Laman

1111

Rabu, 20 Maret 2013

f6-3 maghfiroh : makhluk Metafisik : Syetan...

MAKALAH

Disusun guna memenuhi tugas
                                    DosenPengampu         : Muhammad hufron,M.s.i
Mata kuliah                 : Hadist Tarbawi2
Kelas                           : F




Oleh :

             MAGHFIROH     
                                                             2021 111 246




SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
TAHUN AJARAN 2013


PENDAHULUAN

Dalam kehidupan manusia tidak akan luput dari godaan syaitan, karena Allah telah menciptakan makhluk metafisik (syaitan) untuk menggoda manusia. Syaitan di ciptakan dari api sedangkan manusia dari tanah, sehingga sangatlah mudah syaitan masuk melalui aliran darah untuk menggoda manusia, selama  darah manusia masih mengalir, maka syaitanpun akan terus menggoda manusia.
Dan tentunya ada cara bagaimana kita memutuskan godaan syaitan tersebut yang mengalir melalui aliran darah, sehingga kita lebih bisa menjaga nasfu.
Tentang bagaiman cara memutus godaan syaitan tersebut, akan sedikit di bahas dalam makalah yang saya buat, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca dan bisa membuat kita lebih menjaga diri dari godaan syaitan, dan membuat kita menjadi lebih  mengingat AlahSWT.
















PEMBAHASAN

Hadist 1
  1. Materi Hadist
 حَدَّثَنَا عَمْرٌو النَّاقِدُ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ قَالَ عَمْرٌو حَدَّثَنَا سُفْيَانُ بْنُ عُيَيْنَةَ عَنْ أَبِي الزِّنَادِ عَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ : { يَبْلُغُ بِهِ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ ثَلَاثَ عُقَدٍ إِذَا نَامَ بِكُلِّ عُقْدَةٍ يَضْرِبُ عَلَيْكَ لَيْلًا طَوِيلًا فَإِذَا اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ وَإِذَا تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عَنْهُ عُقْدَتَانِ فَإِذَا صَلَّى انْحَلَّتْ الْعُقَدُ فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ وَ إِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ } . (رواه مسلم فى الصحيح, باب ما روى فيمن نام : 1295

  1. Terjemah
Abu hurairah ra, bahwa Nabi saw besabda; setan itu akan mengikat tengkuk salah seorang engkau yang tengah tidur dengan tiga ikatan sehingga engkau tidur semalam. Apabila seorang diantara engkau bangun seraya menyebut nama Allah, maka lepaslah ikatan pertama, lalu apabila ia berwudlu maka lepaslah ikatan kedua , dan apabila diteruskan dengan sholat maka lepaslah ikatan ketiga. Sehingga ia akan bersemangat dan berhati jernih, kalau tidak maka hatinya akan kusut dan malas.
  1. Mufrodat
Setan telah mengikat
يَعْقِدُ الشَّيْطَان                                    ُ
Tengkuk
قَافِيَةِ رَأْس                                       ِ
Tiga ikatan
ثَلَاثَ عُقَد                                         ٍ
Malas
كَسْلَان                                           َ

  1. Biografi rowi
Ø  Abu Hurairah
Abu Hurairah ialah Rahman ibn Sakhr At Dausy At Tamimy. Beliau lahir 21 sebelum H/602M. Abu Hurairah datang ke madinah pada tahun khaibar yakni pada bulan Muharam tahun 7 H, lalu memeluk agama islam. Setelah beliau memeluk islam , beliau tetap bersama nabi dan menjadi ketua jam’ah Ahls Suffah karena inilah beliau mendengar hadist dari Nabi.
Menurut pentahqikan Baqy ibn Makhlad, sepeti yang dikutip oleh ibn Dausy, beliau meriwayatkan hadist sejumlah 5374 hadist, menurut Al-khirmani 5364. Dari jumlah tersebut 325 hadist disepakati oleh bukhori dan muslim. Bukhori sendiri meriwayatkan 93 hadist dan muslim sendiri seumlah 189 hadist.
Abu Hurairah meriwayatkan hadist dari Nabi sendiri dan dari sahabat diantaranya islah Abu bakar, umar Al adlel ib abbas ibn Abdl munththalib, ubay ibn ka’ab, usamah ibn zaid, aisyah
Abu Hurairah pernah menjadi gubernur madinah pada masa pemerintahan umar, beliau diangkat menjadi gubernur di bahrain, kemudian beliau diberhentikan.[1]
                                                                        
Ø  Imam muslim
Imam muslim ialah Abu husain muslim ibn Al hajaj ibn muslim Al quraisy An Niabury, salah seorang imam hadist yang terkemuka. Beliau melawat kehijaz, irak, syiria,dan mesir untuk mempelajari hadist dari ulama-ulama hadist. Hadist-hadistnya diriwayatkan oleh ulama-ulama baghdad yang sering beliau datangi.At turmudzi, yahya ibn said, muhammad ibn makhlad, muhammad ibn ishaq ibn huzaimah, muhammad ibn abdul wahabal farra,ahmad ibn salamah, abu awanah, ya’qub ibn ishaq al isfarayiny nashr ibn ahmad.
Diterangkn oleh Abu abdullah muhammad ibn ya’qub bahswa tatkalaal bukhari terdiam di naisabury, muslim sering mengunjunginya tetapi setelah terjadi perselisihan paham antara muhamad ibn yahya dengan al bukhory dalam masalah lafal Al-qur’an dan muhammad ibn yahya mencegah orang-orang mengunjungi bukhori, Al buhkory meninggalkan murid-muridnya pun menjauhkan diri keceali muslim, walaupun muhammad ibn yahya tidak menyukai muslim menghdiri majlis Albukhori.
Para ulam berkata’ kitab muslim adalah kitab yang kedua sesudah al-buhkori dan tidak ada seorangpun yang menyamai al-buhkori dalam mengetik sanad-sanad hadist dan perawi-perawinya selain dari muslim”.
Muhamaad al masarjasi berkata” saya mendengar muslim berkata, musnad shahih ini  saya sarihkan dari 300.000 hadist. Diriwayatkan dari muslim bahwa shahihnya berisi 7275 hadist. Beliau dilahirkn pada tahun 206H dan wafat di Naisabury pada tahun 261H.[2]
  1. Keterangan hadist
يَعْقِدُ الشَّيْطَانُ عَلَى قَافِيَةِ رَأْسِ أَحَدِكُمْ ثَلَاثَ عُقَدٍ
Di dalam hadist diatas yang dimaksud dengan قَافِيَةِ  yaitu ujung rambut ulama’ berbeda pendapat dalam mengartikan  عُقَدٍ ada yang berkata  عُقَدٍ  bermakna ikatan hakiki yaitu sihir syaitan kepada manusia sehingga dia malas untuk bangun tidur. Ada yang juga berkata  عُقَدٍ mengandung arti sebuah pekerjaan. Sebagaimana perbuatannya wanita-wanita penyihir yang mengikat perbuatannya. Ada yang berkata عُقَدٍ berarti mengikat hati seakan-akan dia di bisiki syaitan bahwa”malamu masih panjang maka kalau manusia mendengarkan bisikan itu,dia akan terlambat bangun.
Ada yang berkata عُقَدٍ itu bermakna “perumpamaan”, diumpamakan ikatan syaitan yang menghalang-halangi manusia untuk qiyamul lail.
فَإِذَا اسْتَيْقَظَ فَذَكَرَ اللَّهَ انْحَلَّتْ عُقْدَةٌ
Sabda Nabi diatas mengandunga beberapa faedah diantaranya , anjuran untuk dzikir kepada Allah ketika bangun tidur. Anjuran untuk segera berwudlu ketika bangun tidur

وَإِذَا تَوَضَّأَ انْحَلَّتْ عَنْهُ عُقْدَتَانِ
Maksudnya ketika orang itu berwudlu maka lepaslah ikatan yang kedua , maka sempurnalah lepas dua ikatan tersebut.
فَأَصْبَحَ نَشِيطًا طَيِّبَ النَّفْسِ
Maksudnya gembira karena diberi sesuatu kemulyaan dari Allah dari ketaanya. Serta balasan dari perbuatannya yaitu sesutu yang memberi barokah untuk dirinya karena dia melakukan yang diperintahkan ,maka godaan ikatan syaitan akan terlepas semuanya.
إِلَّا أَصْبَحَ خَبِيثَ النَّفْسِ كَسْلَانَ
Artinya dia masih terbelenggu oleh ikatan dan godaan syaitan, sehingga bekasnya masih terasa. Dhohirnya hadist itu mengatakan sesungguhnya orang yang tidak mau mengumpulkan tiga perkara tersebut (dzikir kepada Allah, wudlu dan sholat) maka orang tersebut termasuk dalam kategori”ketika pagi datang jiwanya kotor dan bermalas-malasan” dan hadist diatas tidak ada yang menyangkal.
Kalau Al-bukori dita’wil beliau menghendaki bahwa penhertian “ tutuplah iktan syaitan “itu untuk orang yang meninggalkan sholat dan menjadikan orang yang melakukan sholat akan terlepas ikatan syaitan tersebut sebagaimana dia tanpa ikatan dan bekas-bekasnyanya.[3]

  1. Aspek tarbawi
ü  Hadist diatas mengajarkan kita untk berdzikir kepada Allah ketika bangun tidur.
ü  Selain berdzikir ,kita juga dianjurkan untuk berwudlu dan sholat ketika bangun tidur.
ü  Menganjurkan agar kita terbiasa bangun malam untuk sholat , karena dengan hal tersebut maka diri kita tidak akan malas.



Hadist 2
  1. Materi Hadist

  حَدَّثَنِي مَحْمُودُ بْنُ غَيْلَانَ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ أَخْبَرَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ عَلِيِّ بْنِ حُسَيْنٍ عَنْ صَفِيَّةَ بِنْت حُيَيٍّ قَالَتْ : { كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُعْتَكِفًا فَأَتَيْتُهُ أَزُورُهُ لَيْلًا فَحَدَّثْتُهُ ثُمَّ قُمْتُ فَانْقَلَبْتُ فَقَامَ مَعِي لِيَقْلِبَنِي وَكَانَ مَسْكَنُهَا فِي دَارِ أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ فَمَرَّ رَجُلَانِ مِنْ الْأَنْصَارِ فَلَمَّا رَأَيَا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَسْرَعَا فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى رِسْلِكُمَا إِنَّهَا صَفِيَّةُ بِنْتُ حُيَيٍّ فَقَالَا سُبْحَانَ اللَّهِ يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَجْرِي مِنْ الْإِنْسَانِ مَجْرَى الدَّمِ وَإِنِّي خَشِيتُ أَنْ يَقْذِفَ فِي قُلُوبِكُمَا سُوءًا أَوْ قَالَ شَيْئًا  }  . (رواه البخارى فى الصحيح, كتاب بدء الخلق, باب صفة إبليس وجنوده, 3039)

  1. Terjemah
Mahmuda dan ghailan me nyampaikankepada kami dari Abdurazak yang mengabarkan dari Ali bin husain dari syafiyyah  binti hayang yang berkata” saat Rosulullah sebagai  i’tikikaf di masjid aku pernah menemui beliau  di malam hari. Aku berbicara dengan beliau, kemudian aku berdiri dan hendak kembali. Beliau berdiri bersamaku untuk mengantarku pulang. Syafi’iyah  tinggal dirumah usamah bin zaid. Saat itulah, ada 2 orang laki-laki dari anshor laut,  melihat Rosulullah, merekapun mempercepat langkah, maka nabi bersabda, pelan-pelan! Dia ini syafi’iyyah binti huyang, mereka berdua  berkata, maha suci Allah, wahai Rosulullah, beliau bersabda,sesungguhnya setan itu mengalir pada diri manusia melalui aliran darah . sungguh, aku khawatir setan itu melesatkan keburukan kedalam hati kalian  berdua.
  1. Mufrodat
Sebagai i’tikaf
مُعْتَكِفًا                                                 
 Mengalir
يَجْرِي                                                  
Darah
الدّمِ                                                    
Melestkan
يَقْذِفَ                                      
Kebrukan
سُوءًا                                                

  1. Biografi rawi
·         Al- bukhory
Al-bukhory adalah Abu abdullah Muhammad ibn ismail ibn ibrahim ibn Al mjughiroh Al ja’fy . kakek-kakek beliau beragama majusi. Kakeknya yang mula-mula memeluk islam ialah mughiroh di islaamkan oleh Al yaman Al’ ja’fy . ayah beliau adalah seorang ahli hadist yang meninggal di waktu beliau masih kecil dan meninggallkan untuknya banyak harta.  Karena itu beliau di didik oleh ibinya dan beliau mendapat pelajaran pertama dari seorang ulama fiqih.
Dan usia sepuluh tahun mulailah belisu menghafal hadist, dan umur 16 tahun beliau menghafal kitab-kitab susunan ibnu mubarak dan wakie’ serta melawat untuk menemui ulama- ulama hadist din berbagai kota. Beliau melawat ke maru, naisabur ray, baghdad, basrah, kufah ,makah , madinah, mesir, damaskus, dan asqalan.
Belaiu meriwayatkan hadist dari segolongan penghafal hadist , diantaranya ialah, makky ibn ibrahim al balkhy Abdan ibn ustman  dll.
Beliau telah membuat suatu cara baru yang kuat untuk membedakan antara hadist yang shahih dan yang tidak, sedang kiyab-kitab yang sebelumnya tidak berbuay demikian, hanya mengumpulkan hadist,yang sampai pada pengarang kitab, sedang pembahasan perawinya diserahkan kepada orang-orang yang akan mempelajarinya.
Al- bukhori mempunyai daya hafalan yang sangat kuat khusunya dalam bidang hadist. Dalam masa kanak-kanaknya beliau telah menghafal 70.000hadist lengkap dengan sanadnya.
Al-buhory adalah orang pertama yang menyusun kitab shohih yang kemudian jejeknya diikut oleh ulam-ulam lain sesdahnya beliau menyusun kitabnya itu dalam waktu 16 tahun. Dan beliau merupakan imam mujtahid yang mempunyai pendapat sendiri, walaupun pada mulanya beliau bermadab syafi’i.[4]

  1. Keterangan hadist
Sesungguhnya syaitan dan pasukanya berjalan meggoda anak adam sebagaimana berjalanya aliran darah pada tubuh manusia, sebagaimana berjalanya aliran darah yang mana manusia tidak merasakanya, sehingga tidak merasa bahwa dia dalam genggaman godaan syaitan .
Dalil bukhori menyebutkan bahwa Allah Ta’ala kuasa menciptakan makhluk yang lembut yang bisa masuk kedalam tubuh manusia sebagaimana bercampur dengan aliran darah, karena syaitan itu juga diciptakan dari api dan manusia dari tanah, apabila manusia selalu ingat Allah maka dia tidak akan tergoda dan juga sebaliknya, syaitan itu meniupkan godaannya kepada orang yang dipilih lewat nafsu amarah dengan melewati aliran darah. Dan obat yang baik dari godaan syaitan tersebut adalah memutuskan liran-aliran itu dengan rasa lapar serta puasa.[5]

  1. Aspek tarbawi
v  Hadist diatas mengajarkan kita untuk selalu ingst kepada Allah agar tidak tergoda oleh tipu daya syaitan.
v  Hadist tersebut menerangkan agar kita bisa mengendalikan hawa nafsu, seperti nafsu amarah.
v  Menganjurkan kita untuk sering berlapar(berpuasa),agar kita bisa memutuskan godaan syaitan yang menggoda manusia melewati aliran darah.








PENUTUP
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwa syaitan itu akan selalu menggoda manusia, walaupun disaat sedang tidur. Untuk itu rosulullah menganjurkan agar segera bedzikir ketika bangun dari tidur, kemudian dilanjutkan dengan berwudlu dan melakukan sholat, karena dengan hal itu maka kita akan lebih bersemangat dalm menjalani kehidupan esok hari.dan sesungguhnya orsng yang tidak melakukan hal terdebut maka hatinya akan cenderung kotor dan malas.
Selain itu di dalam makalah dibahas bahwa syaitan di dilam menggoda manusia ,akan menggoda melalui aliran darah, sehingga setiap darah itu mengalir maka syaitan akan terus menggoda menusia. Dan obat untuk mengatasi godaan syaitan tersebut adalah beringnya berlapar-lapar (berpuasa).


















DAFTAR PUTAKA

Ash-Shidieqy,Teuku M.Hasb.1997.Ilmu Hadist.semarng:PT Pustaka Riski Putra.
Raul,M.Abdul.2009. Kitab Faidhul qodir.semarang:PT Pustaka RiskiPutra.
Zakariy AbiI,Imam Muhbihin.2003.kitab Syarah Shohih.Jakarta:Prenada Media.   



[1] Teungku M. Hasbi Ash Shidieqy,Ilmu Hadist(semarng:PT Pustaka Riski Putra,1997),hlm.254
[2] Ibid,hlm296
[3]Imam Muhyidin Abi Zakariya,kitab Syarah Shohih(Jakarta;Prenada Media,2003),hlm.404-405
[4] Teuku M.Hasbi Ash Shidieq,op.cit,hlm.292
[5]M.Abdul Raul, Kitab Faidhul qodir(semarang;PT Pustaka RiskiPutra,2009), hlm.453

17 komentar:

  1. mustaqimah
    2021 111 252
    kelas F

    assalamualaikum...

    dalam salah satu hadits disebutkan,

    Dari Shafiah binti Huyai, istri Nabi Shallallahu 'Alaihi wa Sallam, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam,, bersabda, "Sesungguhnya setan itu mengalir pada anak Adam di tempat aliran darah." (HR. Bukhari)

    hadits tersebut menyatakan bahwa setan menerobos badan manusia dan mengalir sebagaimana aliran darah. mungkin pemakalah dapat menjelaskan proses hal tersebut,dan sekarang ini kan banyak fenomena mengenai kesurupan di sekolah- sekolah. bagaimana pemakalah menanggapi hal tersebut?

    terimakasih,
    wassalamu'alaikum..

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam..
      Dari hadist yang saya bahas bahwasanya setan menerobos badan manusia sebagaimana alran darah itu hanya kiasan,yang maksudnya bahwa syaitan itu menggoda manusia tidak akan lepas dari godaan syaitan.
      kalau kita lihat dari asbabul wurut hadist ini menbicarakan Nabi dan istrinya shafiyyah. rosul bersabda demikian, ingin mencegah adanya kecurigaan yang mungkin ditimbulkan oleh syaitan ketika menaksikan (yaitu keadaan nabi bersama seoarang wanita ditempat itu). menurut ibnu hajar, syaitan mempunyai kekuatan untuk menggoda manusia ibarat mengalirnya darah pada tubuh manusia.
      Sebagai umat yang beriman, tentu kita tak bisa mengingkari keberadaan setan di dunia ini. Setan itu ada, dan bahwa kesurupan itu memang terjadi karena ada setan yang masuk ke tubuh manusia. Hanya, yang masih dalam perdebatan adalah, apakah yang masuk itu setan materi (makhluk sebangsa jin, gondoruwo, dst.) ataukah setan energi (berpikir negatif, mentalitas negatif, keyakinan lemah, amal sholeh sedikit, terlalu lelah, dst). Bisa salah satunya dan bisa dua-duanya atau juga bisa yang satu memengaruhi yang lain.

      Hapus
  2. Fatkhu Rohmah
    2021 111 307
    F

    Bagaimana caranya agar kita itu selalu ingat kepada Allah, tidak tergoda oleh godaan syaitan dan bagaimana caranya agar kita bisa mengendalikan hawa nafsu kita?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan kita selalu ingat kepada Allah, insyaAllah kita tidak mudah tergoda dengan godaan syaitan. dan n cara yang intensif yang dapat dilakukan agar kita teringan dengan allah adalh :
      1)melukukn shalat wajib tepat waktu, selalu berdoa dan berdzikir kepada Allah . dengan hal itu insyaAllah hati menjadi lebih tenang dan lebih dekat dengan Allah.
      2)dengan shalat tahajud.dengan shalat tahajutinsyaAllah akan cebderung mandapatkan perasaan yang tenang, hal ini dimungkinkan ditengan kesunian malam didapatkan kondisi keheningan dan ketenangan suasana .
      3)mengingat kematian yang datang setiap saat. kematian sebenarnya sangat dekat , dan lebih dekat dengan urat leher kita.
      4)membayangkan tidur dalam kuburan yang sangat sempit, gelap dan sunyi saat kita mati nanti.
      5)membayangkan kedahsyatan akan siksa neraka.
      6)mengikuti tausiyah atau pengajian secara rutin dengan mengikuti tausiyah rutin, maka akan bisa meningkatkan keimanan kita karena selalu diingatkan kembali untuk selalu dekat kepada Allaseminggu sekali.
      7)bergaul dengan orang orang yang shalih.
      8)membaca Al_qur'an dan maknanya, kan menjadikan kita akan dekat dengan Nya.
      9)merenung atas semua kejadian alam di sekelilinh kita
      10)merasakan kebesaran Allah atas semua ciptaanya.
      dan cara agar kita dapat mengendalikan awa nafsu;
      a)Menyadari bahwa nafsu adalah dinding pagar yang mengitari jahannam.Orang yang mengikuti nafsu dikhawatirkan akan lepas dari iman, sementara dia tidak menyadarinya. Mengikuti nafsu bias menutup pintu taufik bagi manusia dan membuka pintu penyesalan.
      b)memanjakan nafsu berarti merusak akal fikiran dan itu berarti menghianati Allah.
      c)menyadari bahwa menentang nafsu akan menghasilkan kekuatan tubuh , hati dan lidah.
      d)menyadari kita diciptakan bukan karena untuk kepentngan nafsu tetapi unuk sesuatu urusan yang besar yang tidak bis adi capai kecuali dengan memnentangnya

      Hapus
  3. NUR DANINGSIH 2021111046 KELAS F
    assalamu'alaikum
    saya sering mendengar cerita dari tetangga,pastinya ibu-ibu yang bercerita.ketika mereka menghadiri suatu resepsi pernikahan.dan orang tua dari dari salah satu mempelai putri sudah meninggal dunia 1tahun yang lalu dari acara pernikahannya.kadang ketika acara resepsi dimulai.tiba-tiba si pengantin pingsan.katanya dia telah melihat sosok dari orangtuanya yang meninggal.
    pertanyaannya,sosok tersebut dapat dikatakan syaitan yang menjelma menjadi orangtuanya,,atau bagaimana..tolong jelaskan..
    terimaksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam...
      makluk ghoib yang bisa menjelma menjadi manusia dll adalh jin karena pada hakikatnya, jin itu sedang menjelma dalam wujud makhluk lain yang dapat dilihat secara kasat mata. Allah SWT memang memberi kekhususan atau keistimewaan tersendiri kepada golongan jin. Di antaranya, jin dapat mengubah bentuknya ketika mendatangi seseorang. Jin mampu mengelabui dan menggoda manusia dalam situasi tertentu. Jin bisa mengubah sosoknya agar diterima oleh kalangan dan kelompok lain yang dimasukinya.Dari sinilah dapat diketahui bahwa jin adalah makhluk gaib yang serba bisa.

      Hapus
  4. Najmul Karimah 20211111078 F
    Assalamualaikum
    Terkadang saya menengar orang bicara kalau syaitan itu ada yang baik ada yang jahat, menurut pemakalah apakah hal yang demikian itu benar adanya? jelaskan disertai dalil alqur'an atau hadist kalau ada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam..
      pada dasarnya syaitan itu merupakan makhluk ciptaan Allah yang sudah mendurhakai Allah, dan selalu menggoda manusia untuk melakukan perbuatan yang kurang baik, dengan tujuan mencari teman ketika dineraka nanti.
      "Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu Syaitan-Syaitan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia)." (Al-An’am: 112)
      syaitan itu mempunyai sifat yaitu, laknat, menggoda dan memperdaya, muunkir janji, menghasut, menjauhkan dan mengakhirkan, tipu daya,
      disamping sifat syaitan yang tercela ada sifat yang harus ditur manusia yaitu;
      1. Pantang menyerah, setan akan selalu menggoda iman manusia sebelum tujuannya tercapai.
      2. Selalu Berusaha, setan selalu mempunyai usaha yang kreatif dan inovatif untuk menggoda manusia agar terjerumus di dalam dunianya.
      3. Konsisten, setan tidak pernah mengeluh walaupun dia gagal untuk menggoda manusia, tapi dia tetap pantang menyerah
      4. Solider, setan tidak pernah saling menyerang satu sama lain, akan tetapi mereka selalu berkerja sama dalam mencapai tujuan yaitu menggoda manusia
      5. Jenius, setan memang pintar untuk menggoda manusia. Ia dapat menciptakan ide-ide kreatif dan tidak plagiat.
      6. Tanpa Pamrih, setan melakukan pekerjaan menggoda manusia 24 jam nonstop dan tidak meminta imbalan sedikitpun tidak seperti kita.
      7. Suka berteman, setan selalu ingin berteman dan dapat menjaga pertemanan (Setia, solider) agar temannya di neraka kelak akan banyak. Lalu bagaimana dengan Kita? apakah sud

      Hapus
  5. KHASANAH
    2021111369
    Asalamualaikum....
    dari pemakalah di jelaskan bahwa cara agar tidak tergoda oleh setan itu yaitu dengan cara berpuasa, pertanyaan saya apakah hanya dengan berpuasa saja. apakah ada cara yang lain. karena pada kenyataannya orang yang berpuasa pun bisa tergoda oleh setan, misalnya saja perempuan yang biasa krumpi dan tidak sengaja bisa timbul menggunjing orang....
    bagaimana menurut pemakalah apakah ada cara yang lain selain berpuasa.
    terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam..
      cara lain dalam menjauhi dari godaan syaitan;
      - Ta'awudz; memohon perlindungan kepada Allah.
      -mendirikan sholat, membaca sering membaca Al-qur'an dan memberikan sebagian harta kepada orang yang membutuhkan.
      - Ikhlas; sifat orang yang orientasi hidupnya hanya mencari ridha Allah.
      Ikhlas adalah senjata yang paling ampuh. Syetan mengakui bahwa mereka tidak akan bisa menjerumuskan orang-orang yang ikhlas.

      Iblis berkata, "Ya Tuhanku, oleh sebab Engkau telah
      memutuskan bahwa aku sesat, pasti aku akan menjadikan mereka
      memandang baik perbuatan maksiat di muka bumi,
      dan pasti aku akan menyesatkan mereka semuanya,
      kecuali hamba-hamba Engkau yang mukhlis di antara mereka."
      (QS. Al-Hijr, 15: 39 - 40)

      Hapus
  6. 2021 111 189

    assalamualaikum.........
    saya mau tanya, ada rahasia apa si, di balik sholat malam, mengapa sholat malam bisa membuat yang melaksanakan menjadi tidak malas?

    thx b4......:)
    wassalamualaikum wr. wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam..
      dari hadist yang saya bahas, bahwa seseoarang akan merasa malas itu karena dia sudah tergoda dengan godaan syaitan , yang mana syaitan tersebut menggoda kita diasaat kita tidur ,yaitu shaitan akan menggoda agar kita tidak bangun ditengah- tengah malam untuk melakukan sholat malam(tahajud), tetapi apabila kita mampu melawan godaan sayitan tersebut sehingga bisa bangun malam untuk melaksanakan shlat tahajud, hal itu berarti kita sudah mampu menentang godaan syaitan, dan insyaAllah kita menjadi tidak malas .
      Sedangkan rahasia dibalik shalat tahajud yaitu:
      -Sholat tahajud meneguhkan iman kita, jiwa kita, mental kita untuk menghadapi masalah hidup duniawi dan lain-lain .
      -Kemudian dari sisi sains pengobatan, kita akan menyedot oksigen di atmosfera bumi sekitar jam tiga pagi hingga terbit matahari dan menggerakkan otot-otot di dalam badan kita yang akan menyegarkan badan dan melancarkan aliran darah ditubuh kita.
      Kedua hal tersebut, yaitu oksigen dan gerakan otot sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia. Oksigen akan hilang dari atmosfera bumi selepas matahari terbit dan tidak datang lagi sampai besok pagi. Hanya manusia yang bangun pada waktu ini yang dapat menikmati oksigen tersebut.
      setelah kita mengetahui rahasia dibalik shalat tahajud, semoga kita menjadi giat melaksanakan sholat tahajud ya,,,

      Hapus
  7. Lutfia Riska
    2021 111 216

    assalamualaikum ............
    untuk soal ibadah , khususnya qiyamul lail .. banyak anak - anak muda zaman sekarang kurang punya kesadaran untuk melakukan ibadah sholat malam , justru orang-orang tua lah yang mempunyai kesadaran untuk melakukan ibadah sholat malam .....Bagaimana tanggapan pemakalah mengenai fenomena tersebut dan bagaimana pula saran dari pemakalah agar anak muda zaman sekarang lebih mempunyai kesadaran untuk melakukan qiyamul lail?
    terima kasihh
    wassalamualaikum .....

    BalasHapus
    Balasan
    1. waalaikumsalam...
      memang dalam fenomena sekarang ini makin banyak anak muda yang cenderung malas untuk bangun malam untuk melakukan shalat tahajud,dengan alasan masih nagantuk, dingin dll. malah para orang tua yang giat sholat tahajud karena mengngat umur mereka yang semakin tua.seharusnya anak- anak muda juga berfikir separti itu bahwa kematian sangat dekat dengan diri kita, dengan berfikiran seperti itu akan meningkatkan kesadarn dalam meningkatkan ibadah, dan memberi tahu tentang manfaat/keutamaan dari sholat tahajud.Dan sudah menjadi tugas kita untuk saling mengingatkan untuk lebih giat melakukan shalat tahajud, miisalnya ketika kita sudah bangun , maka kita juga berusaha membangunkan teman kita lain, dengan kita menelpon atau cuma sekedar di sms dll, agar kita menjadi generasi muda yang giat melakukan sholat tahajud.
      dengan demikian, insyaAllah akan lebih menngkatkan kesadaran dalam meningkatkan sholat tahajud.

      Hapus
  8. Nur Latifah
    2021 111 215
    F
    Apakah sama antara syaitan, jin dan iblis???? mohon jelaskan beserta dalilnya!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. -Syaitan itu adalah semua golongan/jenis Makhluk Ciptaan Allah Subhanahu wa ta'ala yang telah durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala.
      "Dan demikianlah Kami jadikan bagi tiap-tiap nabi itu musuh, yaitu Syaitan-Syaitan (dari jenis) manusia dan (dari jenis) jin, sebahagian mereka membisikkan kepada sebahagian yang lain perkataan-perkataan yang indah-indah untuk menipu (manusia)." (Al-An’am: 112)
      -Jin adalah sebuah Bangsa / Golongan dari Makhluk Allah yang diciptakan agar Menyembah Allah Subhanahu wa ta'ala, Dan dari golongan ini ada yang taat dan ada yang durhaka
      'Sujudlah kamu kepada Adam', maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adalah dari golongan jin, maka ia mendurhakai perintah Tuhannya. Patutkah kamu mengambil dia dan turunan-turunannya sebagai pemimpin selain daripada-Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sebagai pengganti (Allah) bagi orang-orang yang lalim. (Al Kahfi, 50)
      -Iblis adalah salah satu makhluk dari bangsa jin
      yang Durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala karena tidak menaati perintahnya untuk sujud kepada Nabi Adam 'Alayhissalam. Iblis juga adalah Nenek Moyang dari Jin-Jin Durhaka yang lain. Ibli berjanji untuk menghasut dan menggoda keturunan Adam (Manusia) agar durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala dan tidak akan berhenti hingga Akhir Zaman. Diketahui Iblis ini tidak akan mati hingga Akhir Zaman, dan pada Akhir Zaman nanti Iblis akan Menangis disaat Sakaratul Mautnya.
      Allah berfirman : "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?"
      Menjawab iblis : "Saya lebih baik daripadanya, Engkau ciptakan saya dari api sedang dia Engkau ciptakan dari tanah".
      Allah berfirman : "Turunlah kamu dari surga itu, karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina".(Al A'raaf, 12, 13)

      Hapus
  9. slamet nurchamid
    2021 111 132
    assalamualaikum,
    saya ingin bertanya, Syaitan itu adalah semua golongan/jenis Makhluk Ciptaan Allah Subhanahu wa ta'ala yang telah durhaka terhadap Allah Subhanahu wa ta'ala.
    bagaimana sebenarnya pembagian syetan? adakah sangkut pautnya dengan dajjal dan apakah karakteristik dari syetan dan manusia apa bisa di golongkan kepada syetan? dan di manakah sebenarnya alam dari iblis? apakah sama dengan jin?

    BalasHapus