Laman

new post

zzz

Rabu, 21 November 2018

SBM E L3 VARIASI DAN GAYA MENGAJAR "PRINSIP VARIASI MENGAJAR"


VARIASI DAN GAYA MENGAJAR
"PRINSIP VARIASI MENGAJAR"
M.  Adib Karomi Faza
NIM. (2317270)
KELAS E

JURUSAN PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2018



            Alhamdullilah, puji syukur kehadirat Allah SWT. Atas segala nikmat dan karunia-Nya sehingga makalah yang berjudul “prinsip variasi mengajar dapat saya buat dengan sebaik - baiknya. Sholawat dan salam senantiasa tercurah kepada sebaik-baik manusia yaitu Nabi Muhamad SAW.
            Makalah ini menjelaskan pengertian variasi mengajar, pengertian gaya mengajar, prinsip-prinsip variasi dan gaya mengajar, prinsip-prinsip penggunaan variasi dengan gaya belajar. Di samping itu, makalah ini juga menjelaskan bagaimana. dengan demikian, materi makalah ini diharapkan dapat membantu membangun pemikiran yang lebih baik, mahasiswa melalui proses menulis makalah yang baik dan benar.
            Makalah ini tentu tidak terlepas dari kekurangan dan kesalahan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan menerima saran dan kritik konstruktif dari pembaca guna penyempurnaan penulisan makalah ini. Akhirnya, semoga makalah ini menambah keilmuan dan bermanfaat bagi mahasiswa. Amin yaa robbal ‘alamin.

                                                                        Pekalongan, 17 November 2018


                                                                                                 Penulis





DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR .................................................................................... ii
DAFTAR ISI .................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
A.  Latar Belakang Masalah .................................................................. 1
B.  Rumusan Masalah............................................................................ 1
C.  Tujuan Penulisan ............................................................................. 1
D.  Metode Pemecahan Masalah............................................................ 2
E.   Sistematika Penulisan Makalah........................................................ 2
BAB II PEMBAHASAN
A.  Pengertian Variasi Mengajar ........................................................... 3
B.  Pengertian Gaya Mengajar............................................................... 3
C.  Prinsip-prinsip Variasi dan Gaya Mengajar ..................................... 4
D.  Prinsip-prinsip Penggunaan Variasi dengan Gaya Belajar...............5
BAB III PENUTUP
A.  Simpulan ......................................................................................... 7
B.  Saran ............................................................................................... 7
DAFTAR PUSTAKA ..................................................................................... 8
LAMPIRAN FOTO REFERENSI ................................................................ 9
BIODATA......................................................................................................... 10

BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang Masalah
Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berperan menciptakan lingkungan belajar bagi para peserta didik untuk mencapai pendidikan yang baik. Sekolah perlu menyusun suatu program yang tepat yang tentunya harus didukung oleh tim pendidik yang memenuhi sifat-sifat pendidik yang telah ditentukan dalam suatu pendidikan, sehingga memungkinkan peserta didik melakukan kegiatan belajar secara efisien dan sampai pada tujuan yang diharapakan.
Sebagai pendukung untuk tercapainya tujuan tersebut, yakni tentang variasi dalam mengajar, yang dalam hal ini pendidiklah yang sangat berperan dalam mengatur variasi yang tepat dan baik bagi peserta didik, agar nantinya dalam kegiatan yang kita laksanakan pada sistem pembelajaran mempunyai bermacam-macam gaya belajar yang dapat diterapkan dan dipahami dengan mudah.
B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah yang dikemukakan diatas, dapat dirumuskan rumusan masalah sebagai berikut:
1.  Apa pengertian variasi mengajar ?
2.  Apa pengertian gaya mengajar ?
3.  Apa saja prinsip-prinsip variasi dan gaya  mengajar ?
4.  Bagaimana penggunaan variasi dan gaya mengajar?

C.    Tujuan Penulisan
Adapun beberapa tujuan penulisan makalah ini adalah sebagai berikut:
1.      Untuk mengetahui pengertian variasi mengajar dan gaya mengajar.
2.      Untuk mengetahui prinsip-prinsip variasi dan gaya  mengajar.
3.      Untuk mengetahui penggunaan variasi dan gaya mengajar.

D.    Metode Pemecahan Masalah
Metode pemecahan masalah yang dilakukan melalui studi literatur/metode kajian pustaka, yaitu dengan menggunakan beberapa referensi buku atau dari referensi lainnya yang merujuk pada permasalahan yang dibahas. Langkah-langkah pemecahan masalahnya dimulai dengan menentukan masalah yang akan dibahas dengan melakukan perumusan masalah, melakukan langkah-langkah pengkajian masalah, penentuan tujuan dan sasaran, perumusan jawaban permasalahan dari berbagai sumber, dan penyintesisan serta pengorganisasian jawaban permasalahan.
E.     Sistematika Penulisan Makalah
Makalah ini ditulis dalam tiga bagian, meliputi: Bab I, bagian pendahuluan yang terdiri dari: latar belakang masalah, perumusan masalah, metode pemecahan masalah, dan sistematika pnulisan makalah; Bab II, adalah pembahasan; Bab III, bagian penutup yang terdiri dari simpulan dan saran-saran.














BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Variasi Mengajar
Variasi dapat di artikan sebagai kegiatan yang bermacam-macam sebagai akibat perubahan dari keadaan sebelumnya.Menurut Depdiknas 2003, variasi mempunyai beberapa makna yaitu: tindakan atau hasil peruahan dari keaadaan semula, selingan,bentuk atau rupa yang lain dan perubahan turun menurun yang di sebabkan oleh perubahan lingkungan.[1]
Kemudian mengajar memiliki pengertian dari sudut pandang berbeda yaitu secara kuantitatif, kualitatif ,intitusional. Secara kuantitatif, mengajar berarti the transmission of knowledge , yaitu penukaran atau pemindahan pengetahuan. Pengetahuan yang di kuasai guru di transfer kepeserta didik.secara kualitatif, mengajar di artikan sebagai the fasilitation of learning yaitu upaya membantu memudahkan kegiatan belajar peserta didik .sedangkan secara instruksional mengajar di artikan the efficient orchestration of teaching skill,yaitu kemampuan mengajar secara efisien.[2]
Jadi variasi mengajar dapat di maknai sebagai bentuk perubahan atau inovasi yang diberikan oleh pendidik dalam proses pembelajaran yang dapat di amati dari berbagai aspek yaitu: variasi dalam gaya mengajar ,variasi dalam penggunaan materi pembelajaran dan variasi dalam interaksi antara pendidik dan peserta didik.
B.     Pengertian Gaya Mengajar
Gaya mengajar dapat di artikan sebagai dimensi atau kepribadian luas yang mencakup posisi guru pola prilaku ,modus kerja ,dan sikap terhadap diri sendiri dan orang lain ,Manen dalam Marzuki 1999;21 mengemukakan bahwa gaya mengajar adalah ciri-ciri kebiasaan ,kesukaan yang penting hubunganya dengan peserta didik , baik materi,strategi, metode dan media belajaran, serta kurikulum yang digunakan . Dalam mengajar,guru harus pandai menggunakan pendekatan secara arif dan bijaksana ,bukan sembarangan dan dapat merugikan peserta didik[3]
C.    Prinsip-prinsip Variasi dan Gaya Mengajar
Dalam proses belajar mengajar masalah kegiatan siswa adalah yang menjadi focus perhatian .apapun kegiatan yang guru lakukan tidak lain adalah untuk suatu upaya bagaimana lingkungan yang tercipta itu menyenangkan hati semua siswa dan dapat menggairahkan belajar siswa .itu berarti tidak ada seorang guru pun yang ingin agar siswanya tidak senang dan tidak menggairahkan dalam belajar,maka akan menggangu kelancaran kegiatan pengajaran .
Beberapa prinsip penggunaan ini sangat penting untuk diperhatikan dan betul-betul harus di hayati guna mendukung pelaksanaan tugas mengajar di kelas.prinsip-prinsip penggunaan variasi mengajari itu adalah sebagai berikut:
1.      Dalam penggunaan keterampilan variasi penggunaan, selain itu juga harus ada variasi penggunaan komponen untuk setiap jenis variasi. Semua itu untuk mencapai tujuan belajar.
2.      Menggunakan variasi secara lancer dan berkesinambungan sehingga terbentuk proses belajar mengajar yang utuh dan tidak rusak, perhatian anak didik dan proses belajar tidak terganggu.
3.      Penggunaan komponen variasi harus benar-benar terstruktur dan di rencanakan oleh guru ,karena itu memerlukan penggunaan yang,luwes spontan sesuai dengan umpan balik yang di terima dari siswa[4]


D.    Prinsip Penggunaan Variasi dan Gaya Mengajar
Dalam proses  belajar dan mengajar masalah kegiatan siswa adalah yang menjadi focus perhatian apapun kegiatan  yang di lakukan tidak lain adalah untuk suatu upaya bagaimana lingkungan yang tercipta itu menyenangkan hati semua siswa dan dapat menggairahkan belajarsiswa. Itu tidak berarti tidak ada seorang guru pun yang ingin agar siswanya tidak senang dan tidak bergairah dalam belajar.
            Agar  kegiatan pengajaran dapat merangsang siswa aktif dan kreatif  belajar tentu saja di perlukan lingkungan belajar yang kondusif.salah satu upaya kearah itu adalah dengan cara memperhatikan beberapa prinsip penggunaan variasi dalam mengajar. Beberapa prinsip penggunaan ini sangat penting untuk diperhatikan dan betul betul harus di hayati guna mendukung pelaksanaan variasi mengajar itu adalah sebagai berikut:
1.      Dalam menggunakan keterampilan variasi sebaiknya semua jenis variasi digunakan,selain juga harus ada variasi penggunaan komponen untuk setiap jenis variasi. Semua itu untuk mencapai tujuan belajar.
2.      Menggunakan variasi secara lancar dan kesinambungan,sehingga moment proses belajar mengajar yang utuh tidak rusak, perhatian anak didik dan proses belajar tidak terganggu.
3.      Penggunaan komponen variasi harus benar-benar terstruktur dan di rencanakan oleh guru.karena itu memerlukan penggunaan yang luwes spontan sesuai dengan umpan balik yang di terima dari siswa.[5]



Dengan demikian pembahasan mengenai prinsip-prinsip penggunaan variasi mengajar tinggal guru saja yang harus menggunakannya secara secara tepat dengan sesuai dengan kondisi lingkungan belajar mengajar yang tercipta untuk mencapai tujuan ,yaitu keberhasilan belajar mengajar dari proses maupun produk.

























BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Variasi mengajar merupakan suatu kegiatan guru dalam konteks proses interaksi belajar mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan murid, sehingga dalam situasi belajar mengajar murid senantiasa menunjukkan ketekunan, antusias, serta penuh partisipasi. Variasi mengajar adalah mengajar yang tidak monoton bisa dari gaya mengajar, metode, media dan materi.
B.     Saran
Demikian makalah ini kami susun, semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Dalam penulisan ini kami sadari masih banyak kekurangan, saran dan kritik yang membangun sangat kami harapkan untuk menyempurnakan makalah kami ini.












DAFTAR PUSTAKA

Suprihatiningrum,Jamil. 2013.Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Djamarah, Syaiful Bachri. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Mustakim, Zaenal. 2018. Strategi dan  Metode Pembelajaran. Pekalongan: IAIN  Pekalongan Press.
Djamarah, Syaiful Bachri. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.



















LAMPIRAN FOTO REFERENSI

IMG_20181118_134645.jpg            Screenshot_2018-11-18-14-09-43-045_com.miui.gallery.png    
           
                            







BIODATA

Nama                           : M Adib Karomi Faza
Jurusan                        : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Tempat, Tanggal Lahir: Pekalongan, 16 November 1998
Alamat                        :Rowokembu kaum rt3 rw2 Wonopringgo  Kab.Pekalongan
Riwayat Pendidikan   :
1.      RA Rowokembu Kaum Wonopringgo
2.      MI YMI 03 Wonopringgo
3.      SMP N 01 Wonopringgo
4.      SMA Takhassus Al-Qur’an Wonosobo


[1] Zaenal Mustakim, strategi dan metode pembelajaran (Edisirevisi),Cet V (pekalongan:IAIN Pekalongan  Press , 2017), hlm.224
[2] Jamil Suprihatiningrum ,strategi pembelajaran:teori dan aplikasi, Cet. 1 (Yogyakarta: Ar-Ruzz Media,2013),  hlm.60
[3]Syaiful Bahri Djamarah, strategi belajar mengajar,Cet V (Jakarta:PT Rineka Cipta,2013), hlm 53
[4]Zaenalmustaki,strategi dan metode pembelajaran (pekalongan:IAIN Pekalongan press,2017), hlm 35
[5] Syaiful Bahri Djamarah, strategi belajar mengajar, Cet V (Jakarta:PT Rineka Cipta,2013), hlm166


Tidak ada komentar:

Posting Komentar