Laman

new post

zzz

Rabu, 29 Februari 2012

Kelas A makalah 3 : RUMAH SEBAGAI MADRASAH

MAKALAH
RUMAH SEBAGAI MADRASAH

Disusun guna memenuhi tugas:
Mata Kuliah : Hadits Tarbawi II
Dosen Pengampu : Muhammad Hufron Dimyati, M. S. I
 









Disusun oleh:
MUHAMMAD ARIF ISMANTO
NIM                : 2021110005
KELAS           : A

JURUSAN TARBIYAH
SEKOLAH TINGGI AGAMA  ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2012


PENDAHULUAN
            Keluarga merupakan bagian dari pendidikan luar sekolah sebagai wahana pendidikan agama yang paling ampuh. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama, karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan. Dapat dikatakan lingkungan yang utama, karena sebagian besar dari kehidupan anak adalah di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak di terima oleh anak adalah dalam keluarga.
Dalam hal ini rumah juga dapat dikatakan sebagai madrasah pertama bagi anak. Untuk mengetahui lebih jelasnya akan di bahas dalam pembahasan makalah ini.

















PEMBAHASAN
A.  Hadits

عثمان بن الأرقم أنه كان يقول : أنا ابن سبع الإسلام أسلم أبي سابع سبعة و كانت داره على الصفا و هي الدار التي كان النبي صلى الله عليه و سلم يكون فيها في الإسلام و فيها دعا الناس إلى الإسلام
(رواه الحاكم فى المستدرك, باب ذكر الأر قم بن أبي الأرقم المخزومي رضي الله عنه)

B.     Terjemah

“Ustman bin Arqam berkata: saya masuk Islam usia tujuh tahun, ayah saya orang yang ke tujuh masuk Islam. Rumahnya di tanah safa dan rumah itu pernah di tempati oleh Nabi Muhammad SAW untuk berdakwah dan berdo’a kepada manusia untuk masuk Islam. (HR. Al- Hakim).[1]

C.    Mufradat (Kata-Kata Penting)

ابن سبع الإسلام         : masuk Islam usia tujuh tahun.
أسلم أبي سابع سبعة    : orang yang ke tujuh masuk Islam
داره                        : rumah
دعا                        : berdo’a

D.    Biografi Perawi
Abu Abdillah al-Arqam bin Abi al-Arqam
 Adalah seorang pengusaha yang berpengaruh dari suku Makhzum dari kota Mekkah. Dalam sejarah Islam, dia orang ketujuh dari As-Sabiqun al-Awwalun. Rumahnya berlokasi di bukit Safa, di tempat inilah para pengikut Muhammad belajar tentang Islam. Sebelumnya rumah al-Arqam ini disebut Dar al-Arqam (rumah Al-Arqam) dan setelah dia memeluk Islam akhirnya disebut Dar al-Islam (Rumah Islam). Dari rumah inilah madrasah pertama kali ada. Al-Arqam juga ikut hijrah bersama dengan Muhammad ke Madinah.[2]

E.     Keterangan Hadits

Kakeknya yang bernama ustman telah menceritakan kepadanya, kemudian dia berkata: saya masuk Islam usia tujuh tahun, sedangkan ayah saya masuk Islam merupakan orang yang ke tujuh dari jumlah orang tujuh tersebut (As-sabiqun al-Awwalun). Dan rumahnya terletak di daerah safa, di rumah tersebut Rasulullah pernah menempati di dalam berdakwah atau mengajak manusia untuk masuk Islam dan dirumah itu banyak orang yang masuk Islam. Kemudian Rasulullah bersabda pada malam senin, Rasul berdo’a “ya Allah muliakanlah Islam dengan kecintaan ke dua laki-laki tersebut kepadaMu yaitu Umar bin khatab dan Umar bin Hisyam”. Kemudian Umar bin khatab itu datang keesokan harinya dan menyatakan Islam di rumahnya Arqam, kemudian mereka keluar dari rumah membaca ta’bir dan thawaf di baitullah (ka’bah) secara terang-terangan. Kemudian rumah tersebut di namai Darul Arqam (rumah Islam).[3]


F.     Aspek Tarbawi
Fung si rumah selain sebagai tempat tinggal, rumah juga dapat dijadikan sebagai:
a)    Tempat memperoleh pendidikan keluarga, yaitu:

Ø  Pengalaman pertama masa kanak-kanak
Ø  Memantapkan kehidupan emosional anak
Ø  Menanamkan dasar pendidikan moral
Ø  Memberikan dasar pendidikan sosial
Ø  Peletakan dasar-dasar keagamaan




b)   Tempat ibadah

Jadikanlah shalat sebagai tiangnya, zikir sebagai pondasinya dan bacaan Al Qur’an sebagai cahaya yang akan menerangi para penghuninya.

c)    Tempat pendapatan[4]

Aspek Tarbawi dari hadits di atas adalah:

Ø Hendaklah rumah di gunakan untuk shalat dan membaca Al Qur’an.
Ø Peliharalah rumah sebaik mungkin dengan cara menjalin hubungan tali persaudaraan yang harmonis di antara sanak keluarga, karena rumah adalah sebagai cermin kehidupan kita.
Ø Manfaatkanlah rumah untuk sumber pendapatan.
Ø Manfaatkanlah rumah untuk memperoleh ilmu, baik agama maupun moral.



           










PENUTUP

Dari hadits di atas dapat di tarik kesimpulan bahwa rumah merupakan salah satu lembaga pendidikan bersifat informal, yang pertama dan utama dialami oleh anak serta bersifat kodrati. Orang tua bertanggung jawab memelihara, merawat, melindungi, dan mendidik anak agar tumbuh dan berkembang dengan baik.



















DAFTAR PUSTAKA

Al-Hakim, 1398-1978 M, Al mustadrak jilid III, Mesir: Beirut
Hasbullah, 1999, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada



[1] Al-Hakim.  Al mustadrak jilid III. (Mesir: Beirut. 1398-1978 M). halm. 502

[3] Ibid. Halm. 502
[4] Hasbullah. 1999. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. Halm. 39-44

32 komentar:

  1. Nama: Istighotsah
    NIM 2021110372
    Kelas A

    1. apa maksud Dari Rumah itu di jadikan sebagai Pendapatan??jelaskan
    2. dalam keterangan Hadits, Umar bin Khattab Yanng terkenal keras, pemberani, dan dulu sebagai tokoh Arab yang sangat terhormat, juga ia sangat menentang seruan dan ajaran Rosulullah, cara yang seperti apa usaha rosulullah selain berdoa sehingga membuat umar itu Luluh hatinya dan masuk ke agama islam?

    BalasHapus
  2. Nadlifatul Ulya
    2021110003
    Apakah Pendidikan dalam rumah itu menjadi faktor utama dalam pembentukan karakter anak? mhon penjelasannya. trims.

    BalasHapus
  3. bagaimana menurut anda tentang istilah "rumahku nerakaku", sehingga rumah tidak berfungsi sebagai madrasah sperti yang dijelaskan diatas, bagaimana solusi agar rumah berfungsi sebagai madrasah?

    Duwi Kurniawati
    2021110029

    BalasHapus
  4. nuning puji astuti (2021110021)Rabu, 29 Februari 2012 pukul 10.07.00 WIB

    nuning puji astuti (2021110021)
    kelas A

    pendidik di dalam keluarga adalah orang tua,apabila ke dua orang tua itu pergi merantau dan anak-anak di tinggal di rumah,siapakah yang akan bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak nya?dan bagaimana pengaruh pendidikan anak kelak jika yang mendidik itu bkan org tua nya?mohon penjelasan

    BalasHapus
  5. zakiyah ulfi
    2021110022
    bagaimana jika kedua orang tua selalu kerja tidak ada waktu luang bersama anak-anaknya, bagaimana pendapat anda mengenai hal tersebut jika dikaitkan rumah sebagai madrasah

    BalasHapus
  6. luk luk ulfa
    2021110027

    bagaimana agar pengajaran dirumah dapat menyenangkan anak, sehingga anak semangat dalam beribadah?

    BalasHapus
  7. subariroh
    202111009
    A
    apakah ada pengaruhnya bagi anak dalam pembentukkan kedewasaan jika dalam keluarga terdapat ketidakharmonisan dalam rumah tangga? sesuai dengan makalah diataas mhon jlskn?

    BalasHapus
  8. nurul maulidah
    2021110039

    apa yang dimaksud bahwa fungsi rumah sebagai tempat pendapatan?

    BalasHapus
  9. nailu zulfa chusna
    2021110017

    dimana berkah kebahagiaan keluarga dapat terwujud?

    BalasHapus
  10. Nadlifatul Ulya
    2021110003

    bagaimana cara memberi solusi yang tepat untuk mengatasi anak yang jenuh di dalam rumah? bagaimana pendapat kalian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mnrt saya, qta ajak anak utk brmain misal prgi k t4 rkreasi, dg ctatan mpy 7an tdk hny mrefresh kondsi anak akan ttapi jug mngandng unsr mndidik, spt halny mngjak anak prgi k tmpat2 brsjarah, dsna anak slain mrsa snang jug akn mdptkn pnglman baru yg baik utk prkmbngn otaknya, t4 brsjrah hnylh sbg conth, mkn msh bnyk lg tmpat yg lbh asik dan mndidik....

      Hapus
  11. barirotul izza
    2021110004

    bagaimana cara menumbuhkan sikap keterbukaan anak terhadap orang tuanya?

    BalasHapus
  12. Risqiyani Sakinah 2021110044 kelas A


    Apabila didalam sebuah rumah yang sudah pernah dihuni untuk kemaksiatan. kemudian rumah itu dijual dan dihuni lagi oleh keluarga baru, apakah akan mengurangi keberkahan rumah terebut?

    BalasHapus
  13. M Yasfiudin 2021110013 klas ARabu, 29 Februari 2012 pukul 11.20.00 WIB

    bagai mana cra untuk menjdikn suasana madrasah terasa dalam rumah dan orang laen opun bisa mersakannya sedangkan didlm rumahnya dijadikan sebagai tempat usaha?

    BalasHapus
  14. Istikharoh 2021110037
    Kelas A

    Dimakalah anda dijelaskan fungsi rumah sebagai tempat pendapatan, bagaimana jika rumah tersebut dipakai sebagai rental Ps, sedangkan pemainnya anak-anak pembolos sekolah, tidak menghiraukan waktu shalat. Apakah rumah tersebut bisa mendatangkan berokah?

    BalasHapus
  15. nurul fauziyah 2021110023 kelas A

    jika didalam rumah tangga terjadi keluarga yg tdk harmonis, apkh hal tsb akan mempengaruhi pendidikan anggota klwrga it?

    BalasHapus
  16. Widyawati
    2021110041

    bagaimana cara menerapkan ajaran islam pada usia dini?

    BalasHapus
  17. nur kholis 2021110014 kelas A

    bagaimana membangun rumah yang didalamnya tercipta kerukunan dan saling terbuka satu sama lain?

    BalasHapus
  18. Hafifah Nur Hidayah
    2021110035
    A

    Apa yang harus dilakukan orang tua ketika mereka tahu bahwa rumah merupakan sarana pendidikan yang fundamental dalam mendidik karekter, sikap, norma pada anak??

    BalasHapus
  19. KHAYYUN NAFI 2021110028 KELAS A
    Kita mengenal istilah "rumahku adalah surgaku"
    Apa maksud istilah tersebut...???
    mohon penjelasannya..???
    serta bagaimana cara mewujudkannya...???

    BalasHapus
  20. Nama : Ikrimah
    NIM : 2021110045
    Kelas: A

    Kadang anak yang belajar dengan orangtuanya itu manja dan malas malasan tidak seperti belajar dengan gurunya. Bagaimana agar anak yang belajar dengan ortu tidak malas malasan serasa belajar dgn sang guru agar dirumahnya bisa disebut sebagai madrasah ??
    terimakasih

    BalasHapus
  21. Slamet Uripah 202 111 0025
    Kelas A
    Bagaimana cara memanfaatkan rumah untuk memperoleh ilmu, baik agama maupun moral. Sedangkan dari orang tuanya sendiri kurang mengerti tentang ilmu agama....
    bagaimana pandangan anda mengenai hal tersebut

    BalasHapus
  22. Dwi Hafila 202 1111 367 A

    Bagaiamana cara mengaplikasikan "Rumah sebagai Madrasah" dalam kehidupan sehari-hari, dan
    Adakah hambatan/kesulitan dalam pengaplikasiannya??

    BalasHapus
  23. Nama : Ikrimah
    NIM : 2021110045
    Kelas: A

    Kadang anak yang belajar dengan orangtuanya itu manja dan malas malasan tidak seperti belajar dengan gurunya. Bagaimana agar anak yang belajar dengan ortu tidak malas malasan serasa belajar dgn sang guru agar dirumahnya bisa disebut sebagai madrasah ??
    terimakasih

    BalasHapus
  24. NUR ISLAMIYAH 2021110034 KELAS A
    bagaimana cara Nabi Muhammad SAW merealisasikan rumah sebagai madrasah???

    BalasHapus
  25. syarifatul aini (2021110043)
    apabila dalam keluarga yang bercarai mempunyai anak dan anak tersebut tinggal pada salah satu orang tuanya dan yang satunya lepas tanggungjawab sedangkan yang tinggal bersama anaknya sibuk bekerja, bagaimana agar rumah yang di diami anak tersebut tetap menjadi madrasah tempat ia belajar kebaikan sama halnya dengan rumah anak yang mempunyai keluarga utuh serta harmonis karena banyak anak korban perceraian yang salah jalan (menyimpang) karena ketidak adanya pengawasan atau pendidikan penuh dari rumahnya yaitu dari orang tuanya.

    BalasHapus
  26. NIM 202109390
    bagaimana kualitas hadits tentang Rumah sebagai Madrasah diatas? jelaskan! terima kasih

    BalasHapus
  27. 2021110012 kelas A
    pendidikan dalam keluarga merupakan pendidikan awal bagi anak karena pertama kalinya mereka mengenal dunia terlahir dalam lingkungan keluarga dan dididik oleh orang tua. Sehingga pengalaman masa anak-anak merupakan faktor yang sangat penting bagi perkembangan selanjutnya, keteladanan orang tua dalam tindakan sehari-hari akan menjadi wahana pendidikan moral bagi anak, membentuk anak sebagai makhluk sosial, religius, untuk menciptakan kondisi yang dapat menumbuh kembangkan inisiatif dan kreativitas anak.
    TUJUAN PENDIDIKANa.
    Membina Watak dan KeahlianHakikat atau makna terdalam dari pendidikan adalah mempersiapkan seseoranguntuk memilih keahlian, sikap dan watak serta pikiran yang baik dan maju sebagai bekal untuk hidup dalam masyarakat.Makna pembentukan watak dalam prosespendidikan di sekolah mencakup hal-halseperti kejujuran, kerendahan hati, keterbukaan terhadap kritik dari orang lain, pengampunan, keberanian, berpendapat dan menghargai perbedaan pendapat, dll. b.MembebaskanPendidikan bertujuan membebaskan manusia untuk mampu mengekspresikan apayang menjadi pikiran, keputusan dan sikapnya sendiri dan bukan berdasarkankomando atau perintah orang lain.Pendidikan yang membebaskan menotivasi siswa untuk mengembangkan kreativitas berpikir dan keterampilan yang positif yang dapat dipertanggungjawabkannya.Untuk mewujudkan tujuan pendidikan seperti itu, sekolah menyiapkan sarana dan prasarana belajar bagi siswa sebagai bekal mempersiapkan hidupnya kelak dalammasyarakat.Tidak semua anak Indonesia beruntung bisa memperoleh pendidikan formal. Untuk itu, bagi kita yang memperoleh kesempatan tersebut haruslah menghargai danmemanfaatkan kesempatan itu dengan cara belajar sebaik-baiknya demi bekalhidup.

    BalasHapus
  28. lebih baik yang mana, antara memasukan anak di madrasah atau belajar al-Qur'an di rumah dan yang mengajar adalah orang tuanya sendiri?

    BalasHapus
  29. wahid rohmansyah 232107241Kamis, 01 Maret 2012 pukul 01.01.00 WIB

    apa aspek positif dan negatif dari "rumah sebagai madrasah"
    tolong jelasakan.. !!
    makasih

    BalasHapus
  30. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  31. Nur Kholis (2021110014)
    Kelas A

    Bagaimana membangun rumah yang didalamnya agar tercipta kerukunan dan saling terbuka satu sama lain?

    BalasHapus