KONSEP DASAR PEMBELAJARAN
(KOMPONEN-KOMPONEN DASAR PEMBELAJARAN)
OCTAVIYANA
2021115081
Kelas E
PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI)
FAKLUTAS
TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA
ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2017
KATA
PENGANTAR
Bismillahirrahmanirrahim
Segala puji dan puji syukur saya panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah
melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya, sehingga saya diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah
dengan judul’’konsep dasar pembelajaran( komponen-komponen pembelajaran)”.
Semoga shalawat serta salam senantiasa dilimpahkan kepada Nabi Muhammad SAW,
serta para sahabatnya, keluarganya dan sekalian para umatnya hingg akhir zaman.
Makalah
ini merupakan makalah yang menyajikan bahan materi sebagai tugas mata kuliah
strategi belajar mengajar. Saya berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan
serta wawasan bagi mahasiswa-mahasiswi IAIN Pekalongan mengenai “judul konsep
dasar pembelajaran( komponen-komponen pembelajaran)”. Oleh itu berkenankan
saya untuk mengucapkan banyak terimakasih kepada kedua orang tua,serta
perkenankan saya menghaturkan banyak-banyak terimakasih kepada Bapak Muhammad
Ghufron Dimyati, M.S.I., selaku dosen pengampu mata kuliah strategi belajar
mengajar.
Dengan
kemampuan yang sangat terbatas, saya
sudah berusaha dan mencoba mengeksplorasi dari beberapa sumber mengenai
Etika Pengajar dan Pelajar, dan apabila dalam makalah ini dijumpai kekurangan
maupun kesalahan pada pengetikan atau pembahasan maka saya dengan senang hati
menerima kritikan dari pembaca.
Semoga
makalah sederhana yang ada ini dapat bermanfaat, Amin yarobbal ‘alamin.
Pekalongan, 09 september 2017
Octaviyana
BAB I
PENDAHULUAN
Tema
Konsep
dasar pembelajaran
Sub tema
Komponen-komponen
pembelajaran
Mengapa penting
untuk dikaji
Dalam
kehidupan kehiduapan manusia tidak terlepas dari aktivitas atau kegiatan
belajar, belajar tidak pernah dibatasi oleh usia, tempat maupun waktu karena
perubahan yag menuntut terjadinya aktivitas belajar itu juga tidak pernah
berhenti.
BAB
II
PEMBAHASAN
A.
Komponen dasar pembelajaran
Komponen
merupakan hal yang penting dalam suatu model disain untuk menggabarkan
pembelajaran.[1]
Komponen
dasar pembelajaran meliputi:
1.
Pembelajaran
Adalah pihak yang menjadii fokus suatu disain dalam pembelajaran
2.
Tujuan pembelajaran
Adalah penjabaran kompetensi yang akan dikuasi oleh peserta didik jika dia telah selesai dan menguasai
pelajaran tertentu. Tujuan
merupakan suatau cita-cita yang ingin dicapai dari pelaksanaan suatu kegiatan.
Tujuan pendidikan merupakan suatu cita-cita yang bernilai normatif. Dengan kata
lain terdapat sejumlah nilai yang harus ditanamkan kepada peserta didik yang
nantinya akan menjadi cara peserta didik bersikap dalam kehidupannya.[2]
3.
Kegiatan pembelajaran
Kegiatan belajar adalah inti dari pendidikan. Segala proses yang
telah diprogramkan akan dilaksanakan dalam proses pembelajaran. Kegiatan
pembelajaran akan melibatkan semua komponen pengajar, kegiatan belajar akan
menentukan sejauh nama tujuan yang telah ditetapkan dapat tercapai.
4.
Metode
Adalah suatu cara yang digunakan untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Dalam kegiatan pembelajaran metode diperlukan oleh guru dan penggunanya
bervariasi sesuai dengan tujuan yang hendak dicapai setelah pembelajaran
berakhir.
Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan metode dalam mengajar
adalah sebagai berikut:
a.
Tujuan dengan berbagai jenis dan fungsinya
b.
Anak didik dengan berbagi tingkat kematangan
c.
Fasilitas yang bermacam-macam kualitas dan kuantitasnya dan
d.
Pribadi guru serta kemampuan dan profesional yang berbeda –beda.
5.
Analisis pembelajaran
Adalah proses menganalisis topik atau materi yang akan dipelajari
6.
Bahan ajar atau materi pembelajaran
Bahan ajar adalah format materi yang disampaikan oleh pembelajar menggunakan
media- media tertentu.
Sedangakan materi pembelajaran adalah substansi yang akan
disampaikan dalam proses pembelajaran. Tanpa itu proses pembelajaran tidak akan
berjalan.
7.
Penilaian belajar atau evaluasi
Penilaian belajar adalah pengukuran kemampuan peserta didik.
Sedangakan evaluasi adalah suatu tindakan atau proses menentukan nilai yang
berkaitan dengan dunia pendidikan. Evaluasi mempunyai tujuan yaitu: tujuan umum
dan tujuan khusus. Tujuan umum adalah untuk mengumpulkan data-data yang
menujukan prestasi siswa, guru membantu menilai anak-anak dalam kegiatan
pembelajaran, sedangkan tujuan khusus adalah merangsang kegiatan peserta didik
dan menentukan kemajuan-kemajuan pola berpikir siswa
B.
Defisi pembelajaran
Pembelajaran
diartikan sebagai KBM konvensional dimana guru dan peserta diidik langsung
berinteraksi.
Menurut
UU no 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, Bab I ketentuan umum
pasal 1 ayat 20 (disebutkan pembelajaran, buku belajar) pembelajaran adalah
proses interaksi peserta didik dan sumber belajar pada suatu lngkungan belajar
( UU no 20 tahun 2003. Pasal 1 ayat 20 ).
Menurut
miarso, definisi ini mengindikasikan bahwa ada 5 jenis yang dapat berlangsung
dalam proses pembelajaran:
1.
Interaksi pendidik dan peserta didik
2.
Interaksi antar sesama peserta didik
3.
Interaksi peserta didik dengan narasumber
4.
Interaksi peserta didik bersama pendidik dengan sumber belajar yang
sengaja dikembangkan
5.
Interaksi peserta didik bersama pendidik dengan lingkungan sosial
dan alam.[3]
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Komponen dasar pembelajar terdiri dari: pembelajar, tujuan
pembelajaran, analisis pembelajar, strategi pembelajaran, bahan ajaran, penilan
pembelajaran.
Pembelajaran berasal dari kata belajar proses dua orang melakukan
interaksi yang saling memberikan informasi
DAFTAR
PUSTAKA
Gredler Margaret E. Bell. (1994). Belajar dan membelajarkan.
Jakarta:PT rajagrafindo persada
Mustakim zaenal. (2017). Strategi dan metode pembelajaran.
Pekalongan:IAIN PEKALONGAN PRESS
Uno Hamzah B. (2007). Belajar dengan pendeketan PILKEM.
Bandung : PT GRASIDO
Profil
NAMA: OCTAVIYANA
TTL: 31 OKTOBER 1996
Riwayat Pendidikan:
1. R.A MASYITOH MENGUNENGWARUNGASEM BATANG
2. SD NEGERI 01 MENGUNENG
3. SMP NEGERI 02 WARUNGASEM BATANG
4. SMK NEGERI 01 WARUNGASEM BATANG
5. MASIH MENEMPUH PENDIDIKAN DI IAIN
PEKALONGAN, FAKLUTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN (PAI)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar