Laman

zzz

new post

Senin, 17 Oktober 2011

tidak berani beri pendapat langsung dalam forum diskusi

Minggu, 16 Oktober 2011 15:46

GYNAE LINTANG HAPSARI
2021 111 327


Ada banyak perbedaan antara sekolah dan kuliah, khususnya saat di dalam kelas. Mulai dari dosen mengajar dan aktivitas mahasiswa di dalam kelas . Tapi karena perbedaan itu terdapat rasa kegelisahan maupun optimisme dalam diri saya. Di sinilah saya belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan dan teman yang baru.
Etika didalam kelas sangatlah penting, karena itu merupakan salah satu bentuk penilaian dosen kepada kita. Misalnya penilaian dalam keaktifan dikelas, penampilan yang sopan dan kehadiran/absensi.
Menurut saya, penampilan mahasiswa STAIN khususnya dikelas saya sudah cukup sopan. Ditandai dengan para mahasiswi yang berpakaian menutupi aurat mereka. Tetapi absensi mahasiswa dan mahasiswi belum bisa menjamin kalau pada setiap pertemuan mahasiswa berangkat 100%. Jika diamati dari setiap pertemuan-pertemuan yang sudah-sudah, mahasiswa dan mahasiswi ada yang tidak hadir walaupun hanya satu atau dua orang dengan sebab-sebab ketidakhadiran mereka yang berbeda-beda.
Keaktifan mahasiswa saat didalam kelas sudah cukup baik, karena jika saya mengamati saat pemakalah selesai membacakan atau menerangkan isi dari makalahnya dan dibuka season pertanyaan hamper 90% mahasiswa yang ingin bertanya. Tetapi karena terbatasnya waktu hanya beberapa mahasiswa saja yang dapat bertanya.
Jika pada saat season pertanyaan dibuka dan para mahasiswa banyak yang ingin bertanya berbeda pada saat season ft back. Pada season ini hanya beberapa mahasiswa saja yang dapat memberikan penjelasan, tambahan maupun kesimpulan-kesimpulan dari jawaban si pemkalah.

Jadi pada intinya dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang dapat memberikan pertanyaan dan dapat memberikan tambahan ataupun kesimpulan-kesimpulan dari jawaban pemakalah adalah mahasiswa yang memiliki motivasi kuliah dan optimisme yang tinggi. Sedangkan mahasiswa yang hanya berani bertanya dan tidak dapat memberikan tambahan jawaban merupakan mahasiswa yang memiliki optimisme yang sedang. Beda halnya dengan mahasiswa yang tidak berani memberikan pertanyaan maupun kesimpulan merupakan mahasiswa yang memiliki sangat sedikit optomisme.
Menurut saya ada beberapa hal yang menyebabkan mahasiswa baru tidak berani memberikan pendapatnya secara langsung dalam forum diskusi, antara lain:
  1. Kurangnya rasa percaya diri
  2. Rasa takut
  3. Kurang meguasai materi
  4. Kurang ahli dalam menyusun kalimat yang ingin disampaikan.
Dari beberapa faktor diatas dapat menimbulkan rasa kegelisahan para mahasiswa baru yang belum dapat memberanikan diri untuk bertanya.

1 komentar:

  1. "Jadi pada intinya dapat disimpulkan bahwa mahasiswa yang dapat memberikan pertanyaan dan dapat memberikan tambahan ataupun kesimpulan-kesimpulan dari jawaban pemakalah adalah mahasiswa yang memiliki motivasi kuliah dan optimisme yang tinggi",, apakah selalu begitu??

    BalasHapus