Laman

new post

zzz

Senin, 15 Oktober 2018

SBM D G1 STRATEGI PEMBELAJARAN "HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN"


STRATEGI PEMBELAJARAN
"HAKIKAT STRATEGI PEMBELAJARAN"
Ella Nur Aini
NIM. (2317106)
Kelas D

JURUSAN PGMI
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PEKALONGAN

 
2018



KATA PENGANTAR

Alhamdullilah puji syukur kehadirat Allah SWT, atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul “Hakikat Strategi Pembelajaran” ini dapat diselesaikan. Sholawat dan salam senantiasa kami tercurah kepada sebaik-baik manusia, Nabi Muhammad SAW, keluarganya, dan sahabatnya.
Makalah ini menjelaskan tentang Hakikat Strategi Pembelajaran, Penulisan makalah berdasarkan kaidah-kaidah penulisan karya ilmiah yang digunakan di IAIN Pekalongan. Di samping itu, makalah ini juga menjelaskan bagaimana penerapan metode menulis makalah yang melibatkan pembangunan kecerdasan emosional spiritual (ESQ) penulisnya. Dengan demikian, materi makalah ini diharapkan dapat membantu pembangunan karakter mahasiswa melalui proses menulis makalah yang baik dan benar.
Makalah ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, penulis dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna penyempurnaan penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini menambah khasanah keilmuan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Amin yaa robbal ‘alamin.

Pekalongan, Oktober  2018


Penulis        

DAFTAR ISI

Kata Pengantar .............................................................................................. 2
Daftar Isi........................................................................................................ 3
BAB I       PENDAHULUAN....................................................................... 4
A.      Latar Belakang Masalah......................................................... 4
B.       Rumusan Masalah................................................................... 4
C.       Tujuan Masalah....................................................................... 4
D.      Metode Pemecahan Masalah.................................................. 5
E.       Sistematika Penulisan............................................................. 5
BAB II     PEMBAHASAN.......................................................................... 5
A.      Pengertian Strategi Pembelajaran........................................... 6
B.       Dasar-Dasar Strategi Pembelajaran......................................... 8
C.       Jenis Atau Klasifikasi Strategi Pembelajaran.......................... 9

BAB III    PENUTUP.................................................................................. 11
A.      Kesimpulan........................................................................... 11
B.       Saran..................................................................................... 11
DAFTAR PUSTAKA.................................................................................. 12
BIODATA ……………………………………………………………………………………………………… 14


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah
Guru adalah orang yang menyampaikan informasi kepada anak didik dan mentransfer ilmu pengetahuan kepada peserta didik untuk dapat tercapainya informasi dan tujuan pendidikan tersebut. Maka seorang guru harus dapat mengetahui dan memahami bagaimana ilmu pengetahuan itu dipahami dan diterima oleh peserta didik. Oleh karena itu, guru harus dapat mengetahui strategi pembelajaran, dengan penguasaan strategi pembelajaran diharapkan pesan yang disampaikan ke peserta didik dapat sampai sesuai dengan tujuan pembelajaran.
Strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan, dimana didalamnya terdapat metode-metode yang akan dilaksanakan sesuai situasi dan kondisi sekolah maupun peserta didiknya. Strategi pembelajaran adalah cara yang akan digunakan oleh guru dalam kegiatan belajar mengajar sepanjang proses pembelajaran. Pemilihan tersebut dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi, sumber belajar, kebutuhan dan karakteristik dari masing-masing murid yang dihadapi, agar bisa tercapainya tujuan pembelajaran. 
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang tersebut perlu kiranya merumuskan masalah sebagai pijakan untuk terfokusnya kajian makalah ini. Adapun rumusan masalahnya sebagai berikut:
1.      Apa yang dimaksud strategi pembelajaran?
2.      Apa saja dasar-dasar dalam strategi pembelajaran?
3.      Apa saja jenis atau klasifikasi strategi pembelajaran?
C.     Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui pengertian strategi pembelajaran.
2.      Untuk mengetahui dasar-dasar strategi pembelajaran.
3.      Untuk mengetahui klasifikasi strategi pembelajaran.

D.    Metode Pemecahan Masalah
Metode yang digunakan dalam pemecahan masalahnya adalah studi pustaka atau tinjauan pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa buku-buku dan referensi yg lain seperti jurnal sesuai dengan pernasalahan yang sedang dipecahkan melalui rumusan masalah yang telah ditentukan.

E.     Sistematika Penulisan
Makalah ini disusun atas tiga bagian yang meliputi Bab I Pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penulisan, metode pemecahan masalah, dan sistematika penulisan. Kemudian Bab II Pembahasan yang terdiri dari pengertian strategi pembelajaran, dasar-dasar strategi pembelajaran, jenis-jenis strategi pembelajaran. Dan Bab III Penutup yang terdiri dari kesimpulan dan saran.












BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Strategi Pembelajaran
Kata “Strategi” berasal dari bahasa Yunani artinya “Jendral” atau “Panglima”,  sehingga strategi diartikan sebagai ilmu kejendralan atau ilmu kepanglimaan. Istilah strategi awalnya dipakai didunia militer dimana artinya cara yang digunakan seluruh kekuatan militer untuk memenangkan sebuah peperangan. Seseorang yang pandai dalam mengatur strategi tentu akan melakukan suatau tindakan dan perencanaan yang sangat matang, ia akan menimbang bagaimana kekuatan pasukan yang dimilikinya baik dari segi kualitas dan kuantitasnya., bagaimana kelengkapan peralatan perangnya, bagaimana juga kondisi pasukan musuh, apa saja kelebihan yang dimiliki musuh, serta apa saja kelemahan musuh yang bisa menjadi peluang pasukannya memukul mundur sehingga mendapatkan kememenangan. Setelah semua informasi berhasil diidentifkasi, maka barulah kita bisa menyusun tindakan apa yang harus dilakukan, baik tentang siasat peperangan, teknik dan taktik apa yang harus dijalankan, maupun waktu yang pas saat melakukan serangan. [1]
Dari illustrasi tersebut, kita dapat menganbil sebuah kesimpulan bahwa orientasi dari pilihan, disusun, dan digunakannya strategi adalah untuk mencapai kesuksesan atau keberhasilan dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Dari dunia militer kemudian kata strategi digunakan dalam dunia pendidikan. Berikut pendapat ahli pendidikan terkait strategi pembelajaran :
1.      J.R David (1976) dalam Gulo mengartikan strategi pembelaran sebagai a plan, method, or series of activities designed to achieves a particular education goal. Maksudnya adalah strategi pembelajaran merupakan perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
2.      Dick and Carey (1985) dalam sanjaya (2007) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu set materi dan prosedur pembelajaran yang digunakan secara bersama-sama untuk menimbulkan hasil belajar dari peserta didik.
3.      Kemp (1995) dalam Majid (2013) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah suatu kegiatan pembelajaran yang harus dikerjakan pendidik dan peserta didik agar tujuan pembelajaran dapat dicapai secara efektif dan efisien.
4.      Gerlach dan Ely dalam Majid (2013) menjelaskan bahwa strategi pembelajaran adalah cara-cara yang dipilih untuk menyampaikan materi pelajaran dalam lingkungan pembelajaran tertentu.
5.      Gulo (2002) menjelaskan strategi sekaligus perbedaannya dengan metode. Adapun strategi dapat diartikan “a plan of operation achieving something” rencana kegiatan untuk mencapai sesuatu, sedangkan metode adalah “a way in achieving something”, cara untuk mencapai sesuatu.
Dari pengertian diatas, ada dua hal yang patut kita cermati, yakni : pertama, strategi pembelajaran merupakan rencana tindakan (rangkaian kegiatan) termasuk penggunaan metode dan pemanfaatan berbagai sumber daya/kekuatan dalam pembelajaran. Ini berarti penyusunan suatu strategi baru sampai pada tindakan. Kedua, strategi disusun untuk mencapai tujuan tertentu. Artinya, arah dari semua keputusan penyusunan strategi adalah pencapaian tujuan. Dengan demikian penyusunan langkah-langkah pembelajaran, pemanfaatan berbagai fasilitas dan sumber belajar semuanya diarahkan dalam upaya pencapaian tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, sebelum menentukan strategi perlu dirumuskan tujuan yang jelas yang dapat diukur keberhasilannya, sebab tujuan adalah ruh dari implementasi suatu strategi.[2]
Dari beberapa pengertian para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran adalah langkah-langkah yang ditempuh guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada, guna mencapai tujuan pembelajaran secara aktif dan efisien.[3]
B.     Dasar - Dasar Strategi Pembelajaran
Ada empat strategi dasar dalam pembelajaran yang meliputi hal hal berikut:
1.      Mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku dan kepribadian anak didik sebagaimana yang diharapkan.
2.      Memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat.
3.      Memilih dan menetapkan prosedur, metode, dan teknik belajar mengajar yang dianggap paling tepat dan efektif  sehingga dapat dijadikan pegangan oleh guru dalam menunaikan kegiatan mengajarnya.
4.      Menetapkan norma-norma dan batas minimal keberhasilan atau criteria serta standar keberhasilan sehingga dapat dijadikan pedoman guru dalam melakukan evaluasi hasil kegiatan belajar mengajar yang selanjutnya akan dijadikan umpan balik untuk penyempurnaan system instruksional yang bersangkutan secara keseluruhan.[4]


C.    Jenis Atau Klasifikasi Strategi Pembelajaran
Ada beberapa strategi dalam pembelajaran yaitu strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran kontekstual dan masih banyak strategi pembelajaran lainnya. Strategi ini dipilih karena sering digunakan oleh guru.
1.            Strategi pembelajaran ekspositori
Karakteristik strategi ekspositori sebagai berikut :
a)      Strategi ekpositori dilakukan dengan cara menyampaikan materi pelajaran secara verbal.
b)      Biasanya materi yang disampaikan adalah materi pelajaran yang sudah jadi, seperti data atau fakta, konsep-konsep tertentu yang harus dihafal sehingga tidak menuntut siswa untuk berpikir ulang.
c)      Tujuan utama proses pembelajaran adalah penguasaan materi pelajaran itu sendiri.[5]
2.   Strategi pembelajaran inkuiri
Ciri utama strategi ini adalah :
a)      Strategi ini menekankan pada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan.
b)      Seluruh aktivitas yang dilakukan siswa diarahkan untuk mencari dan menemukan jawaban sendiri dari sesuatu yang dipertanyakan, sehingga dapat menumbuhkan sikap percaya diri.
c)      Tujuan dari strategi ini adalah mengembangkan kemampuan berpikir secara sistematis, logis, dan kritis, serta mengembangkan sikap kemampuan intelektual sebagai bagian dari proses mental.[6]
3.      Strategi pembelajaran kontekstual
Tiga hal yang harus dipahami strategi ini yakni :
a)      Strategi ini menekankan pada proses keterlibatan siswa untuk menemukan materi, artinya proses belajar diorientasikan pada proses pengalaman secara langsung.
b)      Strategi kontekstual mendorong agar siswa dapat menemukan hubungan antara materi yang dipelajari dengan keadaan nyata.
c)      Strategi kontekstual mendorong siswa untuk dapat menerapkannya dalam kehidupan nyata.[7]
4.      Strategi pembelajaran tidak langsung
5.      Strategi pembelajaran interaktif
6.      Strategi pembelajaran empirik
7.      Strategi pembelajaran mandiri
8.      Strategi pembelajaran berbasis masalah
9.      Strategi pembelajaran kooperatif
10.  Strategi pembelajaran aktif[8]













BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Strategi pembelajaran adalah langkah-langkah yang ditempuh guru untuk memanfaatkan sumber belajar yang ada, guna mencapai tujuan pembelajaran secara aktif dan efisien. Adapula dasar-dasar dalam pembelajaran yakni mengidentifikasi serta menetapkan spesifikasi dan kualifikasi perubahan tingkah laku anak, memilih sistem pendekatan belajar mengajar berdasarkan aspirasi dan pandangan hidup masyarakat dan seterusnya. Terdapat pula jenis jenis strategi pembelajaran seperti strategi pembelajaran ekspositori, inkuiri, kontekstual dan masih banyak lagi.

B.     Saran
Dengan demikian makalah yang kami sampaikan. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis maupun pembaca. Makalah ini mungkin tidak lepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, kami dengan senang hati menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna peyempurnaan penulisan makalah ini.







DAFTAR PUSTAKA

Lestari Ika. 2013.  Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia Permata.

Mustakim Zaenal. 2018. Strategi Dan Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN Pekalongan Press.

Prasetya Joko Tri dan Abu Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV PUSTAKA SETIA.

Sanjaya Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Perdana Media Group.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: PT REMAJA ROSDAKARMA.
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Bogor: Ghalia Indonesia.
Zain Aswan dan Syaiful Bahri Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.





      

 
                                











Biodata

           
Nama                                 : Ella Nur Aini
Tempat, Tanggal Lahir      : Pekalongan, 28 Juni 1999
Alamat                              : Ds. Kalipancur, Bojong Kab. Pekalongan
Nama Orang Tua               : Achmad Fatoni (Bapak)
                                      Tarkupi (ibu)
Latar Pendidikan              :1. TK TUNAS Bangsa
                                           2. SD N 01 KALIPANCUR
                                           3. SMP 3 BOJONG
                                           4. SMK GONDANG WONOPRINGGO
                                           5. IAIN PEKALONGAN




[1]  Zaenal Mustakim, Strategi Dan Metode Pembelajaran, (Pekalongan: IAIN Pekalongan Press, 2018), hlm 92.
[2] Rusmono, Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning Itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru, (Bogor: Ghalia Indonesia, 2012), hlm.22.
[3] Suyadi, Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, (Bandung: PT REMAJA ROSDAKARMA, 2013), hlm.14.
[4]Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: PT RINEKA CIPTA, 2002), hlm 5.
[5] Ika Lestari, Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi, (Padang: Akademia Permata, 2013),hlm.44-45.
[6] Wina Sanjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, (Jakarta: Perdana Media Group, 2006), hlm 193.

[7] Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar,(Bandung: CV PUSTAKA SETIA, 2005), hlm.118.
[8] Zaenal Mustakim, Strategi Dan Metode Pembelajaran, (Pekalongan: IAIN Pekalongan Press, 2018), hlm 96.

1 komentar: