Laman

Minggu, 11 Maret 2012

Jawaban, Kelas B, Muhammad Labib


JAWABAN MAKALAH 2 KELAS B
“KHUTBAH JUMAT MEDIA UNTUK MENYEBARKAN ILMU PENGETAHUAN”
1)    Nama : Aini Lailatul Munawaroh
Nim : 2021110053
Kelas : b
Pertanyaan:
Tadi di atas diterangkan  Ketika khutbah berlangsung kemudian kita berbicara maka dapat menggugurkan pahala kita. Ketika khutbah berlangsung namun kita sms an apakah hal itu tergolong berbicara dengan orang lain dan bisa menggugurkan pahala kita?
Jawaban :
Smsan ketika khutbah sedang berlangsung tidak diperbolehkan karena sms an bisa diqiyaskan dengan berbicara dengan orang lain namun direalisasikan lewat pesan text. Ketika khutbah sedang berlangsung kita diharuskan menyimak dan mendengarkan dengan baik. Sebagaimana sabda Nabi:
“barang siapa berwudhu lalu dia melakukan wudhu itu dengan sebaik-baiknya, lalu dia mendatangi (khutbah jumat), lalu mendengarkan dan diam , maka diampuni (dosanya yang ada antara jumat itu dengan jumat lainnya, ditambah tiga hari. Dan barang siapa menyentuh kerikil (yakni mempermainkannya, pen) maka dia telah berbuat sis-sia”
                (HR. Muslim no.857, Abu Dawud no.105, Tirmizi no.498, Ibnu Mjah no.1090)
Mengomentari hadits ini, Imam Nawawi berkata, “pada hadits diatas terdapat larangan menyentuh kerikil dan permainan lainnya pada saat khutbah. Di dalamnya terdapat isyarat agar hati dan anggota badan tertuju pada khutbah. Dan yang dimaksudkan lagi “berbuat sia-sia” disini, yaitu perbuatan bathil, tercela dan tertolak. (syarah Muslim karya An Nawawi)
Jadi kesimpulannya yaitu sms an ketika khutbah sedang berlangsung sama dengan berbicara keika khutbah sehingga bisa menggugurkan pahala kita.
2)    Nama : Tri Istiani
Nim : 2021110057
Kelas : b
Pertanyaan :
Di atas disebutkan dalam penelitian di bidang kesehatan tentang mandi pada hari jumat, apa kaitannya mandi dihari jumat dengan kesehatan? Bukankah mandi dihari apapun menyebabkan sehat.
Jawaban :
Di makalah saya menyebutkan sebuah hasil penelitian tentang manfaat mandi. Namun penelitian ini meneliti manfaat mandi secara umum. Disini saya hanya mengambil kaitan fungsi mandi secara umum untuk mandi dihari jumat. Saya menyebutkan manfaat mandi dari segi medis agar mendorong orang-orang untuk mandi jumat dan menambah keyakinan atas anjuran Nabi.
3)    Nama : Zahrotul Aliyah
Nim : 2321008101
Kelas : b
Pertanyaan :
Apakah orang yang tidak mendengarkan khutbah karena terlambat hukumnya sama “akan gugur pahalanya” dengan orang yang berbicara saat khutbah ? dan apakah orang yang datang setelah imam datang tidak ditulis oleh malaikat?
Jawaban :
Orang yang tidak mendengarkan khutbah karena terlambat tidak sama dengan orang yang berbicara saat khutbah . Orang yang terlambat sehingga tidak mendengarkan khutbah tidak  gugur pahalanya, hanya saja tidak mendapatkan sunah-sunah dihari jumat seperti mandi hari jumat jika ia tidak mandi, keutamaan segera ke masjid , shalat tahiyatul masjid, mendengarkan khutbah dan lain-lain. Sedangkan orang yang berbicara saat khutbah , sebelumnya mungkin telah melaksanaknan sunah-sunah hari jumat, hanya saja karena berbicara saat khutbah , akan gugur semua pahala tersebut.
Kemudian, apakah orang yang datang setelah imam datang tidak ditulis oleh malaikat ?
Ya tidak ditulis, sebagaimana hadits berikut:
“jika hari jumat , ada setiap pintu terdapat malaikat –malaikat yang menulis orang yang pertama yang hadir, kemudian yang pertama (setelah itu) . Jika imam telah duduk ( telah naik mimbar untuk berkhutbah), mereka melipat lembaran –lembaran catatan keutaman amal dan datang mendengarkan zikir (khutbah) . (HR. Muslim no.2/24, 850)
Ibnu Hajar berkata: “yang dimaksudkan dengan melipat lembaran –lembaran adalah melipat atau menutup lembaran catatan keutamaan yang terkait dengan bersegera ke masjid , bukan lainnya seperti lembaran yang mencatatat pahala , mendengarkan khutbah shalat, zikir, doa, dll, karena sesungguhnya hal itu pasti ditulis oleh malaikat penjaga.”
(Fathul Bari, 2/448, darul hadits , kairo, penjelasan hadits no.881) 
4)    Nama : Dina Rina
Kelas : b
Nim : 2021110064
Pertanyaan :
……….. tidak hanya berlaku bagi khutbah jumat saja namun juga untuk khutbah-khutbah yang lain. Jelaskan yang dimaksud khutbah-khutbah lain itu dan berikan  contohnya!
Jawaban :
Yang dimaksud khutbah –khutbah yang lain disini adalah khutbah selain khutbah jumat seperti khutbah idul fitri , idul adha , shalat istisqa, dan sebagainya.
5)    Nama : Indah Kumala Sari
Nim : 2021110083
Kelas : b
Pertanyaan :
Jika dilihat dari kondisi sekarang , apakah peran khutbah jumat dalam mensiarkan agama dapat mengenai sasaran para pengunjung sholat jumat sedangkan sering dilihat banyak pengunjung yang ramai atau datang terlambat?
Jawaban :
Dilihat dari konteks kekinian, khutbah jumat masih berperan penting dalam mensyiarkan agama. Untuk saat ini kebanyaka kita sibuk dan malas untuk mendalami agama ataupun mendengarkan ceramah keagamaan . Namun dari seminggu kita beraktifitas kita bisa mendengar dan mengikuti ceramah agama pada hari jumat saja sehingga bisa dibayangkan betapa pentingnya khutbah jumat ini. Lalu mengenai tepat sasaran atau tidaknya sebuah khutbah jumat tergantung pada kualitas seorang khotib. Khotib mempunyai pengaruh yang besar , kemampuannya di dalam mengemas dan menyampaikan khutbah menjadi satu nilai plus tersendiri. Sehingga pengunjung yang ramai bisa diminimalisir karena pengunjung antusias dengan apa yang disampaikan khotib. Dan menekan angka pengunjung yang terlambat karena khotibnya menarik sehingga mereka akan berangkat lebih awal.
6)    Nama : Wiwd Prihartanti
Nim : 2021110062
Kelas : b
Pertanyaan :
Bagaiman cara memberi pengertian pada mereka ( anak – anak muda yang datangnya mepet bahkan sampai di tengah –tengah khutbah ) agar sadar pentingnya mendengarkan khutbah jumat?
Jawaban :
Cara memberi pengertian pada mereka antara lain :
1.    Dimasjid ditempeli poster ataupun tulisan tentang dalil-dalil keutamaan di hari jumat khususnya mengenai mendengarkan khutbah jumat
2.    Di masjid disediakan selebaran atau buletin tentang keagamaan
3.    Sebelum sholat jumat biasanya sebelum khotib naik mimbar ada info yang disampaikan oleh ta’mir masjid , nah pada waktu itu disisipi dengan nasihat pentingnya mendengarkan khutbah jumat
7)    Nama : Imam Budiman
Nim : 202109062
Kelas : b
Pertanyaan :
Kebanyakan orang pada saat mau shalat jumat tidak mandi dulu , mereka hanya mandi pada saat mau beraktifitas . Bagaimana hukumnya, apakah  jumatannya sah atau tidak ? dan apabila pada saat mandi pagi sudah berniat mandi shalat jumat apakah mandinya masih berlaku sapai datangnya waktu shalat jumat?
Jawaban  :
Mandi jumat hukumnya sunah dan perintah untuk mandipun hanya sekedar anjuran bukan perintah yang wajib . Yang menentukan sah atau tidaknya sholat jumat bukan dari mandi jumatnya tapi dari bagaimana melakukan shalat jumat tersebut . Kemudian , apabila pada saat mandi pagi sudah berniat mandi jumat maka mandinya masih berlaku , namun akan lebih afdhol jika mandi hari jumat tersebut dilakukan menjelang jumatan karena akan lebih fresh . Mandi disini mandi untuk shalat jumat, maka jika mandinya setelah selesai shalat jumat maka bukan mandi hari jumat.
8)    Nama : Ida Arisetiya
Nim : 2021110063
Kelas : b
Pertanyaan :
Bagaimana kalau di dalam khutbah jumat seorang khotib menggunakan bahasa arab , sedangkan di indonesia jarang sekali yang mengerti tentang bahasa arab ? apakah hal itu menganggu dalam penyebaran ilmu pengetahuan.
Jawaban :
Di indonesia , jika dalam khutbah jumat seorang khotib menggunakan bahasa arab seluruhnya maka akan sulit sekali bagi pengunjung untuk menangkap isi khutbah sehingga akan terjadi miskomunikasi antara pembicara dengan audiens . Di Indonesia , khutbah jumat tidak semuanya menggunakan bahasa arab , hanya pada bagian muqaddimah dan doa penutupnya saja yang menggunakan bahasa arab. Sedangkan isinya masih menggunakan bahasa indonesia sehingga tidak ada masalah yang berarti .
9)    Nama : Ahmad Ainun Najib
NIM : 2021110093
Kelas : b
Pertanyaan :
Apa yang harus kita lakukan ketika melihat seorang khotib yang mengajarkan ilmu-ilmu tentang keagamaan di atas mimbar tetapi dia malah tidak mempraktekkannya sendiri di kehidupan sehari-hari?
Jawaban :
Jika mendapati hal yang demikian dalam kehidupan sehari-hari tidak banyak yang harus kita lakukan . Kita jangan berburuk sangka dan jangan mencelanya namun berkaitan dengan nasihat yang disampaikannya , jika itu dirasa baik sebaiknya kita lakukan. Seorang khotib haruslah yang benar akidahnya , memahami fikih, memperhatikan keadaan masyarakat sekitar dan sepantasnya pula juga seorang yang shalih , mengamalkan ilmunya , tidak melanggar larangan sehingga akan meberikan pengaruh kebaikan kepada para pendengar.
10)  Nama : Muhammad Syukron
Nim : 2021110067
Kelas : b
Pertanyaan :
Dalam khutbah jumat materi apa yang sebaiknya disampaikan khotib kepada jamaah, selain masalah agama bolehkah khotib menyampaikan hal-hal yang menyangkut masalah social yang terjadi saat itu?
Jawaban :
Sesungguhnya khutbah jumat merupakan kesempatan yang besar untuk berdakwah dan membimbing manusia menuju ridla Allah. Hal itu jika khutbah dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dengan menyampaikan materi yang dibutuhkan oleh hadirin menyangkut masalah agama mereka dengan ringkas dan tidak panjang lebar. Mengenai masalah lain pun diperbolehkan seperti masalah social yang actual. Namun perlu digaris bawahi yang menjadi barometer atau sudut pandangnya adalah syariat atau agama.
11)  Nama : Liya Ummal Khusna
Nim : 2021110085
Kelas : b
Pertanyaan :
Bagaimana hukumnya bila ada seseorang yang pada saat khutbah tertidur, apakah tidurnya itu dapat mengurangi pahala dan amalan apa saja yang ia peroleh? Jelaskan mengapa demikian!
Jawaban :
Tidur termasuk kenikmatan yang diberikan Allah, jadi tertidur waktu khutbah tidak apa-apa. Kemudian mengenai amalan apa saja yang ia peroleh. Jika si tertidur itu sebelumnya melakasanakan sunah-sunah hari jumat seperti bersegera ke masjid, mandi hari jumat, shalat tahiyatul masjid, infaq, iktikaf,  maka ia akan memperoleh pahala sunah – sunah tersebut.  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar