Laman

new post

zzz

Sabtu, 21 Oktober 2017

sbm D 8-a “HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN”

STRATEGI PEMBELAJARAN
HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN

Nazilatur Rochmah
(2023116103)

KELAS D
JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2017




KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya sehingga saya bisa menyelesaikan makalah yang berjudul “ Strategi Pembelajaran “ dengan sub tema “ Hakikat Strategi Pembelajaran” dengan baik. tak lupa sholawat serta salam senantiasa tercurahkan kepada baginda kita Nabi Muhammad SAW yang senantiasa kita nantikan syafa’atnya kelak di yaumul kiyamah amin, allahumma amin.
Saya mengucapkan terimakasih kepada Bapak M.Hufron, M.S.I selaku dosen pengampu mata kuliah Strategi Belajar Mengajar, yang telah memberikan tugas ini kepada saya. Semoga makalah ini dapat bermanfaat untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa dalam penyusunan makalah ini masih banyak kesalahan dan kekurangan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan masukan, kritik dan saran yang membangun agar kedepannya bisa lebih baik.








BAB I
PENDAHULUAN
A. Tema
Strategi Pembelajaran
B. Sub Tema
Hakikat Strategi Pembelajaran
C. Mengapa penting untuk dikaji?
Strategi pembelajaran dengan tema hakiakat Strategi pembelajaran penting dikaji karena strategi pembelajaran berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencanana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran, sehingga dalam proses belajar mengajar lebif efektif dan efisien.










BAB II
PEMBAHASAN

A. Hakikat strategi pembelajaran
1. Hakikat strategi
Dilihat dari segi bahasa, kata “strategi” berasal dari bahasa Yunani strategos yang berarti “jenderal” atau “panglima”, sehingga strategi diartikan sebagai ilmu kejendralan atau ilmu kepanglimaan. Sebagaimana disampaikan Sanjaya, bahwa istilah strategi pada awalnya digunakan dalam dunia militer yang diartikan sebagai cara penggunaan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan peperangan.
Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi bisa di artikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan.
Ada empat strategi dasar dalam belajar mengajar yang meliputi hal-hal berikut:
a. Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
b. Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat.
c. Memilih dan menetapkan prosedur, metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
d. Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria serta standar keberhasilan, sehingga dapat dijadikan pedoman oleh guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar megajar, yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik buat penyempurnaan sistem intruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.

2. Hakikat Pembelajaran
. Pembelajaran merupakan gabungan dari dua konsep yaitu belajar dan mengajar.  Menurut Gagne, belajar dapat diartikan sebagai suatu proses dimana individu mengalami perubahan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman. Jadi,  dapat didefinisikan bahwa belajar merupakan aktifitas yang dilakukan secara sadar untuk memperoleh suatu pengetahuan, pemahaman atau pengalaman baru sehingga memungkinkan terjadinya perubahan yang lebih baik. Sedangkan mengajar merupakan bagian dari pembelajaran, dimana guru berperan untuk merancang berbagai sumber dan fasilitas yang tersedia untuk dimanfaatkan oleh peserta didik dalam mempelajari suatu materi.
Sementara itu terkait dengan pembelajaran itu sendiri menurut Gegne bahwa pembelajaran adalah serangkaian kegiatan yang dirancang untuk memungkinkan terjadinya proses belajar pada siswa. Uno mengemukakan bahwa hakikat pembelajaran adalah perancangan (desain) sebagai upaya untuk membelajarkan siswa.
3. Hakikat strategi pembelajaran
Strategi pembelajaran adalah daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar, agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil.
Kemudian strategi pembelajaran juga merupakan rencana tindakan karena didalamnya terdapat rangkaian dalam menggunakan metode dan pemanfaatan berbagai sumber dalam pembelajaran. ini berarti strategi baru sampai pada penyusunan kerja dan belum sampai pada tindakan. Selanjutnya strategi dikatakan sebagai desain yang digunakan untuk mencapai tujuan, berarti arah dari semua penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan. Dengan demikian penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan.
Strategi pembelajaran sangat berguna, baik untuk guru maupun untuk siswa. Bagi guru strategi dapat dijadikan pedoman atau acuan untuk bertindak yang sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran. bagi siswa penggunaan strategi pembelajaran dapat mempermudah proses belajar dan mempercepat memahami isi pembelajaran, karena strategi pembelajaran dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran.
 Strategi pembelajaran merupakan rencanana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran. hal ini juga dijelaskan dalam PP No. 19 tahun 2005 Bab IV Pasal 19 ayat 1 menyatakan bahwa “ proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik.” Hal tersebut merupakan dasar bahwa guru perlu menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Yang paling dikenal terakhir adalah istilah PAIKEM.
Beberapa definisi tentang strategi pembelajaran menurut para ahli yaitu:
a. Kemp menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan guru dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
b. Dick dan Carey menjelaskan bahwa strategi pembelajaran terdiri atas seluruh komponen materi pembelajaran dan prosedur atau tahapan kegiatan belajar yang digunakan oleh guru dalam rangka membantu peserta didik mencapai tujuan pembelajaran tertentu. menurut mereka strategi pembelajaran bukan hanya terbatas pada prosedur atau tahapan kegiatan belajar saja, melainkan termasuk juga pengaturan materi atau paket program pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik.
c. Nana Sudjana strategi belajar mengajar merupakan tindakan guru dalam melaksanakan rencana pembelajaran dengan menggunakan beberapa variabel pengajaran seperti: tujuan, bahan, metode, dan alat serta evaluasi untuk mempengaruhi siswa mencapai tujuan yang te;lah ditetapkan.
d. Cropper mengatakan bahwa strategi pembelajaran merupakan pemilihan atas berbagai jenis latihan tertentu yang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Ia menegaskan bahwa setiap tingkah laku yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik dalam kegiatan belajarnya harus dapat dipraktikkan.

B. Istilah-istilah dalam strategi pembelajaran
Terdapat beberapa istilah yang maknanya dpat disamakn dengan istilah “strategi” beberapa diantaranya adalah model, pendekatan, metode dan teknik. menurut Sanjaya (2007), istilah-istilah tersebut dapat dimaknai sebagai strategi pembelajaran.
1. Model
Model adalah gambaran kecil atau miniatur dari sebuah konsep besar. model pembelajaran adalah suatu perencanaan atau pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran. pembelajaran yang dimaksud disini termasuk penggunaan media pembelajaran secara umum seperti buku-buku, film, komputer, kurikulum dan lain-lain (Qoyce, 1992).
2. Pendekatan
Istilah lain yang maknanya dapat disamakan dengan strategi pembelajaran adalah “pendekatan” (Sanjaya, 2007). Pendekatan adalah titik tolak atau sudut pandang guru terhadap proses pembelajaran. istilah pendekatan merujuk pada pandangan tentang terjadinya proses yang sifatnya masih sangat umum. Oleh karena itu strategi maupun metode pembelajaran bersumber dari pendekatan tertentu.
3. Metode
Menurut Pupuh Fathurrahman metode dapat diartikan sebagai suatu cara atau prosedur yang ditempuh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.
4. Teknik
Teknik atau taktik merupakan satu istilah lagi yang mempunyai makna sama dengan strategi. Dalam konteks pembelajaran, teknik maupun taktik, mengajara adalah penjabaran dari metode pembelajaran. dengan demkian, teknik adalah salah satu cara yang ditempuh guru untuk me
ngimplementasikan metode pembelajaran tertentu.

BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Strategi pembelajaran adalah daya upaya guru dalam menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar, agar tujuan pembelajaran yang telah dirumuskan dapat tercapai dan berhasil. Strategi pembelajaran sangat berguna, baik untuk guru maupun untuk siswa. Bagi guru strategi dapat dijadikan pedoman atau acuan untuk bertindak yang sistematis dalam pelaksanaan pembelajaran. bagi siswa penggunaan strategi pembelajaran dapat mempermudah proses belajar dan mempercepat memahami isi pembelajaran, karena strategi pembelajaran dirancang untuk mempermudah proses pembelajaran.






DAFTAR PUSTAKA

Bahri Djamarah, Syaiful dkk. 2013.  Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.


Mustakim,Zaenal. 2017.  Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN PRESS.

Remiswal, dkk. 2013. Format Pengembangan Strategi Paikem dalam Pembelajaran Agama Islam. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Perlu. Bogor: Ghalia indonesia


Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.






PROFIL PEMAKALAH

Nama : Nazilatur Rochmah
Tempat Tanggal Lahir : Pekalongan, 6 Juni 1997
Alamat  : Kedungkebo Rt 03 Rw 05, Kecamatan Karangdadap,            Kabupaten Pekalongan    
Riwayat Pendidikan  : SD N Kedungkebo
      SMP NU Karangdadap
   MA NU Karangdadap 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar