KONSEP DASAR PEMBELAJARAN
“HAKIKAT PEMBELAJARAN”
Lukluk
khulailah
( 2021115073 )
Kelas
: E
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
JURUSAN TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2017
KATA PENgANTAR
Pertama kami panjatkan puja syukur kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat dan hidayahnya, sehingga saya dapat menyusun makalah yang
berjudul “HAKIKAT PEMBELAJARAN”
yang secara akademis merupakan tugas untuk mata kuliah STRATEGI BELAJAR MENGAJAR, sholawat serta salam tidak lupa kami
haturkan kepada junjungan kita Nabi akhir zaman Muhammad saw yang senantiasa
kita harapkan syafaatnya kelak.
Dalam penulisan
makalah ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, oleh karena itu saya mengucapkan
terimakasih kepada bapak Muhammad Ghufron Dimyati,M.S.I Selaku dosen pengampu
mata kuliah STRATEGI BELAJAR MENGAJARI.dan kedua orang tua saya yang tidak
hentinya mendoakan dan mendukung saya, seta teman-teman dari IAIN Pekalongan
yang telah membantu saya. Sayatidak dapat memberikan balasan apapun, kecuali
do’a semoga Allah SWT memberikan balasan yang berlipat ganda atas amal kebaikan
yang telah diberikan.
Sayamenyadari
bahwa dalam penyusunan makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, Sayamengharap
kritik dan saran yang membangun demi kelancaran ilmu pengetahuan dimasa yang
akan datang. Sayaberharap mudah – mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi para
pembaca.
Pekalongan, 20 September 2017
LuklukKhulailah
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
………………………………………………… i
KATA
PENGANTAR …..................................................................... i
DAFTAR
ISI ….....................
................................................ ii
BAB
I PENDAHULUAN
B.
Judulmakalah ………….................................................................1
C.
Alasanpenting
…............................................................................1
BAB
II PEMBAHASAN
A.
Pengertian hakikatpembelajaran…….
....................................................2
B.
Hakikat di
artikan sebagai
..........................................................................3
C.
Ciri-ciri
pembelajaran...................................................................................4
D.
Komponen-komponen
pembelajaran........................................................5
E.
Prinsip
pembelajaran..................................................................................5
F.
Faktor-faktor...............................................................................................6
BAB
III PENUTUP
KESIMPULAN….............................................................................................7
SARAN ………………………………………………………………….7
DAFTAR
PUSTAKA..................................................................................
8
PROFIL........................................................................................................9
BAB I
PENDAHULUAN
A. Tema
B. Judul makalah
Dalam kesempatan kali ini penulis akan
membahas tentang “ hakikat pembelajaran” menyesuaikan dengan tugas yang telah
penulis terima.
C. Penting untuk dikaji
Pentingnya menkaji tentang materi ini yaitu
tentang bagaimana cara,prinsip dan komponen apa saja yang harus kita ketahui
dalam mendidik dan membimbing anak didik kita kelak dengan baik dan sesuai
dengan sebagaimana mestinya.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
HAKIKAT PEMBELAJARAN
Pembelajaran merupakan
istilah yang telah dikenakan oleh masyarakat luas,terlebih didalam dunia
pendidikan.pembelajaran diartikan sebagai suatu upaya untuk membelajarkan siswa
(degeng,2002).pembelajaran merupakan proses utama yang diselenggarakan dalam kehidupan sekolah
kegiatan pembelajaran meliputi metode,lingkungan,media,sarana dan prasarana
pembelajaran yang saling terkait antara satu dengan yang lain.[1]
Pembelajaran adalah
serangkaian kegiatan yang melibatkan informasi dan lingkungan yang disusun
secara terencana untuk memudahkan siswa dalam belajar.pembelajaran merupakan
upaya yang dilakukan pendidik untuk membantu siswa agar dapat menerima
pengetahuan yang diberikan dan membantu memudahkan pencapaian tujuan
pembelajaran.
Pembelajaran
merupakan proses utama yang diselenggarakan dalam kehidupan sekolah sehingga
antara guru yang mengajar dan anak didik yang belajar dituntut profit tertentu.
[2]
Pembelajaran dapat
didefinisikan sebagai suatu sestem atau proses membelajarkan subjek
didik/pembelajar yang direncanakan atau
didesain,dilaksanakan dan dievaluasi secara sistematis agar subjek
didik/pembelajar dapat mencapai tujuan-tujuan pembelajaran secara efektif dan
efisien.[3]
B.
Hakikat artikan sebagai kebenaran dan kenyataan yang
sebenarnya.dalam pembelajaran,kenyataan yang benar meliputi hal-hal berikut.
1.
Hakikat manusia sebagai subjek didik,diantaranya:
a.
Subjek didik bertanggung jawab atas pendidikannya sendiri,
b.
Sebjek didik merupakan unsur yang unik,memiliki potensi dan kebutuhan,baik
fisik maupun psikologis yang berbeda-beda
c.
Subjek didik memerlukan pembinaan individual serta perlakuan yang
manusiawi
d.
Subjek didik membutuhkan tempat/lingkungan untuk mengekspresikan
diri.
2.
Hakikat pendidik/pengajar, diantaranya:
a.
Pendidik sebagai agen perubahan
b.
Pendidik sebagai pemimpin dan pendorong nilai-nilai universal dan
kemasyarakatan
c.
Pendidik harus memahami karakteristik unik dan berupaya memenuhi
kebutuhan masing-masing individu subjek didiknya
d.
Pendidik sebagai fasilitator pembelajaran menciptakan kondisi yang
menggugah dan menyediakan kemudahan bagi subjek didik untuk belajar
e.
Pendidikan bertanggung jawab
atas tercapainya hasil belajar subjek didik
f.
Pendidik dituntut menjadi model/contoh dalam pengelolaan kelas
g.
Pendidik senantiasa mengembangkan diri sesuai perkembangan zaman
h.
Pendidik dituntut untuk profesional dalam bekerja dan berkarya
i.
Pendidik menjunjung tinggi kode etik pendidik
3.
Hakikat pembelajaran,di antaranya :
a.
Pembelajaran terjadi apabila subjek didik secara aktif berinteraksi
dengan pendidik dan lingkungan belajar yang diatur oleh pendidik
b.
Proses pembelajaran yang efektif memerlukan strategi ,metode,dan
media ,pembelajaran yang tepat
c.
Program pembelajaran dirancang secara matang dilaksanakan sesuai
dengan rancangan yang dibuat
d.
Pembelajan harus memperhatikan aspek proses dan hasil belajar[4]
e.
Materi pembelajaran dan sistem penyampaiannya selalu berkembang
Pembelajaran adalah proses yang mengabungkan pekerjaan dengan
pengalaman.apa yang dikerjakan orang
didunia menjadikan pengalaman baginya.pengalaman tersebut akan menambah
ketrampilan,pengetahuan atau pemahaman yang mencerminkan nilai yang dalam
.pembelajaran yang efektif akan mendorong kearah perubahan,pengembangan serta meningkatkan
hasrat untuk belajar.pembelajaran tidak hanya menghasilkan atau membuat sesuatu
,tetapi juga menyesuaikan ,memperluas,dan memperdalam pengetahuan.
Kegiatan
pembelajaran melibatkan komponen-komponen yang satu dengan yang lain saling
terkait dan menunjang dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah
ditetapkan dalam program pembelajaran. Komponen-komponen dalam pembelajaran
tersebut seperti guru,siswa,metode,lingkungan,media,dan sarana prasarana perlu
ada.
C.
Ciri-ciri pembelajaran :
1.
Merupakan proses kombinasi yang interaktif dari berbagai komponen
yang terlibat dalam pembelajaran
2.
Diarahkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan
3.
Subjek belajar adalah peserta didik
4.
Merupakan usaha / kegiatan sadar yang terprogram ,sistematis dan
sengaja
5.
Membuat peserta didik belajar secara aktif
6.
Tersedianya sumber belajar bagi peserta didik
7.
Merupakan interaksi edukatif antara pendidik dan peserta didik
serta sumber belajar
8.
Merupakan subjek khusus dari pendidikan
9.
Adanya penetapan tujuan terlebih dahulu sebelum proses dilaksanakan
10.
Pelaksanaannya terkendali,baik isinya,waktu,proses,maupun hasilnya.[5]
Ø Menurut Edi
Suardi,sebagai suatu proses pengaturan,kegiatan pembelajaran dapat diamati dari
ciri-ciri sebagai berikut:
1.
Memiliki tujuan
2.
Adanya suatu prosedur
3.
Secara umum, prosedur kegiatan pembelajaran dilakukan melalui 3
tahap,yaitu:
a.
Kegiatan pendahuluan
b.
Kegiatan inti
c.
Kegiatan akhir dan tindak lanjut kegiatan pembelajaran
4.
Ditandai dengan penggarapan materi yang khusus
5.
Ditandai dengan aktivitas peserta didik
6.
Guru berperan sebagai pembimbing
7.
Kegiatan pembelajaran membutuhkan disiplin
8.
Ada batas waktu
9.
Evaluasi [6]
D.
Komponen-komponen pembelajaran
1. Tujuan
2. Materi
pembelajaran
3. Kegiatan pembelajaran
4. Metode
5. Alat
6. Sumber
pembelajaran
7. Evaluasi[7]
E.
Prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik dan implikasinya:
1.
Prinsip berbasis rencana,menekankan bahwa pembelajaran harus
direncanakan atau berbasis perencanaan
2.
Prinsip keaktifan,menekankan bahwa pembelajaran mengaktifkan
peserta didik belajar.
3.
Prinsip holistik,menekankan bahwa pembelajaran mengembangkan
berbagai potensi peserta didik secara utuh yang meliputi antara lain
pengembangan potensi afektif,kognitif,fisik,psikomotorik,moral,emosional,sosial,dan
bahasa.
4.
Prinsip interaktif, menekankan bahwa pembelajaran adalah proses
interaksi edukatif
5.
Prinsip inspiratif, menekankan bahwa pembelajaran memberikan
inspirasi kepada peserta didik untuk giat dan berkarya dalam belajar.
6.
Prinsip menyenangkan, bahwa pembelajaran haruslah membuat peserta
didik senang dan nyaman dalam belajar
7.
Prinsip menantang , pembelajaran memberikan tantangan yang menarik
kepada peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar
8.
Prinsip motivasi, pembelajar mendorong peserta didik untuk belajar
dengan antusias dan sungguh-sungguh[8]
9.
Penerapan prinsip motivasi harus tercermin pada perilaku-perilaku
berikut:
- Guru menggunakan metode secara variasi
- Guru menggunakan media sesuai dengan tujuan belajar dan materi
yang diajarkan
- Guru menggunakan gaya bahasa yang tidak monoton
- Guru mengemukakan pertanyaan-pertanyaan membimbing ( direction
question)
10. Prinsip
pengulangan,pembelajar memberikan pengulangan agar memperjelas pemahaman siswa
tentang materi yang disampaikan
11. Prinsip
umpan balik dan penguatan, memberikan kepastian jawaban yang telah ditanyakan
oleh peserta didik kepada pendidik ( guru).[9]
v
Faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran
1. Peserta didik
a. Kemampuan
Pengetahuan atau keterampilan yang merupakan prasyarat untuk
mengikuti kegiatan pembelajaran,peserta didik mengetahui materi yang akan
disajikan dalam kegiatan pembelajaran.
b.
Motivasi
c. Perhatian
d. Persepsi
e. Ingatan
2. Pendidik
3. Sarana dan
prasarana
4. Tenaga
non-pendidik
5. Lingkungan.[10]
v
Faktor –faktor pendukung proses pembelajaran
ü Faktor belajar
siswa
1.
Luar
-lingkungan ( alam,sosisl,budaya)
- instrumen (
kurikulum,program,sarana )
2. Dalam
- fisiologis (
fisiologis umum,panca indera)
- psikologi (
minat kecerdasan , minat motivasi )[11]
BAB III
PENUTUP
A. KESIMPULAN
Pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang melibatkan informasi
dan lingkungan yang disusun secara terencana untuk memudahkan siswa dalam
belajar.pembelajaran merupakan upaya yang dilakukan pendidik untuk membantu siswa
agar dapat menerima pengetahuan yang diberikan dan membantu memudahkan
pencapaian tujuan pembelajaran
B. SARAN
Saya menyadari bahwa
dalam penyusunan makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, Saya mengharap
kritik dan saran yang membangun demi kelancaran ilmu pengetahuan dimasa yang
akan datang. Saya berharap mudah – mudahan makalah ini dapat bermanfaat bagi para
pembaca.
DAFTAR PUSTAKA
Dirman.2014.
Teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik. Jakarta:PT
Reneka Cipta
Komalasari,
kokom.2011. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan aplikasi. Bandung: PT
Refika Aditama
Mustakim,
zaenal. 2017. Strategi dan metode pembelajaran. Pekalongan:IAIN
Pekalongan press
Suprihatiningrum,
jamil. 2013. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA
PROFIL
NAMA : LUKLUK KHULAILAH
NIM : 2021115073
ALAMAT : ds. Rowosari rt/rw: 02/01 ulujami,
pemalang
HOBBY : membaca dan memasak
CITA-CITA : INGIN
MENJADI ORANG YANG LEBIH BAIK LAGI SERTA
BERMANFAAT
DALAM MASYARAKAT, INGIN MEMBAHAGIAKAN ORANG TUA.
[1] . jamil
suprihatiningrum,strategi pembelajaran (jogjakarta:AR-RUZZ MEDIA,2013),
hlm.73
[2] . ibid.,
hlm.75
[3] . kokom
komalasari, pembelajaran kontekstual konsep dan aplikasi ( bandung:PT
Refika Aditama,2011), hlm .3
[4] zaenal
mustakim, strategi dan metode pembelajaran ( pekalongan: IAIN Pekalongan
press, 2017), hlm.41-42 .
[5]. dirman,dkk, teori
belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik (jakarta: PT RENEKA
CIPTA,2014), hlm.42-43
[6]. Zainal
mistakim,Op.Cit., hlm. 42-46
[7] . ibid,.hlm.47-51
[8].dirman dkk,Op.Cit.,
hlm.47-49
[9]. ibid,. hlm.
57
Tidak ada komentar:
Posting Komentar