Laman

Kamis, 20 Oktober 2011

Peluang PNS kecil

NAMA                  : FATKHUR ROHMAH
NIM                       : 2021 111 307

TENAGA KEPENDIDIKAN

Fenomena yang sedang ada muncul di tengah – tengah masyarakat akhir – akhir ini. Dimana profesi menjadi guru sangat di minati oleh masyarakat. Ini dapat di buktikan salah satunya di STAIN Pekalongan yang mana fakultas tarbiyah lebih di minati oleh calon mahasiswa dari pada fakultas lain. Apakah masyarakat berminat sebagai profesi guru karena mereka itu sudah memahami profesionalisme guru atau karena peluang untuk menjadi pegawai negeri. Tetapi sekarang peluang menjadi pegawai negeri sangatlah susah karena banyaknya orang yang ingin maenjadi pegawai negeri sedangkan yang di butuhkan atau yang berpeluang sangatlah sedikit hanya beberapa orang saja.
Kita sebagai calon pendidik yang harus mampu melaksanakan tindakan mendidik dalam satu situasi pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan yang mengarah manusia kepada kehidupan yang baik, sehingga terangkat derajat kemanusiaannya sesuai dengan kemampuan dasar yang di miliki oleh manusia. Dan mampu bertanggung jawab dalam menginternalisasikan nilai – nilai religius dan berupaya menciptakan individu yang memilki pola pikir ilmiah dan pribadi yang sempurna. Individu yang mampu bertanggung jawab, sehat jasmani dan rohani, mampu berdiri sandiri dan  menanggung resiko dari segala perbuatannya. Yang di tuntutdari seorang pendidik adalah kesediaan dan kerelaannya untuk menerima tanggung jawab sebagai pendidik.
Profesi pendidik adalah mendidik dan mengajar. Mengajar sebagai usaha guru untuk menyampaikan dan menanamkan pengetahuankepada siswa dan mendidik merupakan memelihara dan memberi latihan mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran. Kebanyakan guru dan orang tua wali sudah merasa puas kalau anak didik mendapat nilai baik pada hasil ulanganny. Jadi yang penting dalam hal ini siswa di tuntut mengetahui pengetahuan yang telah di kerjakan oleh gurunya. Ynagpenting adalah kecerdasan otaknya sedangkan bagaimana dengan perilaku dan sikap mental anak didik jarang mendapatkan perhatian secara serius. Itulah sebabnya banyak siswa dan mahasiswa yang kurang baik akhlaknya. Mendidik merupakan sabagai upaya, sikap mental dan akhlak anak didik. Mendidik tidak hanya sekedar mentransfer ilmu pengetahuan saja tetapi juga menyalurkan kebenaran.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar