Laman

Senin, 29 Februari 2016

SPI A 3 : DINASTI UMAYYAH


SEJARAH PERADABAN ISLAM
PADA MASA DINASTI UMAYYAH


1. Muhammad Salman Kholid
 
2. Dewi Ratnasari
 
3. Nur Riski Alfiani
4. Ana Fitra Rozmi

Kelas A 
Prodi Hukum Ekonomi Syariah
Jurusan Syariah dan Ekonomi Islam
Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Pekalongan
Jl. Kusuma Bangsa No.9 Pekalongan Utara
Pekalongan
2016




KATA PENGANTAR
Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum, wr.wb. 
Puji syukur kami panjatkan kehadirat ALLAH SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik, dan hidayahnya sehingga makalah ini dapat tersusun. Sholawat serta salam senantiasa tercurah kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang telah kita nantikan syafaatnya kelak di yaumul akhir.
Makalah yang kami susun pada mata kuliah Sejarah Peradaban Islam ini bertemakan tentang Dinasti Umayyah Timur dan Dinasti Umayyah Barat, dimana pada makalah ini akan mengulas tentang sejarah tersebut agar pembaca lebih faham mengenai hal tersebut dan lebih memiliki wawasan yang luas tentang itu.
Makalah ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan baik isi maupun tulisan. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima saran dan kritik dari pembaca guna penyempurnaan penulisan makalah ini..Akhirnya, kami berharap makalah ini dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi peningkatan pembelajaran dan penambahan ilmu pengetahuan untuk mahasiswa yang lain. 

Wallahul muwafiq illa aqwamithoriq
Wassalamualaikum,Wr.Wb.


Pekalongan, 24 Februari 2016


Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Diawal abad ke-7 Masehi ketika Nabi Muhammad SAW memulai misinya di Negeri Arab, seluruh pantai laut tengah merupakan bagian dari dunia masyarakat Kristen sepanjang Eropa, Asia, dan pantai Afrika Utara.
Setelah berakhirnya periode klasik, ketika islam mulai memasuki masa kemunduran, Eropa bangkit dari keterbelakangannya. Eropa berhasil dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Kemajuan di Eropa ini tidak dapat dipisahkan dari pemerintahan Islam di Spanyol. Pada periode klasik, ketika islam mencapai masa keemasannya, Spanyol merupakan pusat peradaban islam yang sangat penting menyaingi Baghdad Timur.
Kemajuan Islam sebelah timur menginjak zaman emasnya, bagian baratnya di Spanyol pun memasuki masa yang sama gemilangnya. Ini adalah masa yang lebih penting artinya, karena terutama melalui keislaman di Spanyol inilah kebudayaan Kristen pada awal abad pertengahan yang kemudian melahirkan suatu peradaban yang diwarisi oleh orang barat dewasa ini.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut perlu kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan untuk terfokusnya kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut.
1. Bagaimana Sejarah Berdirinya Dinasti Umayyah Timur ?
2. Siapa Saja Para Khalifah Dinasti Umayyah Timur ?
3. Bagaimana Masa Kemajuan Dinasti Umayyah Timur ?
4. Bagaimana Masa Kehancuran Dinasti Umayyah Timur ?
5. Bagaimana Masuknya Islam di Spanyol ?
6. Apa Faktor yang Menyebabkan Islam Mudah Masuk ?
7. Bagaimana Perkembangan Islam di Spanyol ?
8. Bagaimana Kemajuan Peradaban Islam di Spanyol ?
9. Apa Pengaruh Peradaban Spanyol Islam di Eropa ?
10. Bagaimana Transmisi Ilmu-ilmu Keislaman Eropa ?

C. Metode Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah yang dilakukan melalui studi literatur atau metode kajian pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa referensi buku atau dari referensi lainnya yang merujuk pada permasalahan yang dibahas. Langkah-langkah pemecahan masalahnya dimulai dengan menentukan masalah yang akan dibahas dengan melakukan perumusan masalah, melakukan langkah-langkah pengkajian masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perumusan jawaban permasalahan dari berbagai sumber, dan penyintesisan serta pengorganisasian jawaban permasalahan
D. Sistematika Penulisan Makalah
Makalah ini ditulis dalam tiga bagian, meliputi: Bab I bagian pendahuluan yang terdiri dari: latar belakang masalah, perumusan masalah, metode pemecahan masalah, dan sistematika pnulisan makalah; Bab II adalah pembahasan; Bab III bagian penutup yang terdiri dari simpulan dan saran-saran.

BAB II
PEMBAHASAN
PERADABA ISLAM PADA MASA DIASTI UMAYYAH TIMUR (661-750 M)
A. Sejarah Berdirinya Dinasti Umayah Timur 
Nama Dinasti Umayyah dinisbatkan kepada Umayyah bin Abd Syams bin Abdu Manaf. Ia adalah salah seorang tokoh penting di tengah Quraisy pada masa jahiliyah. Ia dan pamannya Hasyim bin Abdi manaf selalu bertarung dalam memperebutkan kekuasaan dan kedudukan.
Dinasti Umayyah didirikan oleh Muawiyah bin Abu Sufyan bin Harb. Muawiyah disamping sebagai pendiri Daulah Bani Abbasiyah juga sekaligus menjadi khalifah pertama. Ia memindahkan ibu kota kekuasaan islam dari Kufah ke Damaskus.
Muawiyah dipandang sebagai pembangunan dinasti yang oleh sebagian besar sejarawan awalnya dipandang negative. Keberhasilannya memperoleh legalitas atas kekuasaannya dalam perang saudara di Siffin dicapai melalui cara yang curang. Lebih dari itu, Muawiyah juga dituduh sebagai pengkhianat prinsip-prinsip demokrasi yang diajarkan islam, karena dialah yang mula-mula mengubah pimpinan Negara dari seorang yang dipilih oleh rakyat menjadi kekuasaan raja yang diwariskan turun temurun.
Diatas segala-galanya kalau dilihat dari sikap dan prestasi politiknya yang menakjubkan sesungguhnya Muawiyah adalah seorang pribadi yang sempurna dan pemimpin besar yang berbakat. Didalam dirinya berkumpul sifat-sifat seorangpenguasa, politikus, dan administrator.
Muawiyah tumbuh sebagai pemimpin karir. Pengalaman politik telah memperkaya dirinya dengan kebijaksanaan-kebijaksanaan dalam memerintah, mulai dari menjadi salah seorang pemimpin pasukan dibawah kоmandо panglima Abu Ubaidah bin Jarroh yang berhasil merebut wilayah palestina, Suriah, dan Mesir dari tangan Romawi.
Muawiyah berhasil mendirikan Diasti Umayyah bukan karena kemenangan di Siffin dan meninggalnya Ali, melainkan sejak semula gubernur suriah memiliki basis yang sоlid bagi landasan pembangungan politiknya dimasa depan. Pertama adalah dukungan yang kuat dari rakyat suriah dan dari keluarga Bani Umayyah sendiri. Mereka telah mempunyai pasukan yang kokoh terlatih dan disiplin digaris depan dalam peperangan melawan romawi. Mereka sepenuhnya mendukung muawiyah dan memasok sumber kekuatan yang tidak ada habisnya baik mоral, tenaga, maupun kekayaan ditambah lagi dikuasainya Mesir yang merupakan sumber-sumber kemakmuran dan sebagai penambah supply bagi muawiyah. Kedua , sebagai administrator Muawiyah sangat bijaksana dengan menempatkan pembantunya pada jabatan-jabatan yang penting. Salah satunya Amru bin Ash, sebelum masuk islam, Amru bi Ash dikagumi оleh bangsa Arab Karena kecakapannya sebagai mediatоr antara Quraisy dan suku Arab lain, dan pada masa Muawiyah dia dijadikan senjata saat berunding dengan Ali (Amul Jama’ah) dan menghasilkan kemenangan dipihak Muawiyah. Ketiga , Muawiyah memiliki kemampuan menonjol sebagai negarawan sejati bahkan mencapai tingkat “hilm” sifat tertiggi yang dimiliki para pembesar mekah dulu. Dengan kemampuannya itu ia berhasil merintis berdiriya Diasti Muawiyah yang berkuasa hampir seabad lamanya.
B. Para Khalifah Dinasti Umayyah Timur
1. Muawiyah 1 bin Abi Sufian (41-60 H / 661-679 M)
Silsilah Muawiyah bin Abu Sufyan sebagai pendiri Daulah Amawiah yang berkuasa atas pemerintah kaum Muslimin selama delapan puluh tahun (40-132 H) bersambung kepada Umayah bin Abdu Syams bin Abdu Manaf bin Qushay.
2. Yazid 1 bin Muawiyah (60-64 H / 679-683 M)
Yazid dilahirkan dari isteri Muawiyah yang bernama Maimu binti Bahdal Al Kabiah, seorang wanita kampung yang dinikahi Muawiyah sebelum ia menjadi khaifah. Ia fasih dalam berkata, dermawan, dan sangat pandai bersyair.
3. Muawiyah II bin Yazid (64 H / 683 M)
Muawiyah II saat diangkat menjadi khalifah masih anak-anak dan dianggap lemah. Dia tidak meninggalkan sesuatu yang pantas untuk dicatat mengingat masa pemerintahannya juga hanya empat puluh hari saja. Dia juga tidak sempat menikmati kekuasaanyya karena ia sakit sehingga hanya terdiam didalam rumahnya.
4. Marwan I bin Hakam (64-65 H / 683-684 M)
Marwan adalah keturunan Bani Umayah yang dikenal bersikap memusuh Rasulullah dan dakwahnya. Marwan adalah seorang intelek, petah lidah, pemberani, dan seorang yang rajin membaca Al-qur’an.
5. Abdul Malik bin Marwan (65-86 H / 684-705  M)
Abdul Malik bin Marwan lahir di Madinah pada tahun 26 H, pada masa pemerntahan Utsman bin Affan. Tercatat, bahwa ia tumbuh dengan sangat cepat dan terkenal sebagai pemberani serta suka menolong.
6. Al-Walid I bin Abdul Malik (86-96 H /705-714 M)
Memerintah 10 tahun lamanya pada masa pemerintahannya, kekayaan dan kemakmuran melimpah ruah. Kekuasaan Islam melangkah ke Spanyol dibawah pimpinan pasukan Thariq bin Ziyad ketika Afrika dipegang oleh gubernur Musa bin Nushair. Karena kekayaan melimpah maka ia sepurnakan pembangunan gedung-gedung, pabrik-pabrik, dan jalan-jalan yang dilengkapi dengan sumur untuk para Khalifah yang berlalu lalang di jalur tersebut.
7. Sulaiman bin Abdul Malik (96-99 H / 714-717 M)
Ia merupak Khalifah yang kurang bijaksana, suka harta sebagaimana yang diperlihatkan ketika ia menginginkan harta rampasan perang dari Spanyol yang dibawa oleh Musa bin Nushair. Khalifah Sulaiman bin Abdul Malik dibenci oleh rakyatnya, karena tabiatnya yang kurang bijaksana itu. Para pejabatnya terpecah belah demikian pula masyarakatnya.
8. Umar bin Abdul Aziz (99-101 H / 717-719 M)
Meskipun masa pemerintahannya sangat singkat, namun Umar merupakan “Lembaran Putih” Bani Umayah dan sebuah periode yang berdiri sendiri, mempunyai karakter yang tidak terpengaruh oleh berbagai kebijaksanaan daulah Bani Umayah yang banyak disesali. Ia merupakan personifikasi seorang Khalifah yang taqwa dan bersih.
9. Yazid II bin Abdul Malik (101-105 H / 719-723 M)
Dilantik menjadi Khalifah pada bulan Rajab tahun 101 H, sesudah ia menjabat Khalifah, Syaudzab Al Khariji menyatakan perang kepada orang-orang Amawi dan dalam beberapa pertempuran Syaudzab berhasil mengalahkan mereka, sampai Maslamah bin Abdul Malik diangkat oleh Yazid sebagai gubernur Koufah. Masa pemerintahan Yazid diwarnai pula dengan peristiwa pemberontakan yang dipimpin oleh Yazid bin Al Mulahhab bin Abu Shufrah. Tercatat, bahwa ia dipenjarakan pada masa pemeriintahan Khalifah Umar bin Abdul Azizi, tetapi ia berhasil melarikan diri dari penjara lalu bergerak menuju Bashrah dan berhasil menawan gubernurnya.
10.  Hisyam bin Abdul Malik  (105-125 H /723-742 M)
Hisyam adalah seorang yang cerdas, penyantun, dan murah hati. Dia juga terkenal sebagai seorang ahli strategi dan seorang politikus ulung sehingga dikatakan, bahwa ahli politik dari Bani Umaya ada tiga orang : Muawiyah, Abdul Malik, dan Hisyam.
11.  Al-Walid II bin Yazid II  (125-126  H / 742-743 M)
Al Walid terkenal sebagai seorang Khalifah yang gemar berfoya-foya, hura-hura, dan bermaiin perempuan. Dia juga dikenal sebagai seorang penyair yang kualitatif yang berhasil menciptakan beberapa bait syair yang baik sekala daam objek celaan, asmara, dan obsesinya tentang arak.  
12.  Yazid bin Walid bin Malik (126 H / 743 M)
Ia adalah seorang bermata juling dan suka menampakkan diri sebagai orang yang taat beribadah. Namun ia juga dijuluki dengan orang kikir, karena telah memotong gaji para tentara terutama para  tentara Hijaz. Ia juga seorang Khalifah yang berfaham ajaran Mu’tazilah.
13.  Ibrahim bin Al-Walid II (126-127  H / 743-744 M)
Ibrahim Al Walid dilantik  sesudah Yazid bin Walid meninggal. Ia hanya memerntah selama 2 bulan saja.
14.  Marwan II bin Muhammad (127-132 H / 744-750 M)
Ia merupakan Penguasa Umayah terakhir yang dibunuh di Mesir oleh pasukan Abbasiyyah.

C. Masa Kemajuan Dinasti Umayyah Timur
Bani Umayyah dikenal sebagai salah satu era agresif, dimana semua perhatian tertuju pada perluasan wilayah dan penaklukan. Hanya dalam jangka Sembilan puluh tahun banyak bangsa yang masuk kedalam kekuasaan islam meliputi Tanah Spanyol, Seluruh Afrika Utara, Jazirah Arab, Syria, Palestina, Iraq, Persia, Afganistan, dan masih banyak bangsa lain.
Saat-saat yang paling mengesankan dalam ekspansi ini terjadi pada paruh pertama dari seluruh masa Bani Umayyah yaitu ketika masanya Muawiyah sampai masanya Abdul Malik. Diluar masa tersebut usaha-usaha penaklukan mengalami degradasi atau hanya mencapai kemenangan-kemenangan yang sangat tipis. 
Ekspansi ke timur telah dirintis oleh Muawiyah lalu disempurnakan oleh Khalifah Abdul Malik. Dibawah komando Hajjaj bin Yusuf tentara kaum muslim berhasil menundukkan Balkh , Bukhara’, Khawarizm, Farghana, dan Samarkhand. Pasukan muslim juga berhasil masuk ke Balukhistan, Punjab, dan Sind, sampai ke Multhan ini merupakan pertama kalinya islam menginjakkan kaki dibumi india. 
Masa Al walid I disebut sebagai masa kemenangan yang luas. Ia menghidupkan kembali pengepungan knstantinpel, walaupun belum berhasil menguasai sepenuhnya tetapi tindakan itu berhasil menggeser tapal batas pertahanan islam lebih jauh ke depan. 
Prestasi yang lebih besar dicapai di front Afrika Utara da sekitarnya. Pasukan islam dibawah pimpinan Thariq bin Ziyad berhasil masuk ke Spanyol dan merebut Cоrdоva sevilla, Elvira, dan Toledo.
Bani Umayyah juga berjasa dalam pembangunan pоlitik dan sоisal budaya. Para khalifah didampingi para sekretaris untuk membantu melaksanakan tugas yang meliputi:
1.Katib Ar-Rasail, bertugas administrasi dan surat menyurat para pejabat.
2.Katib al-kharraj, sekertaris yang bertugas menylenggarakan penerimaan dan pengeluaran Negara.
3.Katib al-jundi bertugas menyelenggarakan berbagai hal yang berkaitan dengan ketentaraan.
4.Katib asy-syurtah, bertugas menyelenggarakan pemeliharaan  keamanan dan ketertiban umum.
5.Katib al-quda, bertugas manyalanggarakan ketertiban hukum.
Dalam didang budaya bani umayah telah membuka terjadinya kontak antar bangsa-bagsa muslim hubungan itu melahirkan kreatifitas baru di bidang yang menakjubkan di bidang seni dan ilmu pegetahuan. 
Kemajuan di bidang peradaban :
1. Pegembangan bahasa arab,dilakukan dengan menjadikan bahasa arab sebagai bahasa resmi Negara
2. Marbad kota pusat kegiatan ilmu, kota kecil yang menjadi kota satelit dari damaskus, kota ini berkembang menjadi pusat kegiatan ilmu pengetahuan dan kebudayaan.
3.Ilmu qiroat,ilmu ini di kembang luaskan menjadi salah satu cabang ilmu syariat yang penting
4.Ilmu tafsir
5.Ilmu hadist, di masa ini timbul usaha untuk mengumpulkan hadis, menyelidiki asal usulnya sehingga menjadi satu ilmu yang berdiri sendiri yang dinamakan ilmu hadist.
6.Ilmu fiqih
7.Ilmu nahwu, masa ini terjadi pembukuan ilmu nahwu dan menjadikannya salah satu ilmu yang penting untuk mempelajari agama islam. 
8.Ilmu tarikh, pada masa itu ilmu ini berkembang menjadi suatu ilmu yang betul betul berdiri sendiri.
9.Usaha penerjemahan, di masa ini diterjemahkan buku buku tetang ilmu kimia, ilmu astronomi, ilmu falaq, ilmu fisika, ilmu kedokteran dan lain-lain.
D. Masa Kehancuran Dinasti Umayyah Timur
Meskipun kejayaan telah diraih oleh Bani Umayyah, ternyata tidak bertahan lebih lama., dikarenakan kelemahan-kelemahan internal dan semakin kuatnya tekanan dari pihak luar. 
Ada beberapa factor yang menyebabkan Dinasti Umayyah lemah dan membawanya kepada kehancuran yaitu :
1. Ketidakjelasan system pergantian khalifah yaitu melalui garis keturunan yang merupakan hal yang baru bagi tradisi Arab
2. Latar belakang terbentuknya Dinasti Umayyah banyak terjadi berbagai konflik politik yang terjadi di masa Ali.
3. Pada masa kekuasaan Bani Umayyah, pertentangan etnis antara Suku Arabia Utara (Bani Qais) dan Arab Selatan (Bani Kalb) yang sudah ada sejak zaman sebelum islam semakin runcing.
4. Lemahnya pemerintahan daulah Bani Umayyah juga disebabkan oleh sikap hidup mewah disekitar istana sehingga anak-anak khalifah tidak sanggup memikul beban berat kenegaraan tatkala mereka mewarisi kekuasaan.
5. Penyebab langsung runtuhnya kekuasaaan Dinasti Umayyah adalah munculnya kekuatan baru yang di pelopori oleh keturunan Al-Abbas bin Abas Al-Muthalib.
PERADABA ISLAM PADA MASA DIASTI UMAYYAH BARAT (705-1031)
E. Masuknya Islam di Spanyol 
Spanyol diduduki umat Islam pada zaman Khalifah Al-Walid (705-715 M), salah seorang khalifah dari Bani Umayah yang berpusat di Damaskus. Sebelum penaklukan Spanyol, umat Islam telah menguasa Afrika Utara dan menjadikannya sebagai salah satu propinsi dari dinasti Bani Umayah. Penguasaan Afrika Utara itu terjadi di masa Abdul Malik (685-705 M).
Dalam proses penaklukan Spanyol terdapat tiga pahlawan Islam yang dapat dikatakan paing berjasa memimpin satuan-satuan pasukan kesana. Mereka adalah Tharif ibn Malik, Thariq ibn Ziyad, dan Musa ibn Nushair.
Gelombang perluasan wilayah berikutnya muncul pada masa pemerintahan Khalifah Umar ibn Aziz tahun 99 H/717 M. Kali ini, sasaran ditujukan untuk menguasai daerah sekitar pegunungan Pyrenia dan Perancis Selatan. Pimpinan pasukan dipercayakan kepada Al-Samah, tetapi usahanya gagal dan ia sendiri terbunuh pada tahun 201 H. Selanjutnya, pimpinan pasukan diserahkan kepada Abd Al-Rahman ibn Abdullah Al-Ghafiqi. Dengan pasukannya, ia menyerang kota Bordesu, Poiter, dan dari sini ia mencoba menyerang kota Tours. Akan tetapi, di antara kota Poiter dan Tours itu ia ditahan oleh Charles Martel, sehingga penyerangan ke Perancis gagal dan tentara yang dipimpinnya mundur kembali ke Spanyol.
Gelombang kedua terbesar dari penyerbuan kaum Muslimin yang geraknya dimulai pada abad ke-8 M ini, telah menjangkau seluruh Spanyol dan menyebar jauh menjangkau Prancis Tengah dan bagian-bagian penting dari Italia.
Kemenangan-kemenangan yang dicapai umat Islam Nampak begitu mudah. Hal itu tidak dapat dipisahkan dari adanya factor eksternal dan internal yang menguntungkan.
Yang dimaksud dengan factor eksternal adalah suatu kondisi yang terdapat di dalam negeri Spanyol itu sendiri. Adapun yang dimaksud dengan factor internal adalah suatu kondisi yang terdapat dalam tubuh penguasa, tokoh-tokoh pejuang, dan para prajurit Islam yang terlibat dalam penaklikan wilayah Spanyol pada khususnya. Yang tak kalah pentingnya adalah ajaran Islam yang ditunjukkan para tentara Islam, yaitu toleransi, persaudaraan, dan tolong menolong. Sikap toleransi agama dan persaudaraan yang terdapat dalam pribadi kaum Muslimin itu menyebabkan penduduk Spanyol menyambut kehadiran Islam di sana. 
F. Faktor yang Menyebabkan Islam Mudah Masuk
Kemenangan yang dicapai umat islam tidak dapat dipisahka dari factor eksternal dan internal.
Yang dimaksud factor eksternal adalah suatu kondisi yang terdapat didalam negeri Spanyol sendiri. Pada masa penaklukan spanyol oleh orang islam, kondisi social, politik, dan ekonomi negeri ini keadaannya menyedihkan. Wilayahnya terbagi kedalam beberapa negeri kecil. Bersamaan dengan itu penguasa Gothic bersikap tidak toleran terhadap aliran agama yang dianut oleh penguasa, yaitu aliran Monosifit, apalagi terhadap penganut agama lain, Yahudi. Peganut agama yahudi yang merupakan bagian terbesar dari peduduk Spanyol dipaksa di baptis menurut agama Kristen. Sedangkan yang tidak bersedia dipaksa dan dibunuh secara brutal.
Perpecahan politik memperburuk keadaan ekonomi masyarakat. Setelah spanyol berada dibawah kekuasaan kerajaan Goth, perekonomian lumpuh dan kesejahteraan masyarakat menurun. Buruknya kondisi sosial, ekonomi, dan keagamaan tersebut disebabkan oleh politik yang kacau. Kondisi terburuk terjadi pada masa pemerintahan Raja Roderick, Raja Goth terakhir yang dikalahkan islam.
Sedangkan factor Internal dipengaruhi oleh kondisi yang terdapat dalam tubuh penguasa, tokoh prajurit yang terlibat dalam penaklukan wilayah spanyol pada khususnya. Para pemimpin dan tokoh tentara tersebut selalu kompak bersatu dan percaya diri. Mereka berani dan tabah menghadapi persoalan. Juga adanya ajaran islam yang ditunjukkan para tentara yaitu toleransi persaudaraan, dan tolong menolong.
G. Perkembangan Islam di Spanyol
A. Periode pertama 
Pada masa ini spanyol dibawah pemerintahan wali yang diangkat oleh khalifah bani umayah yang berpusat di Damaskus. Stabilitas politik juga belum tercapai dan gangguan masih banyak terjadi baik dari luar dan dari dalam.
B. Periode kedua
Pada masa ini dibawah pimpinan khalifah Abasiyah di Baghdad saat itu umat islam memperoleh kemajuan di dibidang politik maupun peradaban.
C. Periode Ketiga
Pada periode ini umat islam mencapai pucak kemajuan dan kejayaan menyaingi abasyiah di Baghdad, dan juga masyarakat dapat menikmati kesejahteraan dan kemakmuran yang tinggi.
D. Periode Keempat
Pada peride ini spanyol terpecah menjadi beberapa negara kecil yang berpusat di kota-kota tertentu, bahkan terpecah menjadi 30 negara kecil.
E. Periode kelima
Saat itu spanyol masih terpecah-pecah tapi ada dua kekuatan besar yang mendominasi yaitu Dinasti Murabithun dan Diasti Muwahhidun.
F. Periode Keenam
Islam hanya berkuasa di Granada, kekuasaan ini merupakan pertahanan terakhir umat islam di spanyol. Karena perang saudara akhirya islampun hancur. Ferdinand dan Isabella behasil mempersatukan umat kristen dan juga menghacurkan umat islam di Spanyol.
H. Kemajuan Peradaban Islam di Spanyol
1 Kemajuan Intelektual
Spanyol adalah negeri yang subur. Kesuburan itu mendatangkan penghasilan ekonomi yang tinggi dan pada gilirannya banyak menghasilkan pemikir, yaitu :
a. Filsafat
b. Sains
c. Fiqih
d. Musik dan Kesenian
e. Bahasa dan Sastra.
2. Bidang Keilmuan Keagamaan
Pada bidang keilmuan keagamaan Spanyl memiliki kemajuan dalam Ilmu Tafsir dan Fiqh. Pada Tafsir, Al Qurthubi merupakan salah satu mufasir yang terkeal dari Andalusia. Dalam bidang fiqh, Spanyol islam dikenal sebagai pusat penganut madzhab imam maliki. Adapun yang memperkenalkannya adalah Ziyad bin Abd Ar-Rahman.
3.  Kemajuan dibidang Arsitektur Bangunan
Aspek-Aspek pembangunan fisik yang mendapat perhatian umat Islam sangat banyak. Pembangunan-pembangunan fisik yang paling menonjol adalah pembangunan gedung-gedung, seperti pembangunan kota, istana, masjid, pemukiman, dan taman-taman. Diantara pembangunan yang megah adalah masjid Cordova, kota Al-Zahra, Istana Ja’fariyah di Sragosa, tembok Toledo, istana Al-Makmun, Masjid Seville, dan istana Al-Hamra di Granada.
I. Pengaruh Peradaban Spanyol Islam di Eropa
Kemajuan Eropa yang terus berkembang hingga saat ini, banyak berhutang budi kepada khazanah ilmu pengetahuan Islam, yang berkembang di periode klasik.
Spanyol merupakan tempat yang paling utama bagi Eropa menyerap peradaban Islam, baik dalam bentuk hubungan politik, social, maupun perekonomian,dan peradaban antarnegara. Pengaruh peradaban Islam, termasuk didalamnya pemikiran Ibn Rusyd, ke Eropa yang belajar di universitas-universitas Islamdi Spanyol, seperti universitas Cordova, Seville, Malaga, Granada, dan Salamanca.
Pengaruh ilmu pengetahuan Islam atas Eropa yang sudah berlangsung sejak abad ke-12 M itu menimbulkan gerakan kebangkitan kembali (renaissance) pusaka Yunani di Eropa pada abad ke-14 M. Berkembangnya pemikiran Yunani di Erpa kali ini adalah melalui terjemahan-terjemahan Arab yang dipelajari dan kemudian diterjemahkan kembali ke dalam bahasa Latin.
J. Transmisi Ilmu-ilmu keislaman ke Eropa
Sebenarnya transmisi ilmu pengetahuan Islam mengalir ke Eropa melalui berbagai jalur. Jalur-jalur tersebut adalah melalui perang Salib, negeri Sicilia, dan Spanyo (Andalusia).
1.      Melalui Perang Salib
Perang Salib yang terjadi dari tahun 1096-1273 M (489-666 H) adalh perang antara Umat Kristen Eropa Barat ke tanah Timur khususnya Palestina yang dikuasai daulah Islam.
Dengan adanya perang Salib ini banyak membawa keuntungan bagi benua Eropa. Perhubungan orang Kristen dengan orang Timur Tengah memberikan kemajuan dalam berbagai bidang. Ketika kembali ke Eropa kapal-kapal mereka membawa barang-barang berharga seperti kain tenun sutera, bejana dari porselin, dan lain-lain.
2.      Melalui Negara Sicilia
Sebagai titik persentuhan dari dua lapangan kebudayaan, maka pulai Sicilia teristimewa merupakan alat penghubung untuk meneruskan pengetahuan kuno dan pengetahuan abad pertengahan.
Ada dua jembatan penyeberangan filsafat Islam ke Eropa, pertama melalui orang-orang Islam Andalusia (Spanyol), kedua, melalui orang-orang Sicilia. Sebenarnya, tidak hanya filsafat.
Beberapa disiplin ilmu telah diperkenalkan dan dikembangkan di Sicilia. Diantara tokoh-tokoh yang mengembangkan ilmu di Sicilia adalah:
a.       Hamzah Al-Basri, ahli filologi dan perawi dari penyair-penyair besar Arab Al-Mutanabbi.
b.      Muhammad bin Khurusan, ahli status Al-qur’an (sejarah hermenetik dan sejarah perkembangan huruf-huruf Al-qur,an).
c.       Para dokter Sicilia antara lai Abu Sa’id bin Ibrahim; Abu Bakr As-Siqili salah seorang guru besar dari para dokter; Ibnu Abi Usaibi. Abu Abbas Ahmad bin Abdussalam.
d.      Masih banyak lagi yang bergerak dalam berbagai bidang, antara lain dalam bidang bahasa dan sastra. Termasuk yang menarik adalah karya Dante. Divine Comedy.
3.      Melalui Andalusia ( Spanyol )
Peran Andalusia ( Spanyol ) sebagai wahana penbrangan ilmu pengetahuan ke Eropa tidak di ragukan lagi. Semasa Islam di Andalusia ada sejumlah perguruan tinggi terkensl di sana. Perguruan tinggi itu antara lain : Universitas Cordova, Sevilla, Malaga dan Granada. Di samping itu juga memiliki gedung perpustakaan terbesar. Di Andalusia sedikit demi sedikit kehilangan wilayah kekuasaan. Tahun 1085 M, Toledo di rebut oleh Kristen. Tahun 1236 M Cordova di rampas oleh Raja Alfonso. Penyaluran ilmu pengetahuan Eropa di mulai ketika Toledo jatuh ke tangan Kristen untuk mempermudah penyerapan ilmu-ilmu Arab, di Toledo di dirikan sekolah tinggi terjemah. Demikianlah kemudian Toled mejadi pusat perkembaga ilmu-ilmu islam ke dunia barat.

BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Dinasti Umayyah didirikan oleh Muawiyah bin Abu Sufyan bin Harb. Muawiyah disamping sebagai pendiri Daulah Bani Abbasiyah juga sekaligus menjadi khalifah pertama. Ia memindahkan ibu kota kekuasaan islam dari Kufah ke Damaskus.
Muawiyah memiliki kemampuan menonjol sebagai negarawan sejati bahkan mencapai tingkat “hilm” sifat tertiggi yang dimiliki para pembesar mekah dulu. Dengan kemampuannya itu ia berhasil merintis berdiriya Diasti Muawiyah yang berkuasa hampir seabad lamanya.
Kemudian yang terjadi di Barat, ada kegiatan penerjemahan buku-buku bahasa arab hasil karya pemikir islam kedalam bahasa eropa, maka terbukalah ilmu pengetahuan di eropa, khususnya Spanyol. Spanyol diduduki umat Islam pada zaman Khalifah Al-Walid (705-715 M), salah seorang khalifah dari Bani Umayah yang berpusat di Damaskus. Sebelum penaklukan Spanyol, umat Islam telah menguasa Afrika Utara dan menjadikannya sebagai salah satu propinsi dari dinasti Bani Umayah. Penguasaan Afrika Utara itu terjadi di masa Abdul Malik (685-705 M).


DAFTAR PUSTAKA
Amin, Samsul Munir.2009.Sejarah Peradaban Islam.Jakarta:Bumi Aksara.
Al-Usyairi, Ahmad.2006.Sejarah Islam Sejak Zaman Nabi Adam Hingga Abad XX.Jakarta:Akbar.
Yatim, Badri.2000.Sejarah Peradaban Islam.Jakarta : Raja Grafindo Persada.

GALLERY


M Salman Kholid Ana Fitra Rozmi
 
Dewi Ratnasari Nur Riski Alfiani

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar