangsung (membantu) penyampianmateri, yang di sebutdenganistilah
media pembelajaran. Sedangkanalatpembelajaran yang berwujud non fisik,
antaralain :perintah, larangan, hukuman, ganjaran. [1]
2.
Pengertian
media pembelajaran
Kata
“media” berasaldaribahasalatindanmerupakanbentukjamakdari kata “medium”, yang
secaraharfiahberarti “pengantaraataupengantar”. Dengandemikian, media
merupakanwahanapenyalurinformasibelajarataupenyalurpesan.[2]
Rossi
danBreidlemengemukakanbahwa media pembelajaranadalahseluruhalatdanbahan yang
dapat di pakaiuntuktujuanpendidikanseerti radio, televisi, buku, Koran,
majalah, dansebagainya. Association of Education and Communication Technology (AECT)
mendefinisikan media yaitusegalabentuk yang dipergunakanuntuksuatu proses
penyaluraninformasi. [3]
Media pembelajaranmerupakansegalabentukperangsangdanalat
yang disediakan guru untukmendorongsiswabelajarsecaracepat, tepat, mudah,
benardantidakterjadiverbalisme. Media
pembelajaranmerupakanalatbantupendengarandanpenglihatan (Audio Visual Aid)
bagipesertadidikdalamrangkamemperolehpengalamanbelajarsecarasignifikan.
Dengandemikian, disimpulkanbahwa media
pembelajaranmerupakanbagiandarialatpembelajaran.Baikalatmaupun media
pembelajaransecaraumumberfungsiuntukmembantupencapaiantujuanpembelajaranbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsung.
Pemilihanmaupunpenggunaanalatdan media pembelajaranakanberfungsisecara optimal,
sepenuhnyatergantungpadapendidik.
B. KlasifikasidanMacam-macam Media
Pembelajaran
Media
pembelajarandapatdiklasifikasikanmenjadibeberapaklasifikasi, tergantungdarisudutmanamelihatnya.
1. Dilihatdarisifatnya, media
dapatdibagikedalam:
a. Media auditif, yaitu media yang
hanyadapatdidengarsajaatau media yang hanyamemilikiunsursuara, seperti radio
danrekamansuara.
b. Media visual, yaitu media yang
hanyadapatdilihatsaja, tidakunsursuara. Yang termasukkedalam media iniadalah
film slide, foto, transparansi, lukisan, gambardanberbagaibentukbahan yang
dicetakseperti media grafis.
c. Media audiovisual, yaitujenis media yang
selainmengandungunsursuarajugamengandungunsurgambar yang dapatdilihat,
sepertirekaman video, berbagaiukuran film, slide suaramdan lain sebagainya.
Kemampuan media inidianggaplebihbaikdanlebihmenarik,
sebabmengandungkeduaunsurjenis media yang pertamadankedua.
2. Dilihatdarikemampuanjangkauannya, media
dapat pula dibagikedalam:
a. Media yang memilikidayaliput yang
luasdanserentakseperti radio dantelevisi. Melalui media
inisiswadapatmempelajarihal-halataukejadian-kejadian yang
aktualsecaraserentaktanpaharusmenggunakanruangankhusus.
b. Media yang mempunyaidayaliput yang
terbatasolehruangdanwaktu, seperti film slide, film, video dan lain sebagainya.
3. Dilihatdaricaraatauteknikpemakaiannya,
media dapatdibagukedalam:
a. Media yang diproyeksikan, seperti film,
slide, film strip, transparansidan lain sebagainya. Jenis media yang
demikianmemerlukanalatproyeksikhusus, seperti film projector
untukmemproyeksikan film slide. Over Head Projector (OHP)
untukmemproyeksikantransparansi. Tanpadukunganalatproyeksisemacamini, maka
media semacaminitidakakanberfungsiapa-apa.
b. Media yang tidakdiproyeksikan, sepertigambar,
foto, lukisan, radio dan lain sebagainya.[4]
C. Jenis-jenisAlat-alatTeknologiPendidikan
1. PapanTulis
Alatpengajaraninisangat popular,
digunakanuntuksekolahtradisionaldansekolahmodern.Papantulisdimanfaatkandalamtiapmetodepembelajaran.
2. Gambar
Gambardapardikumpulkandariberbagaisumbersepertikalender, majalah,
suratkabar, pamfletdansebagainya.
3. Model
Model dapatmerupakantiruandaribenda yang sebernarnyasepertibinatang,
rumah, patungperagatulangmanusia, organ manusiadan lain-lain.
4. Koleksi
Bermacam-macamkoleksidigunakandapatsepertimacam-macambatu-batuan,
tekstil, daunkering, perangkodan lain-lain sebagainya.
5. Petadan Globe
Macam-macampetasepertipetadunia,
petapendudukpetaekonomidigunakanuntukmendukungpelajarangeografi, sejarah, dan
lain-lain.
6. BukuPelajaran
Bukupelajaranmerupakanalatpelajaran yang paling
banyakdigunakan.Karenadigunakansebagaisumberbahanpelajarandalampembelajaran.
7. Film
Denganmenayangkan film-film yang mengandungunsurpendidikan.
Dalampemilihan film harusdisesuaikandenganpelajaran yang akandiajarkan.
8. Filmstrip dan Slide
Filmstrip dan slide berupagambarmatiyaitu table, foto, diagram karton,
reproduksilukisandan lain-lain.
9. Overhead Projector
Overhead projector dapatmemproyeksikanpadalayarapa yang
tergambaratautertulisdalamlembarantransparan.
10. Tape Recorder
Tape
recorder sangatbermanfaatuntukdigunakandalampembelajaranbahasa.[5]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Alatpembelajaranadalahsegalasesuatu yang
digunakanuntukmembantupencapaiantujuanpembelajaran.mediapembelajaranmerupakanbagiandarialatpembelajaran.
Baikalatmaupun media
pembelajaransecaraumumberfungsiuntukmembantupencapaiantujuanpembelajaranbaiksecaralangsungmaupuntidaklangsung.
Pemilihanmaupunpenggunaanalatdan media pembelajaranakanberfungsisecara optimal,
sepenuhnyatergantungpadapendidik. Media
pembelajarandapatdiklasifikasikanmenjadi media yang hanyabisadidengar,
dilihatdandidengarsertadilihat.Dengandemikianpendidikdapatmenentukan media
sesuaidengansituasidankondisidalamkelas.
Alat-alat yang
digunakanuntukmenunjangtercapainyapembelajarandenganbaikbisamenggunakanpapntulis,
gambar, model, koleksi, petadan globe, bukupelajaran, film, filmstrip dan
slide, overhead projector, tape recorder dan lain-lain.
Dalammemilihalatdan media
jugaharusdipilihdenganbaik. Disesuaikandenganpelajaran yang akandisampaikan,
harusmenarik, mampumembantudanmemudahkanpesertadidikdalammengikutipembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Mustakim, Zaenal. 2017. StrategidanMetodePembelajran
(edisirevisi. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press, 2017.
Sanjaya,Wina. 2012.MediaKomunikasiPembelajaran.
Jakarta: Pena Media Group.
Djamah, SyaifulBahri. 2013. StrategiBelajarMengajar.
Jakarta: RinekaCipta.
Sadiman, Arief S. (dkk). 2007. Media Pendidikan.
Jakarta: PT RajaGrafindoPersada.
Sudjana, Nana. 2010. Media Pengajaran. Bandung:
SinarBaruAlgensindo.
PROFIL PENULIS
NAMA
|
DICKY ERWINSYAH
|
NIM
|
2023116148
|
ALAMAT
|
JL.SULAWESI NO 42 PEKALONGAN
|
TTL
|
PEKALONGAN, 05 APRIL 1998
|
JENIS KELAMIN
|
LAKI-LAKI
|
AGAMA
|
ISLAM
|
RIWAYAT PENDIDIKAN
|
TK MASYITOH 4 P4KALONGAN
SDI KERGON 01 PEKALONGAN
SMP N 04 PEKALONGAN
MA.KH. SYAFI’I PEKALONGAN
IAIN PEKALONGAN
|
[1]
Dr. H. ZaenalMustakim, M.Ag.,StrategidanMetodePembelajaran, ( Pekalongan: IAIN
PRESS, 2017), hlm. 158.
[2]
Drs. SyaifulBahriDjamarah, M.Ag.,StrategiBelajarMengajar, Cet. Ke-5, (
Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2013), hlm. 120.
[3][3]
Dr. WiraSanjaya, M.Pd.,Media KomunikasiPembelajaran, Cet. Ke-1, (
Jakarta: PT KENCANA PRENATA MEDIA GRUP, 2012), hlm. 58.
[4]
Drs. SyaifulBahriDjamarah, M.Ag.,StrategiBelajarMengajar, Cet. Ke-5, (
Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2013), hlm. 124-126.
[5]
Dr. Nana Sudjanadan Drs. Ahmad Rivai, Media Pengajaran,( Bandung:
SinarBaruAlgensindo, 2010), hlm. 96-126.
IJIN COPAS YA PAK...,
BalasHapus