METODE PEMBELAJARAN
"TUJUAN METODE PEMBELAJARAN"
MELISA
NIM. 2023115091
KELAS E
JURUSAN
PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
2018
PRAKATA
Puji syukur kami panjatkan
kehadirat Allah SWT yang senantiasa melimpahkan rahmat dan ridhonya sehingga
kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah mata kuliah Strategi Belajar Mengajar yang berjudul “Tujuan Metode Pembelajaran”.
Kami
sangat berharap makalah ini dapat berguna bagi pembaca dan menambah wawasan
pengetahuan kita. Kami sadar makalah ini jauh dari kata sempurna. Semoga dengan
makalah ini bisa memberikan pengetahuan dan bermanfaat bagi pembacanya. Penulis
juga meminta maaf apabila ada kesalahan pada makalah ini karena manusia tidak
luput dari kesalahan. Maka dari itu penulis mohon kritik dan saran untuk
penyempurnaan makalah ini.
Demikian pengantar singkat
yang bisa kami sampaikan dan kami menyadari bahwa dalam penyusunan makalah ini
sungguh jauh dari kata sempurna, maka dari itu kami mengharapkan kritik dan
saran dari pembaca yang tentunya akan kami pertimbangkan dan tentunya untuk
menjadi pedoman kami dalam menyusun makalah-makalah selanjutnya.
Pekalongan, November 2018
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Metode adalah cara yang fungsinya sebagai alat
untuk mencapai tujuan dalam pembelajaran. Makin baik metode itu, makin efektif
pula pencapaian tujuan. Dengan demikian tujuan merupakan faktor utama dalam
menetapkan baik tidaknya penggunaan suatu metode.
Dalam hal metode mengajar, setelah faktor
tujuan, murid, situasi, fasilitas dan faktor guru turut menentukan efektif
tidaknya penggunaan suatu metode. Karenanya metode mengajar itu banyak sekali
dan sulit menggolong-golongkannya. Lebih sulit lagi menetapkan metode mana yang
memiliki efektifitas paling tinggi. Sebab metode yang “kurang baik di tangan
seorang guru dapat menjadi metode yang “baik sekali” di tangan guru yang lain
dan metode yang baik akan gagal di tangan guru yang tidak menguasai teknik
pelaksanaannya.
Namun demikian, ada sifat-sifat umum yang
terdapat pada metode yang satu tidak terdapat pada metode yang lain. Dengan
mencari ciri-ciri umum itu, menjadi mungkinlah untuk mengenali berbagai macam
metode yang lazim dan praktis untuk dilaksanakan dalam proses belajar mengajar.
B.
Rumusan Masalah
1. Apa yang
dimaksud metode pembelajaran?
2. Apa saja tujuan
dalam metode pembelajaran?
3. Apa saja
Syarat-syarat dalam penggunaan metode pembelajaran?
C.
Tujuan Penulisan
1. Untuk
mengetahui pengertian metode pembelajaran.
2. Untuk mengetahui
tujuan dalam metode pembelajaran.
3. Untuk
mengetahui syarat-syarat dalam penggunaan metode pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian Metode Pembelajaran
Metode merupakan upaya untuk mengimplentasikan
rencana yang sudah disusun dalam kegiatan nyata agar tujuan yang telah disusun
tercapai secara optimal. Metode digunakan untuk merealisasikan strategi yang
telah ditetapkan. Strategi menunjuk pada sebuah perencanaan untuk mencapai
sesuatu, sedangkan metode adalah cara yang dapat digunakan untuk melaksanakan
strategi. Dengan demikian suatu strategi dapat dilaksanakan dengan berbagai
metode.
Metode pembelajaran merupakan bagian dari
strategi pembelajaran, metode pembelajaran berfungsi sebagai cara untuk
menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan kepada siswa untuk
mencapai tujuan tertentu, tetapi tidak setiap metode pembelajaran sesuai
digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Sesuai dengan
karakteristik pembelajaran tematis, maka dalam pembelajaran yang dilakukan
perlu disiapkan berbagai variasi kegiatan dengan menggunakan multimetode.
Misalnya percobaan, bermain peran, tanya jawab, demonstrasi, bercakap-cakap
(diskusi).[1]
Metode pembelajaran sangat beraneka ragam
dengan mempertimbangkan apakah metode tersebut cocok atau tidak untuk
mengajarkan materi pembelajaran tersebut, guru dapat memilih metode
pembelajaran yang efektif untuk mengantarkan siswa mencapai tujuan. Metode pembelajaran
menekankan pada proses belajar siswa secara aktif dalam upaya memperoleh
kemampuan hasil belajar. Untuk melaksanakan proses pembelajaran suatu materi
pembelajaran perlu difikirkan metode pembelajaran yang tepat. Ketepatan
(efektifitas) penggunaan metode pembelajaran tergantung pada kesesuaian metode
pembelajaran dengan beberapa pertimbangan dalam memilih metode adalah sebagai
berikut, yaitu:[2]
1. Kesesuaian
metode pembelajaran dengan tujuan pembelajaran
Metode
pembelajaran adalah alat untuk mencapai tujuan, maka tujuan itu harus diketahui
dan dirumuskan dengan jelas sebelum menentukan atau memilih metode
pembelajaran.
2. Kesesuaian
metode pembelajaran dengan materi pembelajaran
Materi
pembelajaran dari masing-masing mata pelajaran tentu saja berbeda-beda. Oleh
karena itu, metode pembelajaran yang digunakan harus sesuai dengan sifat materi
pembelajaran tersebut.
3. Kesesuaian
metode pembelajaran dengan kemampuan guru
Seorang guru
dituntut untuk menguasai semua metode pembelajaran. Namun pada saat-saat tertentu
kemampuan guru terbatas. Oleh karena itu, guru dituntut pula cerdik
mensiasatinya dengan menggunakan metode yang sesuai dengan kemampuannya.
4. Kesesuaian
metode pembelajaran dengan kondisi siswa
Kondisi siswa
berhubungan dengan usia, latar belakang kehidupan, keadaan tubuh, atau tingkat
kemampuan berfikir.
5. Kesesuaian
metode pembelajaran dengan sumber dan fasilitas tertentu
Sumber dan
fasilitas yang tersedia disuatu sekolah tentu saja berbeda-beda dari segi
kualitas dan kuantitas. Sekolah yang sumber dan fasilitasnya lengkap, maka akan
mudah menentukan metode apapun yang akan digunakan dalam pembelajaran. Namun
bagi sekolah yang sumber dan fasilitasnya kurang lengkap, maka metode yang
tepat untuk digunakan hendaknya menyesuaikan dengan keadaan.
6. Kesesuaian metode
pembelajaran dengan situasi dan kondisi belajar mengajar
Situasi kondisi
ini bisa berkaitan dengan tempat dimana pembelajaran itu dilaksanakan, situasi
kondisi ini berkaitan pula dengan jenis lembaga pendidikan atau sekolah.
7. Kesesuaian
metode pembelajaran dengan waktu yang tersedia
Penggunaan
waktu untuk masing-masing metode pembelajaran dalam membahas suatu materi
pembelajaran tentu berbeda-beda.
8. Kesesuaian
metode pembelajaran dengan tempat belajar
Kegunaan metode
pembelajaran perlu menentukan tempat dimana kegiatan itu dilakukan, apakah di
ruang kelas, di ruang demonstras, di laboratorium, atau diluar kelas dalam
studi lapangan.
Secara umum penerapan metode pembelajaran
meliputi empat kegiatan utama, yaitu kegiatan awal yang bersifat orientasi, kegiatan
inti dalam proses pembelajaran, penguatan dan umpan balik serta penilaian.
Dengan
demikian, seorang pendidik dituntut untuk memahami dan memperhatikan hal-hal
yang berkaitan dalam memilih metode yang sesuai untuk mengajarkan suatu materi.[3]
B.
Tujuan Metode Pembelajaran
Tujuan utama dalam metode pembelajaran adalah
untuk menyampaikan materi atau pesan yang terkandung dalam isi kurikulum secara
efektif. Sehingga siswa dapat dengan mudah menerima, memahami, terekam dan
terencana dengan baik.
Berikut ini beberapa tujuan dari metode
pembelajaran:
1.
Menghantarkan para siswa menuju pada
perubahan-perubahan tingkah laku baik intelektual, moral maupun sosial agar
dapat hidup mandiri sebagai individu dan makhluk sosial.
2.
Rumusan kemampuan yang diharapkan dimiliki para
siswa setelah menempuh berbagai pengalaman belajarnya (pada akhir pengajaran).
3.
Untuk tercapainya Tujuan Pendidikan Nasional
yang berbunyi “mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban
bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan
untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan
bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap,
kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratif serta bertanggung
jawab.[4]
C.
Syarat-syarat dalam Penggunaan Metode
Pembelajaran
Syarat-syarat yang harus diperhatikan oleh
seorang guru dalam penggunaan metode pembelajaran adalah sebagai berikut:
1.
Metode yang dipergunakan harus dapat
membangkitkan motif, minat, atau gairah belajar siswa.
2.
Metode yang digunakan dapat merangsang
keinginan siswa untuk belajar lebih lanjut.
3.
Metode yang digunakan harus dapat memberikan
kesempatan bagi siswa untuk mewujudkan hasil karya.
4.
Metode yang digunakan harus harus dapat
menjamin perkembangan kegiatan kepribadian siswa.
5.
Metode yang digunakan harus dapat mendidik
murid dalam teknik belajar sendiri dan cara memperoleh pengetahuan melalui
usaha pribadi.
6.
Metode yang digunakan harus dapat menanamkan
dan mengembangkan nilai-nilai dan sikap siswa dalam kehidupan sehari-hari.[5]
BAB III
PENUTUP
a.
Kesimpulan
Berdasarkan paparan di atas dapat disimpulkan
sebagai berikut:
Metode pembelajaran merupakan bagian dari
strategi pembelajaran, metode pembelajaran berfungsi sebagai cara untuk
menyajikan, menguraikan, memberi contoh, dan memberi latihan kepada siswa untuk
mencapai tujuan tertentu, tetapi tidak setiap metode pembelajaran sesuai
digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Sesuai dengan
karakteristik pembelajaran tematis, maka dalam pembelajaran yang dilakukan
perlu disiapkan berbagai variasi kegiatan dengan menggunakan multimetode.
Misalnya percobaan, bermain peran, tanya jawab, demonstrasi, bercakap-cakap
(diskusi).
Tujuan utama dalam metode pembelajaran adalah
untuk menyampaikan materi atau pesan yang terkandung dalam isi kurikulum secara
efektif. Sehingga siswa dapat dengan mudah menerima, memahami, terekam dan
terencana dengan baik. Selanjutnya guru harus mengetahui Syarat-syarat yang
harus diperhatikan dalam penggunaan metode pembelajaran.
b.
Saran
Sebagai calon seorang pendidik, kita harus
bisa menggunakan metode pembelajaran dengan tepat yang sesuai dengan kondisi
dan situasi peserta didik.
DAFTAR PUSTAKA
Asra dan Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana
Prima.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan:
IAIN Pekalongan Press.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pembelajaran. Bandung:
Sinar Baru Algensindo
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta:
Quantum Teaching.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta:
PT. Prestasi Pustakaraya.
LAMPIRAN
(BIODATA PENULIS)
Nama :
MELISA
Nama Panggilan :
Mell, Lisa
TTL :
Pekalongan, 16 Juni 1996
Alamat :
Jl. Kunti Utara, Panjang Baru
Riwayat Hidup :
1. SDN Kandang Panjang 10
2. SMP Wahid Hasyim Pekalongan
3. SMA Islam Pekalongan
4.
IAIN Pekalongan (Sekarang)
COVER BUKU REFERENSI
Asra dan Sumiati. 2009. Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana
Prima.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan:
IAIN Pekalongan Press.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2010. Media Pembelajaran. Bandung:
Sinar Baru Algensindo.
Sabri, Ahmad. 2005. Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching. Jakarta:
Quantum Teaching.
Trianto. 2010. Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik. Jakarta:
PT. Prestasi Pustakaraya.
[1] Trianto, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, (Jakarta: PT.
Prestasi Pustakaraya, 2010), hlm. 132.
[3] Zaenal Mustakim, Strategi dan Metode Pembelajaran, (Pekalongan: IAIN
Pekalongan Press, 2018), hlm. 122-123.
[4] Nana Sudjana dan Ahmad Rivai, Media Pembelajaran, (Bandung: Sinar Baru
Algensindo, 2010), 95-96.
[5] Ahmad Sabri, Strategi Belajar Mengajar Micro Teaching, (Jakarta:
Quantum Teaching, 2005), hlm. 52-53.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar