Laman

new post

zzz

Rabu, 21 November 2018

TT L K3 METODE PENDIDIKAN UNIVERSAL "METODE PERSUASIF"


METODE PENDIDIKAN UNIVERSAL
"METODE PERSUASIF"
Nur Kholish
NIM. (2117317)
Kelas : L

JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PEKALONGAN
2018



KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah Swt. Yang senantiasa telah melimpahkan  rahmat taufiq dan hidayahnya dan juga nikmat yg tiada tara kepada kepada kita sehingga kita dapat melakukan aktivitas tanpa ada suatu halangan apapun . sholawat nabi smoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabi besar Muhamad saw,  beliaulah adalah sang pembawa risalah petunjuk keselamatan ,yg kita nantikan syafaatnya besok di hari kiamat .
1.      Dan sungguh berkat limapahan rahmatnya alhmdulilah kami telah menyelesaikan Makalah ini,penyusunan makalah ini dapat terselesaikan ,tidak lain kerena bantuan dari beberapa pihak, oleh karenya kami mengucapkan banyak terima kasih.
 kami buat makalah ini guna memenuhi tugas makul tafsir tarbawi,dan tentunya makalah jauh dari kata sempurna ,oleh karena itu jangan sungkan sungkan mohon kritik dan saranya.
Dan semoga makalah ini bermanfaat bagi anda para pembaca,,bisa menjadi tambahan ilmu yg bermanfaat baik di dunia maupun akhirat. Demikian kami ucapkan banyak terima kasih. 










                                                                       
DAFTAR ISI
Halaman sampul………………………………………………………………………………..I
Kata pengantar………………………………………………………………………………….II
Daftar isi………………………………………………………………………………………..III

BAB I PENDAHULUAN
  A.Latar belakang masalah………………………………………………………………………..
  B.Rumusan masalah………………………………………………………………………
BAB II PEMBAHASAN
1.      Metode persuasife
2.      Dalil- Dalil Metode Persuasif
3.      Implementasi metode persuasife dalam pendi
BAB III PENUTUP
A.Kesimpulan………………………………………………………………………………….
B.Daftar pustaka……………………………………………………………………………….


                                                           



                                                                     BAB I
                                                             PENDAHULUAN
A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Agama islam adalah agama yg lemah lembut tidak mengenal kekerasan, oleh karenanya Nabi Muhamad Saw. sang pembawa risalah kebenaran ,mendakwahkan islam dengan kelembutan Akhlaq mulianya sehingga membuat umatnya tertarik untuk memeliknya.karena letat kekuatan islam bukan pada kekerasan tetapi terletak pada kelembuatanya. Cara dakwah yg di ajarkan Nabi  Muhamad saw adalah dengan keramahan yg masuk akal. Dari sebab itu kamu akan membahas tentang metode pendekatan dalam menyampaikan dakwah /ilmu kepada umat. Disini kami akan membahas tentang pendekatan metode persuasive, yg mana metode ini adalah pendekatan untuk mempengaruhi objek di dalam menyampaikan ajakan .dan di kaitkan dengan pendidikan ,yang mana setiap pendidik harus bisa mengajak,mempengaruhi anak didiknya untuk menuju kepada hal hal yang baik dan mulia.


B.     RUMUSAN  MASALAH
A.    Apa pengertian Metode persuasif…?
B.     Dalil metode persuasf dalam Al quran.
C.     Implementasi Metode  persuasif dalam pendidikan.






BAB II
PEMBAHASAN
A.    Metode persuasif
Secara etomologi, metode dalam bahasa arab di kenal dengan istilah “    طريقة yang berarti  langkah langkah strategis yang di persiapkan untuk melakukan sesuatu. Bila di hubungkan dengan pendidikan maka metode itu harus di wujudkan dalam proses pendidikan ,dalam rangka mengembangkan  sikap mental dan kepribadian agar peserta didik dapat menerima pelajaran dengan mudah ,efektif dan dapat di cerna dengan baik.
Secara terminologi   menurut sebagian ahli:
*hasan langgulung : metode adalah cara/jalan yg harus di lalui untuk mencapai tujuan pendidikan.
*abdul al arhaman ghunaimah: metode adalah cara yg praktis dalam mencapai tujuan.
*ahmad tafsir: metode adalah cara yg paling tepat dan cepat dalam mengajar pelajaran.
Persuasif dalam Kamus ilmiah di artikan sebagai sesuatu yang meyakinkan ,bujukan,rayuan,dalam bentuk karangan yang menguraikan suatu masalah atau keadaan yang di buktikan dengan data data dan fakta fakta yang bertujuan mrmbujuk /mengajak atau mempengaruhi sehingga mau mengikuti atau melakukan sebagaimana yang di harapkan pendidik.
Adapun yang di namakan Metode persuasif adalah meyakinkan peserta didik tentang suatu ajaran dengan kekuatan akal.Metode ini dalam bahasa arab di kenal dgn istilah metode
                                                                     
persuasif.Di dalam metode persuasive ini hampir sama dengan penerapan ilmu dan pemikiran moederen. Yg semua berdasarkan ilmu logika dan akal.
 Hubunganya dengan pendidikan islam adalah bagaimana seorang pendidik mampu menanamkan metode persuasi ini untuk mengajak peserta didiknya mampu menggunakan akal dan pikiran untuk membedakan antara hak dan batil.
Di dalam metode persuasi ini berdasarkan atas pandangan bahwa manusia adalah makhluk yang berakal , Al quran sarat dengan contoh yang menunjukan penghargaan islam terhadap akal,serta memerintahkan manusia untuk menggunakan akal dalam membedakan antara yang benar dan yang salah serta antara yang beik dan buruk. Seruan Allah dan rosulnya agar menyeru manusia dengan cara bijaksana memberi pengajaran adan argumentasi secara baik.menunjukan kepentingan metode ini.
B.Dalil Metode persuasif dalam Al-quran.
Suroh Ali imron ; 3 ayat 133
وَسَارِعُوْااِلى‘ مَغفرة من ربكم وجنة عرضهاالسموات والارض
“Bersegeralah melakukan amal yang dapat menyampaikan kepada ampunan Tuhan atas dosa dosa kalian ,yang dapat ,memasukan kalian ke surge yang luasnya  seluas langit dan bumi yang di sediakan bagi orang orang yang bertakwa,  melaksanakan perintah perintahNya dan menjauhi larangan laranganya.untuk itu beramal baiklah dan bertaubatlah dari perbuatan dosa, seperti melakukan riba dan sebagainya dan bersedekahlah kepada orang yang sengsara yang membutuhkan pertolongan.
    Di riwayatkan bahwa Hercules , raja Romawi mengirim utusan kepada Nabi saw.dengan membawa sepucuk surat dari beliau yang di dalamnya tertera,”Engkau melelui surat mengajak kami ke surga yang luasnya bagai langit dan bumi,lalu di mana neraka? Maka Rosululloh bersabda:’’Subhanallah (Maha suci Allah),di manakah malam hari bila siang hari dating?”(maksud beliau ,bahwa cakrawala berputar,maka tejadilah siang hari pada salah satu

                                                                 

sisi alam, sedang malam hari terjadi pada sisi lainya yang berhadapan.Demikian pula masalah tadi,yaitu surge berada di sebelah atas dan neraka berada di bawah).
Abu muslim berkata ,:”Sesungguhnya yang di maksud dengan kata al ardu’’ di sini adalah harga yang di ajukan untuk suatu barang jualan. Artinya harga surga tersebut seandainya di jual sama dengan harga langit dan bumi. Maksudnya,keagungan dan kadar fungsinya yang besar lagi agung,sehingga tidak ada suatu apapun yang menyemainya ,betapa pun agungnya ia,


 اعدت للمتقين 
Yang di sediakan untuk orang orang yang bertakwa ,Dalam ayat ini terdapat bukti yang menunjukan bahwa surge itu,ssekarang telah di ciptakan dan tempatnya telah diciptakan dan tempatnya berada di luar jagad ini,sebab ayat telah membuktikan bahwa surga lebih besar di banding jagad raya,sehingga tidak mungkin adanya surga berada di sekitar jaga ini.
Allah berfirman  dalam suroh An-nahl:125[1]
ادع الى سبيل ربك بالحكمة والموعظة الحسنة وجادلهم بالتى هى احسن'' ان ربك هو اعلم بمن ضل عن سبيله وهو اعلم با لمهتدين
Serulah (manusia) kepada jalan Tuhanmu dengan hikmah dan pengajaran yang baik,dan berdebatlah dengan mereka  dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu, Dialah yang lebih mengetahui siapa yang sesat dari jalanya , dan Dialah yang lebih mengetahui siapa yang mendapat petunjuk.
Demikian pula penegasan Allah untuk tidak menggunakan pemaksaan dalam menyeru manusia dalam agama. Sebagaimana firmanya dalam surat Al baqoroh ayat 256:
                                                                    
لا ا كراه فى الدين ،قد تبين الرشد من الغي "فمن يكفر با لطاغوت ويؤمن بالله فقد الستمسك بالعروة الوثقى   لا انفصام لها
والله سميع عليم 0
Tidak ada paksaan dalam (menganut) agama (islam),sesungguhnya telah jelas (perbedaan) antara jalan yang sesat .Barang siapa ingkar kepada Toghut dan iman kepada Allah,maka sungguh ,dia telah berpegang(teguh)pada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus, Allah Maha Mendengar ,Maha Mengetahui.
    Dari beberapa ayat Al quran di atas bisa di ammbil pembelajan, bahwa hati manusia akan condong kepada orang yang bersikap lemah lembut kepadanya.Oleh karena itulah ,di antara kewajiban Da’i atau mubaligh ataupun pendidik adalah memilih kalimat yang lembut dan tidak kasar , agar dakwah sampai kepada manusia, jangan sampai manusia lari dari agama , padahal dakwah belum sampai kepada mereka. Seorang Da’I ataupun pendidik bertugas mengajak kepada ketaatan,padahal kebanyakan hawa nafsu manusia tidak menghendakinya.dia juga berkewajiban memperingatkan dari kemaksiatan , padahal jebanyakan hawa nafsu manusia menyukainya.maka jika seorang dai berdakwah dgn kasar ,merupakan perkara yang wajar banyak manusia yang akan menjauh dari dakwahnya.
Oleh karenanya ,banyak bimbingan dari Allah dan Rosulnya agar dai bersikap lemah lembut ketika berdakwah,sehingga dakwa kan sampai kepada mad”u (objek dakwah)dengan baik.
Namun demikian,bukan berarti seorang da’i selalu bersikap lemah lembut dalam segala keadaan, bahkan dalam keadaan keadaan tertentu seorang Dai harus bersikap tegas  dan keras,sikap lemah lembut dan keras di letakan pada tempatnya masing masing. Dan itulah hikmah yang perlu di pahami dan dilakukan saat berdakwah.[2]
C.implementasi metode persuasife dalam pendidikan
a. Implentasi merupakan suatu proses ,suatu aktivitas yang di gunakan untuk mentransfer ide     ,gagasan,progam,atau harapan harapan yang di tuangkan dalam bentuk kurkulum desain   (tertulis) agar di laksanakan sesuai dgn desain tersebut yang kemudian menjadi ebuah kebijakan.
                                                                 
b. Pendekatan persuasif adalah proses perbuatan atau cara mendekati (KBBI 1995) Di katakan pula bahwa pendekatan merupakan sikap atau pandangan tentang sesuatu ,yang biasanya berupa asumsi atau seperangkat asumsi yang saling berkaitan, sedangkan istilah persuasive bersumber dari perkataan latin, persuasion ,yg kata kerjanya adalah persuader,yang berarti membujuk ,mengajak, atau merayu.
c.pendekatan belajar menurut para ahli,
    Dari berbagai karakter peserta didik,untuk mempermudah dan memahami perlu di ketahui tentang beberapa pendekatan,di antara tentang beberapa pendekatan ,di antara pendekatan pendejatanbelajar yg di pandang refrensif yakni bisa ,mewakili yang kalsik atau modern yaitu :
1)      Pendekatan Hukum jost
2)      Pendekatan ballar dan Clanchy
3)      Pendekatan Biggs

1.Pendekatan Hukum jost
 Menurut Rebert (1988) salah satu asumsi penting yang mendasari hokum jost (jost law) adalah siswa yang lebih sering mempraktikan materi pelajaran akan lebih mudah memanggil kembali memori lama yang berhubungan dengan materi yang sedang ia tekuni, Selanjutnya , berdasarkan asumsi hokum jost itu maka dengan kiat 5 x 3 adalah lebih baik dari pada 3 x 5 walaupun hasil perkalian kedua kiat tersebut sama.
2.Pendekatan Ballard dan Clandy
 Menurut Ballard & Clandy (1990) ,pendekatan belajar siswa pada umumnya di pengaruhi oleh sikap terhadap ilmu pengetahuan (attitude ti know ledge). Ada dua macam siswa dalam menyikapi ilmu pengetahuan yaitu sikap melestarikan sikap yang sudah (conserving) ,sikap memperluas (extending)  yang bertujuan untuk menyerap pengetahuan melainkan juga mengembangkanya.
3. Pendekatan Biggs.

                                                               
 Menurut hasil penelitian Biggs (1991),pendekatan belajar siswa dapat di kelompokan ke dalam tiga prototype(bentuk dasar).
`1.Pendekatan Surface (permukaan/bersifat lahiriah)
 2.pendekatan deep (mendalam)
 3.Pendekatan achieving (pencapaian prestasi tinggi)
    Jhon Biggs,seorang professor kognitif (cognitivist)yang sejak 1987 mengepalai jurusan pendidikan universitas hongkong itu menyimpulkan bahwa prototype-protitipe Pendekatan belajar tadi pada umumnya di gunakan pada siswa berdasarkan motifnya, bukan karena sikapnya terhadap pengetahuan . Namun ,agaknya patut di duga bahwa antara motif siswa dengan terhadap pengetahuan ada keterkaitan.[3]













PENUTUPAN
Demikian makalah  kami buat, tentunya makalah ini jauh dari kata sempurna,, masih banyak kekurangan yang harus di perbaiki, masukan masukan kritikan kami selalu menunggu dari pembaca untuk perbaikan makalah ini. Karena kami memang masih dalam tahap belajar, dan semoga makalah ini bisa memberi wawasan kepada pembaca, terutama bagi para pendidik agar dalam mengajar anak didiknya berhasil, itulah harapan kami,dan semoga makalah ini bermanfaat  bermanfaat baik di dunia maupun akhirat. Amiiin.
A.    KESIMPULAN
Metode metode yang telah di kemukakan di atas hanya merupakan contoh contoh dari sekian banyak metode yang dapat di gunakan dalam pendidikan  islam.Seorang  pendidik
Harus pandai  membaca situasi dan kondisi peserta didik,agar dalam penggunaan metode sesuai dengan apa yang akan di capai.
Metode  persuasive memang termasuk metode yang layak untuk di pakai dalam dunia pendidikan. Agar peserta didik tidak menelan mentah mentah begitu saja materi yang di sampaikan tanpa mempertimbangkan secara akal.
Demikian penjelasan singkat yang dapat penulis sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf yang sebesar besarnya.


                                                                 Daftar Pustaka
Al maraghi ahmad mustofa,1986/ Tafsir- Al maraghi,’’Semarang,PT karya toha putra
                                                           Powerd by blogger.



[1] Ahmad mustofa al maraghi, TAFSIR- AL MARAGHI,1974),semarang. Hal. 115
[2]  Powered by blogger.
[3] Powered by blooger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar