Laman

zzz

new post

Kamis, 29 Maret 2012

F7-39 Yeni Nurkhasanah


MAKALAH

BAHASA MANUSIA

Untuk Memenuhi Tugas :
Mata Kuliah                 : Hadist Tarbawi II
Dosen Pengampu         : Muhammad Ghufron , M.Si







                                            


Disusun Oleh:
YENI NUR KHASANAH
NIM. 202 1110 266

Kelas F



JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN)PEKALONGAN
2012

BAB I
PENDAHULUAN
           
            Dengan bahasa manusia bisa berkomunikasi dan berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya. Tanpa bahasa manusia tidak bisa berhubungan. Bahasa disini tidak terbatas pada bahasa Indonesia, inggris atau pun bahasa lainnya dalam bentuk lisan dan tulisan. Tapi bahasa isyarat juga bisa digunakan oleh mereka yang tidak atau kurang bisa menggunakan bahasa lisan dan tulisan.
            Allah menganugrahkan bahasa kepada makhluknya yang mana semua itu merupakan bentuk kasih sayang-Nya kepada makhluknya dan merupakan bukti kebesaran-Nya. Tiada alasan bagi kita ( manusia ) untuk mengingkari-Nya.
















BAB II
PEMBAHASAN

·HADITS

۳۹عَنْ زَيْدِ بْنِ ثَا بِتِ قَالَ: أَمَرَ نِيْ رَسُو لُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أتَعَلَمَ لَهُ كَلِمَاتِ مِن كِتَابِ يَهُو دَ قَالَ إِنَّي وَاللهِ مَا اَمَنُ يَهُو دَ عَلَى كِتَا بِيِ قَالَ فَمَا مَرَّ بِيِ بِصَفُ شَهْرِ حَتَّى تَعَلَّمْتُهُ لَهُ قَالَ فَلَمَّا تَعَلَّمْتُهُ كَانَ إِذَا كَتَبَ إِلَى يَهُودَ كَتَبْتُ إِلَيْهِمْ وَإِذَا كَتَبُوا إِلَيْهِ قَرَأْ تُ لَهُ كِتَابَهُمْ قَالَ أَبُو عِيْسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ رَسُو لُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ أَتَعَلَّمَ السُّرْ يَا نِيَّةَ
(رواه التر مذي, فَى الجا مع, كتا ب الإ ستعذ ان والاداب عن رسول الله صلى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, باب ما جاء فى تعليم السر يا نية)
·TERJEMAHAN

Zaid bin tsabit berkata: “Rasulullah memerintahkan aku agar belajar untuk beliau bahasa kitab orang yahudi dan beliau bersabda: “Sesungguhnya aku demi Allah, aku tidak merasa aman kepada orang yahudi terhadap suratku (baik dalam membacanya maupun menulisnya)”, dia berkata: maka tidak lewat setengah bulan aku belajar sehingga selesai aku mempelajarinya untuk beliau, dia berkata: ketika aku selesai mempelajarinya, maka apabila beliau berkirim surat kepada golongan yahudi, maka aku menulis kepada mereka, dan apabila mereka berkirim surat kepada beliau, maka aku membaca surat mereka untuk beliau.”
Ini hadits Hasan shahih dan hadits ini diriwayatkan pula (dengan sanad lain) dari zzaid bin tsabit, dan Al-A’masy meriwayatkann ya dari zaid bin ubaid dari zaid bin tsabit berkata: “Rasulullah SAW memerintahkan aku agar belajar bahasa suryani.”

·MUFRODAT

Lewat kepadaku       : مر بي
اMemerintahkan
اتعلّم:
Kitab yahudi
كَتاب يهود:
Setengah malam
نصف شَهرَ:
Merasa aman
امن:
Mempelajarinya
تعلّمته :




 Bahasa suryani       :  السّريا ني





D. BIOGRAFI PERAWI
Zaid bin tsabit an-Najjari al-Anshari (612-637/15 H) atau lebih dikenal dengan nama zaid bin tsabit, adalah salah seorang sahabat Rasulullah SAW dan merupakan penulis wahyu dan surat-surat Rasulullah SAW.
Zaid bin tsabit merupakan keturunan Bani khazraj, yang mulai tinggal bersama Muhammad ketika ia hijrah ke Madinah. Ketika berusia 11 tahun, dia dikabarkan telah dapat menghafal 11 surat Al-Qur’an. Zaid bin tsabit turut serta bersama Muhammad dalam peperangan khandaq dan peperangan-peperangan lainnya. Dalam peperangan Tabuk, Muhammad menyerahkan bendera Bani Najjar yang sebelumnya dibawa oleh Umarah kepada Zaid bin tsabit. Ketika Umarah bertanya kepada Rasulullah, ia berkata: “Al-Qur’an harus diutamakan, sedang zaid lebih banyak menghafal Al-Qur’an daripada engkau.”

Diriwayatkan oleh Zaid bin Tsabit bahwa:
Rasulullah SAW berkata kepadanya: “aku berkirim surat kepada orang dan aku khawatir, mereka akan menambah atau mengurangi surat-suratku itu, maka pelajarilah bahasa suryani.” Kemudian aku mempelajarinya selama 17 hari dan bahasa ibrani selama 15 hari.
Zaid bin Tsabit meriwayatkan Sembilan puluh dua hadits, yang lima daripadanya disepakati bersama oleh Imam Bukhari dan Imam Muslim. Zaid bin Tsabit diakui sebagai ulama di Madinah, yang keahliannya meliputi bidang fiqh,fatwa dan faraidh(waris). Zaid bin tsabit meninggal pada tahun 45 Hijriyah.
Imam masruq berkata beliau adalah golongan dari orakal yaitu orang yang kokoh atau mantap dalam keilmuan. Zaid adalah penghimpun Al-qur’an dan menguasai informasi yang akurat tentang Al-qur’an. Jasa zaid dalam upaya kodifikasi al-qur’an sangat banyak maka tiada yang mampu menandinginya dalam menulis kalamullah.
·Keterangan Hadits

Bahasa Suryani/ bahasa Syria adalah sebuah bahasa Aram Timur yang pernah dipertuturkan di sebagian besar wilayah Bulan Sabit Subur. Namun secara luas definisi bahasa suryani ialah semua bahasa Aram Timur yang dipertuturkan oleh bermacam-macam komunitas kristian di Timur Tengah. Bahasa suryani ditulis dengan Abjad Suryani.
Suryaniyah dengan dhommahnya siin dan sukunnya ro’ adalah bahasa kitab injil dan ibroniyyah adalah bahasa kitab taurat, perkataan nabi didalam alasan beliau adalah beliau khawatir dengan orang Yahudi dalam penambahan dan pengurangan bail dalam bacaannya maupun tulisannya.
Bahasa adaalah suatu simbol lisan yang dipakai oleh anggota suatu masyarakat untuk berkomunikasi. Dalam bahasa ini mempunyai system symbol-simbol yang bersifat arbiter (tidak berkaitan antara symbol yang satu dengan yang lain). Bahasa juga diartikan sebagai sebuah kata yang memiliki makna sangat luas lebih dari sekedar alat komunikasi yang mampu memberikan pemahaman antara sutu makhluk dengan makhluk yang lainnya. Isarat dan kata-kata yang dikeluarkan dari raga maupun lisan manusia adalah bukti terjemahann dari ungkapan perasaan yang terkubur dalam hati setiap makhluknya.
            Bahasa selain sebagai alat komunikasi juga mempunyai beberapa fungsi, antara lain yaitu:
·Untuk mengungkapkan ekspresi
·Untuk menyampaikan informasi
·Untuk eksplorasi/menjelaskan
·Untuk persuasi/mengajak orang
·Untuk entertainment/menghibur.
Bahasa manusia juga mencerminkan bagaimana kapasitas akal pikiran seseorang,hasrat,emosi dan bahkan budayanya. Otak manusia memiliki 11,5 milyar sel otak dan serabut otak lebih tebal dibandingkan dengan binatang. Serabut otak ini menyebabkan manusia dapat mengolah informasi sangat cepat dibandingkan binatang. Kecepatan otak mengolah informasi, menyebabkan manusia dapat membuat bahasa, simpanse dan burung nuri dapat meniru bahasa manusia. Namun, kepandaian simpanse dan burung nuri hanya sama dengan manusia berumur 3 tahun, manusia mengalami kemajuan bahasa sangat pesat saat berumur 3 tahun.
Pada umur 3 tahun otak bgian depan manusia berkembang. Otak bagian depan inilah yang bertanggung jawab pada bahasa sebagai daerah Brocca. Umumnya, daerah Brocca hanya dimiliki manusia. Oleh karena itu hanya manusia yang biasa membuat bahasa. Kemampuan bahasa manusia baru berkembang 100 ribu tahun yang lalu.
Jadi dengan menggunakan bahasa manusia yang berbeda-beda menurut wilayahnya masing-masing, semua orang bisa lebih mudah dalam berkomunikasi dengan sesama manusia.
Bahwa sebenarnya hadits ini dalam mempelajari bahasa itu suatu yang mudah, seperti dalam firman Allah:
“Dan sebagian dari tanda kekuasaan Allah adalah langit dan bumi dan adanya perbedaan lisan-lisanmu.”








·ASPEK TARBAWI
·Dari hadits diatas sangat jelas bahwa Rasulullah SAW memerintahkan untuk belajar bahasa suryani/bahasa manusia.
·Bahasa mempunyai beberapa fungsi yaitu:
·Sebagai alat komunikasi
·Untuk mengungkapkan ekspresi
·Untuk menyampaikan informasi
·Untuk eksplorasi/menjelaskan
·Untuk persuasi/mengajak orang
·Untuk entertainment/menghibur










BAB III
PENUTUP

Seperti yang kita tahu, bahwa dengan bahasa lah kita ( manusia ) bisa berhubungan dan berkomunikasi dengan makhluk lainnya. Tanpa bahasa, baik itu bahasa secara lisan, tulisan maupun isyarat, manusia tidak bisa berhubungan dengan makhluk lain dengan lancar.
            Selain itu jika melihat dari sudut pandang negara maka tanpa bahasa juga tidak ada hubungan antara negara yang satu dengan yang lainnya. Begitu pentingnya bahasa bagi kehidupan manusia. Maha besar Allah yang telah menganugrahkan bahasa kepada manusia dan seluruh makhluk-Nya. Tiada yang menandingi tandingan-Nya.













DAFTAR PUSTAKA
Muhammad Isa bin Surah At-Tirmidzi.1992.Tarjamah sunan At-tirmidzi jilid IV.Semarang:CV Asy-syifa’
Tagrib at Tahdib Syinabudin Ahmad bin Ali bin Hajr al as-aqolani al maq’tufi
Utsman, Muhammad Abdurrahman.1283.Tukhwatul Ahwadi Syarah Jami’ Uturmudzi.



28 komentar:

  1. dadang irwanto
    2021110256


    Dari hadits diatas sangat jelas bahwa Rasulullah SAW memerintahkan untuk belajar bahasa suryani/bahasa manusia. maksudnya bahasa suryani itu seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. maz dadang bahasa suryani itu adalah bahasa aram timur yang biasa dituturkan disebagian wilayah bulan sabit subur. Bahasa suryani itu sudah punah dan di gantikan oleh bahasa arab sejak abad ke-8. jika anda ingin tau bahasa suryani itu seperti apa silahkan buka google di http://id.wikipedia.org/wiki/Abjad_Suryani. maaf ya sebelumnya soalnya tulisan tidak bisa ditampilkanb disini..
      makasih yah.........

      Hapus
  2. Dadang lagi Dadang lagi... kapan aku jadi yang pertama?hehehe....
    wuahhhh mengenai bahasa manusia ya,,,?kebetulan nich,,, indonesia negri kita tercinta terdapat berbagai macam suku,adat,ras dan agama (SARA)karena indonesia adalh negara pluralis... banyak daerah2 yang mengedepankan primordialisme(mementingkan golongan)bagaimana tanggapanan anda mengenai hal tersebut ?adakah saran yang bersifat religi tenang perbedaan SARA?


    tq very muaaaacchhhhh... yahhh ^_^
    beni siswanto
    2021110249
    kelas f

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya tentang perbedaan SARA tersebut adalah memang di indonesia banyak berbagai macam SARA maka dari iti sebaiknya kita itu jangan mementingkan ego masing-masing orang dan sebaiknya kita itu harus selalu menghargai tentang perbedaan tersebut.
      Memahami keberagaman, bukan untuk mencela, memahami keberagaman sebagai sesuatu yang alamaiah agar kita lebih mengerti konteks kita dalam keberagaman.Karena keberagaman adalah sesuatu yang alamiah, sesuatu yang musti dan memang harus terjadi karena sebenarnya dalam kehidupan manusia tidak ada kesamaan tanpa perbedaan-perbedaan. Karena masing-masing kita adalah unik dalam kontek perjalanan kita sebagai manusia. Seperti semboyan negara kita yaitu Bhinneka Tunggal Ika, yang berarti walaupun berbeda-beda tapi tetap satu jua.
      makasih
      http://yohans.wordpress.com/2008/06/15/keberagaman-kita-sara-dan-arah-pendekatannya/

      Hapus
  3. MURSALIN BIN SA'AN <277>

    ada ungkapan LIDAH ITU TAK BERTULANG & LIDAHMU ADALAH HARIMAU MU! bisa dikatakan bahwa kita harus berhati2 dalam berbicra, menanggapi hal tersebut bagaimana cara kita berkomunikasi dengan bahasa yang baik dan benar agar tidak menyinggung orang lain?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menyampaikannya lemah lembut, berbicara dengan jelas, sopan dan harus berhati-hati dalam mengucapkannya, agar tidak menyinggung perasaan lawan bicaranya. seperti pepatah mengatakan " lebih baik kepleset kakinya daripada kepleset lisannya", maksudnya yaitu jika yang kepleset kakinya masih bisa diperbaiki, tapi apabila yang kepleset lisannya tidak bisa diperbaiki lagi ataupun ditarik kembali ucapan tersebut.

      thanks........

      Hapus
  4. Nisfu Laila
    202 111 0272

    menurut mbak yeyen...bagaimana si keterkaitan hadits di atas yg sudh dipaparkan dengan aspek- aspek atau nilai ketarbawiannya atau kependidikn...??? mhon dijelaskan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. keterkaitan diatas yaitu bahwa dalam berkomunikasi harus menggunakan tata cara yang baik dan agar kita bisa menghargai bahasa orang lain menurut daerah masing-masing.
      Dengan kita berkomunikasi kita bisa mengungkapkan ekspresi,menyampaikan informasi dan menghibur orang lain.

      Hapus
  5. nur aini
    2021110263
    F

    kenapa kita harus mempelajari bahasa manusia dalam mata kuliyah hadits tarbawi? kenapa hadits tersebut menyuruh kit mempelajari bahasa manusia? bagaimana asbabul wurud dari hadits tersebut, sehingga kita di suruh mempelajari bahasa manusia?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salah satu alasan kenapa kita harus mempelajari bahasa manusia yaitu karena bahasa merupakan alat terpenting untuk kita berkomunikasi dengan sesama. apalagi diperkembangan zaman yang makin modern ini informasi,iptek, dan keterampilan juga kita dapatkan dari bahasa, dengan kata lain kita mengetahui berbagai macam bahasa berarti kita akan menemukan perkembangan ilmu pengetahuan yang beragam.
      Alasan kenapa hadis di atas menyuruh kita untuk mempelajarI bahasa manusia yaitu karena rasulullah itu takut dengan orang yahudi dalam penambahan dan pengurangan baik dalam tulisan maupun bacaannya. apabila kita tidak belajar bahasa manusia mungkin kita tidak akan mengerti apa yang dibicarakan oleh orang lain, dan pastinya kita akan mudah dibohongi oleh orang yang lebih mengetahui tentang bahasa ini.
      Sedangkan asbabul wurud dari hadis di atas yaitu ketika Rasulullah mendapatkan surat dari orang yahudi (yang menggunakan bahasa suryani) dan beliau takut orang yahudi dalam penambahan dan pengurangan baik dalam tulisan maupun bacaannya.sehingga beliau menyuruh zaid bin stabit untuk mempelajari bahasa suryani.

      makasih.........

      Hapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Eni marfuah
    2021110238
    kls f

    mba yani, q bingung meh komen apa nich?........
    eeeeh.....mba,tolong jelasin lagi donkkk.... tentang keterangan hadis punya mba,ale lom mudeng........ hehe.........

    BalasHapus
    Balasan
    1. penjelasannya yaitu suryaniah dengan dhomahnya sin dan sukunnya rok adalah bahasa kitab injil dan ibroniyan adalah bahasa kitab taurot, perkataan nabi di dalam alasan beliau adalah karena beliau khawatir dengan orang yahudi dalam penambahn dan pengurangan baik dalam bacaannya atau tulisannya. Dalam hadits ini dapat disimpulkan bahwa mempelajari bahasa adalah suatu yang mudah, seperti dalam firman ALLAH: "dan sebagian dari tanda kekuasaan ALLAH adalah penciptaan langit dan bumi dan adanya perbedaan lisan-lisanmu". tapi jika dengan suatu alasan yang tepat yaitu bahwa mempelajari bahasa umat lain menimbulkan faidah maka disunahkan sebagai faidah dari hadis ini.

      Abdurrahman Muhammad Utsman.Tukhwatul Ahwadi Syarah Jami’ Uturmudzi.1283. hlm 497-498

      Hapus
  8. Nurul Khotimah (2021110252) kls F

    singkat aja,, sebenarnya apa sih yang namanya bahasa suryani itu?????? jelasin dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bahasa suryani itu adalah bahasa yang dahulu banyak dipakai oleh bermacam-macam komunitas krinten di timur tengah. bahasa suryani itu sudah punah atau tidak dipakai lagi sejak abad ke-8 karena terpinggirkan oleh bahasa arab. jadi bhasa suryani hampir mirip dengan bahasa arab.

      id.wikipedia.org/wiki/bahasa_Suryani

      Hapus
    2. Kitab injil diturunkan dengan bahasa suryani.

      Hapus
  9. ilmi fitri royani
    2021110240
    kelas F

    apa tujuan kita untuk mempelajari bahasa suryani? trs kaitannya dg aspek tarbawi hadis diatas bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tujuan Rasulullah menyuruh zaid bin tsabit untuk mempelajari bahasa suryani yaitu karena rasulullah itu takut dengan orang yahudi dalam penambahan dan pengurangan baik dalam tulisan maupun bacaannya. sedangkan tujuan kita untuk mempelajari bahasa suryani yaitu agar pengetahuan kita bertambah serta kita bisa tau apa ce bahasa suryani itu dan seperti apa bentuknya.sehingga kita tidak dibohongi oleh orang yahudi tentang bahasa tersebut.
      hadis di atas dengan aspek tarbawinya tentu saling berkaitan, karena dalam hadis di atas jelas ada komunikasi bahwa Rasulullah menyuruh zaid bin tsabit mempelajari bahasa suryani. kita juga mendapatkan informasi tentang isi hadis tersebut.

      makasih.....

      Hapus
  10. DWI KARTIKA SARI
    2021110251
    F
    Seberapa pentingkah kita belajar bahasa suryani ini pada masa sekarang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bahasa suryani itu kan sudah punah sejak abad ke-8 dan digantikanoleh bahasa arab, maka kalau masalah seberapa pentingnya kita belajar bahasa suryani pada zaman sekarang ya dikembalikan lagi pada diri kita sendiri. maksudnya terserah kita mau mempelajarinya ataukah tidak.
      tapi kalau di daerah timur tengah seperti turki,persia,hindi,melayu dan daerah disekitarnya mungkin penting untuk mempelajari bahasa suryani tersebut untuk melestarikan bahasa tersebut.

      makasih mbak tika.........

      Hapus
  11. ARUM ARIFAH
    2021110271
    F
    Apakah bahasa suryani yang ada di dalam makalh anda termasuk bahasa yang digunakan sehari-hari sekarang ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ,tapi bahasa suryani masih digunakan dalam kitab injil (isi dalam kitab injil menggunakan bahasa suryani .
      Abjad suryani tidaklah dipergunakan lagi namun peshitta atau al kitab dalam bahjasa suryani trrutama cetakan keluaran universitas leiden masih dicetak menggunakan abjad ini .


      http://id.wikipedia.org/wiki/Abjad_Suryani

      Hapus
  12. halooo ye2n......
    sedikit bertanya mengenai perintah belajar bahasa, bahasa sangat luas cakupanya....
    trus, bagaimana qita belajar bahasa manusia yang sangatlah banyak macam dan jenisnya itu yang di terapkan sesuai pada wilayah tertentu???
    padahal kebanyakan kita cenderung belajar bahasa ibu...
    atau belajar bahasa daerah kita sendiri.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. kita menoleh kepada bahasa indonesia terlebih dahulu karena dengan bahasa indonesia kita dapat berhubungan satu sama lain, dimana setiap orang dapat mengerti apa yang disampaikan. jika ingin mempelajari bahasa-bahasa daerah yang beraneka ragam, mungkin kita bisa sekolah di sekolah khusus mempelajari bahasa-bahasa daerah. tetapi untuk mempelajari bahasa daerah sendiri sangat penting.

      Hapus
  13. ANNISA ROSIANA(202109243)

    menurut pemakalah ,kriteria komunikasi yang baik itu seperti apa?sehingga murid nantinya paham dengan bahasa gurunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kriteria komunikasi yang baik itu dimana kita bisa memahami bahasa yang disampaikan oleh lawan bicara kita dan lawan bicara kita dapat memahami apa yang kita sampaikan. selain itu kita harus saling menghargai satu sama lain. tidak boleh menjatuhkan satu sama lain, ataupun meremehkan satu sama lain. yang penting adalah saling memahami dan menghargai satu sama lain.
      Agar murid dapat memahami bahasa yang disampaikan gurunya, maka guru harus menggunakan bahasa yang mudah dipahami atau biasa digunakan pada kehidupan sehari-hari. tidak menggunakan bahasa-bahasa yang simbolik dan kurang bisa di pahami oleh siswanya. jika ingin menggunakan bahasa yang tidak umum (kata-kata yang asing), maka guru harus memberikan penjelasan yang lebih (memberikan arti atau sinonim dari bahasa tersebut).
      thanks....

      Hapus
  14. Syaiful Islam
    2021110250

    Bahasa manusia, samakah dengan bahasa Ibu?
    Lantas apa kaitannya dengan dunia pendidikan?
    Maafin Marwan ya..!

    BalasHapus
    Balasan
    1. bang ipung.... bahasa manusia dengan bahasa ibu itu ya sama karena awal mula dari bahasa yaitu "bahasa ibu". jika bahasa berevolusi pada awalnya untuk berkomunikasi antara ibu dengan anaknya saja, sedangkan sekarang sudah berkembang mengikuti zaman yang modern.
      http://id.wikipedia.org/wiki/asal-mula-bahasa

      kaitannya dengan dunia pendidikan yaitu bahwa bahasa sangat penting dipergunakan untuk mendidik siswanya karena dengan kasih sayang dalam bahasa ibu tersebut maka siswa akan lebih nyaman dalam proses belajar mengajar.
      makasih yah........

      Hapus