Laman

1111

Minggu, 18 Maret 2012

E6-36 Dyah Titis Pratita


MAKALAH
MANFAAT FLORA BAGI MANUSIA
Disusun Guna Memenuhi Tugas :
                          Mata Kuliah                : Hadits Tarbawi II
Dosen Pengampu        : Muhammad Hufron, M.S.I


 







Disusun Oleh :
                   Dyah Titis Pratita        2021110221
Kelas : E


JURUSAN TARBIYAH PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
(STAIN) PEKALONGAN
2012

BAB I
PENDAHULUAN

Alhamdulillahirabbil’alamin, segala puji bagi Allah SWT yang senantiasa memberi kenikmatan islam, iman, dan ihsan serta nikmat kesehatan dan kesempatan. Shalawat serta salam semoga tercurahkan kepada baginda Nabi Muhammad SAW.
Pengobatan bisa dilakukan dengan cara tradisional atau alami yaitu dengan menggunakan bahan-bahan yang terbuat dari tumbuh-tumbuhan, seperti pengobatan yang menggunakan tumbuh-tumbuhan habbatus saudah (Jintan Hitam).
Habbatus saudah/ Black Seed/ Jintam Hitam digunakan sebagai herbal pengobatan sejak 2000-3000 tahun sebelum Masehi. Banyak manfaat yang terdapat pada jintan hitam ini karena dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, untuk lebih jelasnya dapat melihat bab berikutnya.










BAB II
PEMBAHASAN

A.   Materi Hadits

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ  :مَا مِنْ دَاءٍ إِلَّا فِي الْحَبَّةِ السَّوْدَاءِ مِنْهُ شِفَاءٌ إِلَّا السَّامَ
 )روا ه مسلم فى الصحيح, كتا ب السلام, باب التدا وي با لحبة السوداء)
B.   Terjemahan Hadits

Dari Abu Hurairah, Rasulullah saw, berkata : “Tidak ada  penyakit yang tidak bisa disembuhkan dengan  jintan hitam kecuali mati”.[1]

C.   Mufrodat

INDONESIA
العر بيهق
Tidak ada penyakit
ما من دا ء
Kecuali
ا لا
Dalam jintan hitam
فى الحبة السو دا ء
Terdapat
منه
Penyembuh
شفا ء
Kecuali mati
الا السا م

D.   Biografi Perawi

Diantara tujuh orang yang meriwayatkan hadits. Yaitu : Abu Hurairah, Abdullah bin Umar, Anas bin Malik, Sayyidah Aisyah, Abdullah bin Abbas, Jabir bin Abdullah, dn Abu sa’id al-khudri. Abu Hurairahlah yang paling banyak meriwayatkan hadits dan paling kuat hafalannya diantara yang lain. Baqi bin Mikhlad mentakhrijkan hadits Abu Hurairah sebanyak 5.374 hadits.
Nama asli Abu Hurairah adalah Abdurahman bin sarkhr, Rasulullah sendirilah yang menjulukinya “Abu Hurairah”, ketika beliau melihatnya membawa seekor kucing kecil. Julukan dari Rasulullah itu semata karena kecintaan beliau kepadanya. Ia berasal dari Bani Daus bin Adnan.
Abu Hurairah memeluk Islam pada tahun 7 H, tahun terjadinya Perang Khaibar, dan beliau meninggal di Aqid pada tahun 57 H. Ia adalah pemimpin para ahli Shuffah, yang menggunakan seluruh waktunya beribadah dimasjid Nabi. Shuffah adalah tempat beratap didalam masjid, para sahabat yang zuhud melindungkan diri disana.
Sanad paling shahih yang berpangkal darinya ialah : Ibnu Syihab az-Zuhri, dari Sa’id bin al-Musayyab, darinya (dari Abu Hurairah) adapun yang paling dla’if adalah As-sari bin Sulaiman, dari Dawud bin Yazid al-Audi dari bapaknya (Yazid al-Audi) dari Abu Hurairah.[2]

E.    Keterangan Hadits

Dari hadits diatas menerangkan tentang pentingnya botani (ilmu tumbuh-tumbuhan) bagi kehidupan manusia, karena dengan pengetahuan itulah manusia dapat mengambil manfaat dari berbagai jenis tumbuh-tumbuhan. Salah satunya yaitu tumbuhan habbatus sauda (jintam hitam). Jintan hitam adalah obat alami yang telah digunakan sejak dulu. Jintan hitam atau habbatus sauda atau bahasa ilmiahnya Nigellia Sativa telah digunakan dinegara Timur Tengah untuk pengobatan alami selama lebih dari 2000 tahun.
Sejak tahun 1960 terdapat lebih dri 200 studi diberbagai universitas di berbagai negara, telah menemukan manfaat luar biasa dari habbatus sauda ini. Para ilmuan Eropa baru-baru ini menyatakan bahwa habbatus sauda (the black seed) bekerja sebagai anti bakteri dan anti jamur. Para imunbiologi dan kanker menemukan bahwa herbal ini dapat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan tubuh untuk meningkatkan produksi interferon serta melindungi sel-sel normal terhadap efek-efek virus yang merusak sel, juga menghancurkan sel-sel tumor.[3]
Beberapa manfaat habbatus sauda (jintan hitam) :
1)        Menguatkan sistem kekebalan tubuh
Prof. G. Reimuller, Direktur Institut imunbiologi dari Universitas Munich mengakui bahwa ekstrak habbatus sauda berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagai biolegulator. Dengan demikian habbatus sauda dapat dijadikan obat bagi penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti Kanker dan AIDS.
2)        Meningkatkan daya ingat dan konsentrasi
Dengan kandungan asam linoleat (omega 6) dan asam linolenat (omega 3), habbatus sauda merupakan nutrisi bagi sel otak yang berguna untuk meningkatkan daya ingat dan kecerdasan.
3)        Meningkatkan bioaktivitas hormon
Hormon adalah zat aktif yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin yang masuk dalam peredaran darah. Salah satu kandungan  habbatus sauda adalah sterol yang berperan aktif  pada sintesis dan bioaktivitas hormon.


4)        Menetralkan racun dalam tubuh
Racun dapat mengganggu metabolisme dan mengurangi fungsi organ penting seperti hati, paru-paru dan otak. Keracunan dapat menimbulkan gejala berupa diare, pusing, gangguan pernafasan, dan daya kosentrasi yang menurun. Habbatus sauda yang mengandung saponin dapat menetralkan dan membersihkan racun dalam tubuh.
5)        Mengatasi gangguan tidur dan setres
Saponin yang terdapat didalam habbatus sauda memiliki fungsi seperti kortikosteroid yang dapat mempengaruhi metabolisme karbohidrat, protein dan lemak serta mempengaruhi fungsi jantung, ginjal, otot tubuh dan syaraf. Saponin berfungsi untuk mempertahankan diri dari perubahan lingkungan, gangguan tidur dan dapat menghilangkan setres.[4]
6)        Memperbaiki saluran pencernaan
Habbatus sauda mengandung minyak atsiri dan volatil yang telah diketahui manfaatnya untuk memperbaiki pencernaan.
7)        Melancarkan air susu ibu
Kombinasi asam lemak tidak jenuh dan struktur hormonal yang terdapat dalam minyak habbatus sauda dapat melancarkan air susu ibu.
8)        Tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita
Kandungan omega 3,6,9 yang terdapat dalam habbatus sauda merupakan nutrisi yang membantu perkembangan jaringan otak balita dan janin.
9)        Anti tumor
Habbatus sauda dpat merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan. Senyawa yang terkandung di dalamnya dapat menghancurkan sel-sel tumor dan meningkatkan antibodi.
10)    Nutrisi bagi manusia
Habbatus sauda yang kaya akan kandungan nutrisi sangat ideal untuk lansia terutama untuk menjaga daya tahan tubuh dan revitalitas otak agar tidak cepat pikun karena habbatus sauda mengandung asam amino termasuk didalamnya 9 asam amino essensial.
Dari penjelasan tentang pengobatan menggunakan habbatus sauda diatas dapat diambil pelajaran bahwa sesungguhnya manusia tidak bisa jauh dari tumbuh-tumbuhan dan manusia sangat membutuhkan tumbuh-tumbuhan untuk kehidupan sehari-hari baik itu untuk makan, untuk pengobatan dan lain sebagainya.[5]

F.    Aspek Tarbawi
Habbatus sauda merupakan tumbuh-tumbuhan yang kaya akan manfaatnya, karena bisa untuk mengobati berbagai macam pnyakit kecuali kematian. Dari peristiwa tersebut, manusia disuruh untuk berfikir dan mengamati alam bahwa sesungguhnya kehadiran tumbuh-tumbuhan itu sendiri merupakan bukti adanya Allah yang Maha Kuasa, dan Maha Pengasih kepada hamba-hambanya.
Maka keajaiban, keindahan, kehalusan tumbuh-tumbuhan itu mengundang manusia membuka mata hatinya dan berfikir bahwa semua kejadian itu adalah kekuatan Allah SWT. Tinggal upaya manusia, sejauh mana aktivitasnya menggarap bumi dan mengolah tanah. Dengan demikian, tidak sepatutnya bumi dibiarkan terlantar tidak dimanfaatkan melainkan perlu dimakmurkan untuk kesejahteraan manusia.






BAB III
PENUTUP
 Habbatus sauda adalah obat alami yang ada sejak dulu. Jintan hitam atau habbatus sauda atau bahasa ilmiahnya Nigellia Sativa telah digunakan dinegara Timur Tengah untuk pengobatan alami selama lebih dari 2000 tahun. Sejak tahun 1960 terdapat lebih dari 200 studi diberbagai universitas di berbagai negara, telah menemukan manfaat luar biasa dari habbatus sauda ini. Tumbuhan habbatus sauda ini dapat mengobati berbagai macam penyakit kecuali kematian.
Ada beberapa manfaat dari jintan hitam atau habbatus sauda ini diantaranya yaitu : sebagai menguatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat dan konsentrasi, meningkatkatkan bioktivitas hormon, menetralkan racun dalam tubuh, mengatasi gangguan tidur dan setres, memperbaiki saluran pencernaan dan sebagai anti bakteri, melancarkan air susu ibu, tambahan nutrisi pada ibu hamil dan balita, anti tumor, dan nutrisi bagi manusia.








DAFTAR PUSTAKA
Ash-Shalih Subhi. 2009. Membahas Ilmu-Ilmu Hadits. Jakarta : Pustaka Firdaus.
Kitab Shahih Muslim.
 Sumantri, Arif. 2010. Kesehatan Lingkungan dan Perspektif Islam. Jakarta :    Kencana Prenada Media Group.








[1] Kitab Shahih Muslim
[2] Subhi ash-shalih, Membahas Ilmu-Ilmu Hadits, (Jakarta : Pustaka Firdaus, 2009), hlm. 332-334.
[3] http://www.imanamalsoleh.wordpress.com/2009/10/17/953/
[5] Arif Sumantri, Kesehatan Lingkungan dan Perspektif Islam, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010), hlm.134

15 komentar:

  1. sri setianingrum
    2021110209

    adakah manfaat lain flora(jintan hitam) selain sebagai obat dari penyakkit-penyakit diatas???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dyah Titis Pratita, nim : 2021110221, kelas : E

      Terima kasih atas pertanyaannya, saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari saudari Sri setianingrum, manfaat lain dari jintan hitam selain yang sudah saya sebutkan diatas itu ada, didunia barat telah menginformasikan kepada kita bahwa habbat al-Saudaa (jintan hitam) bisa juga digunakan sebagai bahan alami yang berguna untuk mewangikan mulut atau mengharumkan bau mulut, yang biasa diletakkan pada bagian atas roti, dan beberapa makanan adonan seperti piza, juga pada beberapa produksi susu, seperti keju.

      Hapus
  2. Nuhisa Filiandi 2021110233

    Asslamualikum Titis,, alhmdulillah kta bisa brtemu kmbli pda mjelis hadits tarbawi II, pada makalah anda membahas mengenai manfaat flora, utamanya bagi manusia,, memang sudah terbukti jelas, bahwa Allah menciptakan tumbuhan, dan alam tumbuhan yang sering kita sebut dengan istilah "flora", yang sangat sangat penting manfaatnya, terutama untuk kelangsungan hidup manusia, dan biasanya, manfaat tanaman itu selain untuk bahan makanan berupa sayuran, juga untuk obat-obatan. Nah, pada era sekarang ini, mengapa orang-orang itu lebih memilih berobat ke dokter? dan mendapatkan obat yang brbahan dasar "kimia", dan bagaimana saran dan strategi Titis, agar masyrakat mau kembali bersahabat dan memanfaatkan alam?, terutama tumbuhannya, yang sangat bermanfaat sebagai penyembuh semua penyakit, Daripada obat kimia, yang menyembuhkan satu penyakit, namun memberi penyakit lainnya (ada efek sampingnya)?, trims sebelunya, maaf bila terlalu panjang pertanyaannya, dan saya tunggu loh jawabannya, hehe ..., syukron .. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dyah Titis Pratita, nim:2021110221, Kelas: E.

      Terima kasih atas pertanyaanya, kalau menurut saya itu tergantung kembali dari masing-masing individunya saja,mau percaya kpada pengobatan yang mana? mungkin kalau orang-orang itu banyak pergi ke dokter mungkin karena alat-alat medis yang dipunyai dokter disamping canggih juga komplet,
      Saran dan srategi saya agar masyarakat mau bersahabat dan memanfaatkan alam, menurut saya perlu diadakannya sebuah perkumpulan atau seminar dan masyarakat diajak untuk datang ke seminar tsb, kemudian disitu masyarakat diperkenalkan tentang kelebihan,kekurangan, efek samping serta bahaya dari masing-masing obat tersebut, baik itu obat-obatan dari tumbuhan atau dari bahan kimia, dari situ masyarakat bisa berfikir mana obat yang baik dan buruk untuk kesehatan, jika difikir-fikir obat2an dari kimia yang membahayakan, mungkin dengan cara itu masyarakat mau kembali bersahabat dan memanfaatkan alam.

      Hapus
  3. akromurijal 2021110234 kelas E

    menurut Saudara hal apa yang dapat kita ambil dari hadis pada makalah Saudara saat kita menjadi seorang pendidik nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dyah Titis Pratita, nim: 2021110221, kelas : E

      Menurut saya, hal apa yang dapat kita ambil dari hadits tsb yaitu tentang pngetahuan dan pendidikannya, yaitu pngetahuan mngenai manfaat tumbuh-tumbuhan sebagai obat penyembuh penyakit dan pendidikannya mngenai kita sebgai calon pngajar bisa mengajarkan kepada murid-murid untuk bisa mensyukuri nimat-nikmat yang diberikan Allah kepada umatnya, dengan cara berfikir dan mengamati sesuatu yang ada di sekeliling kita.

      Hapus
  4. umi nadhifah
    2021110223
    kelas: E

    Adakah tumbuhan lain yang bermanfaat untuk kesehatan, selain jintan hitam?dan apakah anda sendiri sudah pernah merasakan khasiat dari jintan hitam tersebut?bagaimana rasanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dyah Titis Pratita, nim: 2021110221, kelas: E

      Terima kasih atas pertanyaannya, saya akan mencoba menjawab... kalau menurut saya, obat penyembuh dari tumbuh-tumbuhan itu banyak selain dari jintan hitam itu sendiri. contoh lain seperti daun sirih yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit keputihan dan penghambat keluarnya mimisan dan lain sebagainya, dan kalau ditanya sudah pernah merasakannya apa belum? jujur saja saya belum pernah merasakannya jadi saya tidak tau bagaimana rasanya jintan hitam itu.

      Hapus
  5. ferri jariyah
    2021110227
    kelas E

    menurut pendapat anda bagaimana cara yang baik dalam memanfaatkan flora agar tidak punah, dan kita tetap dapat mengambil manfaatnya lagi dikemudian hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dyah Titis Pratita, nim: 2021110221, kelas: E

      Terima kasih atas pertanyaan dari saudari Feri Jariyah, saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda, menurut saya, flora sendiri itu kan semacam tumbuh-tumbuhan jadi bagaimana cara yang baik dalam memanfaatkan flora agar tidak punah yaitu dengan cara melakukan reboisasi atau penghijauan kembali pada tumbuh-tumbuhan karena tumbuhan itu kan SDA yang dapat diperbaharui jadi kita melakukan penanaman kembali apabila ada tumbuh-tumbuhan yang akan digunakan atau ditebang, agar tumbuh-tumbuhan itu tidak punah.

      Hapus
  6. nofi hidayati
    2021110211
    kelas E

    berbicara mengenai jinten hitam, apakah Saudara sudah pernah mencobanya untuk pengobatan ? dan seberapa ampuhkah jinten hitam tersebut ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dyah Titis P. NIM: 2021110221, kelas : E

      Saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda, saya belum pernah mencoba atau merasakan jintan hitam untuk pengobatan. seberapa ampuhkah jintan hitam tersebut dari wab yang saya baca di (http://xamherbal.com/manfaat-jintan-hitam-bagi-kesehatan/)
      jintan hitam itu mampu mengobati berbagai macam penyakit karena Kandungan jintan hitam atau nilai Nutrisi Nigella Sativa selain membangunan sistem kekebalan tubuh sepanjang hari, juga menyediakan sumber yang optimal untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan penyakit.

      Hapus
  7. NAMA : MAELA RISQIYANI
    NIM : 2021110144
    KELAS : D (E)

    dalam hadits diatas dijelaskan kalau habatussaudah dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit??? bagaimana dengan penyakit HIV AIDS , apakah bisa disembuhkan dengan habatussaudah???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dyah Titis Pratita, nim: 2021110221, kelas: E

      Saya akan mencoba menjawab pertanyaan anda, apakah bisa disembuhkan penyakit HIV AIDS dengan habbtussaudah, menurut dari wab yang saya baca di (http://xamherbal.com/manfaat-jintan-hitam-bagi-kesehatan/) jintan hitam itu mampu mengobati berbagai macam penyakit karena Habbatus sauda (jintan hitam)mampu meningkatkan jumlah sel-sel T yang baik untuk meningkatkan sel-sel pembunuh alami. Prof. G. Reimuller, Direktur Institut Imunologi dari Universitas Munich mengakui bahwa ekstrak habbatus sauda berkhasiat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat digunakan sebagibioregulator. Dengan demikian habbatus sauda dapat dijadikan obat bagi penyakit yang menyerang kekebalan tubuh seperti Kanker dan AIDS.

      Hapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus