Laman

zzz

new post

Kamis, 16 Oktober 2014

UTS SPI

UJIAN TENGAH SEMESTER (UTS)
MATA KULIAH : SEJARAH PERADABAN ISLAM (SPI)
PROGRAM STUDI : PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN) PEKALONGAN
SEMESTER GASAL , TAHUN AKADEMIK : 2014 – 2015

    1.      Sejarah Peradaban Islam (SPI) merupakan mata kuliah  yang wajib dipelajari bahkan dikuasai secara serius apalagi bagi para calon pengajar yang mengaku muslim. Mata kuliah ini menyajikan berbagai hal dinamika peradaban kaum muslimin dari masa Nabi Muhammad SAW hingga masa kini.
a.      Berikan pendapat Anda tentang istilah “JAS MERAH” (jangan sekali-kali meninggalkan sejarah) dalam kontek peradaban Islam!
b.      Bagaimana tujuan dan manfaat belajar Sejarah Peradaban Islam ?
c.       Mengapa Sejarah Peradaban Islam sangat penting untuk dipelajari di kalangan generasi muda muslim ?
    2.      Sejarah Peradaban Islam pada masa Nabi Muhammad SAW merupakan momen yang sangat menentukan bagi peradaban masa berikutnya, karena masa Nabi SAW merupakan peletakan dasar sendi-sendi keislaman dengan segala dinamika yang berkembang.
a.      Menurut Anda bagaimana kondisi sosial budaya masyarakat Makkah ketika menjelang kedatangan Islam ?
b.      Gambarkan strategi dakwah Rasulullah SAW ketika menyebarkan agama Islam untuk pertama kalinya kepada penduduk Makkah dan bagaimana respon warga Makkah dan Madinah menyambut dakwah Rasulullah SAW?
c.       Bagaimana sendi-sendi ketercapaian dakwah Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama islam ketika beliau menjelang wafat di Madinah?
    3.      Masa Khulafaur Rasyidin ditandai oleh para khalifah yang membawa peradaban Islam sukses dengan gemilang, mulai masa Abu bakar Shiddiq, Umar bin Khattab, Usman bin Affan dan diakhiri masa Ali bin Abi Thalib.
a.   Pilih salah satu figur Khalifah yang paling mengesankan Anda dan berikan argumentasi Anda dengan menyebut hasil-hasil yang dicapai pada masanya!
b.   Banyak peperangan pada masa Khulafaur Rasyidin yang menyisakan baik pengalaman manis maupun pahit, mengapa demikian ? Berikan ilustrasi !
c.    Menurut Anda, bagaimana strategi kita untuk memotivasi kepada ummat Islam agar kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara dapat berkiblat kepada masa Khulafaur Rasyidin ?
    
    4.      Sejarah Peradaban Islam berlanjut masa Dinasti Umayah I (Damaskus), Dinasti Umayah II (Spanyol), Dinasti Abasiah, dan dinasti-dinasti yang beriringan dengan Dinasti Abasiah dengan daerah jauh melampaui wilayah kelahirannya di semenanjung Hijaz bahkan terus tak terbendung sampai barat pantai Afrika lanjut lagi menapak di Spanyol (Eropa selatan) sebelah utara sampai Sicilia, Balkan, Konstantinopel lalu sebelah timur sampai ke Persia, perbatasan Tiongkok bahkan barat India.
a.      Sebut beberapa tokoh Khalifah yang menurut Anda sangat berperan dalam sejarah peradaban Islam semenjak masa Dinasti Umayah I (Damaskus) dan berikan kemajuan atau hasil yang konkri terkenang hingga kini. (5 tokoh)
b.      Pilih salah satu dinasti tersebut di atas, berikan catatan kemajuan dan sumbangan bagi peradaban Islam secara global. (5 poin)
c.       Dinasti berganti dinasti mengisyaratkan ada masa pertumbuhan, kejayaan dan masa kemunduran. Berikan beberapa faktor yang mempengaruhi kemunduran dinasti demi dinasti sebagaimana yang terjadi dalam sejarah peradaban Islam. (5 faktor)



NOTE:
- JAWABAN DITULIS DI BUKU RESUMAN
- BUKU RESUMAN DIKUMPULKAN PADA KETUA KELAS
- KETUA KELAS MEMBUAT DAFTAR HADIR DISERTAI TTD MAHASISWA YG HADIR
- TIDAK BOLEH KERJA SAMA DALAM MENJAWAB UJIAN
- SELAMAT MENEMPUH UJIAN SEMOGA SUKSES

1 komentar: