Laman

new post

zzz

Kamis, 25 Agustus 2011

strategi pembelajaran afektif


STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF
DALAM PELATIHAN SENI MENATA HATI (SMH)
DI LEMBAGA BIMBINGAN DAN KONSULTASI TASAWUF (LEMBKOTA) SEMARANG



 







TESIS

Diajukan sebagai Persyaratan untuk
Memperoleh Gelar Magister Studi Islam



Oleh :
Muhammad Hufron
NIM : 095112139



PROGRAM MAGISTER
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
(IAIN) WALISONGO
2011
Nota Pembimbing
Prof. Dr. H. Abdullah Hadziq, M.A
Tugurejo, RT 02/ RW I,  No. 24
Ngaliyan, Semarang Telp. 024-8660402





NOTA PEMBIMBING

Pembimbing dengan ini menyatakan bahwa Tesis Saudara Muhammad Hufron, NIM: 095112139, yang berjudul “Strategi Pembelajaran Afektif dalam Pelatihan Seni Menata Hati (SMH) di Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Tasawuf (LEMBKOTA) Semarang” telah siap untuk diujikan pada ujian Tesis.



Semarang,   …….………   Mei    2011
Pembimbing,


Prof. Dr. H. Abdullah Hadziq, M.A




Pengesahan















Deklarasi


DENGAN PENUH KEJUJURAN DAN TANGGUNG JAWAB, PENULIS MENYATAKAN BAHWA TESIS INI TIDAK BERISI MATERIAL YANG TELAH PERNAH DITULIS OLEH ORANG LAIN ATAU DITERBITKAN, KECUALI INFORMASI YANG TERDAPAT DALAM REFERENSI YANG DIJADIKAN BAHAN RUJUKAN DALAM PENELITIAN INI.



Batang, 11 April 2011
Penulis,

Muhammad Hufron
NIM: 095112139

Abstrak
Muhammad Hufron, NIM: 095112139
“Strategi Pembelajaran Afektif dalam Pelatihan Seni Menata Hati (SMH) di Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Tasawuf (LEMBKOTA) Semarang”.

Pelatihan Seni Menata Hati merupakan ikhtiar dan ijtihad untuk mening-katkan sumber daya manusia (human resource) khususnya pengelolaan hati agar dapat merespon, menganalisa dan menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Praktek dzikrullah, pelatihan umroh/shalat khusyu’ hanyalah sekedar contoh bagaimana mengelola kesadaran, perasaan dan hati agar tegar menjalani hidup secara vertikal maupun horizontal, sehingga tercapai keharmonisan baik hablun minallah maupun hablun minannas. Inilah keseimbangan sebagaimana yang diamanatkan Allah SWT dalam al-Qur’an.
Tesis ini pada hakekatnya adalah hendak menjawab permasalahan yang telah penulis kerucutkan dalam bentuk dua rumusan masalah, yaitu: pertama, bagaiman Strategi Pembelajaran Afektif dalam Pelatihan Seni Menata Hati (SMH) di Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Tasawuf (LEMBKOTA) Semarang, dan kedua, bagaimana nilai-nilai pembelajaran yang dikembangkan dalam Pelatihan Seni Menata Hati (SMH) di Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Tasawuf (LEMBKOTA) Semarang,
Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan teknik penelitian lapangan (field research) dengan mengambil objek penelitian “Pelatihan Umroh/Shalat Khusyu’” di Hotel Pandanaran Semarang pada tanggal 12 Maret 2011. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dimana peneliti mengumpulkan informasi-informasi dalam situasi sewajarnya, untuk dirumuskan menjadi suatu generalisasi yang dapat diterima oleh akal sehat (common sense) manusia. Metode pengumpulan data dengan partisipant observation, dokumentasi, dan wawancara sedangkan analisa data menggunakan metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif digunakan karena penelitian ini adalah penelitian proses, yaitu proses pembelajaran dalam Pelatihan Seni Menata Hati.
Strategi pembelajaran afektif dalam Pelatihan Seni Menata Hati di LEMB-KOTA Semarang yaitu kolaborasi dari berbagai komponen pembelajaran sesuai asas tepat guna dan tepat sasaran, mulai dari pendekatan, metode, media dan vari-asi pembelajaran. Pelatihan ini memberikan kesadaran bahwa nilai-nilai berupa dzikir, umroh/shalat khusyu’ memberikan perubahan aspek afektif peserta. Pembelajarannya menggunakan model konsiderasi, model pengembangan kognitif dan model klarifikasi nilai. Sedangkan nilai-nilai pembelajaran yang dikembang-kan dalam Pelatihan Seni Menata Hati, pertama: bersifat introsektif, seperti dzikrullah dan muhasabah. Kedua, bersifat demonstratif, seperti: ucapan dan gerakan dalam praktek dzikir, umroh/shalat khusyu’. Ketiga, bersifat transformatif seperti pembelajaran yang lebih dialogis andragogis, parsipatoris komprehensif.

Kata Pengantar


Bismillaahirrohmaanirrohiim,
Puji syukur ke hadirat Allah SWT yang telah memberikan keberkahan dan petunjuk kepada kita, semoga kita tetap dalam Iman dan Islam, jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang-orang yang telah Engkau murkai, bukan pula jalan orang-rang yang sesat.
Shalawat dan salam kami haturkan kepada pemimpin dan tauladan kita, Nabi Muhammad SAW, beliaulah perintis jalan dari jaman Jahiliyyah ke jalan Islamiyyah yaitu dari jalan kegelapan hati menuju cahaya Ilahi yang terang benderang. Syafa’at beliau selalu dinanti di saat tidak ada syafa’at kecuali syafa’at beliau Rasulillah SAW.
Dengan berbekal kemampuan yang sangat terbatas, penulis mencoba untuk menyelesaikan tugas akhir proses pembelajaran di kampus IAIN Walisongo untuk memenuhi syarat memperoleh gelar Magister Studi Islam. Tesis ini penulis beri judul: “Strategi Pembelajaran Afektif dalam Pelatihan Seni Menata Hati (SMH) di Lembaga Bimbingan dan Konsultasi Tasawuf (LEMBKOTA) Semarang”.
terima kasih yang mendalam penulis sampaikan kepada yang terhormat :
1.    Rektor IAIN Walisongo Semarang, Bapak Prof. Dr. H. Muhibbin, MA.
2.    Direktur Pascasarjana IAIN Walisongo Semarang, Bapak Prof. Dr. H. Achmad Gunaryo, M.SocSc.
3.    Asisten Direktur Pascasarjana, Bapak Prof. Dr. H. Suparman Syukur, MA.
4.    Ketua Program S2 Pascasarjana, Ibu Prof. Dr. Hj. Sri Suhandjati, MA.
5.    Sekretaris Prodi S2 Pascasarjana, Bapak Drs. Agus Nurhadi, MA.
6.    Dosen Pembimbing Tesis, Bapak Prof. Dr. H. Abdullah Hadziq, MA.
7.    Dosen Pembimbing Lapangan, Bapak Prof. Dr. H. M. Amin Syukur, MA.
8.    Bapak Ibu tersayang yang senantiasa sabar dalam membimbing penulis,
9.    Istri tercinta dan Ananda tersayang yang telah memberikan semangat hidupku, dan semua pihak yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu yang telah membantu secara langsung maupun tidak langsung dalam penulisan tesis ini.
Dengan ucapan jazaakumullaahu khairan katsiran dan do’a penulis sampaikan kepada semua pihak yang telah membantu penulisan tesis ini. Semoga semua amal shaleh mereka dapat diterima Allah SWT dan diberikan keselamatan dan keberkahan dalam menjalani hidup, dan semoga diberikan panjang umur untuk beribadah kepada Allah SWT dan terus mengabdi untuk turut serta dalam usaha mencerdaskan kehidupan bangsa dan negara.
Apa yang tertuang dan terkandung dalam tesis ini tidak luput dari kehilafan dan kekurangan, maka dari itu penulis berharap semua pihak kiranya bersedia memberikan masukan dan kritik yang membangun atas karya tulis ini. Maka, yang benar hanya dari Allah, yang salah memang kekeliruan dari penulis.
Ya Robbi, tunjukkanlah kami jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat, bukan jalan orang-orang yang Engkau murkai dan bukan pula jalan orang-orang yang sedat. Semoga tesis ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat bagi penulis dan pembaca pada umumnya. Amin

Batang, 12 April 2011

Penulis
Pedoman Transliterasi Arab – Latin
Berdasarkan Surat Keputusan Bersama:
Mentri Agama RI dan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan RI
Nomor: 158/1987 dan 0543 b/U/1987,
Tanggal 22 Januari 1988


Huruf Arab
Nama
Huruf Latin
Keterangan
ا
alif
-
-
ب
bã’
b
be
ت
tã’
t
te
ث
śã’
ś
s dengan titik di atas
ج
jĩm
j
je
ح
hã’
h
h dengan titik di bawah
خ
khã’
kh
Ka dan ha
د
dãl
d
de
ذ
źãl
ź
z dengan titik di atas
ر
rã’
r
er
ز
zai
z
zet
س
sĩn
s
es
ش
syĩn
sy
es dan ye
ص
şãd
ş
s dengan titik di bawah
ض
dãd
d
d dengan titik di bawah
ط
ţã’
ţ
t dengan titik di bawah
ظ
zã’
z
z dengan titik di bawah
ع
‘ain
Koma terbalik, di atas
غ
gain
g
ge
ف
fã’
f
ef
ق
qãf
q
qi
ك
kãf
k
ka
ل
lãm
l
el
م
mĩm
m
em
ن
nũn
n
en
و
wãwu
w
we
hã’
h
ha
ء
hamzah
`
Apostrop, bukan di awal
ي
yã’
y
ye
Persembahan


Tulisan ini kupersembahkan untuk
Ananda Muhammad Habiburrohman
dan adik-adiknya yang tercinta
yang masih dinantikan kehadirannya
semoga mereka menjadi putra – putriku
yang sholih dan sholikhah,
Amiiin …




Motto

ôs% yxn=øùr& tbqãZÏB÷sßJø9$# ÇÊÈ   tûïÏ%©!$# öNèd Îû öNÍkÍEŸx|¹ tbqãèϱ»yz ÇËÈ   tûïÏ%©!$#ur öNèd Ç`tã Èqøó¯=9$# šcqàÊ̍÷èãB ÇÌÈ  


“ Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman, (yaitu) orang-orang
yang khusyu' dalam shalatnya,
dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna”

(QS. 23, Al-Mukminuun: 1-3)



DAFTAR ISI
Halaman Judul   ……………………………………………….……………….     i
Nota Pembimbng   ……………………………………………………………..    ii
Pengesahan   ……….…………………………………………………………..   iii
Deklarasi   …………………….…………………………………………….....    iv
Abstrak   …………………...…………………………………………………..    v            
Kata Pengantar   ……………………………………………………………....     vi           
Pedoman Transliterasi   ………………………………………………….......     viii
Persembahan   ………………………………………………………………...     ix
Motto  ………………………………………………………………………..      x
Daftar Isi   ……………………………………..…………….………………..     xi

BAB I.    PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah  …….…………….…….…………………..    1
B.     Rumusan Masalah    ……………………………..……………………   6
C.    Tujuan Penelitian    ……………………………..………………….…    7
D.    Signifikansi Penelitian    ……………………………..………….……    7
E.     Tinjauan Pustaka    ……………………………..………………….…    8
F.     Kerangka Teori    …………………..………..………………………    12
G.    Metode Penelitian    …………………….………..…………………...   19
H.    Sistematika Penulisan    ……………..…………..…………..………    29
BAB II.  STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF DAN NILAI- NILAI PEMBELAJARAN
A.    Strategi Pembelajaran Afektif   ……………..…………..….....……    32
1.      Strategi Pembelajaran   ……………..………..……...……………    31
a.       Konsep Strategi Pembelajaran    …………………..….....……    31
b.      Pendekatan Pembelajaran    ………………………..….....……    35
c.       Metode Pembelajaran    ……………..……………..….....……    40
d.      Media Pembelajaran    ………………....…………..….....……    47
e.       Variasi Pembelajaran    …………….………….…..….....……    49
2.      Pembelajaran Afektif    …………..………..…………..….....……    52
a.       Pengertian Pembelajaran Afektif    ……………..…….....……    53
b.      Taksonomi Domain Afektif    ……………………..….....……    54
c.       Pembelajaran Afektif    ………………..…………..….....……    55
3.      Strategi Pembelajaran Afektif    …………..…………..….....……    56
a.       Pembelajaran Nilai dan Sikap    ………….………..….....……    56
b.      Proses Pembentukan Sikap    …………….………..….....……    58
c.       Model Pembelajaran Afektif    ………….……..…..….....……    60
d.      Kesulitan dalam Pembelajaran Afektif    …...……..….....……    66
B.     Nilai-nilai Pembelajaran    ……………..…………….…..….....……    68
1.      Nilai Pembelajaran Introspektif    ……………………..….....……    68
2.      Nilai Pembelajaran Demonstratif    ……………..….....….....……    69
3.      Nilai Pembelajaran Transformatif    …………………..….....……    71
BAB III. STRATEGI PEMBELAJARAN AFEKTIF DALAM PELATIHAN SENI MENATA HATI (SMH) DI LEMBAGA BIMBINGAN DAN KONSULTASI TASAWUF (LEMBKOTA) SEMARANG
A.    LEMBKOTA Semarang    ……………….…..…………..….....……    74
1.      Sejarah Berdirinya    ……………..……………..……..….....……    75
2.      Visi dan Misi    ……………..…………..….....………………..…    76
3.      Manajemen ……………..……………………………..….....……    76
4.      Agenda dan Aktifitas      ……………..………………..….....……    85
B.     Pelatihan Seni Menata Hati (SMH)    ……………..…..…........……    87
1.      Persiapan Pelatihan Seni Menata Hati (SMH)    ……..…......……    87
a.    Persiapan Fisik    ……………………………………..….....…    87
b.    Persiapan Mental    ………………………………..…......……    90
2.      Pelaksanaan Pelatihan Seni Menata Hati (SMH)    …..…......……    92
a.    Pelaksanaan Pelatihan    …………………………..…......……    92
b.    Schedule Pelatihan    ……………………………...…......……    92
c.     Materi Pelatihan    ………………………………...…......……    93
1)      Dzikir    ………………………...……………...…......……    93
2)      Pelatihan Umroh Khusyu’    ……………...…...…......……    97
3)      Pelatihan Shalat Khusyu’   …...…………………......……   102
4)      Simulasi Shalat Khusyu’   …...…………………......……     113
5)      Simulasi Umroh (Ihram)    …...…………………......……    120
C.    Strategi Pembelajaran Afektif dalam Pelatihan SMH     ....…...…   123
1.      Strategi Pembelajaran dalam Pelatihan SMH    …………………... 121
a.       Pendekatan Pembelajaran dalam pelatihan SMH   ……...……  121
b.      Metode Pembelajaran dalam pelatihan SMH   …..….....…...…  127
c.       Media Pembelajaran dalam pelatihan SMH    ……..….....……  131
d.     Variasi Strategi Pembelajaran dalam pelatihan SMH    ....……  134
2.      Pembelajaran Ranah Afektif dalam Pelatihan Seni SMH   ....……  136
a.       Pembelajaran Afektif yang dikembangkan dalam SMH    ……  138
b.       Teknik Memacu Pembelajaran Afektif dalam SMH    …..……  140
3.      Model Strategi Pembelajaran Afektif dalam Pelatihan SMH    .....   143
a.       Model Konsiderasi   ………………………………….……….  143
b.      Model Pengembangan Kognitif   ……………………………..  146
c.       Model Teknik Mengklarifikasi Nilai   ……………………….   149
4.      Respon Peserta dalam Pelatihan SMH     ...............................……  151
BAB IV. NILAI-NILAI PEMBELAJARAN DALAM PELATIHAN SENI MENATA HATI (SMH)
A.    Nilai Pembelajaran dalam Pelatihan Seni Menata Hati (SMH)
yang bersifat Introspektif   …………………………………….……  157
1.      Dzikrullah    ………………………………………………....……  157
2.      Muhasabah    ………...……………………...……………....……  162
B.     Nilai Pembelajaran dalam Pelatihan Seni Menata Hati (SMH)
yang bersifat Demonstratif    ……….……….………………....……  168
1.      Syi’ar Agama    ………...………………………………...….……  169
2.      Kontekstual    ….……………………………………………….…  170
3.      Drill    ……………………...………………………………..……  170
4.      Hafalan    …………………………………………………….……  170
5.      Keteladanan    ……………………………………………….……  170
6.      Interpersonal    ……………………………………………....……  170
C.    Nilai Pembelajaran dalam Pelatihan Seni Menata Hati (SMH)
yang bersifat Transformatif    ………….………………...…....……  171
                          1.      Tahapan Pembelajaran dalam SMH yang Transformatif    ....……  172
                          2.      Ciri-ciri Pembelajaran dalam SMH yang Transformatif    ...……..  174
                          3.      Nilai-nilai Pembelajaran dalam SMH yang Transformatif    ….…  175
BAB V.    PENUTUP
A.    Kesimpulan    ……………………………………………...........……  179