new post

zzz

Rabu, 27 Maret 2013

f7-2 jihad syar'i : sosiologi, linguistik, fisika



BAB I

Pendahuluan

Alam adalah salah satu bukti anugrah Allah. Mrupakan curahan dari pada rasa kasih sayang yang disajikan kepada makhluk kesayangan-Nya baginda Rosul Muhammad SAW, maka hasil semua yang ada di dunia alam jagad raya ini pada hakekatnya hanya ditujukan pada satu objek yaitu karena membuktikan mahabbah-Nya. Dan sesungguhnya Alloh itu indah dan mencintai keindahan, hingga bentuk rupa daripada ciptaan-Nya yang berupa alam ini sangatlah mencerminkan dan sekaligus menggambarkan keindahan-Nya.  sebagai umat Nabi Agung Muhammad SAW  wajib mensyukuri atas apa yang telah tercipta ini, karena berkah beliaulah semua makhluk dapat menikmati isi alam yang telah tercipta.
                                                                                              





































BAB II
PEMBAHASAN

A.    HADITS

عن عبد الله بن عمرو بن العاص . أنه سمعرسول الله صلي الله عليه و سلم قال:{ والذي نفس محمد بيده إن مثل المؤمن لكمثل القطعة من الذهب نفخ عليها صاحبها فلم تَغَيَّرْ و لم تَنْقُصْ } .(رواه أحمد في المسند, مسند المكثرين من الصحابة, مسند عبد الله بن عمرو بن العاص)

       B.TERJEMAH

Dari Abdullah bin Amru bin Ash menceritakan kepadaku, bahwasanya dia mendengar Rasulullah SAW bersabda:" ........Demi zat yang jiwa Muhammad berada ditangan_NYA, sesungguhnya perumpamaan seorang mukmin seperi sepotong emas, pemiliknya meniupnya namun emas itu tidak berubah dantidak berkurang..... (HR. Imam Ahmad)

       C. MUFRODAD
Orang Mukmin
اْلْمُؤْمِنُ
Sepotong
الْقِطَعَةُ
Emas
الّْذهَبُ
Meniup
نَفَخَ
Berubah
تَغَيَّر
Berkurang
تَنْقُصُ
 
        
              




D. BIOGRAFI ROWI
      Abdullah ibn Amr ibn as-Ash as-Sahmi al-Qurasyi. Dia masuk islamsebelum bapaknya. Termasuk ahli ibadah dan ulama’ dari kalangan sahabat, dia sudah pandai menulis pada masa jahiliyyah, dia minta izin kepada Rosulullah untuk menulis apa yang dia dengar darinya,  maka beliau mengizinkannya, dia ikut dalam beberapa peperangan dan menyambet dengan 2 pedangnya sekaligus.
      Dia membawa panji bapaknya pada perang yarmuk, mati syahid di Siffin, ikut pihak Mu’awiyah. Mu’awiyah mengangkatnya sebagai gubernur di kuffah, dalam beberapa waktu tidak terlalu  lama dia meninggal pada tahun 65 H dan hadits-hadits nya yang dicantumkan dalam kitab-kitab sebanyak 700 hadits.

E. KETERANGAN HADITS
          Fisika merupakan ilmu pengetahuan yang membahas materi, energi, dan interaksinya. Ruang lingkup fisika amat luas, memcakup stuktur  materi, sifat berbagai wujud materi, hakikat dan berbagai bentuk energi seperti kalor (panas), berbagai macam gelombang, energi listrik, maghnet, energi nuklir, dan sebagainya.
            Fisika adalah bagian  dari ilmu pengetahuan atau sains, sedangkan ilmu pengetahuan atau sains adalah himpunan pengetahuan manusia yang dikumpulkan melalui proses pengkajian yang dapat diterima oleh rasio. Ilmu pengetahuan kealaman muncul setelah melalui pengamatan atau observasi.
            Keharmonisan alam adalah sejalan dengan serta disebabkan oleh adanya hokum yang menguasai alam, hokum tersebut ditakdirkan oleh Allah SWT, yakni dibuat bersifat pasti, yang menurut istilah Al-Qur’an disebut sunnatullah atau takdir dalam arti kepastian umum hukum Allah SWT  untuk alam ciptaanNya.
           
            Adapun ilmu pengetahuan pada hakikatnya adalah usaha manusia untuk memahami hukum Allah SWT yang pasti (sunnatullah) bagi alam semesta ciptaanNya ini. Ilmu pengetahuan atau sains adalah prasyarat untul mewujudkan salah satu tujuan diciptakannya ala mini, yaitu untuk kemanfaatan bagi manusia.


F.Aspek tarbawi
            Allah memberikan tanda-tanda untuk berfikir mengenai apa yang ada di alam semesta ini, salah satu hasilnya yaitu  ilmu pengetahuan , seperti fisika. Dalam fisika terdapat suatu proses pengkajian yang mana menuntut kita untuk berfikir rasional sesuai dengan nalar agar bisa dibuktikan.
            Maka dari itu manusia tidak boleh bersikap sombong, atas usaha atau hasil pemikirannya. Karena semua kemampuan  tersebut adalah pemberian Allah.














BAB III
PENUTUP

Fisika menuntut manusia untuk berfikir rasional secara nalar, sehingga mengantarkannya untuk memikirkan tanda-tanda kekuasaan dan keagunganNya, yang akhirnya akan mengantarkannya kepada wujud syukur atas segala ciptaanNya,, dan akan menyadari bahwa betapa besar kekuasaan dan kehendak Allah. Tuhan semesta alam meliputi seluruh makhluk hidup yang Dia ciptakan.
























DAFTAR PUSTAKA

·         Bin hanbal, Ahmad.1978.Musnad Imam Ahmad bin Hanbal, Beirut : Maktabah Al Islami.
·         Imam Ahmad bin Muhammad bin hanbal.2007. Terjemah Musnad Imam Ahmad bin Hanbal, Jakarta : Pustaka Azzam.
·         Al-Buqha, musthafa dieb dan Muhyidin Mistu.2002. Syarah Hadits Arba’in Imam Nawawi, Jakarta : Pustaka Al-Kautsar,
·         Redaksi, Dewan.2001. Ensiklopedi Islam, Jakarta : PT. Ichtiar Baru Van Hoeve
·         Yahya, Harun. 2002. Mneyikap Rahasia Alam Semesta, Bandung : Dzikro.




16 komentar:

  1. mustaqimah
    2021 111 252
    kelas F

    assalamualaikum...
    yang pertama, kenapa isi makalah tidak disebutkan ataupun dibahas tentang sosiologi dan linguistiknya?

    yang kedua,di dalam makalah cukup jelas ya.. bagaimana hubungan fisika dan Islam. tetapi menurut sebagian banyak siswa, fisika adalah suatu ilmu yang dirasa "sulit" untuk dipelajari.. menurut anda bagaimana menumbuhkan rasa kecintaan siswa pada mata pelajaran fisika, sekaligus menumbuhkan dan menambahkan lagi kecintaannya pada Islam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'alaikumsalam
      saudariku yang dimuliakan Alloh SWT, semoga senantiasa mengalir rahmat-Nya pada mu sekeluarga

      1.sesudahnya kami mohon ma'af. dengan keterbatasan kami.kami belum bisa menyajikan materi tsb.
      2.bahwa apa yang disampaikan oleh guru kita ,asalkan semangat itu ada pasti tiada yang sulit dirasakan. dan semua ilmu, Alloh pasti akan memberikan kepada siapa yang tholab ilm. untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap mapel tersebut, mungkin penjelas bisa menyajikan aya-ayat Qur'an serta keterangannya, sehingga bisa didapati pelajaran Syari'ah nya. insya Alloh dengan melalui ayat Qur'an mudah dalam pemahaman sehingga muncul semangat untuk mempelajarinya, dan dengan ayat-ayatulloh pula akan menambahkan keimanan yang bisa menyemangati dalam islam (menjalani sunnah Rosul SAW)

      wal'afwu tsumassalam,,,,.
      demikian yang bisa kami sampaikan. sesungguhnya kebenaran ada pada Alloh dan Rasul-Nya

      Hapus
  2. 2021 111 189

    assalamualaikum....

    bagaimana si, aplikasi dari ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari? yang bisa kita lakukan sendiri...
    dan adakah ayat dalam Al-Qur'an yang menerangkan tentang fisika?

    terimakasih,
    wassalamualaikum wr. wb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'alaikumsalam
      saudariku yang dimuliakan Alloh SWT, semoga senantiasa mengalir rahmat-Nya pada mu sekeluarga

      sebenarnya banyak aplikasi yang bisa kita dapati pada ilm fisika ,seperti halnya ketika kita akan makan, maka melalui akal yang berjalan kita akan mengolah beras menjadi nasi dengan cara menanaknya.

      dalam Qur'an bisa anda mengkaji tenteng kuasa ayat-ayatulloh yang dikaitkanya dengan ilm fisika lewat para ustadz. kami sdikit menyampaikan diantara ayat tenteng fisika ialah
      “Dia-lah yang menciptakan segala yang ada di bumi untuk kamu. Kemudian Dia (berkehendak) menciptakan langit, lalu Dia menjadikannya tujuh langit. Dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.” (Qs. Al-Baqarah:29)

      wal'afwu tsumassalam,,,,.
      demikian yang bisa kami sampaikan. sesungguhnya kebenaran ada pada Alloh dan Rasul-Nya

      Hapus
  3. Assalamu'alaikum...........

    apa maksud pernyataan "sesungguhnya perumpamaan seorang mukmin seperi sepotong emas, pemiliknya meniupnya namun emas itu tidak berubah dantidak berkurang".....

    dimanakah keterkaitan/ hubungan inti hadits di atas dengan pembahasan ilmu fisika, dan juga linguistik?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'alaikumsalam,,,,
      saudariku yang dimuliakan Alloh SWT, semoga senantiasa mengalir rahmat-Nya pada mu sekeluarga

      hadis diatas .menerangkan tentang kemukminan seseorang ibarat emas. Dalam ilmu kimia, menyatakan bahwa logam mulia(emas) adalah logam yang tahan terhadap korosi
      juga dibahas suatu energi yang dahsyat dengan keterangan sebuah emas yang ditiup tidak berubah lagi pula berkurang. Hal tersebut min ayatillah

      Maka dikaitkan dengan ilmu fisika dapat diambil sebuah kata yang memiliki kekuatan yaitu energi

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga rahmat dan hidayatulloh selalu menyertai anda

      Hapus
  5. Ning yuliati
    2021 111 214
    F

    assalamualaikum ....
    apa manfaatnya mempelajari tentang ilmu fisika dalam pandangan islam??

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'alaikumsalam,,,,
      saudariku yang dimuliakan Alloh SWT, semoga senantiasa mengalir rahmat-Nya pada mu sekeluarga
      seperti yang disampaikn oleh dosen Bpk Ghufron: bahwa sesungghuhnya semua ilmu penting untuk dipelajari,namun ada yang lebih penting(diutamakan) yaitu ilm din.
      manfa'at mempelajari ilm fisika diantaranya kita dapat membuktikan seksama sebuah kekuasaan (ayat-ayatulloh)dengan proses /sababiyah yang ada, maka dapat ditelaah oleh akal sehingga akal ini menerima yang akhirnya hati mengimani-Nya

      wal'afwu tsumassalam,,,,.
      demikian yang bisa kami sampaikan. sesungguhnya kebenaran ada pada Alloh dan Rasul-Nya

      Hapus
  6. Lutfia Riska
    2021 111 216
    F

    assalamualaikum ....
    adakah contoh atau cerita singkat dari dari Rasulullah SAW semasa beliau hidup mengenai ilmu tentang fisika , dan bagaimana cara beliau mengajarkan kepada umatnya tentang ilmu fisika tersebut !!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'alaikumsalam,,,,
      saudariku yang dimuliakan Alloh SWT, semoga senantiasa mengalir rahmat-Nya pada mu sekeluarga

      seperti yang pernah kita dengar hikaya yang disampaikan oleh guru kita dalam kitab khulashoh, yang menerangkan akibat kekalahan golongan muslim dengan kafir dalam suatu peperangan, karena ketidak patuhan terhadap perintah sang pemimpin agung baginda Nabi Muhammad SAW.itu merupakan sababiyah yang mana akibat dari ketidak taatan mereka sehingga didapatinya suatu kekalahan (karena itu sunatulloh)

      disini kami ambil garis besar bahwa fisika itu dijelaskan tentang sebab-akibat. yang mana secara teori tidak bisa dipungkiri tas hasil akhirnya.
      begitu pula apa yang menjadi kekalahan pada umat muslim tadi bahwa itu keadilan Alloh, dengan sebab mereka tidak jalan pada ajaran/perintah maka berakibat kekalahan. mungkin itu gambaran tentang fisika

      wal'afwu tsumassalam,,,,.
      demikian yang bisa kami sampaikan. sesungguhnya kebenaran ada pada Alloh dan Rasul-Nya

      Hapus
  7. nur latifah
    2021 111 215
    f

    di dalam makalah dijelaskan tentang bab fisika, yang sya tanyakan, menurut anda keterangan hadis yang mana yang merujuk pada pembahasan fisika tersebut.....sdan tolong berikan hadits lain yang berkaitan dengan judul makalah ini!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. 'alaikumsalam
      saudariku yang dimuliakan Alloh SWT, semoga senantiasa mengalir rahmat-Nya pada mu sekeluarga

      memang tidak secara langsung diterangkan tentang fisika ,namun ketika kita telaah dari pada keterangan hadits diatas menunjukan bahwa kaum muslim adalah kaum yang kuat karna energi dari pada semangat mendukung perjuangan Rasulullah SAW {pemiliknya meniupnya namun emas itu tidak berubah dantidak berkurang} dari penggalan hadits tersebut menunjukan adanya suatu energi yang kuat. Disitulah kita dapati apa yang ada dalam ilmu fisika yaitu energi

      untuk hadis dan ilm yang lebih bisa menuntun anda, maka bisa mengkaji dengan ustadz/guru yang lebih ahli

      wal'afwu tsumassalam,,,,.
      demikian yang bisa kami sampaikan. sesungguhnya kebenaran ada pada Alloh dan Rasul-Nya

      Hapus
  8. ass...
    subur mukti wibowo (2021111063)
    bagaimana cara mengaplikasikan pembelajaran sains modern terhadap islam,,,
    wass...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alaikumsalam
      saudariku yang dimuliakan Alloh SWT, semoga senantiasa mengalir rahmat-Nya pada mu sekeluarga

      seperti halnya yang dilakukan oleh para dokter itu terbukti bahwa ilmu sains berguna atau dapat diaplikasikan dalam islam dengan konteks ta'awun alalbiri.

      wal'afwu tsumassalam,,,,.
      demikian yang bisa kami sampaikan. sesungguhnya kebenaran ada pada Alloh dan Rasul-Nya

      Hapus