Laman

zzz

new post

Selasa, 21 Februari 2012

Kelas F makalah 2 : Fungsi Masjid sebagai Pusat Ilmu Pengetahuan


download Power Point, 
download Makalah, 
MAKALAH
MASJID PUSAT ILMU PENGETAHUAN

Disusun guna memenuhi tugas :
         Mata kuliah : Hadist Tarbawi II
Dosen Pengampu : Ghufron Dimyati, Msi

                                                                                               
Disusun Oleh :
HARTINI
2021110237
Kelas F

JURUSAN TARBIYAH PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI
PEKALONGAN
1
BAB I
PENDAHULUAN

            Seperti yang kita ketahui bahwa sejak zaman islam masa awal masjid, selain sebagai tempat beribadah juga sebagai pusat ilmu pengetahuan. Pada hadist yang diriwayatkan oleh Abu buraidah bahwa Rasulullah berkhutbah dimasjid guna mengajarkan ilmu pengetahuan.
            Pada era sekarang ini memang sudah banyak tempat pusat – pusat ilmu pengetahuan yang khusus digunakan untuk belajar ilmu pengetahuan. Tetapi peran masjid tetap menjadi sangat penting dilihat dari sejarah pendidikan islam.  


















BAB II
PEMBAHASAN

A.    HADIST


أَبُو بُرَيْدَةَ يَقُوْلُ : كَانَارَسُوْ لُ اللهِ صَلَى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَمْ يَخْتُبُنَا إِذْ جَاءَ الْحَسَنُ عَلَيْهِمَا قَمِيْصَانِ أَحْمَرَانِ يَمْشِيَانِ وَيَعْشُرَانِ فَنَزَلَ رَسُوْ لُ اللِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنَ الْمِنْبَرِ فَحَلَمَهُمَا بَيْنَ يَدَيْهِ ثَمَّ قَالَ صَدَ قَاللهُ إِنَّمَا أَمْوَالَكُمْ وَأَوْلاَ دُكُمْ فِتْنَةٌ فَنَظَرْتُ إِلَى هَذَيْنِ الصَبِيْيَيْنِ يَمْشِيَانِ وَيَعْثُرَانِ فَلَمْ أَصْبِرْ قَطَعْتُ حَدِيْشى وَرَفَعْتُهُمَا قَالَ أَبُو عِيْسَ هَذَا حَدِيْثِ الْحُسَيْنِ ربْنِ وَاقِدٍ. (رَوَاه التر مذي فى الجامع, كتاب المناقب عن رسلو الله, باب مناقب الحسن والسين)

Abu Buraidah berkata : Dulu Rasulullah SAW sedang berkhutbah ( didepan kita ) kemudian Hasan dan Husen dan Husein datang. Mereka berdua memakai gamis yang berwarna merah sambil berjalan melewatinya, kemudian Rasulullah turun dari mimbar lalu mengangkat mereka dan menaruh mereka didepan Beliau. Dan kemudian beliau bersabda : “ Maha benar Allah, sesungguhnya harta-harta serta anak-anak kalian semua hanyalah fitnah belaka. Lalu aku melihat dua anak kecil ini berjalan dan melewati. Maka aku tidak sabar hingga aku memutuskan pembicaraanku dan aku mengangkat keduanya.
( Abu Isa berkata hadist ini hadist hasan ghorib, kami hanya mengetahuinya dari hadist Husein bin Waqid )




B.     MUFRODAT
Khutbah  يَحْطُبُوْنَا
Turun نَزَلَ
Mimbar  اَلْمِمْبَرُ
Mengangkat mereka  فَحَمَلَهُمَا
Menaruh / Meletakkan  فَحَلَمَمْبَرُ
Harta اَمَوَالُكُمْ
Anak – Anak merekaاَوْلَدُكُمْ

C.     BIOGRAFI RAWI
1.      At Turmudzi
Nama lengkap At Turmudzi ialah Abu ‘Isa Muhammad bin ‘Isa bin Saurah bin Musa bin dhahhar Al-Sulami Al Bughi Al Tirmidzi, merupakan seorang penghapal hadist yang terkenal dan salah seorang imam yang menjadi panutan dalam bidang hadist. Beliau seorang pengagum fuqaha syafi’i. Para kritikus sepakat tentang kesiqatannya. Dikatakan Al-Idrisi bahwa Imam Turmudzi adalah seorang ulama yang menjadi panutan dalam bidang hadist. Beliau menyusun kitab Al-jami’us Shahih, kitab Tarawikh dan kitab Al-‘Ilal. Kitab-kitab ini merupakan karya seorang alim dan mut’qin yang menggambarkan daya hapalan yang luar biasa. Dikatakan Al-hakim dan Abu Ahmad, saya mendengar Umar bin Muhammad berkata , “  ketika Al-Bukhari wafat beliau tidak jauh berbeda dengan At-Turmudzi, yaitu tidak menetap diKhurasan. Beliau menghabiskan waktunya untuk menuntut ilmu hadist melawat ke berbagai negeri untuk mencari hadist kepada para ahli di Khurasan, Irak dan Hijaz.[1]

D.    KETERANGAN HADIST
 Masjid sebagai pusat pendidikan nonformal memiliki tingkat implikasi yang cukup besar, di antaranya:
Pertama, mendidik masyarakat agar memiliki semangat pengabdian dalam seluruh aktivitasnya kepada Allah swt.
Kedua, menanamkan rasa cinta kepada ilmu pengetahuan dan menanamkan solidaritas sosial, serta menyadarkan hak-hak dan kewajiban-kewajibannya sebagai insan pribadi, sosial dan warga masyarakat dan negara.
Ketiga, memberikan rasa ketentraman, kekuatan, dan kemakmuran serta mengembangkan potensi-potensi ruhiah manusia melalui pendidikan kesabaran, keikhlasan, optimisme, dan akhlak luhur lainnya. Sehingga alumni lembaga masjid memiliki kualifikasi intelektual, emosional dan spritual yang baik sebagai basis akhlak masyarakat. Untuk itu, diperlukan kreatifitas dan inovasi masyarakat untuk memberdayakan masjid sebagai lembaga pendidikan kemasyarakatan sehingga tujuan pendidikan untuk mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertakwa dalam sebuah negeri yang tayyibatun wa rabbun ghafur dapat diraih sesuai dengan yang diharapkan.[2]
Fungsi edukatif  masjid pada awal pembinaan Islam, masjid merupakan lembaga pendidikan Islam. Yakni tempat manusia dididik agar memegang teguh keimanan, cinta kepada ilmu pengetahuan, mempunyai kesadaran sosial yang tinggidan mampu melaksanakan hak dan kewajiban dalam negara Islam.[3]


E.     ASPEK TARBAWI
Masjid bukan saja dijadikan sebagai tempat ibadah berupa shalat semata, lebih dari itu masjid berfungsi untuk mengabdikan diri kepada Allah. Masjid sebagai tempat pengabdian kepada Allah termasuk di dalamnya sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan dan kebudayaan.[4]
Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga berfungsi sebagai pusat ilmu pengetahuan. Dari ibadah sholat sendiri sudah didapatkan beberapa ilmu pengetahuan seperti cara melakukan sholat, bacaan-bacaan sholat dan lain sebagainya. Semua merupakan ilmu pengetahuan. Selain itu masjid juga digunakan sebagai tempat berkhutbah baik pada waktu sholat jum’at atau pun yang lainnya. Dimana didalamnya kita mendapatkan ilmu pengetahuan.
Ilmu pengetahuan sangat penting bagi kita karena dengan ilmu akan membawa kita kebahagiaan yang hakiki. Berbeda dengan harta yang kita miliki atau pun anak, karena mereka hanyalah titipan dari Allah SWT yang bersifat sementara.
Ilmu pengetahuan sangat penting bagi manusia dan Allah SWT menjamin mereka yang menuntut ilmu dengan kebaikan seperti hadist dibawah ini :




وَعَنْ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ:  رَسُوْلُ اللهُ صلى م مَنْ خَرَجَ طَلَبِ العلم فَهُوَ فِى سَبِيْلِ اللهِ حَتَّى  يَرْجِعُ
(رَوَاه الترمذ)

“ Dari Anas RA, Ia berkata : Rasulullah SAW bersabda : “ barang siapa keluar dengan tujuan menuntut ilmu, maka ia berada dijalan Allah sampai ia kembali . “
(HR. Turmudzi)[5]











BAB III
PENUTUP

Masjid sebagai pusat pendidikan nonformal memiliki tingkat implikasi yang cukup besar, di antaranya:
Pertama, mendidik masyarakat agar memiliki semangat pengabdian dalam seluruh aktivitasnya kepada Allah swt.
Kedua, menanamkan rasa cinta kepada ilmu pengetahuan dan menanamkan solidaritas sosial, serta menyadarkan hak-hak dan kewajiban-kewajibannya sebagai insan pribadi, sosial dan warga masyarakat dan negara.
Ketiga, memberikan rasa ketentraman, kekuatan, dan kemakmuran serta mengembangkan potensi-potensi ruhiah manusia melalui pendidikan kesabaran, keikhlasan, optimisme, dan akhlak luhur lainnya. Sehingga alumni lembaga masjid memiliki kualifikasi intelektual, emosional dan spritual yang baik sebagai basis akhlak masyarakat. Untuk itu, diperlukan kreatifitas dan inovasi masyarakat untuk memberdayakan masjid sebagai lembaga pendidikan kemasyarakatan sehingga tujuan pendidikan untuk mewujudkan masyarakat yang beriman dan bertakwa dalam sebuah negeri yang tayyibatun wa rabbun ghafur dapat diraih sesuai dengan yang diharapkan.


[1] Dr. Mahmud Ali Fayyad, METODOLOGI PENETAPAN KESAHIHAN HADIS, ( Bandung : CV PUSTAKA SETIA, 1998 ) hal 149-150
[3] http// masjid pusat ilmu pendidikan. com
[4] http// masjid pusat ilmu pendidikan. com
[5] Imam Nawawi, Terjemah Riyadhus Shalihin jilid 2, ( Jakarta : Pustaka Amani, 1996 )

59 komentar:

  1. di hadits dikatakan anak dan harta hanyalah sebuah fitnah belaka
    pertanyaanya jika ada orang tua mangajak anak ikut beribadah di masjid namun si anak justru barmain main di dalam masjid dan mengganggu orang lain, bagaiman hukum orang tua yang seharusnya mengingatkannya?
    dan menjadi dosakah niat orang tua yang tadinya ingin mengajari anaknya bribadah di masjid?

    nama ali mubarok
    nim 2021110145
    kelas D

    BalasHapus
  2. Nama : Taufiq Kurniawan
    NIM : 2021110181
    Kelas: D
    pertanyaan
    masjid bukanlah tempat untuk sholat jamaah semata melainkan sebagai majlis ta'lim juga bisa,
    misalnya ketika sedang melakukan kegiatan majlis ta'lim, kemudian datang waktu solat..
    manakah yang didahulukan???
    sholat terlebih dahulu atau meneruskan bahasan majlis ta'lim tersebut sampai rampung??

    BalasHapus
  3. nama : Dadang Irwanto
    nim : 2021110256
    kelas : F

    masjid adalah tempat ibadah umat islam. bagaimana cara penyebaran ilmu pengetahuan agar tidak mengganggu aktifivitas ibadah seorang muslim?

    BalasHapus
  4. Nama : Musfiroh
    NIM : 2021110255
    Kelas : F

    pertanyaan :
    sekarang banyak orang yang menikah ingin akad nikahnya dilakukan di dalam masjid, dan biasanya akad nikah tersebut dilaksanakan di ruangan utama masjid atau tempat untuk orang melakukan shalat bukan pada ruangan lain di masjid tersebut, dan pasti akan banyak orang yang ada di dalam masjid tersebut yang menurut saya mengganggu ketenangan di dalam masjid. Menurut anda bagaimana dengan keadaan yang demikian?

    BalasHapus
  5. Nama: Lilis Handayani
    NIM: 2021110246
    Kelas: F

    Pertanyaan:
    jika dilihat dari sejarah awal islam memang masjid selain sebagai tempat ibadah juga menjadi pusat ilmu pengetahuan karena masih sedikitnya lembaga pendidikan, sementara jaman sekarang sudah banyak lembaga2 yang didirikan guna mencari ilmu pengetahuan. nah bagaimanakah eksistensi masjid sendiri saat ini sebagai pusat pendidikan?

    BalasHapus
  6. ahmad mursalin (202 1110 277)
    kelas F.

    bagaimana tanggapan anda dengan keadaan saat ini ketika kita banyak melihat masjid-masjid yang dibangun dengan megahnya akan tetapi jamaah didalamnya sedikit?apakah saat ini fakusnya hanya pembangunan bangunannya saja tanpa memperdulikan faktor manusia/jamaahnya? trus bagaimana tanggapan anda tentang masjid yang dibuka ketika waktu sholat 5 waktu saja dan setelah waktu sholat usai masjid kembali ditutup, padahal terkadang masih ada orang/musafir/tamu yang akan sholat!dan kebetulan tak bebarengan dengan waktu jamaah!trimss...

    BalasHapus
  7. abdul latif
    kelas F.
    apakah relita zaman sekarang masih menunjukan bahwa masjid masih menjadi pusat pendidikan?

    BalasHapus
  8. NAMA: KHOIROTUNNISA' ALINA
    NIM: 202 111 0253
    KELAS :F

    bagaimana hukum bagi seseorang yang hendak membangun masjid (notabene untuk tempat beribadah kepada Allah SWT)namun disatu sisi niatan membangun masjid tersebut dengan tujuan untuk tempat wisata yang akan menghasilkan keuntungan berupa materi?

    BalasHapus
  9. DZUL AMAL
    2021110276
    KELAS F
    menurut anda,bagaimana suatu masjid itu dijadikan tempat maksiat oleh orang,padahal orang itu sendiri tahu kalau masjid itu untuk beribadah dan sebagai pusat ilmu pengetahuan?harus bagaimanakah?

    BalasHapus
  10. YANI NADIA
    2021110247
    KELAS F
    Bagaimana kiat- kiat anda untuk menghidupkan kembali suasana masjid yang sepi,agar dapat menarik minat jamaah mengikuti kegiatan-kegiatan dalam masjid khususnya kegiatan yang menyangkut masalah ilmu pengetahuan??_^^

    BalasHapus
  11. ARUM ARIFAH
    2021110271
    Kelas: F
    Dengan dibuatnya masjid sebagai ilmu pengetahuan,jika semua orang mengkaji/menuntut ilmu/melakukan kegiatan belajar mengajar di masjid,apakah tidak mengganggu aktivitas sholat berjamaah dan kebersihan masjid?

    BalasHapus
  12. YENI NUR KHASANAH
    2021110266
    Kelas :F
    Masjid sebagai ilmu pengetahuan yang dimaksud apakah hanya ilmu keagamaan saja ataukah ilmu umum juga termasuk?

    BalasHapus
  13. ISMI ZULFATUN NIKMAH
    2021110269
    KELAS F
    menurut anda seberapa besar peran masjid bisa menjadi pusat ilmu pengetahuan, sedangkan pada zaman sekarang sudah ada yang namanya sekolah, perpustakaan dan lain sebagainya yang juga digunakan sebagai tempat untuk menggali pengetahuan?

    BalasHapus
  14. Chomsatun Nadhiroh
    2021110274
    Kelas : F
    bagaimana pendapat pemakalah mengenai sikap seseorang yang memanfaatkan keadaan masjid yg sedang dgunakan untk ibadah,ia gunakan kesempatan untk kejahatan spt mencuri,,,,pda hal kn kita tw bahwa masjid adl rumah allah swt n suci...

    BalasHapus
  15. Husnul Lina Luaini
    2021110279
    Kelas F
    Didalam masjid biasanya ada suatu kepengurusan bermacam-macam tingkatannya contoh saja salah satunya IRMAS, menurut pemakalah sendiri apa manfaat dari organisasi-organisasi tersebut??

    BalasHapus
  16. Nama : Khozinatul Asror
    Kelas : F
    NIM : 2021110265

    di makalah tertulis, "Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga berfungsi sebagai pusat ilmu pengetahuan." nyatanya pada zaman sekarang funsi tersebut sudah mulai pudar. Walaupun tidak semuanya, bahkan ada masjid yang digunakan untuk pacaran. Entah itu salah siapa..
    yang menjadi pertanyaan : mengapa aspek ketarbawian di masjid pada zaman sekarang sudah mulai hilang? apa penyababnya dan bagaimana solusinya?

    BalasHapus
  17. Nur Fadhilah (2021110254)
    kelas F
    Bagaimana cara kita untuk menumbuhkan kembali peranan masjid sebagai pusat ilmu pengetahuan seperti dulu, sedangkan sekarang banyak sekali tempat-yempat pendidikan yang ad selain masjid?

    BalasHapus
  18. HENI MAYSAROH
    2021110280
    KELAS F


    Pada saat ini terlihat begitu taatnya para jamaah akan perintah diam selama khutbah berlangsung, para jamaah benar-benar hanya duduk, diam dan sebagian juga ada yang tertidur. Padahal khutbah jum’at berisi begitu banyak hikmah, nasehat dan ilmu __ berbeda dengan pengajian rutin mingguan d perumahan saya yang lebih “cair” suasananya, dan banyak juga yang mencatat isi pengajian tersebut, karena salah satu cara mengikat ilmu yaitu dengan mencatat agar isi ilmu itu tidak menguap begitu saja.

    Nah melihat hal itu__
    1. Apakah dalam Khotbah jum’at d perkenankan para jemaah untuk mencatat isi khotbah ?

    2. dan bagaimana agar khotbah jumat lebih cair suasananya supaya ilmu yang disampaiakan tidak menguap begitu saja karena banyak jemaah yang tidak memperhatikan (terutama mengantuk)?

    Terimakasih.

    BalasHapus
  19. HENI MAYSAROH
    2021110280
    KELAS F

    Bagaimana cara mengoptimalkan masjid sebagai media pendidikan dimasa sekarang ini ?

    BalasHapus
  20. Syaiful islam
    2021110250

    Bagaimana perkembgan dn peran masjd pd era skarang ini dlm penyampaian pndidikn?

    BalasHapus
  21. ARIF STIAWAN
    2021110270
    KELAS F

    Pada era sekarang ini, ilmu pengetahuan berkembang dengan sangat pesat. dan gedung-gedung dibangun sebagai sarana untuk mengkaji ilmu pengetahuan, sehingga masjid hanya digunakan untuk sholat dan kegiatan-kegiatan keagamaan saja. kalaupun untuk mengkaji ilmu, biasanya berupa ilmu keagamaan (Tauhid).

    bagaimana tanggapan pemakalah dalam menyikapi fenomena semacam ini? apakah "masjid sebagai puat ilmu pengetahuan" sudah tidak relefan lagi, atau masih relefan. mohon dijelaskan! terima kasih

    BalasHapus
  22. nur khasanah
    2021110244
    apa saja peran masjid sebagai tempat pusat ilmu pendidikan?

    BalasHapus
  23. M.syamsul hadi
    2021110261

    realita sekarang, banyak masjid digunakan sebagai tempatistirahat,tidir-tiduran, atau hanya kumpul-kumpul dan jarang membahas tentang pendidikan.menurut pemakalah kiat-kiat seperti apa agar bisa meningkatkan fungsi nmasjid sebagaoi pusat ilmu pengetahuan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kiat-kiat agar bisa meningkatkan fungsi masjid dengan baik ya masnya ?
      ada banyak cara sebenarnya untuk merubahnya, salah satunya berawal dari diri kita sendiri. kemudian kesadaran dari diri sendiri ketika berada dimasjid. mengajak orang-orang untuk mengadakan pengajian atau organisasi yang membahas tentang keislaman. mungkin seperti itu mas hadi...

      Hapus
  24. fahmi amrullah
    2021110248

    pada realita yang ada,ada sebagian orang yang menganggap bahwa tidak boleh membicarakan soal dunia ketika berada dimasjid sehingga enggan ketika membahas ilmu pengetahuan,khususnya ilmu umum.bagaimana Pendapat pemakalah dengan adanya anggapan seperti itu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya jika yang dibicarakan tidak keluar dari ajaran islam dan masih dalam konteks agama tidak apa-apa tapi jika yang dibicarakan tentang dunia yang tidak mengandung manfaat jelas itu tidak boleh.

      Hapus
  25. ifrokha
    2021110258

    seberapa besar manfaat atau pengaruh terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, ketika masjid digunakan sabagai pusat ilmu pengetahuan, dan adakh pengaruh terhadap kegiatan peribadatannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak ada pengaruh dalam perkembangan pengetahuan ketika masjid digunakan sebagai pusat ilmu pengetahuan. pengaruh terhadap kegiatan peribadatan tidak ada karena kajian-kajian yang dilakukan dimasjid tidak bersamaan dengan waktu sholat.

      Hapus
  26. fatimatuz zuhro
    2021110257

    adakah perbedaan cara mengajar atau mengkaji ilmu pengetahuan antara di masjid, keluarga, ataupun madarasah/sekolah,perbedaannya seperti apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setiap mengkaji pengetahuan atau cara mengajar pasti terdapat perbadaan. artinya setiap orang dalam mengajar atau mengkaji pengetahuan berbeda-beda karena setiap orang mempunyai sifat atau karakter yang berbeda beda. jadi dimana pun tempat mereka mengkaji pengetahuan tentu berbeda. baik itu dirumah, sekolah, madrasah atau masjid.
      perbedaannya terletak pada cara mereka mengjar atau mengkaji dan tata bahasa mereka mengkaji pengetahuan.

      Hapus
  27. bagaimana suatu masjid dapat dikatakan sebagai pusat ilmu pengetahuan,sedangkan ilmu pengetahuan tidak sempit hanya mendasar pada hal-hal agama, namun ilmu pengetahuan diartikan secara luas yaitu ilmu secara umum,,,,?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kata siapa ilmu pengetahuan hanya mendasar pada hal-hal agama saja ..
      ilmu pengetahuan bisa mencakup berbagai ilmu pengetahuan dan tidak mendasar pada agama saja.
      saya kok kurang paham dengan pertanyaan anda.. ini yang tanya siapa kok tidak ada namanya ?

      Hapus
  28. mengkaji kemanfaatan masjid sebagaimana didalam makalah diterangkan selain sebagai tempat ibadah, masjid juga berfungsi sebagai tempat sarana penyampaian pendidiikan.
    sedangkan kita tahu kenyataan pada jaman saat ini banyak terjadi penyalahgunaan fungsi masjid sebagai tempat sarana mpenyampaian pendidikan yang mana sangat disayangkan sekali bahwasanya pendidikan yang ada menyeleweng dari kaidah agama islam dan bahkan mengarah pada kesesatan.
    yang saya tanyakan pada pemakalah :
    > bagaimana menyikapi keadaan penyelewengan fungsi dari kegiatan kependidikan dari fungsi masjid tersebut?
    >adakah solusi untuk menyikapi hal tersebut?
    terimakasih.

    BalasHapus
  29. SYIFA ADILLA
    2021110281

    mengkaji kemanfaatan masjid sebagaimana didalam makalah diterangkan selain sebagai tempat ibadah, masjid juga berfungsi sebagai tempat sarana penyampaian pendidiikan.
    sedangkan kita tahu kenyataan pada jaman saat ini banyak terjadi penyalahgunaan fungsi masjid sebagai tempat sarana mpenyampaian pendidikan yang mana sangat disayangkan sekali bahwasanya pendidikan yang ada menyeleweng dari kaidah agama islam dan bahkan mengarah pada kesesatan.
    yang saya tanyakan pada pemakalah :
    > bagaimana menyikapi keadaan penyelewengan fungsi dari kegiatan kependidikan dari fungsi masjid tersebut?
    >adakah solusi untuk menyikapi hal tersebut?
    terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagaimana kita mensikapinya tergantung dari kita masing-masing mbak syifa .. karena kalau kita tidak mengikuti penyelewengan tersebut maka kita akan terjerumus kedalam penyelewengan itu, tetapi jika kita mampu menghindari atau menghentikan penyelewengan itu maka kita akan berada diposisi yang aman. kesadaran dan kedewasaan dari setiap manusia itu sangat berperan penting dalam mewujud fungsi masjid.
      solusi yang tepat menurut saya, dengan menghindari hal tersebut.

      Hapus
  30. Nama : Muhammad Charist Arrosyid
    NIM : 202 111 0275
    Kelas : F

    apakah ada perbedaan arti antara masjid zaman dahulu dengan zaman sekarang perihal sebagai pusat ilmu pengetahuan...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. perbedaan arti antara masjid zaman dahulu dengan sekarang sepertinya tidak ada dan masih sama,, hanya penggunaannya yang sekarang berbeda. karena pada zaman sekarang peran masjid sudah bergeser tidak seperti zaman dahulu yang digunakan untuk tempat pembelajaran.

      Hapus
  31. bagaimana cara yang efektif untuk mengaplikasikan pemberdayaan masjid dalam meningkatkan fungsi masjid sebagai pusat ilmu pendidikan di jaman sekarang?
    DWI KARTIKA SARI
    2021110251

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara yang efektif mungkin bisa dilakukan dengan mengadakan acara pengajian atau acara peringatan hari besar islam disetiap masjid diberbagai daerah-daerah. atau mengadakan acara lain yang berhubungan atau berkaitan dengan islam.
      seperti itu mbak tika,,

      Hapus
  32. Muafinah 2021110264(f)
    Banyak dikalangan santri belajar(taqror)pada saat malam hari di masjid,kadang kegiatan tersebut berjaln sampai subuh tiba.na dalam waktu tersebut mereka tidak hanya belajar namun juga ada yang bercanda dan makn,shingga dapt membuat kotor masjid.na bagaimana menurut anda yang mana awl dari niat mereka adalah belajar namun akhirnya mengganggu kenyamanan dan keindahan masjid???

    BalasHapus
    Balasan
    1. niat awal mereka kan baik ya namun berakhir dengan ketidak nyamanan dan menggangu,, menurut saya harusnya mereka sadar diri dengan status mereka yang menyandang gelar santri. disisi lain juga harus ada himbauan kepada para santri agar tidak mengotori masjid. dan disediakan pula tempat membuang sampah misalnya..
      kurang lebihnya seperti itu mbak pina.. hehe

      Hapus
  33. Zuhrotun nisak(2021110242)
    kelas F
    Bagaimana cara anda menyikapi bila terjadi adanya ketidakcocokan antara fungsi masjid yang suci yang seharusnya menjadi tempat ibadah atau tempat untuk menyampaikan ilmu pengetahuan tapi disalahgunakan sebagai media politik misalnya saat pemilu ,sedangkan orang yang melakukan juga orang yang berpengetahuan tinggi...???

    BalasHapus
    Balasan
    1. sungguh terlalu ya jika ada orang yang berpengetahuan tinggi tetapi dia tidak bisa menerapkan pengetahuan yang dia punya.. perlu dihilangkan orang-orang yang demikian, mungkin bisa dengan menegurnya atau memberitahukan secara halus bahwa yang ia lakukan tidak sesuai dengan fungsi masjid yang ada.

      Hapus
  34. Durrotul mustafida (2021110243)
    kelas F

    Bagaimana meningkatkan agar tidak disalahfungsikan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. pertanyaan anda hampir mirip dengan pertanyaan mas hadi,,
      agar tidak disalah fungsikan maka kita sebagai generasi penerus harus mampu menjaga dan menggunakan masjid dengan sebaik mungkin.

      Hapus
  35. Beni Siswanto
    2021110249
    kelas F


    ditinjau dari sudut sosiologis fungsi masjid sekarang inikan masjid sebagai tempat ibadah ?masyarakat mengundang ahli agama untuk syiar tentang berbagai ilmu yang mereka kuasai khusususnya tentang bidang agama, dan biasnya mereka mengundang pada saat momement2 tertentu
    biasanya masyarakat berbondong bondong datang untuk menyaksikan. dan bisanya juga masjid rame pada waktu itu..

    pertanyaanya apakah benar faktor kehidupan yang komersil membuat mereka jarang untuk kemasjid dan mereka cuma datang di waktu senggang untuk menghadiri acara2 demikian?

    jika memang benar bigu tentunya masjid sekarang rame pada moment2 tertentu? dan pada shalat 5 waktu masjid hanya biasanya di isi oleh sebagian orang ?
    adakah solusimenurut anda?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika melihat pada realitasnya itu memang benar namun kembali lagi pada fungsi masjid yang sebenarnya.
      solusinya menurut saya..
      sebagai pengelola masjid atau orang yang dekat dengan masjid mereka harus bisa mengisi acara dimasjid atau mengadakan acara-acara yang berhubungan dengan islam bukan hanya pada moment-moment tertentu melainkan diadakan setiap seminggu sekali atau sebulan sekali agar fungsi masjid sebagai ilmu pengetahuan tidak hilang.
      begitu menurut saya bang ben..

      Hapus
  36. Nama : Anisa Afriani
    NIM : 202109080
    Kelas : F

    pertanyaan saya,
    apabila waktu penyampaian khutbah jum'at berlangsung, sebagai pendengar khutbah tersebut mendengar bisik-bisik dari orang lain sesama pendengar khutbah,.
    bagaimana menurut pemakalah menanggapi realita tersebut?
    apakah menegur orang tersebut ataukah diam saja sambil terus mendengarkan khutbah tersebut?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jika kita mendengar hal demikian sebaiknya kita menegurnya sebentar untuk memberitahu agar tidak berbisik-bisik dan kemudian melanjutkan mendengarkan khutbah.

      Hapus
  37. menjawab pertanyaan dari :
    ali
    * hukum orang tua mengingatkan anaknya supaya tidak mengganggu ketenangan dalam masjid itu wajib. namun jika dosa atau tidak nya orang tua tersebut hanya Allah yang tahu. sebagai orang tua jika melihat anaknya bermain main dmasjid dan mengganggu itu jelas adalah kewajiban bagi orang tua yang telah mengajak anaknya kmasjid

    taufiq
    * yg didahulukan antara meneruskan majlis ta'lim atau sholat itu sudah jelas pasti sholat terlebih dahulu, baru meneruskan majlis ta'lim yang tertunda tadi.

    dadang
    * penyebaran ilmu pengetahuan bisa dilakukan kapan saja asal tidak mengganggu jalannya waktu sholat dmasjid. dilakukan sesudah atau sebelum waktu sholat tiba jadi tidak mengganggu seorang muslim yg sedang beribadah.

    BalasHapus
  38. menjawab dari:
    musfiroh
    * menurut saya melaksanakan akad nikah dimasjid itu boleh-boleh saja selagi tidak bersamaan dengan waktu sholat, sehingga tidak mengganggu ketenangan didalam masjid itu sendiri.

    Lilis handayani
    * masjid saat ini memang sudah tersingkirkan dengan adnya lembaga-lembaga pendidikan yg ada. namun dengan demikian peran dari masjid itu sendiri mati, melainkan akan tetap hidup selama kita sebagai orang islam mampu menggunakannya dengan sebaik mungkin.

    Ahmad Mursalin
    * masjid dbuat megah biasanya untuk menarik perhatian yg melihat masjid tersebut sehingga para arsitek berupaya membangun masjid yg sedemikian bagusnya supaya banyak orang yg memasuki masjid tersebut. tanggapan saya tentang masjid yg hanya dibuka ketika sholat jamaah saja itu tidak setuju karena masjid itu kan tempat umum yg dipakai untuk semua orang tanpa melihat dari mana orang tersebut.

    BalasHapus
  39. menjawab dari :
    Alina
    * jika yg ditanyakan hukumnya maka saya kurang tahu bagaimana hukumnya jika terjadi demikian, namun jika keuntungan yg didapat tersebut untuk hal yg positif atau untuk hal yg baik separti misalkan membantu anak yatim piatu atau panti jompo dan hal yg baik lainnya maka itu tidak apa-apa. tetapi jika sebaliknya jelas itu tidak boleh.

    Dzul Amal
    * orang yg melakukan maksiat dmasjid, orang tersebut berarti tidak tahu fungsi dari masjid itu sendiri dan pastinya orang itu tidak memiliki agama. untuk bagaimananya maka kita sebagai orang yg tahu tentang untuk apa masjid itu menjelaskan atau memberikan sedikit nasehat untuk melarangnya.

    BalasHapus
  40. nama:misroha
    nim:202109247
    kelas:F
    fungsi masjid memang pada dasarnya untuk beribadah kepada Allah dan juga merupakan pusat ilmu pengetahuan, tetapi apabila masjid digunakan untuk belajar rebana pada malam hari banyak orang yang merasa tergaggu dengan pelatihan rebana tersebut padahal orang-orang disekitarnya sudah memberi tahu untuk tidak latihan dimalam hari. bagaimana menurut anda tentang kegiatan tersebut di masjid?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apa ada ya mbak yang demikian ?
      setahu saya,, pelatihan rebana itu dilakukan dirumah-rumah pada waktu sore hari atau siang hari. namun jika ada yang melakukan demikian, berarti orang yang melakukan hal tersebut telah menyalah artikan fungsi masjid. karena fungsi masjid kan untuk tempat beribadah dan bukan untuk tempat bernyanyi-nyanyi sedangkan rebana kan identik dengan bernyanyi ya jadi menurut saya kurang tepat jika masjid digunakan untuk pelatihan rebana apalagi dilakukan pada malam hari.

      Hapus
  41. menjawab dari
    * Yani :
    lebh menngkat kegatan-kegiatan yg bersifat pembelajaran dimana kita mengajak anak-anak atau orang dewasa untuk mengikuti misalnya pengajian atau yang lain.

    * Arum
    menurut saya itu tidak mengganggu salama waktunya tidak bersamaan dengan waktu sholat berjamaah.

    * Yeni
    ilmu yang dimaksud disini tidak hanya yg bersifat agama saja tetapi juga bermacam-macam. umu juga termasuk.

    * Ismi
    memang peran masjid sekarang sudah tergeserkan oleh lembaga-lembaga umum tetapi masjid masih bisa berfungsi jika kita mau menggerakan untuk menggunakannya dalam berbagai hal terutama bagi ilmu pengetahuan.

    * chomsatun
    jika terjadi hal demikian maka kembali lagi kepada si pencuri tersebut. mengapa dia mencuri pasti mempunyai alasan. dan mereka yg melakukan demikian tdak mempunyai iman.

    * Husnul lina
    menurut saya, ada banyak manfaat dari organisasi tersebut, karena dalam organisasi tersebut kita mendapat ilmu.

    * Khozinatul asror
    mengapa sekarang peran masjid hilang ?
    kalau menurut saya hilangnya itu karena faktor dari tempat lingkungan tersebut yg tidak memanfaatkan masjid sebagai tempat ilmu pengetahuan. bagaimana solusinya ??
    setiap seminggu sekali adakan pengajian atau kegiatan dimasjid agar tumbuh rasa semangat dalam menuntut ilmu.

    * Nur fadhilah
    pertanyaan anda sama dengan pertanyaan yg sebelumnya..

    * Heni
    1. pada saat khotbah berlangsung jelas jamaah tidak boleh berbicara karena sudah tertulis dalam al-qur'an tentang larangan berbicara pada saat khotbah berlangsung. mungkin termasuk mencatatnya.
    2. agar tidak lupa, sebaiknya ketika menyampaikan materi, para pembicara menyelingi dengan gurauan supaya mereka yg hadir tidak bosen dan akan selalu teringat.

    * Syaipul islam
    perananya sudah mulai berkurang karena banyaknya lembaga sekolah dan lainnya.

    * Arif
    masjid sekarang masih relevan, buktinya masih ada masjid yg digunakan tidak hanya untuk sholat saja tetapi untuk menuntut ilmu.

    * Nur khasanah
    bisa dijadikan tempat pengajian, perkumpulan organisasi-organisasi.

    BalasHapus
  42. nama:eni marfuah
    nim 2021110238
    menurut anda bagaimana jika masjid hanya dipergunakan wat solat 5 saja?selain itu masjid ditutup.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya masjid yg digunakan hanya untuk sholat saja itu tidak apa-apa karena fungsi masjid yang utama adalah untuk melaksanakan sholat. namun alangkah lebih baik lagi jika masjid tersebut digunakan juga untuk pengajian atau untuk tempat mengaji anak-anak.

      Hapus
  43. diah safitri
    NIM:2021110260

    pada zaman sekarang realitanya sudah jarang masjid digunakan sebagai madrasah, karena masyarakat beranggapan bangunan masjid kurang berkualitas untuk dijadikan tempat pembelajaran dan sekarang ini sudah ada banyak tempat- tempat pembelajaran yang disertai fasilitas2 yang lengkap, bagai mana menurut pemakalahan dalam menyikapi hal ini?????????

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya,,
      selain untuk melaksanakan sholat jama'ah, masjid bisa digunakan untuk hal-hal lain seperti pengajian atau perkumpulan organisasi. memang pada zaman sekarang ini masjid sudah tidak dijadikan sebagai tempat pembelajaran dikarenakan faktor tersebut. namun jika pengelola masjid mampu mengelola masjid dengan baik, masjid tersebut bisa sejajar dengan tempat pembelajaran sekarang.

      Hapus