Laman

Jumat, 20 Juli 2012

M. Ghufron Dimyati: "Ramadlan Penuh Rahmat"

Pemerintah Cq Kementrian Agama RI Kamis petang 19 Juli 2012 menetapkan 1 Ramadlan 1433 H jatuh pada hari Sabtu 21 Juli 2012 sebagai awal dimulainya puasa bagi kaum muslimin khususnya di Indonesia. Sebagian kelompok masyarakat ada yang mulai berpuasa pada hari Jum'at bahkan sejak hari Kamis, namun perbedaan ini diserahkan kepada keyakinan masing-masing. Yang pasti kaum muslimin gegap gempita menyambut datangnya bulan Ramadlan yang penuh rahmat.
Ramadlan bagi kaum muslimin identik dengan puasa, shalat tarawih, nuzulul qur'an, lailatul qodar, zakat fitrah dan diakhiri dengan hari raya Idul Fitri. Rangkaian ritual ini sudah tentu memberikan nilai dan hikmah yang sangat mendalam bagi kaum muslimin pada khususnya dan semua umat manusia pada umumnya, dengan kata lain sebagai "rahmatan lil alamin". Rahmat dapat disederhanakan sebagai kasih sayang, kemaslahatan, dan keberkahan yang mana sangat dinantikan oleh semua makhluk termasuk manusia.
Rahmat pada bulan Ramadlan dapat dipetik dalam berbagai hal, di antaranya adalah:
1. Dosa dan kesalahan dimaafkan
2. Amal bakti dilipatgandakan
3. Doa dan hajat dikabulkan
4. Rejeki dan nikmat ditanbahkan
5. Waktu dan aktifitas diefektifkan
6. Masalah dan perselisihan dikompromikan
7. Sanak dan Saudara didamaikan
8. Makanan dan minuman dilezatkan
9. Nafsu dan ankara murka diredamkan
10. Hamba dan Pencipta didekatkan, dls
Rahmat Allah SWT pada bulan Ramadlan dilimpahkan bagi segenap umat manusia, beruntunglah bagi siapa yang pandai-pandai memanfaatkan kesempatan ini, dan sangatlah merugi bagi yang menyia-nyiakannya. Selamat menunaikan ibadah Puasa Ramadlan 1433 H, semoga diterima Allah SWT, amiiin ...

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar