Laman

new post

zzz

Sabtu, 21 Oktober 2017

sbm D 8-d ( Tujuan dan Fungsi Strategi Pembelajaran )

STRATEGI PEMBELAJARAN
( Tujuan dan Fungsi Strategi Pembelajaran )
 
Khilda Mursida
2023116111
KELAS D

JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2017




KATA PENGANTAR

Puji syukur kepada Allah s.w.t yang mana telah melimpahkan rahmat, taufik dan inayah-Nya  kepada kita semua. Sehingga saya bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “Strategi Pembelajaran” dengan sub tema “ Tujuan dan Fungsi Strategi Pembelajaran” dalam mata kuliah “Strategi Belajar Mengajar”. Sholawat serta salam senantiasa dicurahkan kepada junjungan Nabi Agung Nabi Muhammad s.a.w yang tentunya senantiasa dinantikan syafa’atnya di yaumul akhir nanti.
Makalah ini saya susun dengan bantuan beberapa refrensi buku yang ada mengenai “Tujuan dan Fungsi Strategi Pembelajaran”. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih kepada semua yang mengikuti mata kuliah  Strategi Belajar Mengajar ini.
Di dalam penyusunan makalah ini masih banyak kekurangan, baik dari segi isi maupun penulisannya. Hal ini dikarenakan atas keterbatasan dan kemampuan yang saya miliki. Saya mengharapkan kritik dan saran dari pembaca, agar kedepannya nanti bisa membuat makalah yang lebih baik lagi. Semoga makalah yang saya susun ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan bagi pembacanya, Sekian terima kasih.




Pekalongan, 21 Oktober 2017
Penulis





BAB I
PENDAHULUAN

A.      Tema
Strategi Pembelajaran

B.       Sub Tema
Tujuan dan Fungsi

C.      Penting Dikaji
Dalam konteks ini, mengapa perlu dikaji mengenai tujuan dan manfaat strategi pembelajaran karena strategi pembelajaran itu memiliki keterkaitan yang kuat dengan tujuan dan manfaat pembelajaran. Keterkaitan tersebut dapat dilihat dari gambaran perilaku maupun kompetensi yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan dan manfaat tersebut.
Perumusan tujuan dan manfaat dalam strategi pembelajaran marupakan sesuatu yang sangat penting dalam pembelajaran itu sendiri. Tujuannya dapat memberikan arah kepada proses pembelajaran yang dilakukan dan tujuan pembelajaran itu dapat dijadikan sebagai acuan dalam mengukur, apakah tindakan kita benar atau salah.
Sedangkan manfaatnya dapat memberikan pemahaman mengenai strategi pembelajara, baik bagi siswa maupun bagi guru. Sehingga dengan adanya tujuan dan manfaat itu sendiri dapat dijadikan sebagai acuan dalam keberhasilan suatu pembelajatan.






BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Strategi Pembelajaran
Secara umum, strategi mempunyai pengertian sebagai suatu garis besar haluan dalam bertindak untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan strategi belajar mengajar, strategi bisa diartikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar.
Strategi pembelajaran adalah serangkaian dan keseluruhan tindakan srtategis guru dalam merealisasikan perwujudan kegiatan pembelajaran aktual yang efektif dan efisien, untuk pencapaian tujuan pembelajaran. Strategi pembelajaran berhubungan dengan cara-cara yang dipilih guru untuk menyampaikan materi pembelajaran. Cara-cara tersebut menyangkut sifat-sifat ruang lingkup dan urutan kegiatan yang dapat memberikan pengalaman belajar bagi siswa.
Dengan demikian penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Oleh sebab itu, sebelum menentukan strategi, perlu dirumuskan tujuan yang jelas yang dapat diukur keberhasilannya, sebab tujuan adalah ruh dari implementasi suatu strategi.

B. Tujuan Strategi Pembelajaran
Tujuan pembelajaran merupakan komponen utama yang terlebih dahulu harus dirumuskan dalam proses pembelajaran yang berfungsi sebagai indikator keberhasilan pembelajaran. Tujuan ini pada dasarnya merupakan rumusan perilaku dan kemampuan yang harus dicapai dan dimiliki siswa setelah ia menyelesaikan kegiatan belajar dalam proses pembelajaran.
Dalam kaitannya dengan tujuan pembelajaran, terdapat sejumlah ciri yang menunjukkan baik tidaknya tujuan pembelajaran.Tujuan pembelajaran yang baik menurut Cooper (1990 : 53) yaitu:
1. Berorientasi pada siswa
2. Mendeskripsikan perilaku sebagai hasil belajar
3. Jelas dan dapat dipahami
4. Dapat diamati
Menurut Soekamto bahwa tujuan penberajaran, hendaknya :
1. Mencerminkan penampilam atau perilaku yang hendak dicapai
2. Kondisi dimana perilaku tersebut terjadi
3. Memiliki patokan atau standar yang menyatakan perilaku tersebut dianggap memadai.

Berdasarkan tujuan pembelajaran yang jelas dan operasional, maka dapatlah ditetapkan bahan pelajaran yang menjadi isi kegiatan pembelajaran. Bahan pelajaran merupakan sesuatu yang disajikan guru untuk diolah dan kemudian dipahami oleh siswa, dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. 
1. Tujuan pembelajaran
Dalam proses pembelajaran, guru harus menetapkan terlebih dahulu tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Menurut Taksonomi Bloom, secara teoritis tujuan pembelajaran dibagi menjadi tiga kategori, yaitu (a) tujuan pembelajaran ranah kognitif, (b) tujuan pembelajaran ranah afektif dan (c) tujuan pembelajaran ranah psikomotorik.
Adanya perbedaan tujuan pembelajaran berimplikasi pula pada adanya perbedaan strategi pembelajaran yang harus diterapkan. Jadi, dalam penerapan suatu strategi pembelajaran tidak mengabaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. .    
2.   Tujuan-tujuan belajar
Menurut Robert M. Gagne dilihat dari tujuan belajar, ada lima tipe hasil belajar yaitu sebagai berikut :
a) Kemampuan intelektual ialah sejumlah kemampaun mulai dari membaca, menulis, menghitung sampai dengan kemampuan memperhitungkan kekuatan sebuah jembatan akibat devaluasi.
b) Strategi kognitif ialah kemampuan mengatur “cara belajar dan berpikir” seseorang, dalam arti yang seluas-luasnya, termasuk kemampuan memecahkan masalah. Salah satu nama yang diberikan kelompok kemampuan ini adalah perilaku pengaturan diri (self management behavior).
c) Informasi verbal ialah kemampuan menyerap pengetahuan dalam arti informasi dan fakta termasuk kemampuan untuk mencari dan mengolah informasi sendiri.
d) Keterampilan motorik ialah kemapuan yang erat dengan keterampilan fisik seperti keterampilan menulis, mengetik menggunakan jangkar, busur derajat dan lain-lain.
e) Sikap dan nilai ialah kemampuan yang erat hubungannya dengan arah serta emosional yang dimiliki seseorang, bagaimana dapat disimpulkan dari kecenderungannya untuk bertingkah laku terhadap orang, barang atau kejadian. Sekolah diharapkan berperan dalam pembentukan sikap dan nilai, seperti sikap mengormati orang lain, kesediaan bekerjasama, tanggung jawab atau keinginan untuk terus menerus belajar dan sebagainya.
3. Tujuan strategi pembelajaran
Isi tujuan pembelajaran pada hakikatnya adalah hasil belajar yang diharapkan, seperti berikut ini :
1.    Mengoptimalkan Pembelajaran Pada Aspek Afektif
Pengoptimalan aspek afektif akan membantu membentuk siswa yang cerdas sekaligus memiliki sifat positif dan secara motorik terampil. Ini yang diharapkan dapat dihasilkan dari penggunaan strategi pembelajaran secara aktif.
2.    Mengaktifkan Siswa Dalam Proses Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran terkadang siswa bersifat pasif sehingga hanya memperoleh kemampuan intelektual (kognitif) saja. Idealnya, sebuah proses pembelajaran menghendaki hasil belajar yang seimbang antara aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Ketika berpartisipasi aktif dalam pembelajaran, siswa akan mencari sendiri pengertian dan membentuk pemahamannya sendiri dalam pemikiran mereka.
C. Manfaat Strategi Pembelajaran
1. Manfaat Strategi Pembelajaran Bagi Seorang Guru
a. Memudahkan dalam memprediksi keberhasilan
b. Alat pemecahan masalah
c. Memudahkan dalam penyampain materi
d. Sebagai sumber belajar yang tepat
e.   Pembelajaran dapat berlangsung sistematis
f. Pembelajaran lebih aktif
g. Pola mengatur tugas pembelajaran.




2.  Manfaat Pembelajaran Kooperatif  Bagi Siswa
a) Mengarahkan pada kegiatan-kegiatan kelompokMengembangkan ketrampilan Berinteraksi
b) Melatih kepekaan diri, empati melalui variasi perbedaan sikap dan perilaku selama bekerja sama
c) Mengurangi rasa kecemasan dan menumbuhkan rasa percaya diri
d) Meningkatkan motivasi belajar, harga diri dan sikap perilaku positif sehingga dengan pembelajaran kooperatif peserta didik akan tahu kedudukannya dan belajar untuk saling menghargai satu sama lain
e) Meningkatkan prestasi belajar dengan meningkatkan prestasi akademik, sehingga dapat membantu peserta didik memahami konsep-konsep yang sulit.

















BAB III
PENUTUP

A.   Kesimpulan
Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya / kekuatan dalam pembelajaran. Ini berarti penyusunan suatu strategi baru sampai pada proses penyusunan rencana kerja belum sampai pada tindakan. Dan starategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya, arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan.
Manfaat strategi pembelajaran dibagi menjadi dua yaitu manfaat strategi pembelajaran bagi siswa yang diantaranya adalah siswa terbiasa belajar dengan perencanaan, siswa memiliki pengalaman yang berbeda-beda, siswa dapat memacu prestasi belajar, terjadi persaingan yang sehat, siswa dapat mencapai kepuasan dan siswa dapat mengulang uji kompetensi. Sedangkan manfaat bagi guru adalah guru dapat mengelola proses pembelajaran, guru dapat mengontrol, guru dapat mengetahui bobot soal, guru dapat memberikan bimbingan kepada siswa, guru dapat membuat peta kemampuan siswa dan guru dapat melaksanakan program belajar akseleratif bagi siswa.












DAFTAR PUSTAKA

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011. 7 Tips Aplikasi Pakem,
Jogjakarta: Diva Press.
Eggen Paul. 2012.  Strategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berfikir, Jakarta: PT Indeks.
Mustakim. Zaenal. 2017. Strategi Dan Metode Pembelajaran (Edisi Revisi). Yogyakarta: Matagraf.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based learning Itu Perlu,
Bogor: Ghalia Indonesia.
Suryani Nunuk & Leo Agung. 2012. Strategi Belajar Mengajar,
Yogyakarta: Penerbit Ombak (Anggota IKAPI).
Wena Made. 2013.  strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer,
Jakarta: PT Bumi Aksara.
















PROFIL
Nama  : Khilda Mursida
Ttl       : Pekalongan, 22 Maret
Alamat : Desa Rowokembu Bendo, kecamatanWonopringgo,kabupaten  pekalongan
Riwayat Pendidikan
Ø TK  Rowokembu Kaum
Ø MI YMI Wonopringgo 03
Ø MTS. Gondang Wonopringgo
Ø MA YMI Wonopringgo
Ø IAIN Pekalongan











Tidak ada komentar:

Posting Komentar