Laman

Sabtu, 10 Maret 2012

Jawaban, Kelas B, Wiwid Prihartanti


Nama                   :  Wiwid Prihartanti
NIM/Kelas          :  2021110062/B
Mata Kuliah        :  Hadis Tarbawi 2

JAWABAN HADIS TARBAWI 2 “MEMANFAATKAN MEDIA PUBLIK UNTUK MENYEBARKAN ILMU KE KALNGAN INTERNAL”
1.             Naila Qonita
Menurut anda, media apa yang paling tepat untuk menyebarkan informasi agar cepat menyebar ke masyarakat luas ?
Jawab :
Terimakasih atas pertanyaannya,
Menurut saya media yang tepat untuk menyebarkan informasi secara cepat adalah televisi. Karena media ini dapat memberikan kejadian-kejadian yang sebenarnya pada saat suatu peristiwa terjadi. Televisi juga dapat dijangkau oleh siapapun, dapat menunjukkan banyak hal. Memang sekarang ini televisi tidak bisa dianggap sebagai tuntunan tetapi justru sebagai tontonan. Saya memahami pertanyaan anda sebatas media yang cepat untuk menyebarkan informasi, berbeda dengan untuk menyebarkan informasi sekaligus mengandung aspek pendidikan. Media ini misalnya internet, sebenarnya setiap media itu pasti memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi saling melengkapi dan tergantung dari orang yang menggunakannya.
2.             Nurul Khabibah
Bagaimana memanfaatkan media publik sebagai penyampaian pendidikan agar bisa maksimal dan tepat guna ?
Jawab :
Media publik ada beberapa macam, misalnya televisi, radio, internet, media cetak dan lainnya. Media tersebut sangat berpengaruh dalam pendidikan dan dapat membantu pendidik dalam menyampaikan pesan pembelajaran.
Jadi tergantung bagaiman SDM yang ada, jika SDM memadai maka penggunaan media publik juga akan tercapai dengan baik. Serta harus sesuai sasaran dan ada pengawasan terhadap hal tersebut. Dan digunakan sesuai kebutuhan saja. Selain itu kita juga harus pintar memfilter informasi dari media publik yang mengandung nilai pendidikan agar tidak melenceng nantinya.
Terimakasih...
3.             Ida Arisetya
Apakah dengan adanya media publik, metode ceramah semakin tidak menarik? Bagaimana menurut anda apakah media publik lebih baik atau tidak?
Jawab :
Dalam hadits ini ceramah termasuk bagian dari media publik, yang dilakukan secara langsung atau saling bertatap muka antara pembicara dengan audien. Media publik bisa dikatakan sangat membantu dalam belajar mengajar, dapat menarik perhatian dan minat dalam belajar.
Jadi bukan antara media publik dengan dengan ceramah itu sendri-sendiri, tetapi ceramah disini merupakan bagian dari media publik.
Terimakasih..
4.             Ika Nurkhasanah
Media apa yang digunakan Rasulullah pada masanya dalam berdakwah ?
Jawab :
Rasulullah pada masanya berdakwah dengan media ceramah. Awalnya beliau melakukannya dengan sembunyi-sembunyi, kemudian secara terang-terangan. Beliau melakukan ceramah dengan bertatap muka secara langsung dengan para sahabatnya.
Terimakasih...
5.             Ahmad Ainun Najib
Apakah cara untuk menarik minat masyarakat untuk datang ke pengajian yang dewasa ini agar tidak membosankan ?
Jawab :
Terimakasih atas pertanyaannya, cara untuk menarik minat masyarakat untuk datang ke pengajian yaitu dengan menyadarkan atau kesadaran dari masyarakat itu sendiri tentang pentingnya ilmu yang terkandung dalam pengajian tersebut. Selain itu biasanya juga tergantung dari narasumber, karena narasumber yang dalam menyampaikan materi tidak kreatif itu cenderung tidak menarik perhatian masyarakat. Juga tergantung dari lingkungan tempat masyarakat itu tinggal, jika lingkungan tersebut sudah terbiasa dengan pengajian, secara langsung masyarakat pun akan antusias dalam mengikuti pengajian tersebut.
6.             Muhammad Syukron
Banyak cara dalam menyampaikan pesan agama, melalui lagu, sinetron dan film bertemakan realigi, misal pada waktu puasa semua membuat sesuatu yang bersifat raligi, disamping menyampaikan pesan agama, tapi sebenarnya komersialitas yang dicari, agama sudah menjadi komoditas baru, bagaimana anda menangapi hal ini ?
Jawab :
Menurut ssaya, hal tersebut tidak ada salahnya selama acara tersebut memberi manfaat dan pesan agama juga tersampaikan dengan baik. Hendaknya mengutamakan bagaimana cara agar pesan tersampaikan dan bisa membuat perubahan yang lebih baik bagi masyarakat, walaupun tidak terpungkiri ada tujuan materiilnya untuk acara realigi di bulan ramadhan itu juga membantu menabah semangat dalam beribadah dan semestinya pada hari-hari biasa acara realigi tersebut juga perlu ditayangkan sesuai sikonnya.
Terimakasih...



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar