Laman

new post

zzz

Rabu, 29 Februari 2012

Kelas D makalah 3 : MEDIA PUBLIK UNTUK MENYEBARKAN ILMU KE KALANGAN EKSTERNAL


MAKALAH

HADIST MEMANFAATKAN MEDIA PUBLIK UNTUK MENYEBARKAN ILMU KE KALANGAN EKSTERNAL


Disusun Guna Memenuhi Tugas:
      Mata Kuliah                      : Hadits Tarbawi II
      Dosen Pengampu             : Muhammad Hufron M.S.I
                 



 










Disusun Oleh  :
DEWI KURNIASIH
2021110156

Kelas D



SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2012










BAB I
PENDAHULUAN


            Masalah pendidikan dan pengajaran merupakan masalah yang cukup kompleks dimana banyak faktor yang mempengaruhinya. Salah satu faktor tersebut adalah guru.
Tugas guru adalah menyampaikan materi pelajaran kepada anak didiknya melalui interaksi komunikasi dalam proses belajar-mengajar yang dilakukanya. keberhasilan guru dalam menyampaikan materi sangat tergantung pada kelancaran interaksi komunikasi antara guru dengan anak didiknya. Ketidak lancaran komunikasi membawa akibat terhadap pesan yang diberikan guru.























BAB II
PEMBAHASAN

A.                Materi Hadits

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَاللَمَّا نَزَلَتْ{ وَأَنْذِرْ عَشِيرَتَكَ الْأَقْرَبِينَ }وَرَهْطَكَ مِنْهُمْ الْمُخْلَصِينَ خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَتَّى صَعِدَ الصَّفَا فَهَتَفَ يَا صَبَاحَاهْ فَقَالُوا مَنْ هَذَا فَاجْتَمَعُوا إِلَيْهِ فَقَالَ أَرَأَيْتُمْ إِنْ أَخْبَرْتُكُمْ أَنَّ خَيْلًا تَخْرُجُ مِنْ سَفْحِ هَذَا الْجَبَلِ أَكُنْتُمْ مُصَدِّقِيَّ قَالُوا مَا جَرَّبْنَا عَلَيْكَ كَذِبًا قَالَ فَإِنِّي نَذِيرٌ لَكُمْ بَيْنَ يَدَيْ عَذَابٍ شَدِيدٍ قَالَ أَبُو لَهَبٍ تَبًّا لَكَ مَا جَمَعْتَنَا إِلَّا لِهَذَا ثُمَّ قَامَ فَنَزَلَتْ{ تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ }وَقَدْ تَبَّ هَكَذَا قَرَأَهَا الْأَعْمَشُ يَوْمَئِذٍ

B.                 Terjemahan

             Dari Ibnu Annas RA, dia berkata, “ketika turun dan berilah peringatan keluargamu yang paling dekat, dan kelompokmu di antara mereka yang ikhlas, Rosulallah SAW keluar hingga naik ke Shofa, lalu berteriak, Yaa shabahaah. Mereka bersabda, Siapa ini? Mereka pun berkumpul kepadanya. Beliau bersabda,bagaimana pendapat kalian jika aku mengabarkan bahwa pasukan berkuda keluar dari balik bukit ini, apakah kalian membenarkanku? Mereka berkata, Kami tidak pernah mencoba dusta kepadamu.beliau bersabda, Sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan dihadapan adzab yang pedih. Abu Lahab berkata, binasalah kamu, tidak mengumpulkan kami kecuali untuk ini? Kemudian dia berdiri. Maka turunlah ayat, ‘binasalah kedua tangan Abu lahab dan sesungguhnya dia akan binasa’, yakni sungguh binasa. Demikian dibaca oleh Al A’masy pada hari itu.”[1]

C.                 Mufrodat

                                                                                               
Dari Ibnu Abbas RA
Dia Berkata: Ketika turun

Dan berilah peringatan kelugarmu yang paling dekat
 Dan kelompokmu diantara mereka yang ikhlas
Rasullah SAW keluar

Hingga naik ke shafa kemudian berteriak

“Yaa shabahah
Mereka bersabda:
Siapa ini ?
Mereka pun berkumpul kepadanya, beliau bersabda:
Bagaimana pendapat kalian jika aku mengabarkan
Bahwa pasukan berkuda keluar dari balik bukit ini

Apakah kalian membenarkanku
Mereka berkata, kami tidak pernah mencoba dusta kepadamu
Beliau bersabda, sesungguhnya aku adalah pemberi peringatan
Dihadapan adzab yang pedih
Abu Lahab berkata
Binasalah kamu,kamu tidak mengumpulkan kami kecuali untuk ini
Kemudian dia berdiri,maka turunlah ayat
Binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sesungguhnya dia akan binasa


Yakni sungguh binasa
Demikian di baca oleh Al A’masy pada hari itu
عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا
قَاللَمَّا نَزَلَتْ

وَأَنْذِرْ عَشِيرَتَكَ الْأَقْرَبِينَ
وَرَهْطَكَ مِنْهُمْ الْمُخْلَصِينَ

خَرَجَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
حَتَّى صَعِدَ الصَّفَا فَهَتَفَ

يَا صَبَاحَاهْ
فَقَالُوا
مَنْ هَذَا
 فَاجْتَمَعُوا إِلَيْهِ فَقَالَ
أَرَأَيْتُمْ إِنْ أَخْبَرْتُكُمْ

أَنَّ خَيْلًا تَخْرُجُ مِنْ سَفْح هَذَا الْجَبَلِ
أَكُنْتُمْ مُصَدِّقِيّ
قَالُوا مَا جَرَّبْنَا عَلَيْكَ كَذِبًا

قَالَ فَإِنِّي نَذِيرٌ لَكُمْ

بَيْنَ يَدَيْ عَذَابٍ شَدِيد
قَالَ أَبُو لَهَبٍ
تَبًّا لَكَ مَا جَمَعْتَنَا إِلَّا لِهَذَا

ثُمَّ قَامَ فَنَزَلَتْ

تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ


وَقَدْ تَبَّ
هَكَذَا قَرَأَهَا الْأَعْمَشُ يَوْمَئِذ





D.                Biografi Ibnu Abbas RA
Nama lengkap Ibnu abbas adalah Abdullah bin Abbas bin Abdul Mutholib bin Hasyim.Ibnu abbas adalah sahabat kelima yang banyak meriwayatkan hadist sesudah Sayyidina Aisyah.ia meriwayatkan kurang lebih 1.660 hadist. Dia adalah putera Abbas bin Abdul Mutthalib bin Hasyim, paman Rasulullah dan ibunya adalah Ummul Fadl Lababah binti harits saudari ummul mukminin Maimunah.
Dia dilahirkan di Makkah dan besar disaat munculnya Islam, di mana beliau terus mendampingi Rasulullah sehingga beliau mempunyai banyak riwayat hadis sahih dari Rasulullah . Beliau ikut di barisan Ali bin Abi Thalib dalam perang Jamal dan perang Shiffin. Beliau ini adalah pakar fikih, genetis Arab, peperangan dan sejarah. Di akhir hidupnya dia mengalami kebutaan, sehingga dia tinggal di Taif sampai akhir hayatnya.[2]


E.   Keterangan Hadits

( عَنْ اِبْن عَبَّاس قَالَ : لَمَّا نَزَلَتْ وَأَنْذِرْ عَشِيرَتك الْأَقْرَبِينَ ) هَذَا مِنْ مَرَاسِيل الصَّحَابَة ، وَبِذَلِكَ جَزَمَ الْإِسْمَاعِيلِيّ لِأَنَّ أَبَا هُرَيْرَة إِنَّمَا أَسْلَمَ بِالْمَدِينَةِ ، وَهَذِهِ الْقِصَّة وَقَعَتْ بِمَكَّةَ ، وَابْن عَبَّاس كَانَ حِينَئِذٍ إِمَّا لَمْ يُولَد ، وَإِمَّا طِفْلًا . وَيُؤَيِّد الثَّانِي نِدَاء فَاطِمَة فَإِنَّهُ يُشْعِر بِأَنَّهَا كَانَتْ حِينَئِذٍ بِحَيْثُ تُخَاطَب بِالْأَحْكَامِ ، وَقَدْ قَدَّمْت فِي " بَاب مَنْ اِنْتَسَبَ إِلَى آبَائِهِ " فِي أَوَائِل السِّيرَة النَّبَوِيَّة اِحْتِمَال أَنْ تَكُون هَذِهِ الْقِصَّة وَقَعَتْ مَرَّتَيْنِ ، لَكِنَّ الْأَصْل عَدَم تَكْرَار النُّزُول ، وَقَدْ صَرَّحَ فِي هَذِهِ الرِّوَايَة بِأَنَّ ذَلِكَ وَقَعَ حِينَ نَزَلَتْ . نَعَمْ وَقَعَ عِنْدَ الطَّبَرَانِيِّ مِنْ حَدِيث أَبِي أُمَامَةَ قَالَ : " لَمَّا نَزَلَتْ ( وَأَنْذِرْ عَشِيرَتك ) جَمَعَ رَسُول اللَّه صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَنِي هَاشِم وَنِسَاءَهُ وَأَهْله فَقَالَ : يَا بَنِي هَاشِم ، اِشْتَرُوا أَنْفُسكُمْ مِنْ النَّار ، وَاسْعَوْا فِي فِكَاك رِقَابكُمْ يَا عَائِشَة بِنْت أَبِي بَكْر ، يَا حَفْصَة بِنْت عُمَر ، يَا أُمّ سَلَمَة " فَذَكَرَ حَدِيثًا طَوِيلًا ، فَهَذَا إِنْ ثَبَتَ دَلَّ عَلَى تَعَدُّد الْقِصَّة ، لِأَنَّ الْقِصَّة الْأُولَى وَقَعَتْ بِمَكَّةَ لِتَصْرِيحِهِ فِي حَدِيث الْبَاب أَنَّهُ صَعِدَ الصَّفَا ، وَلَمْ تَكُنْ عَائِشَة وَحَفْصَة وَأُمّ سَلَمَة عِنْدَهُ وَمِنْ أَزْوَاجه إِلَّا بِالْمَدِينَةِ ، فَيَجُوز أَنْ تَكُون مُتَأَخِّرَة عَنْ الْأُولَى فَيُمْكِن أَنْ يَحْضُرَهَا أَبُو هُرَيْرَة وَابْن عَبَّاس أَيْضًا ، وَيُحْمَل قَوْله : " لَمَّا نَزَلَتْ جَمَعَ " أَيْ بَعْدَ ذَلِكَ ، لَا أَنَّ الْجَمْع وَقَعَ عَلَى الْفَوْر ، وَلَعَلَّهُ كَانَ نَزَلَ أَوَّلًا ( وَأَنْذِرْ عَشِيرَتك الْأَقْرَبِينَ ) فَجَمَعَ قُرَيْشًا فَعَمَّ ثُمَّ خَصَّ كَمَا سَيَأْتِي ، ثُمَّ نَزَلَ ثَانِيًا : " وَرَهْطك مِنْهُمْ الْمُخْلَصِينَ " فَخَصَّ بِذَلِكَ بَنِي هَاشِم وَنِسَاءَهُ وَاَللَّه أَعْلَم . وَفِي هَذِهِ الزِّيَادَة تَعَقُّب عَلَى النَّوَوِيّ حَيْثُ قَالَ فِي " شَرْح مُسْلِم " إِنَّ الْبُخَارِيّ لَمْ يُخَرِّجهَا أَعْنِي . " وَرَهْطك مِنْهُمْ الْمُخْلَصِينَ " اِعْتِمَادًا عَلَى مَا فِي هَذِهِ السُّورَة ، وَأَغْفَلَ كَوْنهَا مَوْجُودَة عِنْدَ الْبُخَارِيّ فِي سُورَة تَبَّتْ . قَوْلُهُ : ( لَمَّا نَزَلَتْ وَأَنْذِرْ عَشِيرَتك الْأَقْرَبِينَ ) زَادَ فِي تَفْسِير تَبَّتْ مِنْ رِوَايَة أَبِي أُسَامَة عَنْ الْأَعْمَش بِهَذَا السَّنَد " وَرَهْطك مِنْهُمْ الْمُخْلَصِينَ " وَهَذِهِ الزِّيَادَة وَصَلَهَا الطَّبَرِيُّ مِنْ وَجْه آخَر عَنْ عَمْرو بْن مُرَّة أَنَّهُ كَانَ يَقْرَأهَا كَذَلِكَ ، قَالَ الْقُرْطُبِيّ لَعَلَّ هَذِهِ الزِّيَادَة كَانَتْ قُرْآنًا فَنُسِخَتْ تِلَاوَتهَا . ثُمَّ اُسْتُشْكِلَ ذَلِكَ بِأَنَّ الْمُرَاد إِنْذَار الْكُفَّار ، وَالْمُخْلَص صِفَة الْمُؤْمِن ، وَالْجَوَاب عَنْ ذَلِكَ أَنَّهُ لَا يَمْتَنِع عَطْف الْخَاصّ عَلَى الْعَامّ ،فَقَوْله : ( وَأَنْذِرْ عَشِيرَتك ) عَامّ فِيمَنْ آمَنَ مِنْهُمْ وَمَنْ لَمْ يُؤْمِن ؛ ثُمَّ عَطَفَ عَلَيْهِ الرَّهْط الْمُخْلَصِينَ تَنْوِيهًا بِهِمْ وَتَأْكِيدًا ، وَاسْتَدَلَّ بَعْض الْمَالِكِيَّة بِقَوْلِهِ فِي هَذَا الْحَدِيث " يَا فَاطِمَة بِنْت مُحَمَّد ، سَلِينِي مِنْ مَالِي مَا شِئْت ، لَا أُغْنِي عَنْك مِنْ اللَّه شَيْئًا " أَنَّ النِّيَابَة لَا تَدْخُل فِي أَعْمَال الْبِرّ ، إِذْ لَوْ جَازَ ذَلِكَ لَكَانَ يَتَحَمَّل عَنْهَا صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِمَا يُخَلِّصهَا ، فَإِذَا كَانَ عَمَله لَا يَقَع نِيَابَة عَنْ اِبْنَته فَغَيْره أَوْلَى بِالْمَنْعِ . وَتُعُقِّبَ بِأَنَّ هَذَا كَانَ قَبْلَ أَنْ يُعْلِمهُ اللَّه تَعَالَى بِأَنَّهُ يَشْفَع فِيمَنْ أَرَادَ وَتُقْبَل شَفَاعَته ، حَتَّى يُدْخِل قَوْمًا الْجَنَّة بِغَيْرِ حِسَاب ، وَيَرْفَع دَرَجَات قَوْم آخَرِينَ ، وَيُخْرِج مِنْ النَّار مَنْ دَخَلَهَا بِذُنُوبِهِ ، أَوْ كَانَ الْمَقَام مَقَام التَّخْوِيف وَالتَّحْذِير أَوْ أَنَّهُ أَرَادَ الْمُبَالَغَة فِي الْحَضّ عَلَى الْعَمَل ، وَيَكُون فِي قَوْله : " لَا أُغْنِي شَيْئًا " إِضْمَار إِلَّا إِنْ أَذِنَ اللَّه لِي بِالشَّفَاعَةِ . قَوْله : ( أَرَأَيْتُكُمْ لَوْ أَخْبَرْتُكُمْ إِلَخْ ) أَرَادَ بِذَلِكَ تَقْرِيرهمْ بِأَنَّهُمْ يَعْلَمُونَ صِدْقه إِذَا أَخْبَرَ عَنْ الْأَمْر الْغَائِب . وَوَقَعَ فِي حَدِيث عَلِيّ " مَا أَعْلَم شَابًّا مِنْ الْعَرَب جَاءَ قَوْمه بِأَفْضَلَ مِمَّا جِئْتُكُمْ بِهِ ، إِنِّي قَدْ جِئْتُكُمْ بِخَيْرِ الدُّنْيَا وَالْآخِرَة "قَوْله : ( كُنْتُمْ مُصَدِّقِيَّ ) بِتَشْدِيدِ التَّحْتَانِيَّة .

Abu lahab adalah Ibnu Abdul Mutholib. Namanya adalah Abdul Uzza, dan ibunya adalah Khuzaiyah. Al Fakihin meriwayatkan dari jalur Abdullah bin Katsir, dia berkata, “dia dinamai Abu Lahab, karena wajahnya putih bersih karena ketampananya. Al Waqidi berkata, Abu Lahab adalah manusia paling memusuhi Nabi SAW. Hal itu dikarenakan Abu Tolib berkelahi dengan Abu Lahab.
Abu lahab meninggal setelah peristiwa Badar,dia tidak menghadiri perang Badar,tetapi hanya mengirim pengganti. Ketika sampai kepadanya apa yang menimpa kaum Quraisy dia pun meninggal karena kalut.
Dalam riwayat Ibnu Mardawaih disebutkan dari jalur lain dari Al A’masy, maka Allah menurunkan تَبَّتْ يَدَا أَبِي لَهَبٍ وَتَبَّ (binasalah kedua tangan Abu Lahab dan sungguh binasa). Dia berkata, yakni merugi dan binasa, maksudnya dia merugi serta apa yang di usahakanya, yaitu anaknya. Abu Ubaidah berkata tentang firmanya dalam surah Al Mukmin ayat 37 (dan tipu daya fir’aun itu tidak lain hanyalah membawa kerugian), yakni kebinasaan.
(Tatbiib artinya kehanciran). Abu Ubaidah berkata tentang firmanya dalam surah Huud ayat 101 (dan sembahan-sembahan itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali kebinasaan belaka), yakni kehancuran
(dari Ibnu Abbas RA,berkata, ketika turun dan berilah peringatan keluargamu yang dekat dan kelompokmu diantara mereka yang ikhlas). Demikian tercantum dalam riwayat Abu Usamah dari Al A’masy.pembahasan tentang ini sudah dipaparkan pada tafsir surah Asy-Syu’rah.[3]


F.             Aspek Tarbawi
Media merupakan sesuatu yang bersifat menyalurkan pesan dan dapat merangsang pikiran, perasaan, dan kemauan audien (siswa) sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar pada dirinya. Sedangkan media pembelajaran adalah media yang digunakan dalam pembelajaran, yaitu meliputi alat bantu guru dalam mengajar,serta sarana pembawa pesan dari sumber belajar ke penerima pesan belajar (siswa). [4]

Manfaat media pembelajaran sendiri adalah :
ü  Penyampaian materi pembelajaran dapat di seragamkan
ü  Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik
ü  Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif
ü  Efisiensi dalam waktu dan tenaga
ü  Meningkatkan kualitas hasil belajar siswa
ü  Media memungkinkan proses belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja
ü  Media dapat menumbuhkan sikap positif siswa terhadap materi dan proses belajar
ü  Mengubah peran guru ke arah yang lebih positif dan produktif[5]

Fungsi media pembelajan sendiri adalah :
Ø Menyampaikan informasi dalam proses belajar-mengajar
Ø Melengkapi dan memperkaya informasi dalam kegiatan belajar mengajar
Ø Mendorong motivasi belajar
Ø Menambah variasi dalam penyajian materi
Ø Memungkinkan siswa memelih kegiatan belajar sesuai dengan kemampuanya, bakat dan minatnya.[6]


G.       Penutup
Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat di gunakan untuk menyalurkan informasi dari guru ke siswa sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa dan pada akhirnya menjadikan siswa melakukan belajar.
Media pembelajaran sendiri mempunyai banyak manfaat dan fungsi dalm kegiatan belajar mengajar, seperti yang sudah di jelaskan di atas.











DAFTAR PUSTAKA

Ibnu hajar, 1998. Syarah Shoheh Bukhori, Jakarta:Pustaka Azzam
Al asqolani,Ibnu hajar. 2008. Fathul Bari, Jakarta:Pustaka Azzam
Basyirudin, usman. 2002. Media pembelajaran, Jakarta:Ciputat press http://blog.unnes.ac.id

         


















[1] Ibnu Hajar Al asqolani. Fathul Baari. Jakarta:Pustaka Azzam.
[3] Ibnu Hajar Al asqolani. Syarah shoheh Bukhori. ( Jakarta:pustaka press,2008), hal. 587-588
[4] Basyiruddin usman, Media Pembelajaran  (Jakarta:Ciputat press,2002), hal. 11-12

7 komentar:

  1. NAMA : SAEFURRAHMAN WAHID
    KELAS : D
    NIM :2021110161
    Bagaimana solusi seorang pendidik kepada peserta didik,dalam proses belajar, biar tidak membosankan dalam materi yang diajarkan peserta didik.....???

    BalasHapus
  2. nama ali mubarok
    nim 2021110145
    kelas D /E

    dalam judul dikatakan bahwa pemanfaatan media publik untuk menyebarkan ilmu kekalngan luar/ eksternal
    yang saya tanyaakan eksternal yg dimaksud luar islam atau apa ?
    lalu dalam proses nya lebih menekankan pada aspek apa

    BalasHapus
  3. NAMA:DEWI KURNIASIH
    NIM:2021110156
    KELAS:D

    1.SAEFURRAHMAN WAHID (2021110161)
    Bagaimana solusi seorang pendidik kepada peserta didik,dalam proses belajar, biar tidak membosankan dalam materi yang diajarkan peserta didik.....???
    Menurut saya seorang pendidik dapat mengadakan inovasi dalam penyampaian materi, jangan hanya dengan metode ceramah saja, karena hal tersebut akan membosankan. Inovasi tersebut misalnya dengan metode diskusi/sharing, dapat juga di selingi dengan kuis di sela penyampaian materi.

    2.ALI MUBAROK (2021110145)
    kelas D /E

    dalam judul dikatakan bahwa pemanfaatan media publik untuk menyebarkan ilmu kekalngan luar/ eksternal
    yang saya tanyaakan eksternal yg dimaksud luar islam atau apa ?
    lalu dalam proses nya lebih menekankan pada aspek apa

    kalangan eksternal yang dimaksud dalam hadist ini adalah kalangan non muslim.
    Untuk aspeknya lebih menekankan pada aspek sosial (kekerabatan, etika hubungan antar manusia, dan lain-lain).

    BalasHapus
  4. NAMA : IFADA ROUDHOTUL CHUSNA
    NIM :2021110173
    KELAS : D

    Apakah ada klasifikasi khusus dalam media pempelajaran untuk anak usia dini, SD, SMP, dan SMA?
    Jika ada tolong jelaskan!

    BalasHapus
  5. NAMA:HIMATUL ALIYAH
    NIM:2021110167
    KELAS:D

    media yang baik itu yang bagaimana menurut anda mohon jelaskan?dan contohnya seprti apa?

    BalasHapus
  6. Nama : Moya shofa
    Kelas : D
    Nim : 2021110169

    apakah internet termasuk media publik untuk menyampaikan ilmu yang baik?

    BalasHapus
  7. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat di gunakan untuk menyalurkan informasi dari guru ke siswa sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan minat siswa dan pada akhirnya menjadikan siswa melakukan belajar.
    Media pembelajaran sendiri mempunyai banyak manfaat dan fungsi dalm kegiatan belajar mengajar.
    yang saya tanyakan: apakah sistem pendidikan jarak jauh melalui internet termasuk media publik untuk menyampaikan ilmu?

    BalasHapus