Laman

Kamis, 20 Oktober 2011

perlu kesadaran atas kewajiban dan hak untuk sebuah tujuan dan cita-cita

NAMA           : I’ANATURRIZQIA
NIM                : 2021 111 305

Gaya Moral Penegakan Hukum Yang Baik  

Kunci utama dalam memahami penegakan hukum yang baik adalah pemahaman atas  prinsip-prinsip di dalamnya. Bertolak dari prinsip-prinsip penegakan hukum yang baik, akan dapat diperoleh tolok-ukur kinerja suatu penegakan hukum. Baik dan tidak baiknya penyelenggaraan penegakan hukum, dapat dinilai apabila pelaksanaannya telah bersinggungan dengan semua unsur prinsip-prinsip penegakan hukum yang baik, mengacu pada prinsip-prinsip demokrasi dengan elemen-elemennya, perlindungan hak asasi manusia, kebebasan,pembagian kekuasaan dan kontrol masyarakat. Oleh karena itu, suatu pelaksanaan penegakan hukum dapat disebut bergaya moral baik, apabila pelaksanaannya memenuhi elemen-elemen prinsip demokrasi tersebut.
Kejujuran adalah hal yang paling penting untuk dikembangkan dalam pembinaan sumber daya insani, karena kejujuran tidak ada modulnya. Kejujuran sangat dipengaruhi oleh keimanan seseorang. Wacana tentang syarat gaya moral pelaksanaan penegakan hukum yang baik dimasukkan pula kedalam proses bagaimana hukum itu dibentuk dan ditegakkan. Seperti aturan yang ada di kampus kita ini. Di sini bagi perempuan dituntut untuk memakai jilbab dan pakaian yang sopan, bagi laki-laki pun dituntut untuk memakai pakaian yang sopan. Dengan dilihat dari cara berpakaian para mahasiswanya itu bisa mencerminkan akhlak-akhlaknya dan juga bisa membawa nama baik STAIN itu sendiri di dalam masysrakat. Dengan ditunjang oleh sikap para mahasiswanya yang sopan dan memiliki optimisme yang tinggi dalam kehidupan bermasyarakat maka akan membawa nama baik STAIN.

Oleh karna itu persoalan gaya moral penegakan moral yang baik, maka sangat diperlukan kesadaran mahasiswanya atas kewajiban dan hak-hak yang dimiliki untuk mencapai sebuah tujuan dan cita-citanya. Selain gaya berpakaian gaya bahasa pun mempengruhi gaya moral dalam bermasyarakat. Dengan ditunjangnya dengan optimisme mahasiswanya untuk belajar lebih baik lagi maka mampu membawa dirinya ke pintu gerbang kesuksesan.dan mampu menjunjung mana baik STAIN dalam masyarakat sekitar khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. Apabila ada keseimbangan antara kejujuran,kesopanan dalam berprilaku para mahasiswanya maka baik pula gaya moral hukum yang ada di STAIN.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar