Laman

new post

zzz

Jumat, 27 Oktober 2017

sbm G 9-d KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL & INKONVENSIONAL

STRATEGI PEMBELAJARAN
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL & INKONVENSIONAL

Lili Maghfiroh
(2021115278) 
Kelas :G


FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2017




KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam. Shalawat serta salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah SAW . Penulis bersyukur kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga makalah yang bertema Metode Pembelajaran “Kelebihan dan Kekurangan metode pembelajaran” guna memenuhi tugas strategi belajar mengajar, telah terselesaikan.
Sehubungan dengan ditugasinya penulis untuk mengulas materi mengenai “Kelebihan dan Kekurangan metode pembelajaran” yang sumbernya berasal dari berbagai macam buku mengenai strategi belajar mengajar, maka penulis mencoba menghimpun dan mengulas buku-buku yang berhubungan dengan metode pembelajaran tersebut.








Pekalongan, 31 Oktober 2017

penulis

Lili maghfiroh

BAB I
PENDAHULUAN

Latar Belakang
Dalam kegiatan pembelajaran tidak dapat lepas dari yang namanya metode. Metode adalah cara yang fungsinya sebagai alat untuk mencapai tujuan. Lebih sulit lagi menetapkan metode mana yang memiliki efektifitas paling tinggi. Sebab metode yang “kurang baik” di tangan seorang guru dapat menjadi metode yang “baik sekali” di tangan guru yang lain dan metode yang baik akan gagal di tangan guru yang tidak menguasai teknik pelaksanaannya. Metode pembelajaran sangatlah bermacam-macam variasinya. Suatu metode pembelajaran yang sama dapat membedakan hasil pembelajaran, jika kondisinya berbeda.
Berkaitan dengan cara atau metode apa yang akan dipilih dan digunakan dalam kegiatan pembelajaran, seorang guru harus terlebih dahulu memahami berbagai pendakatan, strategi, dan model pembelajaran. Pemahaman tentang hal ini akan memberikan tuntutan kepada guru untuk dapat memilah , memilih, dan menetapkan dengan tepat metode pembelajaran yang akan digunakan dalam pembelajaran.
Tema dan Judul Makalah
Tema : Metode Pembelajaran
Judul : Kelebihan dan Kekurangan Metode Pembelajaran dalam kelas.
Arti Penting Dikaji
Dalam makalah ini membahas mengenai kelebihan dan kekurangan metode dalam pembelajaran. Mengetahui serta memahami metode pembelajaran sangatlah penting. Penggunaan metode yang tepat akan turut menentukan efektivitas dan efisiensi pembelajaran
Penggunaan metode yang bervariasi dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Metode
       Metode berasal dari bahasa Greek-Yunani,yaitu metha berarti melalui atau   melewati dan hodos yang berarti jalan atau cara.dari asal makna kata tersebut dapat d    iambil pengertian secara sederhana metode adalah jalan atau cara yang di tempuh seorang guru dalam menyampaikan ilmu pengetahuan pada anak didiknya sehingga dapat mencapai tujuan tertentu.
Metode Pembelajaran memahami pemaknaan metode tersebut maka dapat ambil  pengertian tentang metode pembelajaran  yang di ungkapkan oleh Thoifuri metode pembelajaran cara yang di tempuh guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada siswa secara tepat dan cepat berdasarkan waktu yang telah di peroleh hasil yang maksimal .dari makna tersebut mengandung unsur yang tepat yakni sesuai dalam  karakteristik mata pelajaran , dan unsur cepat menunjukan.
Mengajar berarti menyampaikan atau menularkan pengetahuan dan pandangan dalam hal murid maupun pengajaran harus mengerti bahan ajar yang di bicarakan
B. Macam- Macam Metode Pembelajaran
Metode ada yang sempurna melainkan masing –masing kelebihan dan kekurangan mengenai berbagai metode sesuai dengan klasifikasiakan dijelaskan sebagai berikut:
1. Metode belajar mengajar Konvensional
Metode ini adalah metode yang biasa di pakai guru pada umumnya atau sering dinamakan metode tradisional Metode konvensional meliputi :
a. Metode Pembiasaan
Metode ini mengutamakan proses untuk membuat seseorang menjadi terbiasa dengan demikian metode pengajaran pembiasaan ini merupakan cara efektif dan efisien dalam menanamkan kompetensi kognitif,afetif psikomotorik peserta didik dengan sendirinya. 
1) Kelebihan metode pengajaran pembiasaan adalah menghemat tenaga dan waktu terkait batiniyah –lahiriyah ,yaitu metode dianggap paling berhasil dalam pembentukan kepribadian anak didik. 
2) Kekurangan metode ini membutuhkan guru yang dapat di jadikan teladan dalam menanamkan nilai nilai kepribadian anak didik.
b. Metode Keteladanan
Metode ini digunakan untuk mewujudkan tujuan pengajaran dengan memberikan Keteladanan pada siswa dapat berkembnag fisik,mental dan kepribadian secara benar.
1)Kelebihan metode keteladanan diantaranya:
1) peserta didik lebih mudah ilmu yang dipelajari di sekolah.
2) Guru lebih mudah mengevaluasi hasil belajar.
3) Tujuan pendidikan lebih terarah dan tercapai dengan baik.
4) Tercipta hubungan baik antara siswa dengan guru.
5) mendorong guru  untuk selalu berbuat yang baik karena menjadi suri tauladan oleh siswanya.
2) Kekurangan Metode ini adalah guru yang tidak memenuhi kode etik keguruan.
c. Metode penghargaan
Metode ini mengedepankan kegembiraan dan positif thinking,yaitu memberikan hadiah pada anak didik , baik yang berprestasi akademik maupun berprilaku baik. Kelebihan Metode ini adalah mampu menciptakan kompetensi obyektif peserta didik untuk melakukan hal-hal yang positif , progresif,serta dapat motivasi siswa lainnya untuk belajar lebih giat. Kekurangan Metode ini adalah dampak menimbulkan dampak negatif makalah guru  berlebihan dalam  melaksanakannya,sehingga mengakibatkan siswa besar  kepala , sombong dan merasa dirinya  lebih baik dan lebih tinggi dari teman –teman lainya.
d. Metode Hukuman
Metode ini merupakan lawan dari  metode  pemberian hadiah pelaksanaan adalah sebagai jalan terakhir dengan prinsip tidak menyakiti fisik, melainkan  bersifat  akademik  dan edukatif dengan tujuan  menyadarkan siswa dari kesalahan yang berulang –ulang. Kelebihan metode ini  untuk  memperbaiki kesalahan siswa,sehingga tidak mengulangi kesalahan yang sama. Kekurangan metode ini adalah jika hukuman yang di berikan tidak bersifat akademik,maka akan membangkitkan emosional anak didik,suasana menjadi rusuh , tidak kondusif ,anak takut,kurang percaya diri,pemalas dan paling tragis lagi adalah mengurangi  keberanian siswa mengeluarkan pendapat dan berbuat.
e. Metode ceramah
Metode ini yang boleh dikatakan metode tradisional , karena sejak dulu metode ini di pergunakan sebagai alat komunikasi lisan guru dengan anak didik dalam proses belajar  mengajar. Dengan demikian dapat di pahami bahwa metode ceramah adalah cara penyajian pelajaran yang dilakukan guru dengan penuturan atau penjelasan lisan secara langsung terhadap siswa.
Hal-hal yang harus di perhatikan guru pada waktu mengajar dengan menggunakan metode ceramah adalah sbb:
1) Guru akan  menjadi satu-satunya pusat perhatian .Oleh  karena itu sebelum memuali ceramah perlu  mengoreksi diri,antara lain berkaitan dengan pakain,cara berpakaian ,make up  dan lain –lain.
2) Untuk mengarahkan perhatian peserta didik, ceramah sebaiknya di mulai dengan menyampaikan tujuan pengajaran yang akan dicapai  setelah kegiatan pembelajaran.
3) Sampaikan garis besar bahan ajar , baik berupa secara lisan maupun tertulis.
4) Hubungan  materi pelajaran  yang akan di sampaikan dengan pengetahuan dan pengalaman yang telah di peroleh dari peserta didik.
5) Mulailah dari hal-hal yang umum menuju hal –hal yang khusus , dari hal –hal sederhana menuju hal –hal yang rumit.
6) Selingilah dengan contoh –contoh yang berkaitan dengan kehidupan peserta didik, sekali-kali lakukanlah pembelajaran humor yang menunjang pembelajaran.
7) Arahkan perhatian pada seluruh pesertadidik  dan jangan melakukan gerakan –gerakan yang bisa mengganggu kelancaran pembelajaran .
8) Gunakan alat peraga atau media yang sesuai bahan yang di ceramahkan.
9) Kontorllah agar pembicaraan tidak menonton , lakukanlah penekanan – penekanan pada materi –materi tertentu.
Metode ini mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan sbb:
1) Kelebihan Metode ceramah
a) Guru mudah menguasai kelas.
b) Mudah  mengorganisasi tempat duduk/ kelas
c) Dapat di ikuti oleh jumlah siswa yang besar
d) Mudah mempersiapkan dan melaksanakannya
e) Guru mudah menerangkan pelajaran dengan baik
2) Kelemahan metode ceramah
a) Mudah menjadi verbalisme(pengertian kata-kata)
b) Yang visual menjadi rugi,yang auditif ( mendengar ) yang besar menerimanya.
c) bila selalu di gunakan dan terlalu lama,membosankan.
d) guru menyimpulkan bahwa siswa mengerti dan tertarik pada ceramahnya ini sukar sekali.
e) Menyebabkan siswa menjadi pasif .
f. Metode Latihan
Metode latihan disebut juga menjadi training ,yaitu suatu cara belajar untuk menanamkan kebiasaan –kebiasaan tertentu . yang baik , sebagai sarana memelihara kebiasaan –kebiasaan yang baik. Metode ini banyak diakui mempunyai kelebihan, tetapi juga mempunyai beberapa kekurangan.
1) kelebihan metode latihan
a) Dapat memperoleh kecakapan motoris,seperti menulis, melafalkan huruf, membuat dan menggunakan alat-alat.
b) Dapat memperoleh kecakapan mental ,seperti dalam perkalian , penjumlahan , pengurangan , pembagian tanda-tanda / simbol dan sebagainya.
c) Dapat membentuk kebiasan dan menambah ketepatan dan kecepatan pelaksana.
2) kekurangan metode latihan
a) Menghambat bakat dan inisiatif anak didik karena anak didik lebih banyak dibawa kepada penyesuaian dan diarahkan jauh dari pengertian
b) Menimbulkan secara setatis kepada lingkungan.
c) Kadang –kadang latihan yang dilaksanakan secara berulang-ulang merupakan hal yang menonton dan mudah membosankan
d) Dapat menimbulkan verbalisme


g. Metode Bercerita
Metode bercerita adalah suatu cara mengajar dengan bercerita.karena informasi di sampaikan melalui penuturan,penjelasan lisan dari seseorang kepada orang lain.
1) Kelebihan metode Bercerita
a) Guru mudah menguasai kelas
b) Guru dapat meningkatkan konsentrasi anak didik dalam waktu relatif lama.
c) Mudah menyiapkan
d) Guru melaksanakan
e) Dapat diikuti anak didik dalam jumlah banyak
2) Kekurangan Metode bercerita
a) anak didikterkadang terbuat dengan jalannya cerita sehingga tidak dapat mengambil intisari.
b) Hanya guru yang pandai bermain kata-kata atau kalimat
c) Menyebabkan anak didik pasif  karena guru yang aktif .
d) Anak didik lebih cenderung  hafal  isi cerita dari pada sari cerita yang dituturkan.
h. Metode tanya jawab
Metode tanya jawab ialah suatu cara penyajian bahwa pelajaran melalui bentuk pertanyaan yang perlu dijawab  oleh anak didik. Metode tanya jawab memiliki beberapa hal kelebihan dan kekurangan  sbb:
1) Kelebihan metode tanya jawab.
a) pertanyaan dapat menarik dan dapat  menarik dan tidak membosankan  perhatian siswa,sekalipun  ketika itu siswa sedang ribut , yang mengantuk tegar hilanng kantuknya.
b) Merasang siswa  untuk melatih mengembangkan daya pikir,termasuk daya ingatan.
c) Mengembangkan keberanian dan ketrampilan siswa dan mengembnagkan pendapat.
2) kekurangan metode tanya jawab
a) Siswa merasatakut,apalagi bila guru kurang dapat mendorong siswa untuk bernai,dengan menciptakan suasana yang tidak tegang , melainkan akrab.
b) Tidak mudah  membuat  pertanyaan  yang sesuai dengan tingkat berfikir dan mudah di pahami siswa.
c) Waktu sering banyak terbuang,terutama apabila siswa tidak dapat  menjawab  pertanyaan dua atau tiga orang.
d) Dalam jumlah siswa yang banyak,tidak mungkin cukup waktu untuk  memberikan pertanyaan kepada siswa.
i. Metode diskusi
Metode diskusi adalah cara penyajian mata pelajaran , yang dimana siswa –siswi di hadapkan suatu masalah  yang bisa berupa pertanyaan yang sifat promblematika untuk dibahas  di pecahkan bersama.
1) Kelebihan metode diskusi.
a) Merasang kreatifitas anak didik dalam bentuk  ide-gagasan prakarsa trobosan baru dalam memecahkan masalah baru.
b) Mengembnagkan sikap menghargai pendapat orang lain.
c) Memperluas wawasan.
d) Membina untuk terbiasa  musyawarah  untuk mufakat dalam suatu masalah.
2) Kekurangan metode diskusi.
a) Pembicaraan terkadang  menyimpang sehingga memerlukan waktu jangka panjang.
b) Tidak dapat di pakai  pada kelompok yang besar.
c) Peserta mendapatkan informasi yang terbatas
d) Mungkin  di kuasai oleh orang- orang  yang suka berbicara atau ingin menonjolkan diri.


j. Metode Eksperimen
Metode eksperimen adalah metode pengambilan kesempatan kepada  anak didik perorangan atau kelompok ,untuk di latih  melakukan suatu proses atau percobaan.
1) Kelebihan  metode eksperimen.
Metode ini dapat membuat anak didik lebih  percaya  kebenaran atau  kesimpulan  berdasarkan berdasarkan percobaannya sendiri dari pada hanya menerima  kata guru atau buku. Anak didik  dapat mengembnagkan sikap untuk mengadakan  studi eksporasi ( menjelajahi) tentang ilmu dan teknologi. sikap yang di tuntut  dari seorang ilmuwan  dan dengan metode ini akan terbina  manusia  yang dapat membawa  terobosan –terobosan  baru dengan penemuan  sebagai hasil  percobaannya di harapkan dapat bermanfaat  bagi kesejahteraan  hidup manusia.
2) Kekurangan metode Eksperimen
a) Tidak cukupnya  alat –alat  mengakibatkan  tidak setiap  anak didik  berkesempatan  mengadakan eksperimen.
b) Jika  eksperimen  memerlukan  jangka waktu jangka waktu lama anak  didik , harus menaati  untuk  melajutkan pelajaran, serta
c) Metode  ini lebih sesuai  untuk menyajikan bidang –bidang teknologi .
k. Metode Tugas dan Resitasi
Metode Resitasi( penugasaan ) adalah  metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas PR tertentu  agar siswa  melakukan kegiatan belajar .
1) Kelebihan
a) Lebih merangsang siswa dalam melakukan  aktivitas  belajar individual ataupun kelompok.
b) Dapat mengembangkan kemandirian siswa  di luar pengawasaan guru.
c) Dapat membina tanggung jawab dan disiplin siswa.
d) Dapat mengembngkan  kreativitas siswa.
2) Kekurangannya
a) Siswa sulit kontrol , apakah  benar ia akan mengerjakan tugas ataukah orang lain.
b) Khusus untuk  tugas kelompok , tidak jarang yang aktif  mengerjakan dan menyelesaikannya adalah anggota tertentu saja  sedangkan  anggota lainnya  tidak berpartisipasi dengan baik.
c) Tidak mudah  memberikan  tugas yang sesuai dengan individul siswa .
d) Sering memberikan tugas yang  menonton ( tidak bervariasi ) dapat menimbulkan kebosaan siswa.
C. Metode  belajar mengajar inkonvensional
Metode mengajari inkonvensional  adalah suatu metode mengajar yang disesuaikan  dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern,seperti :metode pengajaran modul , pengajaran berprograma, pengajaran unit, metode CBSA(cara belajar siswa aktif) dan sebagainya.
A. Metode pengajaran modul
Metode mengajar adalah suatu proses pembelajaran mengenai suatu satuan  bahasan tertentu yang disusun secara sistematis , operasional,dan terarah untuk di gunakan oleh peserta didik, serta dengan pedoman penggunakan untuk para guru.
1. Kelebihan Metode modul
Belajar menggunakan modul sangat banyak manfaatnya, siswa dapat bertanggung jawab terhadap kegiatan belajarnya sendiri, pembelajaran dengan modul sangat menghargai perbedaan individu, sehingga siswa dapat belajar sesuai dengan tingkat kemampuannya, maka pembelajaran semakin efektif dan efisien.
2. Kekurangan  Metode modul
a. Memerlukan biaya yang cukup besar serta memerlukan waktu yang lama dalam pengadaan atau pengembangan modul itu sendiri
b. Membutuhkan ketekunan tinggi dari guru sebagai fasilitator untuk  memantau proses belajar siswa.
B. Metode pengajaran berprogram
Metode pengajaran  berprogram adalah suatu metode pengajaran yang memungkinkan siswa untuk mempelajari materi, tertentu terbagi atas bagian –bagian kecil yang dirangkaikan secara berurutan untuk mencapai tujuan tertentu pula.
1. Kelebihan Metode Berprogram
a. Bahan pelajaran sangat banyak disediakan sehingga sifat individuil anak-anak dapat diperhatika
b. Anak yang pandai mendapat kesempatan yang banyak untuk mencapai kemajuan
c. Melatih anak untuk berbuat mandiri dan bertanggung jawab sendiri.
d. Bahan-bahan pealajaran dapat di susun secara sistematis menurut rencana yang telah ditetapkan
2.  Kekurangan Metode Berprogram
a. Kegiatan-kegiatan peserta didik sukar untuk di kontrol
b. Fungsi pendidik sebagai pendidik di abaikan oleh para peserta didik
c. Proses belajar seperti ini sangat sulit untuk membentuk kepribadian yang bulat
d. Susah untuk menyusun program, apalagi program dari setiap mata pelajaran.
C. Metode pengajaran Unit
Metode ini juga disebut  metode proyeksi yang memberi makna bahwa metode pengajaran unit adalah suatu sistem pengajaran yang berpusat pada suatu masalah dan di pecahkan secara keseluruhan sehingga mempunyai arti.
1) Kelebihan Metode Unit
a. Membantu peserta didik lebih berpikir komprehensif
b. Memperluas wawasan peserta didik dalam ilmu pengetahuan dengan keanekaragaman sumber info
c. Memperhatikan karakteristik peserta didik secara khusus
d.  Menciptakan iklim demokratis dalam belajar dimana peserta didik dapat ikut menentukan rencana bersama guru tentang topik yang akan dibahas
e. Pengajaran unit disesuaikan dengan tingkat perkembangan, minat dan bakat peserta didik
2) Kekurangan Metode Unit
a. Sulit menentukan topik yang sesuai dengan minat, bakat dan perkembangan anak
b. Memerlukan biaya yang cukup besar
c. Memerlukan waktu yang cukup lama.









BAB III
PENUTUP
Kesimpulan
Mengajar secara efektif sangat bergantung pada pemilihan dan penggunaan metode mengajar yang serasi dengan tujuan mengajar. Penggunaan metode yang bervariasi dapat membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. metode pembelajaran adalah cara yang ditempuh guru dalam menyampaikan bahan ajar kepada siswa secara tepat dan cepat berdasarkan waktu yang telah ditentukan sehingga diperoleh hasil yang maksimal. Secara garis  besar, metode pembelajaran diklasifikasikan menjadi dua, yaitu konvensional dan inkonvesional. Metode pembelajaran tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan pada masing-masing metode baik konvensional dan inkonvensional


















DAFTAR PUSTAKA

Mustakim, Zaenal. 2017. Strategi dan Metode Pembelajaran.  Yogyakarta: Matagraf
Suyanton dan .Asep jihad. 2013. Menjadi Guru Profesional .  Jakarta: PT. Erlangga Group
 Yamin, Martinis. 2008. Profesionalisasi Guru dan implementasi KTSP. Jakarta: Gaung presada press.
.Ad.Rooijakkers, 1991.  Mengajar Dengan sukses. Jakarta :PT Grasindo  Hlm.1

















BIODATA
Nama : Lili Maghfiroh
TTL : Pemalang, 22-04-1994
Alamat : Desa Tundagan, Kec. Watukumpul Kab. Pemalang
Riwayat Pendidikan:
- SDN 02 Tundagan
- SMP N 03 Watukumpul
- MA As Syamsuriyyah
- PP As Syamsuriyyah
- IAIN Pekalongan
































Tidak ada komentar:

Posting Komentar