Laman

Rabu, 22 Februari 2012

Kelas A makalah 2 : Masjid Pusat Ilmu Pengetahuan


MAKALAH

MASJID PUSAT ILMU PENGETAHUAN


Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah            : Hadits Tarbawi II
Dosen Pengampu    : M. Ghufron Dimyati, M.Si



 











Disusun Oleh :
Nama         : Hikmah Rifqiani
NIM          : 2021110001
Kelas         : A


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN

2012
PENDAHULUAN

Kata masjid sendiri secara harfiah menurut makna bahasa Arab adalah bentuk isim makan yang berarti tempat untuk bersujud. Namun secara terminologis masjid dapat dikatakan sebagai tempat khusus untuk melakukan berbagai aktivitas pengajaran dan pendidikan. Melalui lembaga nonformal inilah Rasulullah SAW melakukan proses pembinaan moral, mental dan spiritual umat, sehingga masjid pada saat itu berfungsi strategis sebagai lembaga pendidikan yang efektif untuk menghimpun potensi umat dari berbagai latar belakang dan unsurnya.















MASJID PUSAT ILMU PENGETAHUAN

A.    Hadits
أبوبُرَ بُرَ يْدَةَ يَقُْوْلُ :عَا نَ رَ سُوْ لُ اللهِ َصلَّى اللهُ َعلَيْهِ وَسَلَّمَ يَحْطُبُنَااِذْجَاءَاْلََحْسَيْنُ عَلَيْهِمَاقَمِيْهِمَانِ اَحْمَرَانِ يَمْشِيَانِ وَيَعْثُرِانِ َفنَزَ لَ رَسُولُ اللهِ َصلَّى اللهُ َعلَيْهِ وَ َسلَمَ ِمنَ ا لِمنْبَرِ َفحَمَلَهُمَاوَوَ َضَعهُمَابَيْنَ َيدَ يْهِ ُثعَّ َقالَ َصلَ قَ اللهُ ِانَّمَااَمْوَاُهُمْ وَاَوْ لاَدُ كُغْ ِفتْنَةٌ َفنَطَرْتُّ ِالَى َهزَيْنِ الصَِّبيَّينِ َيمْشِيَانِ َوَيعْرَانِ َفلَمْ اَحْبِرْ حَقَّ َقطَعْتُ حَدِ يْمِيَّ وَرَ ْفعَتُهُمَا ( َقالَ ابَو عيس هَذَا حَدِ  يْثٌ حَسَنٌ َغِريْبٌ ِانَّمَانَعْ ُفهُ ِمنْ َحدِ يْثِ اْلحُسَيْنِ ْبنِ َواِقٍل (رواهالترمل ي فى الجامع كقاب المناقب عن ر سول الله، باب مناقب اكسن والحسين)     

B.     Terjemah
Abu Buraidah berkata : Rasulullah SAW, pernah ketika sedang khutbah tiba-tiba Hasan dan Husain datang memakai baju komis (kurung) merah sambil berjalan dan terjatuh kemudian Rasulullah SAW turun dari mimbar dan menggandeng mereka berdua dan meletakkan keduanya dihadapan beliau kemudian beliau berkata : benar kata Allah, sesungguhnya harta dan anak-anakmu adalah fitnah. Saya melihat mereka berdua berjalan dan terjatuh dan saya tidak tahan sehingga saya memutus pembicaraan dan menolongnya (Telah berkata Abu Isa hadits ini hasan dan langka, saya tahu hadits ini dari cerita Husain bin wakid).

C.    Mufradat
يَحْطُبُنَا      : khutbah
 قَهِيْعَانِ      : kurung
  اَ حْمَرَا نِ: merah
 يَهْشِيَان     ِ: berjalan
 يَعْثُرَانِ      : terjatuh
  فَحَمَلُعًُمَا   : menggendong
 وَضَعَهُمَا   : meletakkan
  اَمْوَالُحُمْ   : harta
 اَ ْولاَ دُ كُعْ : anak-anakmu
  قَطَعْتُ     : memutus
 رَ فْعَتُعُمَا   : menolongnya


D.    Biografi Rowi
Buraidah (wafat 63 H)
Nama lengkapnya adalah Buraidah bin Husaid bin Abdullah bin Harits Al-Islam Al Ma-Dani, seorang sahabat yang dijuluki dengan Abu Sahal, beliau termasuk sahabat yang pernah tinggal di kota Madinah kemudian pindah ke kota Basrah dan ikut dalam perang di kawasan Khurasan. Beliau meniggal dunia pada tahun 63 H di Meru.

E.     Keterangan Hadits
يَحْطُبُنَا (khutbah)
Ketika Rasulullah di Madinah, lembaga pendidikan informal (rumah) tetap berlangsung, tetapi pada masa ini lahir lembaga pendidikan baru yaitu masjid. Dan telah tercatat dalam sejarah pada kala itu tidak saja berfungsi sebagai tempat untuk beribadah semata. Tetapi lebih dari itu, ia memiliki banyak fungsi salah satunya sebagai tempat berlangsungnya pembelajaran dalam mentransisi ilmu pengetahuan Islam. Di dalam masjid Rasulullah mengajar dan memberi khutbah dalam bentuk halaqah, dimana para sahabat duduk mengelilingi beliau untuk mendengar dan melakukan Tanya jawab berkaitan urusan agama dan kehidupan sehari-hari.



F.     Aspek Tarbawi
·         Sesungguhnya masjid-masjid itu adalah kepunyaan Allah, maka janganlah kamu menyembah seseorangpun di dalamnya di samping (menyembah) Allah.
·         Masjid sebagai penyebar dakwah Islam seperti halnya pada zaman Rasulullah SAW, al-khulafa’ar rasyidun dan seterusnya.
·         Masjid dapat dimanfaatkan sebagai tempat menuntut Ilmu.


























PENUTUP

Fungsi masjid sesungguhnya dapat di rujuk pada sejarah masjid paling awal, yaitu pada masa penggunaan masjid pada masa Rasulullah SAW, al khulafa’ ar-rasyidin, dan seterusnya. Pada masa itu masjid paling tidak mempunyai dua fungsi yaitu fungsi keagamaan dan fungsi sosial. Fungsi masjid bukan hanya tempat shalat, tetapi juga lembaga untuk mempererat hubungan dan ikatan jemaah Islam yang baru tumbuh. Nabi SAW mempergunakan masjid sebagai tempat menjelaskan wahyu yang diterimanya, memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan para sahabat tentang berbagai masalah, memberi fatwa, mengajarkan agama Islam, membudayakan musyawarah, menyelesaikan perkara-perkara dan perselisihan-perselisihan dan sebagai tempat mengatur strategis militer.



















DAFTAR PUSTAKA

Muhammad Abdurrahman, Tahfatul Ahwad Syarah Jami’at Tirmidzi, bab : ١٠٩,      
 H ٦٣٥٣ – H  ١٢٨٣, hal : ٢٧٨

Drs. Hasbullah. 1999. Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta. PT. Raja Grafindo Persada.

19 komentar:

  1. Nur islamiyah 2021110034
    pada zaman sekarang apakah masjid masih dikatakan sebagai pusat ilmu pengetahuan?? sedangkan ada orang" yang mengaku islam tetapi mereka justru menyebarkan akidah" yang yg tidak sesuai dg ajaran islam??

    BalasHapus
  2. Eliya Sri Aisah (2021110046)Rabu, 22 Februari 2012 20.23.00 WIB

    bagaimana cara memakmurkan masjid??

    BalasHapus
  3. anis tia mely azkiati (2021110367) kelas H

    bagaimana pendapat anda tentang fungsi masjid sekarang ini...
    karena pada zaman sekarang ini banyak orang yang berlomba-lomba membangun masjid tetapi mereka kurang bisa mengoptimalkan fungsi masjid itu sendiri.

    BalasHapus
  4. Toto Suwiryo (202109390)kelas A.
    judul: Masjid pusat ilmu pengetahuan,
    dikatakan sebagai pusat ilpeng berarti bisa diasumsikan bahwa segala ilmu pengetahuan diajarkan disitu, tetapi yang tercantum dalam keterangan hadits salah satu fungsi masjid yaitu sebagai tempat berlangsungnya pembelajaran dalam mentransisi ilmu pengetahuan Islam. mohon bisa diperjelas lagi. terima kasih...

    BalasHapus
  5. Nama : Irma Hardika Saputri
    NIM : 2021110010
    Kelas: A

    mungkin pada zaman dahulu fungsi masjid adalah sebagai pusat ilmu pengetahuan, berbeda dengan sekarang yang telah banyak berkembang lembaga lembaga pendidikan. bagaimana pendapat anda ???

    BalasHapus
  6. NUR KHOLIS (2021110014)
    KELAS A

    Bagaimana anda menyikapi persoalan yang terjadi sekarang ini, yang disebabkan karena semakin banyaknya pembangunan masjid oleh masing-masing Ormas Islam yang di dalamnya memfungsikan masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan, tetapi justru menimbulkan perbedaan pemahaman dari masing-masing Ormas Islam tersebut?terima kasih.

    BalasHapus
  7. NURUL FAUZIYAH 2021110023 KELAS A
    bagaimana dengan fenomena saat ini dimana masjid tidak lagi menjadi pusat ilmu pengetahuan sebagaimana pada zaman nabi saw ?bagaimana hal demikian dapat terjadi ? berikan pendapat anda.

    BalasHapus
  8. Nailu Zulfa Chusna (2021110017)

    apa pendapat anda jika masjid dijadikan tempat singgah oleh beberapa orang, selayaknya tempat peristirahatan???

    BalasHapus
  9. SLAMET URIPAH 2021110025 KELAS A

    banyak dikalangan anak muda yang salah dalam memfungsikan masjid?

    BalasHapus
  10. Nurul Maulidah (2021110039_A)Kamis, 23 Februari 2012 09.27.00 WIB

    Mengenai masjid masih dikatakan sebagai pusat ilmu pengetahuan.
    upaya-upaya apakah yang seharusnya dilakukan guna mempertahankan kemurnian ajaran Islam supaya ilmu pengetahuan yang disebarkan tidak melenceng dari kaidah-kaidah yang telah ditetapkan dalam Islam??

    Nama : Nurul Maulidah
    Kelas : A
    NIM : 2021110039

    BalasHapus
  11. Ipnatis saniah
    2021110042
    Dalam Sejarah Peradaban islam dikatakan bahwa masjid menjadi salah satu lembaga pendidikan islam,dari sisi manakah perspektif itu diangkat? sedangkan yang kita tahu bahwa masjid sebagai tempat ibadah,bukan kegiatan belajar mengajar,seperti layaknya lembaga pendidikan islam formal lainnya?

    BalasHapus
  12. Mutammimah
    2021110026
    Dalam realita sekarang ini apakah masjid masih tetap berfungsi sebagai pusat ilmu pengetahuan ?

    BalasHapus
  13. Widya wati
    2021110041
    Dari Wujud (bentuk realita) yang seperti apa,masjid dikatakan sebagai pusat ilmu pengetahuan,sedangkan kita tahu masjid jarang kita temukan media pembelajaran,selain kegiatan khutbah ?

    BalasHapus
  14. Nama : Dwi Hafila
    Kelas : A
    nIM : 2021111367

    Apakah konteks kata "Masjid Pusat Ilmu Pengetahuan" itu bisa dijadikan tempat yang sesuai dengan isi makalah untuk diterapkan pada zaman sekarang. Kalau bisa langkah apa yang kita lakukan agar "Masjid menjadi pusat ilmu pengetahuan", dan adakah hambatan ang menjadikan Masjid pusat ilmu pengetahuan sulit diterapkan pada zaman sekarang ??

    BalasHapus
  15. ikrimah (2021110045)
    Kelas A

    Sekarang banyak yg berlomba2 mendirikan berbagai lembaga pendidikan spt skolah, dll. Bagaimna mnurut pmakalah mngenai hal tsb? apakah sesuai dg pernyataan bhwa masjid sbg pusat ilmu pngetahuan???

    BalasHapus
  16. M. Arif Ismanto (2021110005)
    KELAS A

    bagaimana pendapat anda tentang sunat masal yg dilakukan di masjid???

    BalasHapus
  17. Rizki Handayani (2021110040)
    Kelas A

    Yang dimaksud "masjid sbg pusat ilmu pengetahuan" itu apakah semua ilmu pengetahuan atau hanya pengetahuan islam????

    BalasHapus
  18. Faqihudin (2021110036)
    Kelas A

    Bagaimna jika halaman masjid digunakan sbg lahan parkir?

    BalasHapus
  19. M. Yasfiudin (2021110013)
    Kels A

    bagaimana jika masjid digunakan sebagai pelatihan ilmu musik islami (duror)??

    BalasHapus