Laman

new post

zzz

Sabtu, 21 Oktober 2017

sbm D 8-b "CIRI-CIRI STRATEGI PEMBELAJARAN"

 STRATEGI PEMBELAJARAN
"CIRI-CIRI STRATEGI PEMBELAJARAN"

Dina Shofiana
(2023116105) 


KELAS D
JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
 FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGRI (IAIN) PEKALONGAN
2017




KATA PENGANTAR
Assalamu’alaikum wr.wb
Dengan memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan segala rahmat dan karunia serta hidayah-Nya, tak lupa sholawat serta salam yang senantiasa kita curahkan kepada Nabi Besar Muhammad SAW, Sehingga saya bisa menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu. Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman sekalian, dan khususnya kepada bapak Muhammad Ghufron, M.S.I selaku dosen pembimbing mata kuliah Strategi Belajar Mengajar.
Makalah ini dibuat guna memenuhi tugas mata kuliah Strategi Belajar Mengajar. Pada kesempatan ini, materi dalam makalah yang saya buat yaitu tentang Strategi Pembelajran dengan Sub tema Ciri-Ciri Strategi Pembelajaran. Tidak lupa saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dan semoga apa yang tersajikan dalam makalah ini bermanfaat bagi pembaca dan  dapat menambah pengetahuan mengenai ciri-ciri strategi pembelajaran. Cukup sekian saya ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum wr.wb















BAB I
PENDAHULUAN
A. Tema
Strategi Pembelajaran
B. Sub Tema
Ciri-ciri Strategi Pembelajaran
C. Alasan Kenapa Materi ini Penting untuk dikaji
Strategi pembelajaran adalah suatu hal yang sangat urgen atau penting, dalam proses belajar mengajar. Sekalipun ada materi yang sangat penting untuk disampaikan dan diketahui peserta didik, namun tidak bisa disampaikan dengan strategi yang baik, maka materi itu tidak pernah diterima oleh peserta didik dengan baik pula.Begitu juga sebaliknya.
Oleh karena itu, strategi pembelajaran memiliki peranan yang sangat cukup besar dalam mengantarkan peserta didik untuk bisa sampai pada tujuan pembelajaran. Dengan memahami strategi pembelajaran secara komperehensif, pendidik akan mampu memilah dan memilih strategi mana yang cocok untuk  diterapkan dalam menyampaikan materi pembelajaran. Sehingga, mempelajari strategi pembelajaran serta ciri-cirinya tersebut penting sebagai calon pendidik sebagai bekal mendidik kelak.










BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Strategi Pembelajaran
Secara umum strategi mempunyai pengertian suatu garis-garis besar haluan untuk bertindak dalam usaha mencapai sasaran yang telah ditentukan. Dihubungkan dengan belajar mengajar, strategi bisa di artikan sebagai pola-pola umum kegiatan guru dan anak didik dalam perwujudan kegiatan belajar mengajar untuk mencapai tujuan yang telah digariskan
Strategi pembelajaran mengacu pada penataan cara-cara memilih, menetapkan, dan mengembangkan strategi pembelajaran sehingga terwujud suatu urutan langkah yang prosedural yang dapat dipakai untuk mencapai hasil yang diinginkan. Dengan kata lain Strategi pembelajaran adalah sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Strategi pembelajaran merupakan rencanana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya dalam pembelajaran. hal ini juga dijelaskan dalam PP No. 19 tahun 2005 Bab IV Pasal 19 ayat 1 menyatakan bahwa “ proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik.” Hal tersebut merupakan dasar bahwa guru perlu menyelenggarakan pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif, dan menyenangkan (PAKEM). Yang paling dikenal terakhir adalah istilah PAIKEM.

B. Ciri-Ciri Strategi Pembelajaran
Ada empat unsur strategi dalam menerapkan dalam konteks pembelajaran, antara lain sebagai berikut.
a. Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yaitu perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
b. Mempertimbangakn dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.
c. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah, sperti prosedur, metode dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif.
d. Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau kriteria dan standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan umpan balik untuk penyempurnaan sistem pembelajaran sesuai keseluruhan.
Selain itu terdapat pula variabel strategi pembelajaran yang diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.
a. Strategi pengorganisasian, yaitu cara untuk menata suatu bidang studi yang berhubungan dengan tindakan pemilihan isi/materi, penataan isi, pembuatan diagram, format dan sejenisnya.
b. Strategi penyampaian, yakni cara untuk menyampaikan pembelajaran pada siswa dan untuk menerima serta merespon masukan dari siswa.
c. Strategi pengelolaan, adalah cara untuk menata interaksi antara siswa dan variabel strategi pembelajaran lainnya yang berhubgungan dengan penjadwalan, pembuatan catatan kemajuan belajar, kontrol belajar dan motivasi.

C. Komponen Strategi Pembelajaran
1. Penetapan perubahan yang diharapkan
Kegiatan belajar adalah usaha yang terencana dan sistematis yang ditujukn untuk mewujudkan adanya adanya perubahan pada diri peserta didik. Oleh sebab itu dalam penyusunan strategi pembelajaran berbagai perubahan tersebut baik dari segi pengetahuan, wawasan, keterampilan dan sikap haruslah ditetapkan secara spesifik, terencana dan terarah.
2. Penetapan pendekatan
Pendekatan adalah sebuah kerangka analisis yang akan digunakan dalam memahami sebuah persoalan. Maka, disini dilihat bagaimana cara guru memandang suatu persoalan, konsep, teori, apa yang guru gunakan dalam memecahkan suatu persoalan. Satu masalah yang dipelajari oleh dua orang dengan menggunakan pendekatan yang berbeda, maka, akan menghasilkan kesimpulan yang berbeda-beda.
3. Penetapan metode
Metode pelajaran sangat memegang peranan penting dalam pembelajran. Penggunaan metode tersebut selain harus mempertimbangkan tujuan yang ingin dicapai, juga harus memerhatikan bahan pelajaran yang akan disampaikan, kondisi peserta didik, lingkungan dan kemampuan guru itu sendiri. Dalam memilih metode yang digunakan ada satu prinsip yang harus diperhatikan, yaitu metode tersebut hendaknya tidak hanya terfokus pada kegiatan guru saja, tapi juga kegiatan peserta didik. Dan perlu dipahami bahwa suatu metode mungkin hanya cocok dipakai untuk mencapai tujuan tertentu.
4. Penetapan norma keberhasilan
Penetapan norma keberhasilan haruslah diperhatikan karena menjadi pegangan yang kuat dapat dijadikan ukuran untuk menilai sampai sejauh mana keberhasilan tugas-tugas yang telah dilakukan.

D. Pemilihan strategi pembelajaran
Dalam pemilihan dan penetapan strategi pembelajaran ada beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan, antara lain :
1. Kesesuaian dengan tujuan instruksional yang hendak dicapai.
2. Kesesuaian dengan bahan bidang studi yang terdiri dari aspek-aspek pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai
3. Strategi pembelajaran itu mengandung seperangkat kegiatan pembelajaran yang mungkin mencakup penggunaan beberapa metode pengajaran yang relevan dengan tujuan dan materi pelajaran.
4. Kesesuiaian dengan kemampuan profesiona guru bersangkutan terutama dalam rangka pelaksanaannya dikelas.
5. Cukup waktu yang tersedia, karena erat kaitannya dengan waktu belajar dan banyaknya bahan yang harus disampaikan.
6. Kesediaan unsur penunjang, khususnya media instruksional yang relevan dan peralatan yang memadai
7. Suasana lingkunagn dalam kelas dan lembaga pendidkan secara keseluruhan.
8. Jenis-jenis kegiatan yang serasi dengan kebutuhan dan minat siswa, karena erat kaitannya dengan tingkat motivasi belajar untuk mencapai tujuan instruksional.








BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan
Strategi pembelajaran mengacu pada penataan cara-cara memilih, menetapkan, dan mengembangkan strategi pembelajaran sehingga terwujud suatu urutan langkah yang prosedural yang dapat dipakai untuk mencapai hasil yang diinginkan. Adapun variabel strategi pembelajaran yang diklasifikasikan menjadi tiga, yaitu strategi pengorganisasian, strategi penyampaian, strategi pengelolaan.
Komponen Strategi Pembelajaran, adalah hal-hal yang harus ada di dalam pelaksanaan strategi pembelajaran, antara lain Penetapan perubahan yang diharapkan, Penetapan pendekatan, Penetapan metode, Penetapan norma keberhasilan. Dalam pemilihan dan penetapan strategi pembelajran ada beberapa hal yang perlu dijadikan sebagai pertimbangan, seperti  Kesesuaian dengan tujuan instruksional yang hendak dicapai, bahan bidang studi yang terdiri dari aspek-aspek pengetahuan, keterampilan, sikap dan nilai. Kesesuian dengan kemampuan profesional guru bersangkutan terutama dalam rangka pelaksanaannya dikelas, dan lain-lain.





DAFTAR PUSTAKA

Bahri Djamarah, Syaiful dkk. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Press.

Remiswal. 2013. format pengembangan strategi Paikem dalam pembelajaran agama islam. Yogyakarta : Ruko jambusari.

Riyanto, Yatim. 2010.  Paradigma baru pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Wena ,Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.







  

PROFIL PEMAKALAH

Nama : Dina Shofiana
Tempat Tanggal Lahir : Pekalongan, 17 Juni 1998
Alamat : Pekajangan Gg 14, Rt 33 Rw 12, Kecamatan Kedungwuni, Kabupaten   Pekalongan
Riwayat Pendidikan : TK Aisyah Pekajangan
   SD Muhammadiyah 1 Pekajangan
  SMP N 1 Kedungwuni
  SMA N 1 Kedungwuni





Tidak ada komentar:

Posting Komentar