Laman

1111

Minggu, 18 Maret 2012

E6-37 Naelal Khusna



MAKALAH

MANFAAT FAUNA BAGI MANUSIA
Makalah Ini Disusun Guna Memenuhi Tugas Individu

Mata Kuliah                       : HADITS TARBAWI II
Dosen Pengampu            : MUHAMMAD GHUFRON DIMYATI, M.S.I




Disusun Oleh :
NAELAL KHUSNA
202 111 0222


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI (STAIN)
PEKALONGAN
2012
BAB I
PENDAHULUAN
            Manusia yang paling baik adalah manusia ihyang banyak memberikan manfaat bagi orang lain. Sifat-sifat yang baik itu seperti contoh yang terdapat pada seekor lebah. Hal itu menunjukan agar kita meniru sifat-sifat baik yang dimiliki oleh lebah. Lebah sendiri menyukai tempat –tempat yang bersih dan menghirup apa yang bersih saja,seperti halnya manusia yang di perintahkan Allah untuk melakukan hal-hal yang baik dan tidak mengikuti langkah-langkah syaitan .Lebah juga tidak pernah merusak dan suka bekerja keras, dan Allah juga telah memerintahkan umat mukmin untuk bekerja keras.
            Untuk lebih jelasnya, dalam makalah ini akan memaparkan manfaat fauna bagi manusia.









BAB II
PEMBAHASAN
A.    Materi Hadits
عبدالله بن عمروبن العا ص : انه سمع رسول الله عليه وسلم قا ل: (...ان مثل
المؤمن لكمثل النحلة,اكلت طيبا, ووضعت فلم تكسر ولم تفسد...)             

B.     Arti Hadist
Artinya : Abdullah bin Amru bin Ash menceritakan kepadaku,bahwasannya dia mendengar Rasulullah SAW bersabda, “ sesungguhya perumpamaan seorang mukmin seperti lebah dia memakan yang baik dan mengeluarkan yang baik, hinggap namun tidak memecah dan merusak”. [1]
C.    Mufrodat

Mendengar
سمع
Bersabda
قا ل
Sesungguhnya
ان
Perumpamaan
مثل
Orang-orang mukmin
المؤمن
Makan
اكلت
Yang baik
طيبا
Dan hinggap
ووضعت
Namun tidak memecah
فلم تكسر
Dan merusak
ولم تفسد
Lebah
النحلة



D.    Biografi Rowi
Dia adalah seorang dari Abdillah yang ahli fiqih ia memeluk agama islam sebelum ayahnya, kemudian hijrah sebelum penaklukan Makkah Abdullah seorang ahli ibadah yang zuhud, banyak berpuasa dan sholat sambil menekuni hadits Rasulullah. Ilmu hadits yang ia riwayatkan mencapai 700 buah.
 Abdullah in Amr meriwayatkan hadits dari Umar, Abu Darda, Muaz bin Jalal, Abdurahman bin Auf dan beberapa yang lain, yang meriwayatkan dirinya antara lain Abdullah Bin Umar Al Khattab, As-saibbin dan lain-lain.
Sanad yang paling sohih yang berpangkal darinya ialah yang diriwayatkan oleh Amr Bin Syuaib dari Ayahnya dari kakeknya. Abdullah bin Amr wafat pada tahun 43 H, pada malam pengepungan Al-Fustath.[2]
E.     Keterangan hadits
Hadits tersebut meneranngkan bahwa seorang mu’min adalah manusia yang memiliki sifat-sifat unggul. Sifat-sifat itu membuatnya memiliki keistimewaan dibandingkan manusia lain. Sehingga dimanapun dia berada, kemanapun dia pergi, apa yang dia lakukan, peranan dan tugas apapun yang di pikul akan selalu membawa manfaat dan maslahat (kebaiakan) bagi manusia lain. Maka jadilah orang yang dijelaskan rosulullah SAW  “ manusia paling baik adalah yang paling banyak memberikan manfaat bagi manusia lain.
Dalam firman Allah pada surat An-nahl ayat 68-69  yang berbunyi,” Dan Rabb mu mewahyukan kepada lebah: ‘ Buatlah sarang-sarang di bukiti-bukit, di pohon-pohon kayu, dan ditempat-tempat yang dibikin manusia. Kemudian makanlah dari tiap-tiap buah-buahan dan tempuhlah jalan Rabb mu yang telah dimudahkan lebah (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Rabb) bagi orang-orang yang memikirkan”.
Perbandingan anatra  yang dilakukan lebah dengan apa yang seharusnya dilakukan orang mu’min:
·         Hinggap ditempat yang bersih dan menghirup apa yang bersih saja.
Lebah hanya hinggap ditempat-tempat terpilih saja. Lebah sangat jauh berbeda dengan lalat. Lalat sangat mudah ditemui ditempat sampah dan tempat-tempat yang berbau busuk. Tapi lebah, ia hanya akan mendatangi bunga atau buahan. Begitu pula sifat seorang mu’min. Allah berfirman: “Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat dibumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan, karena sesungguhnya syaitan adalah musuh yang nyata bagimu”. Albaqarah (168 )
·         Tidak pernah merusak.
Lebah tidak pernah merusak atau mematahkan ranting yang dia hinggapi. Begitu juga seorang mu’min. Dia tidak pernah melakukan kerusakan dalam hal sekalipun: baik secara fisikal maupun tidak. Bahkan dia melakukan pembaikan akidah akhlak dan ibadah dengan cara berdakwah.
o   Bekerja keras
 biliknya (saat menetas), lebah bekerja membersihkan bilik sarangnya untuk telur baru dan setelah berumur 3hari dia memberi makan larva, dengan membawakan serbuk sari madu. Lebah hari-harinya penuh semangat, berkarya dan beramal. Begitu juga seorang mu’min. Maka apabila telah kamu selesai dari satu urusan, kerjakanlah dengan sungguh-sungguh urusan yang lain.[3]
Manfaat fauna bagi manusia
Didalam hadits diatas salah satu fauna yang dijelaskan adalah lebah. Didalam diri lebah terdapat beberapa karakter yang sesuai karakter dengan Itulah beberapa karakter lebah yang patut ditiru oleh orang-orang beriman.

F.     Manfaat fauna bagi manusia
Di dalam hadits di atas salah satu fauna yang dijelaskan adalah lebah. Di dalam diri lebah terdapat beberapa manfaat yang sesuai untuk manusia.
Madu memiliki manfaat yang luar biasa bagi manusia, salah satunya adalah madu bisa dijadikan sebagai obat.kandungan di dalam madu antara lain mengandung banyak vitamin, di samping itu di dalam madu mengandung tembaga, yodium, dan seng dalam jumlah yang kecil, juga beberapa jenis hormon.

            G. Hikmah lebah yang dapat kita ambil antara lain:
1.mukmin harus mengambil rizki yang halal dan yang baik.
2.mukmin harus bisa menjaga harga dirinya, harta dan agamanya
3.mukmin seharusnya menghasilkan segala kebaikan dan bermanfaat bagi lingkungan

H.Aspek tarbawi:
·         Kita sebagai manusia hendaknya memakan makanan yang halal dan yang baik
·         Sebagai seorang mukmin kita harus memberikan manfaat bagi manusia lainnya
·         Sebagai manusia kita senantiasa berperilaku hidup bersih dan menjaga kesucian
·         Sebagai manusia hendaknya memiliki solidaritas yang tinggi terhadap saudara seiman

                                                                                                                        
BAB III

PENUTUP

Dari uraian hadits diatas maka dapat diambil kesimpulan bahwa seorang mukmin adalah manusia yang memiliki sifat-sifat unggul. Sifat-sifat itu membuatnya memiliki keistimewaan dibandingkan dengan manusia lain. Sehingga dimanapun dia berada, kemanapun dia pergi, aoa yang dia lakukan, peranan dan tugas apapun yang dia pikul akan selalu membawa manfaat dan maslahat ( kebaikan ) bagi manusia lain. Maka jadilah dia orang yang seperti dijelaskan Rasulullah SAW “Manusia yang paling baik adalah yang paling banyak memberikam manfaat bagi manusia lain”.
Maka, sifat-sifat  yang baik itu antara lain terdapat pada lebah, seperti: hinggap di tempat yang bersih dan hanya menghirup apa saja yang bersih, mengeluarkan yang bersih, tidak pernah merusakkan, dan bekerja keras.

















DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, Imam bin Muhammad bin Hanbal. 2009. Musnad Imam Ahmad Jilid               VI. Jakarta: Pustaka Azzam.
As Shalih, Subhi. 2009. Membahas Ilmu-ilmu Hadits. Jakarta: Pustaka        Firdaus.




[1]  Imam Ahmad bin Muhammad bin Hanbal, Musnad Imam Ahmad Jilid 6, (Jakarta: Pustaka Azzam, 2009), Hal. 512-514
[2] Subhi Assholih,Membahas ilmu hadits,(Jakarta:pustaka firadaus,2009)hal.345                                                            
[3] Http://www.duniaadeen.com/2009/12/perumpamaan-mukmin-itu-bagaikan-lebah.html.


30 komentar:

  1. nama :salafudin
    nim : 202 111 0207
    kelas : E
    assalamualaikum,,, dari penjelasan diatas bahwa sebagai orang muslim kita harus dapat memberi manfaat bagi orang lain, yang ingin saya tanyakan apa sih yang menjadi indikator bahwa seorang muslim dapat dikatakan bermanfaat untuk orang lain??? mathur nuhun,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. seorang muslim dikatakan bermanfaat untuk orang lain apabila ia sudah dapat membantu orang lain sesuai kemampuannya

      Hapus
  2. nama:sri setianingrum
    nim:2021110209
    seorang mu'min yang baik harus mencontoh sifat lebah.sifat-sifat yang bagaimanakah???????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. naelal khusna, nim:2021110222, kelas: E

      terimakasih atas pertanyaannya, sifat seorang mukmin harus seprti seekor lebah yanh dihisab sehari-hari adalah sari pati maksudnya seorang mukmin harus makan makanan yang halal dan menghindari makanan yang haram, lebah mngeluarkan madu artinya kita sebagai seorang mukmin harus berbicara yang baik, bertingkah laku yang sopan dan tidak boleh menyakiti perasaan orang lain.

      Hapus
    3. naelal khusna, nim: 2021110222, kelas: E

      Saya akan mencoba menjawab pertanyaan dari anda, sifat seorang mukmin itu harus mempunyai sifat seperti seekor lebah, yaitu lebah yang dihisab adalah sari pati maksudnya sebagai seorang mukmin, harus makan -makanan yang halal dan menghindari makanan yang haram, lebah mengeluarkan madu artinya kita sebagai mukmin harus berbicara yang baik, bertingkah laku sopan dan tidak boleh menyakiti perasaan orang lain.

      Hapus
  3. Laili Masrukhah
    2021110193
    kelas E

    berdasarkan hadits di atas sebagai manusia kita harus bisa memberi manfaat untuk orang lain,sebagai manusia terkadang timbul rasa pamrih dan ingin mendapat balasan atas apa yang telah kita lakukan.
    bagaimana menurut anda jika timbul perasaan seperti itu??
    kemudian menurut anda apakah ada fauna yang tidak bermanfaat bagi manusia??

    BalasHapus
    Balasan
    1. apabila timbul rasa itu, tumbuhkan rasa ingin membantu sesama dan yakinkan diri kita lagi kalau manusia tidak mampu hidup sendiri. manusia adalah mahluk sosial yang hendaknya saling tolong menolong
      untuk pertanyaan kedua, Allah tidak akan menciptakan mahluknya tanpa ada manfaat untuk sesama. jadi menurut saya, semua ciptaan Allah tidak ada yang sia-sia termasuk semua fauna pasti bermanfaat untuk manusia

      Hapus
  4. Kartika Anggun Pratiwi
    202 111 0190
    Kelas E

    apa manfaat lebah untuk manusia dan apa manfaat manusia bagi lebah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nama; naelal khusna, nim: 2021110222, klas: E

      SAYA akan mencoba menjawab, manfaat lebah bagi manusia yaitu dapat mengeluarkan madu dan madu sendiri dapat digunakan menjadi obat dan kecantikan, dan manfaat manusia bagi lebah, yaitu dapat memudahkan lebah dalam membuat sarangnya karena sudah dibuatkan manusia.

      Hapus
  5. Kurnia Hidayati
    202 111 0206
    Kelas E

    Bagaimana caranya agar kita sebagai muslim agar senantiasa bermanfaat bagi orang lain dan mengesampingkan ego?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan berusaha membantu sesama. cara mengesampingkan ego adalah dengan kita menanamkan sifat peduli kepada sesama

      Hapus
  6. nama : ali mubarok
    nim : 2021110145
    kelas : D (E)

    memberi manfaat bagi orang lain
    namun kita sendiri belum merasa bermanfaat bagi diri sendiri terkadang sering berbuat salah pada diri sendiri
    apakah pantas kita memberi manfaat bagi orang lain?
    mengapa demikian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena manusia adalah mahluk sosial yang memberi manfaat dan di beri manfaat oleh orang lain juga

      Hapus
  7. nama : Hammydiati Azifa L I
    NIM : 2021110208
    Kelas : E

    dalam makalah ini kan dijelaskan kalau kita harus memberi manfaat kepada orang lain.
    yang mau saya tanyakan apakah setiap manusia harus dapat bermanfaat bagi manusia lainnya, mengapa demikian tolong dijelaskan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena manusia mahluk sosial yang membutuhkan dan dibutuhkan

      Hapus
  8. nama : laelatul masruro
    nim : 2021110224
    kelas :E

    dalam makalah anda telah disebutkan bahwa lebah itu tidak merusak dimanapun ranting yang dia hinggapi, dan Kita sebagai seorang mu'min hendaklah berbuat seperti lebah,kemudian apa tanggapan anda bagi orang-orang yang melakukan kerusakan alam seperti penebangan liar di hutan?? tolong jelaskan dan terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. orang orang seperti itu adalah orang yang belum bisa mengerti tentang tujuan manusia hidup yaitu untuk bermanfaat bagi orang lain dan tidak merusak

      Hapus
  9. indah rediana
    2021110205

    dalam makalah anda dijelaskan seorang muslim itu harus menjaga harga diri, harta, dan agamanya. menurut anda bagaimana cara menjaga ketiga hal tersebut??

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara menjaga harga diri, tanamkan kesadaran tentang perlunya memiliki harga diri. menjaga harta, dengan banyak bersedekah. menjaga agama, dengan memperkuat keimanan kita

      Hapus
  10. Laila Fitriani
    2021110225
    kelas E
    bagaimana pendapat anda mengenai adanya perburuan liar terhadap fauna di indonesia...?
    bagaimana pendapat saudara, apabila ada seorang mukmin yang pilih-pilih dalam menolong sesamanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sungguh mengiris hati ketika melihat kejadian (perburuan liar)lingkungan adalah kita, jadi kita tidak bisa seenaknya saja merusak lingkungan...

      kalau itu jelas tidak dianjurkan....
      tapi kita setidaknya tau mana yang perlu kita bantu dan mana yang kita biarakan alias tidak kita bantu...

      Hapus
  11. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  12. Nama:atiyatul islah
    Nim :2021110152
    Kels:D
    Membahas Manfaat fauna bagi manusia. yang saya tanyakan apa manfaat nyamuk? karena yang saya ketahui nyamuk jika menggigit manusia menyebabkan banyak penyakit. seperti DB,Malaria dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengan adanya nyamuk dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi manusia karena pabrik obat nyamuk akan semakinn banyak memproduksi obat nyamuk sehingga mereka akan semakin bertambah dan bisa untuk menghidupi keluarganya

      Hapus
  13. ani maftuchah 2021110201
    kelas E
    dalam makalah anda ada perbandingan, antara orang mukmin dan lebah, yang seakan-akan lebah itu lebih baik sifatnya daripada mns zaman sekarang, jika demikian, maka org yang seperti apa dapat dikatakan mukmin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. manusia dikatakan mukmin yang baik adalah manusia yang memiliki sifat sifat lebah yang tidak merusak dan berguna bagi sesamanya

      Hapus
  14. Nama : Nita Eviana
    NIM : 2021110217
    Kelas : E

    Terkait dengan aspek tarbawi, Apakah anda sendiri sudah berperilaku hidup bersih dan menjaga kesucian ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. insya allah saya sudah, karena saya ingin menjadi muslim yang baik sesuai syariat islam

      Hapus