Laman

new post

zzz

Rabu, 27 September 2017

SBM B 5-C “KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTER DAN TEACHER CENTER”

MODEL PEMBELAJARAN
“KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTER DAN TEACHER CENTER” 
  
Tutik Maulida
(2023116067)
Kelas B

 JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN
IAIN PEKALONGAN
2017



KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum, Wr. Wb.
Puji syukur penulis panjatkan atas keridhoaan Allah swt yang telah memberikan beribu-ribu kenikmatan, taufik, hidayah serta inayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “MODEL PEMBELAJARAN (KELEBIHAN DAN KEKURANGAN STUDENT CENTER DAN TEACHER CENTER”
Yang kedua sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad saw beserta keluarga, sahabat dan semua umatnya hingga akhir zaman.
Dalam penulisan dan penyusunan makalah ini, penulis telah banyak mendapat dan menerima bimbingan, pengarahan, dan bantuan dari yang terhormat bapak Muhammad Hufron, M.S.I selaku dosen pengampu mata kuliah Strategi Belajar Mengajar.  Untuk itu penulis menghaturkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada beliau dan semua pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini.
Semoga kebaikan dan bantuan yang telah diberikan mendapat balasan dari Allah SWT dan mudah-mudahan makalah ini dapat memberikan makna dan manfaat bagi pembaca. Penulis telah berusaha menyelesaian makalah ini dengan baik. Apabila ditemui kesalahan oleh pembaca, penulis menerima kritik dan saran.
Wassalamu’alaikum, Wr. Wb. 

                                                                             Pekalongan,   September 2017
                                                                                                            Penulis

                                                                                                TUTIK MAULIDA
                                                                                                NIM.2023116067

BAB I
PENDAHULUAN

Tema               : Model Pembelajaran
Sub Tema        : Kelebihan dan kekurangan pembelajaran student center dan teacher center
Pada tema model pembelajaran khususnya sub bab kelebihan dan kekurangan student center dan teacher center ini penting dikaji karena untuk mengetahui apa saja model-model pembelajaran yang bisa dipakai oleh guru kepada siswanya dalam suatu pembelajaran yang didalamnya terdapat suatu sistem yang padu guna  meraih tujuan pembelajaran yang efisien dan sesuai harapan. dalam sub bab ini juga menjelaskan kekurangan dan kelebihan student center dan teacher center yang nantinya bisa jadi pertimbangan oleh guru di Indonesia model mana yang sesuai dengan kondisi dan suasana pendidikan yang ia tempati untuk menciptakan pendidikan di Indonesia ini lebih maju.  



BAB II
PEMBAHASAN
A.    Kelebihan Pembelajaran Student Center
Dalam pembelajaran Student center ini memiliki beberapa kelebihan atau keunggulan antara lain :
1.      Mengefektifkan proses pembelajaran
Dengan pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik, mereka akan bertanggungjawab pada dirinya sendiri dalam mencapai tujuan pembelajarannya. Sehingga mereka akan lebih cepat dalam menerima dan memahami sesuatu dengan proaktif dalam belajar.
2. Memperkuat daya ingatan siswa
Ketika siswa dituntut untuk aktif dalam proses belajarnya, dalam artian tidak lagi hanya terpusat pada guru, mereka akan lebih kuat daya ingatannya. Karena mereka mendapatkan ilmu secara langsung untuk dipraktekkan, dalam arti tidak hanya sekedar mendengarkan dari satu sumber.
3. Mengikis rasa bosan siswa
Rasa bosan akan timbul ketika mahasiswa tidak dianggap ada di dalam kelas. Mereka hanya dijadikan objek pendengar yang setia dari ceramah guru. Akibatnya siswa akan merasa bosan dan akan juga mempengaruhi keinginannya untuk terus giat dalam menggali ilmu.
4. Tumbuhnya suasana demokratis dalam pembelajaran sehingga akan terjadi dialog dan diskusi untuk saling belajar-membelajarkan di antara siswa. Dengan adanya dialog dan diskusi, siswa dapat bertukar pikiran antara siswa satu dengan siswa yang lain sehingga mereka akan saling belajar-membelajarkan. Dengan demikian kemampuan siswa akan semakin terasah.
B.     Kekurangan Pembelajaran Student Center
Selain memiliki kelebihan, Pembelajaran student center juga memiliki kekurangan antara lain:
1.      Sulit diimplementasikan pada kelas besar. Pendekatan student center learning sulit diimplementasikan pada kelas besar karena kelas tersebut akan terjadi kegaduhan sehingga guru mengalami kesulitan untuk mmengendalikan kelas tersebut.
2.      Memerlukan waktu lebih banyak. Dengan adanya pendekatan student center learning waktu yang dibutuhkan lebih banyak dibandingkan dengan pendekatan teacher center. Hal ini dikarenakan adanya keaktifan masing-masing siswa dalam menyampaikan pendapatnya.
3.      Tidak efektif untuk semua jenis kurikulum.
4.      Tidak cocok untuk siswa yang tidak terbiasa aktif, mandiri, dan demokratis. Siswa yang tidak terbiasa aktif, mandiri, dan demokratis akan mengalami kesulitan dalam menggunakan pendekatan student center learning ini.

C.    Kelebihan Teacher Center
Pembelajaran teacher center (teacher center learning) memiliki beberapa kelebihan diantaranya:
1.      Informasi dapat diberikan kepada sejumlah siswa dalam waktu yang singkat
2.      Pengajar mengendalikan organisasi, materi, dan waktu sepenuhnya.
3.      Menyediakan forum bagi pakar untuk menguatarakan pengalamannya
4.      Apabila pelajaran diberikan dengan baik maka dapat menimbulkan inspirasi dan stimulasi bagi para siswa
5.      Pada umumnya memungkinkan untuk menggunakan metode assessment secara cepat dan mudah
D.    Kekurangan Teacher Center
Pembelajaran teacher center (teacher center learning) juga memiliki beberapa kekurangan diantaranya
1.      Pengajar mengendalikan pengetahuan sepenuhnya.
2.      Terjadi komunikasi satu arah
3.      Tidak kondusif untuk terjadinya critical thinking
4.      Mendorong terjadinya pembelajaran secara pasif
5.      Untuk sebagian besar mahasiswa bukan merupakan cara pembelajaran yang optimal.



BAB III
PENUTUPAN
A.    Kesimpulan
Pembelajaran Student Center dan teacher center memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri,  salah satu kelebihan student center adalah mengekfektifkan kegiatan belajar karena pembelajaran berpusat pada siswa, tapi pembelajaran student center juga memiliki kelemahan yaitu bagi siswa yang pasif, mereka akan cenderung malas karena tidak ada tuntutan untuk aktif. Pembelajaran teacher center juga memiliki beberapa kelebihan salah satunya yaitu semua informasi langsung dari guru dan kelas juga dikelola oleh guru.



DAFTAR PUSTAKA
Ditjen Dikti Depdiknas.  2004.  Tanya Jawab Seputar Unit dan Proses Pembelajaran  di Perguruan Tinggi. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.
Kurdi,  Fauziah  Nuraini.  2009.  Penerapan  Student  Centered  Learning  dari  Teacher Centered Learning mata Ajar Ilmu Kesehatan pada Program Studi Penjaskes. Forum Kependidikan volume 28 No. 2
Muijs, Daniel dan David Reynolds. 2008. Effective Teaching Evidence and Practice. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN PRESS.
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi dan Keilmuan, Jakarta: Penerbit Erlangga.










Tutik Maulida, Lahir di pekalongan pada tanggal 09 Juli 1998, anak dari Ibu Khotijah dan Bapak Abdurrahman, dan sekarang menginjak usia ke 19, di usia ke 19, sayatelah melewati beberapa jenjang  pendidikan, yang pertama di TK Muslimat NU Karanganyar, dilanjutkan di MIS Karanganyar 01 Tirto, lanjut ke jenjang  SLTP yaitu di MTs S NU Karanganyar, lanjut di MA KH Syafi’i Buaran Pekalongan, dan sekarang sudah semester 3 di IAIN Pekalongan Jurusan PGMI Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. saya aktif di beberapa organisasi seperti IPNU IPPNU, DKAC CBP KPP, dan HMJ PGMI. Bercita-cita menjadi seorang Guru yang multitalent. Semoga dapat terwujud sesuai harapan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar