Laman

Sabtu, 21 April 2012

E9-52 54 Saihu

MAKALAH
DISTRIBUSI BAHAN POKOK HARUS LANCAR DAN HILANG KEBERKAHAN SEBAB PENIPUAN DAN PEMALSUAN
Disusun guna memenuhi tugas :
Mata Kuliah                : Hadits Tarbawi II

                                    Dosen Pengampu        : M. Ghufron Dimyati, M. S.I.

Disusun Oleh :
                                                         Nama : Saihu
Nim : 20211102116
 Kelas : E





Tarbiyah / Pendidikan Agama islam
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2011



BAB I
PENDAHULUAN
Segala pujibagi Allah yang telah melimpahkan rahmat dan keselamatan nya kepada kita semua sehingga pemakalh dapat menyusun makalah ini ttanpa ada suatu halangan apapun. Pada makalah ini akan di bahas tentang kelancaran bahan pokok dan hilang nya keberkahan karene pemalsuan dan kebohongan dalam perdagangan, dalam perdagangan kita sering menjumpai praktek yang tidak sesuai dengan syara', untuk itu dengan adanya makalah ini pemakalah mengharapkan kita semua akan terbebas dari praktek perdagangan yang di larang oleh syara' 



















BAB II
PEMBAHASAN
  1. Materi hadits
عن عمر بن خطاب قا ل قال رسول الله صلى الله عليه وسلم الجالب مرزق والمحتكرملعون رواه ابن ما جه فى السنن كتب التجرت باب الحكر والجالب                                                         
  1. Terjemah Hadits
Dari umar bin khatab RA Rasulullah Bersabda orang yang mencari rizki maka ia akan di beri rizki. Dan orang yang menyimpan atau menimbun bahan pokok maka orang tersebut dilaknat
  1. Mufrodat              
جالب    Orang yang mencarii
رزق     Rizki
حكر    Menyimpan
لعن       Laknat           
  1. Biografi Perawi
Nama lengkapnya adalah Umar bin Khatab bin nufail bin abduluzza al quraisyi, biasa di panggil Khafs atau anak singa ddan di gelari Al faruq. Ia berwajah tampan perawakanya tinggi danbesar tangan badan dan tubuhnya berotot  wajahnya tampan, jenggotnya lebat dan suka menyemirnya dengan bahan pewarna atau hina.Posturnya tinggi besar karena saking besarnya ia orang yang mengendarai, tubuhnya tegap dan suaranya lantang.
            Beliau terkenal berwatak keras dan cerdas di antara para pemuda quraisy oleh karena itu ia banyak ditakutioleh para kaum kafir quraisy. Sebelum masuk islam umar adalah tokoh yang paling memusuhi islam sampai sampai ada orang yang berujar seandainya keledai umar masuk islam maka ibnu khattab tidak akan masukislam. Ketika umar mendengar kabar  Fatimah masuk islam ia  langsung menemuinya dan umar langsung menemui suami Fatimah khabab  bin art   yang sedaang membaca Al qur'an umar pun langsung memukul Fatimah dan suaminya. Fatimah tidakmau memberikan mushaf al qur'an kepada umar karena umar tidak suci. Dan umar pun langsung mandi dan bersuci setelah itu umar membaca ayat al qur'an pada awalsurat thaha dan setelah membaca ayat itu, umar terluluhkan hatinya dan ia langsung pergi ke dar alarqam, dan mengikrarkan diri masukislam dihadapan rasulullah SAW. Keislaman umar merupakan bukti dari kecintaan Allah dan pemuliaan Allah,dimana Allah mengabulkan doa nabi " Ya Allah kuatkanlah islam dari salah satu orang yang engkau cintai dengan abu jahal atau umar bun khatab" .
            Umar adalah sahabat yang hijrah ke madinah secara terang yang ingin ibunya celaka atau anaknya nya yatim maka temui aku besok di belakang lembah ini.[1]
  1. Penjelasan Hadits
Dari hadits ini dapat disimpulkan bahwa islam menganjurkan manusia untuk mencari rizki dan tidak berpangku tangan menunggu rizki,selain itu islam juga, menganjurkan untuk selalu berbuat jujur, selain itu dalam kita di suruh untuk memperlancar kebutuhan pokok demi menjaaga kesstabilan harga dalam pasar,dan adapun orang yang memperlambat atau menimbun bahan pangan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar,hal tersebut di benci oleh Allah, dan Allah melaknat orang yang berbuat seperti itu.
F. Aspek tarbawi
1.Menanamkan kejujuran dalam kehidupan
2.Kepentingan umum di dahulukan dari pada kepentingan priadi
            3. Memberikan hak hak orang lain
            4. Mengambil keuntungan dari orang yang kesusahan adalah dosa besar

A. Materi Hadits
عن حكيم بن حزم رضيالله عنه قال قال رسول الله ص الله عليه وسلم البيعان با الخيار ما لم يتفرقا او قال حتى يتفرقا فاءن صدقا وبينا بورك لهما في بيعهما وان كتما وكذبا محقت بركة بيعهما          رواهالبخاري فى الصحيح كتابالبيوع باب اذ بين البيعان ولم يكتما ونصحا
B. Terjemah Hadits
Dari Khakim bin Khizam berkata Rasulullah SAW bersabda : ketika penjual dan pembeli masih dalam ikatan khiyar (dalam satu tempat) atau sehingga mereka berpisah, apabila  dalam jual beli tersebut jujur dan jelas (tidak ada kecurangan) maka Allah memberkahi penjual dan pembelinya,dan apabila berbohong dan menyembunyikan sesuatu,maka Allah akan melebur barokah dari penjual dan pembelinya.
C.  Mufrodat
بيع        Jual Beli
خير       Memilih
بورك     Diberkahi
       بينJelas
      محقDi lebur
      بركةBarokah
D. Biografi Perawi
Nama lengkapnya yaitu Hakim Bin Hizam Bin As'ad Bin Abdul Ghazi, keponakan khadijah istri rasulullah.  Sebelum dan setelah kenabian, beliau ini adalah teman akrab Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam, sewaktu kaum Quraisy memboikot Rasulullah, beliau tidak termasuk, karena menghormati Nabi. Beliau baru masuk Islam ketika penaklukan kota Mekah dan terkenal sebagai orang yang banyak jasa, baik dan dermawan.
Sejarah mencatat, dia adalah satu-satunya anak yang lahir dalam Ka’bah yang agung. Ceritanya sebagai berikut. Pada suatu hari ibunya yang sedang hamil tua masuk ke dalam Kabah bersama rombongan orang-orang sebayanya untuk melihat-lihat Kabah. Hari itu Ka’bah dibuka untuk umum sesuai dengan ketentuan. Ketika berada dalam Kabah, perut ibu tiba-tiba terasa hendak melahirkan. Dia tidak sanggup lagi berjalan keluar Kabah. Seseorang lalu memberikan tikar kulit kepadanya, dan lahirlah bayi itu di atas tikar tersebut. Bayi itu adalah Hakim bin Hizam bin Khuwailid, yaitu anak laki-laki dari saudara Ummul Mukminin Khadijah binti Khuwailid.
Hakim bin Hizam dibesarkan dalam keluarga keturunan bangsawan yang berakar dalam dan terkenal kaya. Karena itu, tidak heran kalau dia menjadi orang pandai, mulia, dan banyak berbakti. Dia diangkat menjadi kepala kaumnya dan diserahi urusan rifadah (lembaga yang menangani orang-orang yang kehabisan bekal ketika musim haji) di masa jahiliyah. Untuk itu dia banyak berkorban harta pribadinya. Dia bijaksana dan bersahabat dekat dengan Rasulullah sebelum beliau menjadi Nabi. Sekalipun Hakim bin Hizam kira-kira lima tahun lebih tua dari Nabi shalallahu ‘alaihi wasallam, tetapi dia lebih senang, lebih ramah, dan lebih suka berteman dan bergaul dengan beliau. Rasulullah mengimbanginya pula dengan kasih sayang dan persahabatan yang lebih akrab. Kemudian, ditambah pula dengan hubungan kekeluargaan, karena Rasulullah mengawini bibi Hakim, Khadijah binti Khuwailid radhiyallahu ‘anha, hubungan di antara keduanya bertambah erat.
Anda boleh jadi heran, walaupun hubungan persahabatan dan kekerabatan antara keduanya demikian erat, ternyata Hakim tidak segera masuk Islam, melainkan sesudah pembebasan kota Mekah dari kekuasaan kafir Quraisy, kira-kira dua puluh tahun sesudah Muhammad diangkat menjadi Nabi dan Rasul. Orang memperkirakan Hakim bin Hizam, yang dikaruniai Allah akal sehat dan pikiran tajam ditambah dengan hubungan kekeluargaan, serta persahabatan yang akrab dengan Rasulullah, akan menjadi mukmin pertama-tama yang membenarkan dakwah Muhammad, dan menerima ajarannya dengan spontan. Tetapi, Allah berkehendak lain. Dan, kehendak Allah jualah yang berlaku.[2]
E. Penjelasan Hadits
            Didalam kehidupan sehari hari , kita biasa menjumpaiorang yang bertransaksi jual beli, dalam hadits ini di jelaskan bahwa dalam proses jual beli harus jujur berkata apa adanya,tentang barang yang di perjual belikan, sehingga jelas (mengetahui kelebihan dan kekurangan) apabila dalam proses jual beli tersebut saling jujur dan saling terbuka antara penjual dan pembeli,maka yang demikian diberkahi oleh Allah.dan sebaliknya,apabila didalam jual  beli tersebut mengandung unsur kebohongandan pemalsuan,maka Allah akan melebur barakah jual bel tersebut.
F.  AspekTarbawi
1. Kita harus jujur dalam bertindak
2. Keberkahan Allah selalu Menyertai orang yang beriman
3. Pemalsuan dan kebohongan akan memecah belah
4. Setiap kebohongan dan pemalsuan akan menimbulkan perselisihan
G. Hadits Pendukung
احبالله تعلى عبدا سمحا اذ باع وسمحا اذ اشترى وسمحا اذا قضى وسمحا اذقتض روه البيهقى عن ابى هريرةا
 ان الحلف منفقة للسلعة ممحكة للكسب رواه الشيخان            

ان التجار يبعثون يوم القيا مة فجارا الا من اتقى الله و بر صدق رواه التر مذى


[1] Syaikh Muhammad Said Mursi, Tokoh Tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah,( Jakarta: Al-kausar,2009) hlm 10


[2] Syaikh Muhammad Said Mursi, Tokoh Tokoh Besar Islam Swpanjang Sejarah,( Jakarta: Al-kausar,2009) hlm. 235

33 komentar:

  1. Tri Indah Pamuji
    2021110198
    kelas E

    dlam keadaan ekonomi sekarang ini pasti banyak orang yg tertarik utk menimbun barang lebih2 pada saat kenaikan BBM yg notabennya berpengaruh besar utk harga2 barang yg ikut menjulang naik. nah, bagaimana sih cara meminimalisirnya agar tdak ada yg namanya penimbunan barang entah itu yg disengaja/tdak disengaja?
    kemudian berkaitan dg hadits kedua. apakah dalam hal mengambil untung dlm jual-beli itu mempengaruhi akan keberkahannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaitu dengan cara melakukan sidak ditempat yang di curigai menimbun bahan poko. Untung dalam perdagangan tidak mempengaruhi keberkahan selagi tetap berpegang teguh dengan syariat islam

      Hapus
  2. nama : Ali MUbarok
    nim : 2021110145
    kelas : D (E)
    dalam jual beli diharuskan adanya keikhlasan dan kejujuran, namun dalam penimbangan biasanya ibu-ibu inginya mentok kebawah ataupun tidak seimbang anatara barang dan timbangannya, namun sang penjual tidak kalah akal dengan mengurangi berat timbangan .
    bagaimana cara anda mengurangi praktek kecurangan tersebut yang biasanya terjadi di pasar-pasar traditional

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sering kali terdapat kecurangan dalam menimbang tettapi haltu tidak baik dan alnquran melrang hal tersebut seprti dijelaskan dalam al quran yanng artinya "sempurnakanlah takaran mu jika kamu menakar, dan timbanglah dengan timbangan yang benar"

      Hapus
  3. RIZKI AMALIA R
    2021110213
    KELAS E

    Apakah mengambil keuntungan yang besar itu diperbolehkan dalm jual beli|? dan bagaimana jika kebutuhan pokok terlambat untuk didistribusikan disebabkan karena human error sehigga menyebabkan harga kebutuhan bhan pokok naik??

    BalasHapus
    Balasan
    1. dalam megambil keuntungan Islam tidak membatasi seseorang untuk mengambil keuntungan artinya seorang penjual bebas mendapatkan untung sebesar besarnya selagi di dasari dengan penjualan yang sehat tidak ada praktik curang

      Hapus
  4. Ani maftuchah 2021110201
    kelas: E
    bagaimana cara menjaga diri dari perbuatan yang dilarang diatas, karena di era sekarang rasanya kalo tidak curang tidak menguntungkan, bahkan yang jujur justru disingkirkan? seperti prilaku hakim yang jujur biasanya disingkirkan oleh golongan tertentu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cara menjaga perbuatan yang dilarang diatas adalah, kita selalu mengingat bahwa ada ALlahnyang selalu mengawasi kita, selain itu kita juga harus berdoa kepada Allah agar senantiasa di jauhkan dari hal hal yang berbau maksiat, karena Kitanadalah makhluk yang lemaH .

      Hapus
  5. Hammydiati Azifa L I
    2021110208
    Kelas E

    Menurut anda, apa arti keBerkahan itu sendiri??
    Bagaimana cara meraih keberkahan yang dapat memberikan kemaslahatan bersama??

    BalasHapus
    Balasan
    1. berkah adalah bertambah, dalam segala hal, cara memperoleh keberkahan yaitu kita melakukan segala sesuatu dengan kejujuran dan keikhlasan,

      Hapus
  6. umi nadhifah
    2021110223
    kelas : E

    Menurut anda bagaimana jika kita membeli sesuatu kemudian setelah kita membawanya pulang, ternyata barang tersebut cacat, tanpa diketahui oleh kedua belah pihak (penjual dan pembeli). Tentunya sangat merugikan si pembeli. Menurut anda, bagaimana sikap yang harus dilakukan oleh sipembeli agar dia tidak merasa dirugikan dan juga tidak memberatkan si penjual?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saihu,
      dalaam jual beli terdapat khiyar, itu harus dicermati, ada khiyar syarat, khiyar majlis dan khyr aibi. apabila kasusnya seperti diatas makaboleh menggunkan khiyar aibi, aitu apabila ada cacat barang maka boleh dikembalikan

      Hapus
  7. fina atiqotul maula
    2021110200
    kelas : E

    makalah anda menjelaskan tentang hilang keberkahan sebab penipuan dan pemalsuan, realitanya pada zaman sekarang penipuan adan pemalsuan sudah menjadi hal yang biasa dalam dunia perdagangan, bagaiman anda menanggapi realita tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pada dasarnya manusia di dunia ini membutuhkan biaya hidup, Pada kenyataannya pada zaman sekarang banyak sekali praktik kecurangan dalam perdagangan. Tujuannya satu yaitu untuk memperoleh keuntungan yang besar, tapi perlu diketahui Islam melarang keras praktik jual beli yang mengandung unsur penipuan dan kebohongan

      Hapus
  8. sri setianingrum
    2021110209

    dalm makalah anda terdapat anjuran bahwa penjual yang baik adalah yang jujur dan yang tidak mengambil banyak untung. lalu menurut islam itu, berapa banyak sebaiknya penjual mendapat untung (berapa % dari harga asli)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali lagi Islam tidak menentukan kadar keuntungan, pedagang dapat mengambil keuntungan sebesar besarnya. Selama tidak melenceng dari syariat islam

      Hapus
  9. naelal khusna
    2021110222
    kelas e

    apabila di sekitar anda terdapat penjual yang curang, sebagai seorang muslim yang baik apa yang akan anda lakukan?

    BalasHapus
  10. ferri jariyah
    2021110227
    E

    bagaimana pendapat anda jika seorang penjual menyimpan barang dagangannya,, kemudian menjualnya ketika kenaikan harga demi mendapat keuntungan yang lebih???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyembunyikan sesuatu barang kemudian menjualnya pada saat mahal itu dilarang, apabila barang tersebut adalah bahan pokok untuk khalayak umum

      Hapus
  11. laelatul masruro
    2021110224 E

    Bagaimana jk ada seorang penjual yang memberatkan timbangannya ketika menjual dagangannya, bagaimana hukumnya dan apa balasan Allah bagi penjual yang curang itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Segala bentuk penipuan dan kecurangan adalah dilarang dalam Islam, artinya Islam melarang untuk berbuat hal tsb . Segala sesuatu pasti ada balasannya baik baik ataupun buruk

      Hapus
  12. kisrowiyah
    2021110231
    E

    Bagaimana cara meminimalisasi agar tidak terjadi kebohongan dan pemalsuan dalam hal jual beli??????????????????

    BalasHapus
  13. Indah Rediana
    2021110205
    E

    Bagaimana hukuman yang diberikan kepada orang-orang yang menimbun suatu barang ( beras,bbm,dsb)dan apa ada batasan /ketentuan bagi penimbun yang karena faktor jumlah dan waktu menimbun barang tersebut terhindar dari hukuman???

    BalasHapus
    Balasan
    1. saihu,,,
      Hukuman nya yaitu seperti di terangkan daam hadits yang artinya" barang siapa yang menyimpan atau menimbun selama 40 hari maka ia akan terpisah daro Allah, selain itu dalam hditsbpada materi ini juga dijelaskan bahwa Allah melaknat orang yang menyimpan bahan pokok

      Hapus
  14. nama : salafudin
    nim : 202 111 0207
    kelas : e
    assalamualaikum,,, boleh gabungkan cuy???? sedikit yang ingin saya tanyakan???? menurut pendapat anda?? kan zaman sekarang ini banyak tu yang menggunakan media interner sebagai transaksi jual beli,, yang tidak dipungkiri kita sendiri juga melakukan hal tersebut,, bagaimana sih menurut islam dengan penjualan tersebut yang saya kira hal tersebut sangat rentang sekali dengan penipuan.. terus apa hukumnya jika kita membeli emas misalnya pada saat harga rendah dan menjualnya pada saat harga tinggi apakah hal tersebut termasuk kedalam motif penimbunan atau tidak ??? N bagaimana islam memandang fenomena ini????

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada dasarnya segala bentuk jual beli. diperolehkan dalam islam seperti dalam alquran yang artolehkan inya"Allah menghalalkan jual bel dan Allah mengharamkan riba" artinya jual beli di perbolehkandengan media apapun yang pnting sesuai dengan syaiat

      Hapus
  15. af'idatun nisa'
    2021110199
    kelas : E

    menurut anda jujur dalam perdagangan itu yang seperti apa?lalu bagaimana anda menyikapi tentang nota yang ada tulisannya barang yang sudah dibeli tidak dapat di kembalikan tapi ternyata barang yang dibeli itu ada kecacatan.

    BalasHapus
  16. nama: nita eviana
    nim: 2021110217
    kelas: E
    Assalamu 'alaikum..yang ingin saya tanyakan mengapa dalam menyalurkan bahan-bahan pokok harus lancar.....padahalkan mungkin saja ditengah perjalanan ada sesuatu yang menghambat, misalnya saja menggunakan kapal.... terus kapal itu batal untuk berangkat,.. nah..... pendapat anda bagaimana? matur kesuwun.

    BalasHapus
  17. fitriana musoffa
    2021110189

    ikut gabung tanya ah..
    emm... makalah diatas kan menjelaskan jual beli yg berkaitan tentang penipuan. yang saya tanyakan ini sedikit melenceng tapi masi berkaitan tentang jual beli. menurut anda bagaimana hukum jual beli dagangan yang najis. misalnya saja kotoran ayam yang dijual untuk pupuk tanaman??
    trimakasi tuk jawabannya.

    BalasHapus
  18. Segala bentuk perkara yanG najis dilarang dalam menjual belikan adapun barang yang dilarang di penjual belikan adalah . Segala barang najis termasuk kotoran, racun, senjata yang digunakan untuk maksiat

    BalasHapus
  19. Ekawati (2021110230)
    Kelas E

    Pertanyaan saya cukup singkat, bagaimana membedakan antara laba dan riba agar dalam jual beli tersebut sesuai dengan syariat islam ?

    BalasHapus
  20. nama inayatul maula
    nim 2021110196
    kelas E
    yang saya ingin tanyakan cara jual bel yang sesuai islam itu bagaimana?????????
    kemudian bagaimana yang harus bener - benar dilakukan oleh seorang penjual agar keberkahan dari dagangannya tidak hilang,,,,,,,
    terima kasih

    BalasHapus
  21. Hari ini kaum Muslimin berada dalam situasi di mana aturan-aturan kafir sedang diterapkan. Maka realitas tanah-tanah Muslim saat ini adalah sebagaimana Rasulullah Saw. di Makkah sebelum Negara Islam didirikan di Madinah. Oleh karena itu, dalam rangka bekerja untuk pendirian Negara Islam, kita perlu mengikuti contoh yang terbangun di dalam Sirah. Dalam memeriksa periode Mekkah, hingga pendirian Negara Islam di Madinah, kita melihat bahwa RasulAllah Saw. melalui beberapa tahap spesifik dan jelas dan mengerjakan beberapa aksi spesifik dalam tahap-tahap itu

    BalasHapus