new post

zzz

Jumat, 13 April 2012

C8-46 Dewi Susanti


BUDAYA SUAP DAN RENDAHNYA
KUALITAS KERJA

Disusun untuk memenuhi tugas:
Mata kuliah           : Hadist Tarbawi I
Dosen Pengampu : Muhammad Ghufron,M.S.I
Kelas                    : C     



STAIN
 







Disusun oleh:
DEWI SUSANTI
2021110125

JURUSAN TARBIYAH
    SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
                     (STAIN) PEKALONGAN
                                                2012

PENDAHULUAN
           

            Suap yang dalam bahasa arabnya riswah merupakan sebuah problema umat Islam saat ini.Hampir diseluruh instansi-instansi pemerintah dan pendidikan ditemukan pekerjaan suap.
            Suap sebagai perilaku sosial boleh dikatakan memiliki usia sama tuanya dengan usia syariat Islam Nabi Muhammad SAW sebagai peletak dasar tasyri’ pada awal masa pemerintahannya telah menegaskan garis ketentuan ajaran Islam tentang larangan praktik suap.Bahwa suap dikenal dan setidaknya dipraktikan oleh orang Yahudi,juga olehorang-orang musyrik pada zaman sahabat.
            Suap dilarang dan diharamkan dalam Islam,karena memang merupakan salah satu bentuk kemaksiatan dan dosa yang diakibatkan dari praktik suap ini,tidak hanya merugikan atau menguntungkan seseorang,akan tetapi justru bisa menjadikan kerusakan dan kemudharatan pada masyarakat secara luas.
           








PEMBAHASAN
                    
A.     MATERI HADIST
عَنْ ثَوْبَانَ قَالَ: لَمَنْ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الرَّاشِيَ وَالرَّائِشَ يَمْنِيْ الَّذِيْ يَمْشِيْ بَيْنَهُمَا
Artinya:
Dari sahabat Tsauban berkata: Rasulullah SAW melaknat orang-orang yang melakukan perbuatan suap, penyuap dan yang disuap, yakni orang yang menjalankan di antara keduanya.

َالرَّائِشَ
Orang yang menyuap
وَاْلمُرْتَشِيَ
Orang yang disuap
الرَّائِشَ
perbuatannya

C.     BIOGRAFI PERAWI
Nama lengkapnya al-Arif al-Sufi al- Wasil Abu al-Faidl Tsauban bin Ibrahim,dan terkenal Dhunnun Al mishry kendati demikian besar nama yang disandangnya namun tidak ada catatan sejarah tentang kelahirannya.
             Waliyullah yang bangga dan dibanggakan oleh Mesir ini berasal dari Nubay (satu suku diselatan Mesir),kemudian menetap dikota Akhmim (sebuah kota di propinsi Suhaj),kota Akhmim  ini rupanya bukan tempat tinggal terakhirnya.Sebagaimana lazimnya para sufi,ia selalu menjelajah bumi mensyiarkan agama Allah menjari jati diri,menggapai cita-cita,dan ma’rifatutullah yang hikiki.
Pujian para ulama terhadap Dhunnun,tidak ada maksud supaya Dhunnun al-Misri menjadi lebih terpuji,sebab apa yang beliau harapkan dari pujian makhluk sendiri ketika Yang Maha Sempurna sudah memujinya.
Perjalanan ke dunia tasawuf ,banyak cara kalau Allah berkehendak menjadikan hambanya menjadi kekasihnya.Kadang berliku penuh onak dan duri,kadang lurus bak jalan bebashambatan,kadang melewati genangan lumpur dan limba dosa,tak dikecualikan apa yang terjadi pada Dzunnun al-misri.Bukan wali yang mengajaknya kedunia tasawuf,bukan pula seorang alim yang mewejahnya mencebur ke alam hakikat,tapi seekor burung lemah tiada daya.

D.    KETERANGAN HADIST
Akan dilaknat orang-orang yang menyuapdan yang di suap,orang  yang melakukan suap dan yang menerima suap hukuman dari sebab menyuap itu akan diganti oleh hukuman Allah SWT (mendapat hukuman dari Allah SWT), sebab demikian itu adalah perbuatan orang-orang Yahudi. Apabila berlaku suap menyuap kepada orang-orang Islam, maka mereka juga mendapat laknat dari Allah SWT seperti orang Yahudi. Demikianlah seperti dikatakan oleh kitab Mathomih. Dan benar –benar datng pencegahan dari suap menyuap itu juga terdapat dalam kitab Taurat. Maka dalam pelaksanaan suap menyuap tidak akan diterima oleh Allah SWT (Allah akan menghukumnya), sebab suap menyuap itu membutakan mata. Demikian pelaksanaan suap menyuap, demikian itu dari tafsir dari perkataan perawi-perawi dari sahabat Tsauban ,Imam Tabrani dan Imam Basari diriwayatkan Imam Tsaubani.
Seperti yang dijelaskan dalam hadist yang bersumber dari”(Hr Ahmad).

E.      ASPEK TARBAWI
Nilai-nilai kependidikan yang dapat diperoleh dari hadist diatas adalah:
1. Kita dilarang melakukan suap menyuap .
2. Melakukan suap menyuap akan mengakibatkan rendahnya kualitas kerja.
3. Akan menjadi malas jika melakukan suap menyuap.
4. Semangat kerjanya menjadi lemah.

                                          PENUTUP

Bahwa akan dilaknat orang-orang yang menyuap dan yang disuap,orang yang melakukan suap dan yang menerima suap.Sebab suap menyuap itu akan membutakan matanya juga akan menjadikan rendah kualitas kerjanya,menjadikan malas,tidak ikhlas karena A LLAH SWT melainkan hanya karena uang semata,Untuk itu dalam Islam sangat dilarang perbuatan suap menyuap,karena dapat merugikan di dunia maupun di akhirat kelak.Untuk itu janganlah melakukan hal suap menyuap karena sesungguhnya jika melakukan perbuatan ini akan di laknat oleh Allah SWT.   
                                                          





















                                          DAFTAR PUSTAKA
 Muhammad,Syaih,”Tokoh-tokoh Besar Islam Sepanjang Sejarah”,(Jakarta:Logos 1996)
Muhmmad,Faiz Ajmath,”1100 Hadist Terpilih”,(Jakarta:Gema Insani Press,1993)
Aly hery&Munzier”Watak Pendidikan Islam”(Jakarta:Friska Agung Insani,2003)
Faidhul Qadir,juz 5
           

20 komentar:

  1. bagaimana hubungan suap dengan kualitas kerja??????mengapa dinamakan suap??istighfaroh 2021110119C

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Apabila terjadi suap maka kualitas kerja menurun karena pikirannya itu akan terfokus dengan uang pemberian(suap).

      - Suap itu berarti uang/barang sogokan mbak ..

      Hapus
  2. nama : lutfiyah
    nim : 202 111 0118

    dalam keterangan hadits mbk dewi menyebutkn kitab Mathomih itu kitabnya siapa??? Dan kata2 bhwa sebab suap menyuap itu membutakan mata mksdnya pa???mhon jelaskan mksd kt2 tsb. Kemudian Islam sangat melarang perbuatan suap menyuap,karena dapat merugikan di dunia maupun di akhirat kelak.Apa saja to kerugian2 yg diterima dari adanya praktek suap menyuap didunia,???trmksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kitabnya orang Yahudi.

      Maksud mebutakan mata -> matanya itu tertutupi oleh urusan duniawi(materi) jadi yang ada dipikirannya itu hanya suap, suap, dan suap.

      Kerugiannya bisa membuat pikiran orang yang disuap tertekan karena adanya ketergantungan dari suap tersebut.

      Hapus
  3. titin nur indah sari
    202 111 0315
    Jika para penguasa korupsinya dalam bentuk uang, Lalu bagaimana dengan mahasiswa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya mahasiswa itu korupsi waktu.Misalnya jika dibebani tugas kadang mengumpulkannya telat,datang terlambat,dsb.

      Hapus
  4. nurul islakhah
    2021110139

    menurut pandangan pemakalah bisahkan kita sendiri terhindar dari suap menyuap? dan bagaimana caranya agar kita tidak terjerumus melakukan suap menyuap tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. - Pasti Bisa !!!!

      - caranya kita harus menghindari hal-hal kecil yang akan menimbulkan suap, memproteksi diri kita dengan agama.

      Hapus
  5. Nama : Khurotul Aini
    Nim : 2021110131

    yang saya tanyakan,dalam realita sekarang banyak pemimpin yang melakukan suap, bagaimana pemakalah memaknai hal tersebut???

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang saya cermati,akhir-akhir ini memang korupsi dan suap memang sudah menjadi budaya bangsa kita,tidak mudah dihilangkan.Mungkin menurut saya solusinya adalah dimulai dari diri kita,dari hal yang paling kecil,kita korupsi dan suap yang bersifat kecil-kecilan.

      Hapus
  6. nurul khikmah
    2021110122
    kelas C

    sebenarnya, yang dinamakan suap itu apa sih? teruz sejarah awal munculnya praktek suap itu kapan sih? dan mengapa sampai melakukan praktek ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. suap dalam Kamus Besar Indonesia yaitu uang sogokan. sejarahnya banyak terjadi dalam masa sahabat ketika dalam masa kepemimpinan.praktek suap ini terjadi karena ingin memiliki hak tetapi jalurnya lewat belakang,misal tidak dari hal yang demikian mungkin dia tidak akan memiliki hak tersebut,sehingga suap pun akan dilakukannya.

      Hapus
  7. nama :afif fathuri
    nim:2021110096
    kls c
    aslmkmmmmm.kenapa jaman sekarang jadi guru aja harus menyuap sedangkan guru adalah panutan ,bagaimana menangani masalah itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. afif> memang banyak realita sekarang ini suap yang sperti anda maksud,menurut saya karena lapangan pekerjaan yang kurang,sehingga siapa yang berani melakukan suap yang banyak ya dia yang dapet pekerjaan itu.Untuk menangani masalah seperti ini memang tidaklah mudah,karena hal seperti ini terjadi atas hati.oleh karena itu harus ada kesadaran yang tinggi dan iman yang kokoh,atau perbanyaklah lapangan pekerjaan khususnya untuk guru,agar tidak terjadi masalah yang seperti ini.Pemerintah juga harus menangani masalah seperti ini agar ilmu seorang guru tidak sia-sia,realitanya sekarang banyajk juga seorang guru jg tidak bekerja jadi guru.

      chamid> hukuman dialam kubur itu hanya Allah yang tahu.Yang saya ketahui pastinya akan mendapatkan laknat dari Allah SWT.

      Hapus
  8. zakirotunnikmah
    2021110112
    C

    sekarang untuk menjadi seorang pemimpin itu harus berani mengeluarkan uang sebanyak-banyaknya yang disebarkan kepada anggota masyarakat.....seandainya seorang pemimmpin yang adil juga menyebarkan uang itu pada masyarakat demi menyaingi lawannya karena lawannya ini memang bnar-benar tidak pantas jadi pemimpin. penilaian adil itu datang dari masyarakat dan jelas memang nyata dan tidak dapat dipungkiri. semua itu dilakukan semata-mata karena tidak ingin wilayah dan masyarakatnya hancur karena pemimpin yang lawannya itu......
    bagaimnakah hukumnya....????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. hukumnya boleh,karena dari masyarakatnya itu memang menginginkan orang yang adil itu menjadi pemimpinnya.Soal yang adil membagi uang kepada rakyat itu mungkin pemimpin tersebut ada rasa keikhlasan tersendiri,tidak dipungkiri dalam dunia politik memeng banyak realita seperi ini,karena memang kebanyakan orang memandang ada uang ada pekerjaan.

      Hapus
  9. 202109113
    apakah hukum suap dan menyuap itu dan sebagai hukuman di alam kubur itu apa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentunya hukuman di alam kubur hanya Allah yang tau,dan ALLAH akan melaknat orang-orang yang melakukan suap.

      Hapus
  10. nama:Azimatun ni'mah
    nim:2021110140

    menurut pemakalah bagaimana jika yg melakuakan suap itu seorang pejabat ,,,namun untuk kepentingan rakyat????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti itu bisa di ibaratkan dengan berwudhu dengan air kencing.

      maknanya perbuatan yang baik itu tidak akan menjadi baik apabila dilakukan dengan cara yang tidak baik .

      Hapus